Senin, 18 Januari 2010

tragedi sayur lodeh

hari ini nyokap gue masak sayur lodeh. sayur yang paling gue benci karena nyaris merenggut nyawa gue beberapa taun yang lalu, tepatnya pas gue kelas 2 SMA. waktu itu gue baru aja pulang sekolah (sekitar jam 14.00 WIB), saat itu rumah gue bener2 kosong ga ada orang (bonyok + abang gue kerja sampe jam 5, ade gue yang waktu itu masih kelas 4 SD masuk sekolah siang sampe sore, dan PRT yang kerja di rumah gue cuma kerja dari pagi sampe siang), dan berhubung keadaannya saat itu gue emang sangat laper akhirnya tanpa ganti baju gue langsung aja ngelongok ke dapur buat liat apa yang bisa di makan.

di dapur gue cuma liat ada sepanci sayur lodeh yang udah dingin. gue pikir mayanlah ada yang bisa dimakan tanpa harus masak dulu (karena biasanya nyokap gue jarang masak apalagi kalo hari kerja), setelah liat ada yang bisa dimakan akhirnya gue manasin dulu tu sayur. gue nunggu sayurnya panas sambil nonton TV di kamar nyokap. entah kenapa pada saat itu gue ga bisa nahan ngantug gue dan akhirnya gue ketiduran di kamar nyokap dengan TV yang masih nyala dan kompor yang masih nyala pula.

entah berapa lama gue tidur, yang pasti gue kebangun karena ga bisa nafas. pas gue melek gue ga bisa liat apa2 selain asep item yang udah menuhin seluruh ruangan di rumah gue. beberapa saat gue bahkan sempat mikir (jangan2) gue dah mati, tapi rasa sesek nafas yang gue alamin bikin gue sadar kalo emang gue masih idup. setengah panik (dengan nyawa yang masih belum sepenuhnya terkumpul) gue langsung lari ke arah dapur dengan nerobos asep yang bikin gue ga bisa liat keadaan sekeliling gue. di tengah2 asep item itu, gue liat masih ada api yang nyala dari arah kompor tempat gue manasin sayur itu.

gue langsung buru2 matiin kompor n buka pintu dapur dan semua jendela dirumah gue supaya semua asep item itu keluar. setengah jam kemudian gue baru bisa liat keadaan di dapur. panci bekas sayur lodeh itu udah berubah jadi item (tadinya biru) dengan isinya yang udah berubah jadi setengah arang (karena pas gue coba korek, sayur lodeh gosong itu udah keras kayak batu). tembok dapur gue tempat gue manasin sayur itu juga ikutan gosong sekitar 30 cm. ngeliat kerusakan yang lumayan parah itu, gue bener2 kaget. beruntung gue masih bisa selamet dari kejadian itu. Tuhan masih sayang sama gue ternyata, karena dia ngebangunin gue di detik2 terakhir. kalo seandainya saat itu gue ga kebangun, gue pasti udah mati dan ga akan bisa nulis cerita ini disini (ya iyalah..!! hehehe..)

gue yang masih lumayan shock sama kejadian yang baru aja gue alamin, ga bisa berbuat banyak. seluruh TKP ga gue beresin sampe akhirnya bonyok gue pulang n liat sendiri bekas kejadian itu. walaupun bersyukur karena ga ada apa2 sama gue n rumah (ini sebenernya yang paling penting), tapi tetep aja gue kena omelan karena udah ceroboh ninggalin kompor yang masih nyala dalam keadaan tidur. sejak saat itu gue udah ga pernah mau lagi makan atau nyentuh yang namanya sayur lodeh. gue selalu ngambeg tiap nyokap bikin sayur lodeh. sejak kejadian itu, bonyok gue juga sempet ga percaya sama gue. mereka ngelarang gue buat pake kompor karena takut kejadian itu keulang lagi. hehehe. yah apapun yang terjadi, gue tetep bersyukur karena masih bisa bernafas (Thanks God..!!). I hate sayur lodeh..FOREVER..!!

