Minggu, 01 Agustus 2010

belajar dari mereka

gue udah bangun jam 07.00 WIB di hari minggu ini. biasanya kalo hari minggu, gue bangun paling pagi sekitar jam 09.00 WIB. hehe.. hari ini gue bangun pagi karena gue harus nge-dokumentasiin kegiatan tahunan majelis ta’lim pengajian beliau. udah dari 2 hari yang lalu nyokap mengajukan special request itu ke gue. kegiatan ini adalah bakti sosial yang menurut bocoran dari nyokap, udah berjalan sejak tahun 2001, yang berarti tahun ini adalah tahun ke-9 penyelenggaraan bakti sosial. dari tahun ke tahun agenda acaranya juga selalu sama, yaitu : penyelenggaraan sunatan massal gratis, pemberian santunan (berupa sembako) bagi kaum duafa, dan  penyampaian tausiah. acara tahunan ini biasanya diadakan menjelang puasa dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan bertempat di Mesjid Nurul Iman, Jalan Jambu, Pancoranmas Depok.

anggota majelis ta'lim(Ibu2 Majelis Ta’lim Mesjid Nurul Iman)

sebenernya bukan pertama kalinya gue diajak untuk ikut gabung (atau paling tidak ngeliat penyelenggaraan baksos ini), hampir tiap tahun nyokap selalu ngajak, tapi gue selalu gue tolak. Jujur aja, selain karena (menurut gue) acaranya sama sekali ga menarik, gue sangat menghindari semua tempat dan kegiatan yang berhubungan dengan ‘darah’ (misal : donor darah, sunatan massal, dll), mengingat phobia gue akan hal itu. ga lucu banget kan kalo pas gue dateng, tiba2 gue pingsan waktu liat darah sunatan itu. kali ini gue ga bisa ngelak untuk ikut karena ada permintaan khusus dari nyokap untuk dokumentasi acara, dengan catatan gue ga mau deket2 sama area tempat sunatan massal. hehehe..

jumlah anak yang mendaftar sebagai peserta sunatan massal tahun ini ga sebanyak tahun2 sebelumnya. di tahun2 sebelumnya jumlah peserta biasanya di atas 20 anak, tapi tahun ini hanya 13 anak, itupun yang datang pas hari H cuma 10 anak aja (yang 3 orang takut disunat mungkin..hehe..). sedangkan sembako yang akan diberikan sebanyak 90 buah. bocoran dari nyokap lagi, semua biaya yang dikeluarkan untuk penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini diperoleh dari dana sumbangan sukarela warga setempat (Jl.Rambutan & Jl. Jambu), serta para donatur yang mendukung kegiatan ini.

sunat masal (suasana sunatan massal)

banyak kejadian seru yang gue liat disana. gue yang dateng agak telat, ngeliat banyak muka2 ketakutan dari anak2 yang akan disunat. gue sendiri sebenernya juga takut, tapi gue berusaha nyantai. pas gue dateng acara sunatan udah dimulai dan udah 3 anak yang selesai disunat. gue sengaja ambil posisi di spot2 yang aman untuk motret supaya ga langsung ngeliat darah anak2 yang disunat itu. hehehe..cari aman dikit lah!! yang penting kan tetep dokumentasi walaupun angle-nya banyak yang kacau.

reaksi dari tiap2 anak yang mau disunat juga beda2. walaupun sama2 takut, tapi ada beberapa anak yang terlihat berani maju dan berbaring dengan pasrah walau ga ada keluarga yang nemenin di sampingnya. tapi kebanyakan anak justru malah nangis ketakutan pas udah gilirannya, apalagi kalo peserta sebelumnya menimbulkan efek sedikit horor dengan teriak2 atau nangis meraung2 pas ‘burung’-nya sedang ditangani. dari cerita ibu2 pengajian, di tahun sebelumnya malah sempet ada anak yang kabur dengan ‘burung’ setengah terpotong (belom selesai proses sunatnya) dan akhirnya harus dikejar2 keliling mesjid dulu untuk nyeleseiin proses sunatnya. serem juga kalo ngebayangin ada anak kecil yang lari2 dengan darah menetes2 dari alat kelaminnya yang setengah terpotong dan dikejar2 banyak orang. NO…!!!

