Jumat, 08 Januari 2010

selamat jalan sang guru besar

hari ini tanggal 8 Januari 2010, sekitar pukul 09.30 WIB, seorang Guru Besar Emeritus Sosiologi Hukum Undip Prof.Dr.Satjipto Rahardjo telah berpulang ke Rahmatulah. beliau meninggal dalam usia 80 tahun di ruang ICU RSPP Jakarta. tentu saja ini sebuah kehilangan besar untuk dunia pendidikan, terutama duka cita yang sangat dalam bagi keluarga besar Fakultas Hukum Undip.




sebagai salah satu alumni FH Undip, gue tentu aja kaget denger berita tersebut. walaupun selama 4 tahun kuliah di FH Undip, gue belum pernah sama sekali di ajar langsung oleh beliau, tapi hanya dari baca buku2 tulisan beliau saja, gue udah tau bahwa beliau memang orang yang hebat. pemikiran2nya yang telah ia tuliskan dalam buku2nya sedikit banyak udah memberikan pengaruh besar bagi perkembangan hukum di Indonesia.

rencananya siang ini jenazah beliau akan langsung diterbangkan ke Semarang untuk kemudian disemayamkan di rumah duka di Jalan Erlangga, Semarang (ga nyangka rumah sang guru besar deket sama kost gue dulu..sayang gue udah ga kost lagi di semarang). jenazah beliau akan dimakamkan di kompleks pemakaman guru besar Undip di tembalang.

dengan perginya sang guru besar kita ini, tentu aja menjadi duka yang sangat mendalam karena Indonesia kehilangan satu lagi tokoh besarnya. secara pribadi gue hanya bisa mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Prof.Dr.Satjipto Rahardjo, semoga arwah beliau diterima dan mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga diberikan kesabaran yang luar biasa.

Selamat jalan sang guru besar. mungkin jasadmu memang sudah tiada, tapi semua karya yang telah engkau hasilkan akan tetap abadi dan akan tetap tercatat dalam sejarah hukum di Indonesia. Terima kasih telah memberikan banyak pelajaran hidup bagi penerus2mu. Semoga kami bisa menjadi orang yang membanggakan sepertimu.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Blog nya nice !!

Acha Satmoko mengatakan...

terimakasih sudah bersedia mampir dan memberikan komentar di blog saya.. :)

Posting Komentar