Selasa, 12 Januari 2010

hotel prodeo bintang 5

beberapa hari ini hampir seluruh acara berita di TV selalu ngebahas soal kamar tahanan artalyta dan kawan2nya yang tergolong (sangat) mewah. para tahanan yang memang tergolong dari kalangan jetzet itu dengan mudah menyulap kamar tahanannya menjadi layaknya kamar hotel berbintang dengan segala fasilitasnya. rutan yang seharusnya menjadi tempat pertobatan para pesakitan kini beralih fungsi hanya sekedar sebagai hotel sementara mereka menjalani masa hukumannya. tragis memang, di saat banyak para narapidana lainnya harus berjejal tidur dalam 1 sel sempit yang dihuni oleh banyak orang, artalyta justru mendapatkan sebuah kamar yang luas dengan fasilitas yang lengkap.



masalah kamar tahanan yang mewah ini memang sudah bukan berita baru lagi, sejak tommy suharto dan para orang2 berduit di negeri ini harus menjalani masa tahanan di bui, munculnya kamar tahanan yang serupa dengan kamar hotel berbintang juga mulai menyeruak. dengan mudahnya mereka bisa mendapatkan segala fasilitas mewah di dalam tahanan (masih) dengan menggunakan kekuasaan dan tentu saja uang. rutan yang seharusnya bersih dari tangan2 mafia peradilan ternyata tak bisa benar2 bersih. uang dan kekuasaan masih bisa berjaya disana.

mungkin memang baru sekarang ini kasus tahanan yang mendapat fasilitas mewah benar2 menghebohkan. gue sendiri setelah melihat beberapa berita di TV agak surprise melihat bagaimana mewahnya kamar tahanan si ratu suap itu. kamar gue aja ga semewah itu. rumah gue aja ga selengkap itu fasilitasnya. artalyta benar2 mengubah kamar tahanannya seperti kamar suite room hotel berbintang. kamar yang termasuk luas (gue juga ga tau persis sih berapa ukurannya), dijejali dengan berbagai macam barang2 mewah mulai dari AC, TV, spring bed, kulkas, meja kerja (dia mau kerja apa juga ya di dalem situ..??), bahkan 1 set perangkat karaoke (buset dah..gue aja ga punya yang kayak gituan di rumah) dan perlengkapan untuk mengurus bayi (kasian juga anaknya ya..bisa bermewah2 tapi dibesarkan di dalam penjara).



ya semoga aja dengan mencuatnya kasus ini dipermukaan bisa menjadi pelajaran bagi pemerintah agar tidak kecolongan lagi. pengawasan di dalam penjara harus lebih ditingkatkan agar lembaga permasyaratan benar2 bisa berfungsi sempurna. jangan sampai kejadian lagi lah, kasian kan sama narapidana yang lain. statusnya sama kok tapi haknya dibedain sih..?? apa itu yang namanya keadilan..?? dan buat para (calon) penyuap kemewahan penjara, mungkin harusnya lebih sportif aja lah! kalo kalian memang sudah dinyatakan bersalah ya diterima aja. ga perlu lah yang namanya main sogok2 lagi apalagi di dalem penjara. kasian keluarga kalian juga kan kalo kasusnya sampai mencuat seperti ini..??

Jumat, 08 Januari 2010

selamat jalan sang guru besar

hari ini tanggal 8 Januari 2010, sekitar pukul 09.30 WIB, seorang Guru Besar Emeritus Sosiologi Hukum Undip Prof.Dr.Satjipto Rahardjo telah berpulang ke Rahmatulah. beliau meninggal dalam usia 80 tahun di ruang ICU RSPP Jakarta. tentu saja ini sebuah kehilangan besar untuk dunia pendidikan, terutama duka cita yang sangat dalam bagi keluarga besar Fakultas Hukum Undip.




sebagai salah satu alumni FH Undip, gue tentu aja kaget denger berita tersebut. walaupun selama 4 tahun kuliah di FH Undip, gue belum pernah sama sekali di ajar langsung oleh beliau, tapi hanya dari baca buku2 tulisan beliau saja, gue udah tau bahwa beliau memang orang yang hebat. pemikiran2nya yang telah ia tuliskan dalam buku2nya sedikit banyak udah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan hukum di Indonesia.

rencananya siang ini jenazah beliau akan langsung diterbangkan ke Semarang untuk kemudian disemayamkan di rumah duka di Jalan Erlangga, Semarang (ga nyangka rumah sang guru besar deket sama kost gue dulu..sayang gue udah ga kost lagi di semarang). jenazah beliau akan dimakamkan di kompleks pemakaman guru besar Undip di tembalang.

dengan perginya sang guru besar kita ini, tentu aja menjadi duka yang sangat mendalam karena Indonesia kehilangan satu lagi tokoh besarnya. secara pribadi gue hanya bisa mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Prof.Dr.Satjipto Rahardjo, semoga arwah beliau diterima dan mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga diberikan kesabaran yang luar biasa.