tadi juga sebenernya ada 1 anak yang histeris sampe2 harus dipegangin banyak orang. gue sempet ngerekam kejadian menegangkan itu, tapi karena size videonya gede banget (156MB) dan gue ga tau gimana caranya nge-resize ukurannya jadi gue ga bisa upload videonya disini. sebenernya sih nih anak cuma sedikit takut aja, tapi karena si bapak yang nganterin dia ga bisa nenangin dan malah emosi (ngebentak2 anaknya supaya ga nangis), jadilah si anak makin histeris dan berontak. ibu2 pengajian yang ada disitu terpaksa turun tangan, sebagian nenangin si anak, dan sebagian nenangin si bapak supaya ga kasar sama anaknya. riweuh banget pokoknya..!!

sembako (sembako yang bakal dibagiin)

kegiatan sunatan massal itu berlangsung sampai siang (sekitar jam 11.30 WIB) dan akan dilanjutkan pada sore harinya sekitar pukul 15.00 WIB dengan agenda acara penyampaian ceramah dan tausiah ramadhan sekaligus memberikan santunan kepada kaum duafa. begitu peserta sunatan massal udah abis, gue dan nyokap minta ijin pulang duluan karena mau nganter bokap ke rumah om gue (adik beliau) di Pasar Minggu yang kebetulan hari itu sedang mengadakan syukuran perayaan ulangtahun istri tercintanya.

begitu sampe rumah, tanpa ganti baju, gue, nyokap, dan ade gue (yang minta ikut) langsung nganterin bokap. selama perjalanan, gue dengan suksesnya terlelap di mobil, mengganti waktu tidur gue yang berkurang karena tadi harus bangun pagi. hehehe..!! sampe di rumah om gue, tampak keadaan masih sepi, belum ada 1 tamu pun yang dateng. kita (gue, nyokap & ade gue) ga berlama2 disana dan langsung cabut lagi menuju Depok karena nyokap emang ngejar waktu (karena macet juga). beliau harus mengambil pesanan kue untuk acara tausiah nanti sore di toko kue langganan. belum lagi harus mengecek daftar penerima santunan dan sedikit isi tenaga (ishoma).

sepanjang perjalanan pulang, gue sempet nanya sama nyokap kenapa beliau ga dateng aja ke acara om gue itu. kurang lebih beginilah percakapan gue dan nyokap selama perjalanan pulang (pas pulang gantian ade gue yang tidur di mobil)..

acha : “ibu kenapa ga ikut acaranya Oom Sentot aja..?? kan sunatannya udah selesai..”

nyokap : “kan masih ada pengajian sama pemberian santunan nanti sore..”

acha : “emang ga bisa diwakilin..??”

nyokap : “ibu2 yang lain kan udah punya tugas masing2..acara kayak gini juga cuma setahun sekali..belum tentu tahun depan bisa ngadain acara kayak gini lagi..kalo untuk acara keluarga insya Allah bisa kapan aja..kalo mau silahturahmi kita kan bisa langsung dateng kesana..ga harus pas ada pesta syukuran kayak gini..bukannya ibu ga mau kumpul2 sama keluarga..tapi karena acara ini (baksos) lebih penting..kita bisa belajar banyak dari orang2 yang kita bantu..”

(gue ga ngerti apa yang nyokap omongin makanya gue milih untuk diem aja..daripada gue komen malah ga nyambung kan..ga lama kemudian nyokap nyeritain kejadian tadi pagi di mesjid yang ga gue tau karena gue dateng telat..)

nyokap : “tadi pagi ada anak yang dateng jam 6 padahal udah dibilangin kalo acaranya baru mulai jam 7..”

acha : “lah..terus ngapain mereka dateng pagi2..??”

nyokap : “mereka takut ga kebagian nomer antrian untuk ikut sunat..”

acha : “emang mereka belom daftar..??”

nyokap : “udah..kalaupun belum daftar juga sebenernya tetep bisa ikut karena selalu disediain nomer lebih buat yang mau ikut tapi ga sempet daftar..yang udah daftar aja kadang ga dateng..tadi aja 3 orang yang mengundurkan diri..”

acha : “ya kalo gitu harusnya kan nyantai aja..ngapain juga dateng pagi2..belom ada orang juga gitu di mesjid..”

nyokap : “buat mereka hal ini penting banget walau buat kamu keliatannya biasa aja..mereka bela2in dateng lebih pagi dan nungguin di depan mesjid yang penting bisa dapet tempat duluan..buat mereka kesempatan kayak gini langka..seharusnya orang2 kayak kita belajar dari mereka..mungkin banyak yang menganggap mereka remeh karena ga punya apa2..tapi justru pikiran kayak gitu salah..sebenernya mereka jauh lebih kuat dan pinter dibanding kita yang punya uang..”

(lagi2 gue cuma bisa diem dan ga berani komentar..)

nyokap : “mereka bisa bertahan hidup dan tetep bersyukur walau ga punya apa2..sedangkan kita belum tentu bisa tahan kalo di tempatin di posisi mereka..kita kekurangan uang dikit aja kadang udah ngeluh..makanya ibu suka sedih kalo liat anak2 (maksudnya gue, abang & ade gue) ga pernah puas sama apa yang kalian punya..ibu-bapak emang ga bisa kasih fasilitas semewah dan sebagus sepupu2 kalian..tapi paling ga kalian ga harus ngerasain hidup kekurangan kayak anak2 ini..kamu boleh sesekali liat orang2 di atas kamu supaya bisa dicontoh kesuksesannya..tapi kamu harus selalu inget sama orang2 yang keadaannya jauh dibawah kamu supaya kamu bisa bersyukur..jujur aja, ibu sebenernya kadang minder kalo ngumpul sama saudara2nya bapak yang kaya..ibu ga pernah nyambung kalo diajak ngomong soal liburan ke luar negeri atau tentang barang2 yang mahal..ibu ngerasa beruntung waktu ngumpul sama orang2 dibawah kita..jadi diingetin lagi untuk lebih bersyukur..keluarga kita masih dimudahkan rezekinya walaupun ga banyak..ibu juga pengen kamu bisa sukses kayak saudara2nya bapak supaya kamu ga perlu ngalamin hidup susah kayak ibu dulu..tapi yang terpenting kamu harus selalu bersyukur dengan keadaan yang sedang kamu hadapin..sukses atau tidaknya seseorang sebenernya juga salah 1 ujian dari Allah untuk melihat apakah hamba-Nya bisa bersyukur atau ga..”

denger semua penjelasan nyokap bener2 bikin gue malu sendiri, selama ini gue emang kurang bersyukur. gue selalu ngerasa kurang dan kurang terus karena gue ga pernah mau liat orang2 yang keadaannya ga seberuntung gue. dan betapa bodohnya gue waktu sadar kalo gue udah menyia-nyiakan kesempatan gue untuk bisa belajar soal kehidupan dari orang2 yang memang berhasil ngelewatin ujian hidup yang berat. seharusnya sejak 9 tahun yang lalu gue ikut nyokap ke tiap acara bakti sosial yang beliau urus. mulai saat ini gue akan belajar lebih bersyukur.

perjalanan Pasar Minggu-Depok yang macet ga terlalu berasa karena perbincangan gue dengan nyokap. begitu sampe depok, nyokap langsung ngambil pesenan kue untuk acara tausiah dan langsung nganterin kue2 itu ke mesjid. selesai nganter kue, kita baru balik ke rumah. setelah masukin mobil ke garasi, nyokap langsung ganti kostum (acara pagi pake seragam pengajian warna coklat dan sorenya pake seragam ngaji warna pink) dan ijin sebentar ke rumah tetangga (ga tau ngapain), sementara gue setelah selesai makan siang, cuma ngadem di depan kipas sambil tiduran nungguin nyokap balik dari rumah tetangga supaya bisa ke mesjid bareng.

pengajian(suasana pengajian di sore harinya)

sore ini gue terbangun dari tidur siang gue dan menemukan nyokap udah ga ada dirumah. tampaknya beliau udah berangkat lagi ke mesjid untuk ngelanjutin bakti sosialnya. di HP gue, gue menemukan ada 1 SMS dari nyokap yang ngabarin kalo beliau bawa kamera poket gue untuk dokumentasiin acara dan nyuruh gue dirumah aja. tugas gue udah selesai buat dokumentasi, tapi buat gue belum. akhirnya sore ini gue habiskan untuk menulis semua pelajaran yang gue dapet hari ini di blog supaya kalo gue lupa, gue bisa baca lagi pengalaman berharga gue hari ini dan kembali mensyukuri apa yang udah gue dapet.

gue percaya apapun yang diberikan Tuhan adalah apa yang menurut Tuhan terbaik buat gue. Tuhan belum memberikan gue rezeki berlebih karena Tuhan tau jika saat ini gue belum mampu memegang amanat itu. dan seandainya nanti gue diberi kesempatan untuk memegang amanat tersebut, gue harap gue sudah menjadi seseorang yang memang bisa mensyukuri segalanya tanpa lupa kalo masih ada orang2 yang perlu gue bantu.

0 komentar:

Posting Komentar