Selamat jalan sang guru besar. mungkin jasadmu memang sudah tiada, tapi semua karya yang telah engkau hasilkan akan tetap abadi dan akan tetap tercatat dalam sejarah hukum di Indonesia. Terima kasih telah memberikan banyak pelajaran hidup bagi penerus2mu. Semoga kami bisa menjadi orang yang membanggakan sepertimu.

ayo dance

belakangan gue lagi sering main ayo dance karena terhasut sama ajakannya dani yang emang udah dari dulu main game online itu. awalnya gue masih pake id-nya dani kalo main, tapi sekarang udah ga karena gue udah dibikin id sendiri sama dani. selain karena sakit ati sering dibilang cupu sama lawan tanding gue (karena gue pake id-nya dani yang udah level 14 sedangkan kemampuan gue emang masih newbie).

game ini sih kalo menurut gue seru tapi berhubung gue punya sedikit kesulitan untuk membedakan arah kanan-kiri makanya buat gue game ini mayan menantang dan bikin stress. percaya atau tidak, dari awal gue main game ini sampe sekarang, tiap selesai main pasti kepala gue langsung migren. mungkin otak gue emang ga bisa di ajak kerja sama, harus memikirkan mana kanan dan mana kiri dalam waktu yang relatif singkat rupanya merupakan perintah yang terlalu berat untuk otak gue.



soal ketidakmampuan gue dalam membedakan arah kanan-kiri ini sebenernya gue dah tau lama, berawal dari gue salah sebut arah kalo lagi jadi navigator temen gue cari tempat sampe ga sinkron-nya badan gue waktu ngebedain kanan-kiri itu (misal : gue ngomong belok kiri tapi tangan gue malah nunjuk ke arah kanan). gue ga tau itu semacam penyakit atau apa tapi yang pasti emang gue udah lama ngalamin hal itu, makanya waktu denger2 ternyata ayo dance ini ternyata booming banget di antara anak2 muda, gue sama sekali ga tertarik untuk nyoba.

ke-keukeuh-an gue untuk ga nyoba main ayo dance ini akhirnya runtuh juga setelah dani berhasil "menyeret" gue untuk masuk ke dalam dunia game online ini. walaupun gue harus tersiksa karena migren tiap selesai main, tapi kayaknya gue mulai menikmati main game ini. yang gue rasain sih makin lama gue udah ga terlalu lemot lagi kalo harus ngebedain mana kanan dan kiri (walaupun masih sering salah sih..!!). yah semoga aja dengan gue maen game ini ga sia2, siapa tau kan ketidakmampuan gue itu bisa ilang secara perlahan2. semoga aja..

Senin, 04 Januari 2010

sinung n his baloon

video

sabtu kemaren tanggal 2 januari 2010 gue yang masih ada di Jogja menyempatkan jalan bareng temen2 gue (dani n sinung). hari itu kita nemenin sinung hunting di daerah malioboro dan sekitarnya, diawali dari vredeburg sampe ke arah alun2 utara keraton. hari itu kebetulan malam minggu yang emang selalu identik dengan acara berdua sama pasangan, tapi kita yang jumlahnya ga genap itu (cewek 1 cowoknya 2) nyantai2 aja karena emang niatnya jalan2 santai aja. tapi waktu di depan alun2 utara keraton, tiba2 aja sinung secara mengejutkan beli sebuah balon gas berwarna merah dengan alasan dia pengen tahu tentang kinerja balon itu. jangan tanya gue apa maksudnya karena sampe sekarang gue juga ga ngerti. bahkan sampe sekarang pun di antara sinung n dani masih aja memperdebatkan apa itu helium n gimana gas itu bisa bikin balon terbang. kejadian yang kebetulan (sengaja) kita abadikan itu pengen gue share juga sama kalian yang baca posting ini, bagaimana bahagianya sinung jalan bersama kita (gue n dani), dan tentu saja balonnya itu. hehehe.