Kamis, 31 Desember 2009

a letter for my mom

dear mom..

aku tau aku belum bisa bahagiakanmu..

aku juga belum bisa balas semua jerih payahmu selama ini..

tapi aku berusaha..

berusaha untuk jadi yang terbaik untukmu..

dengan ikuti semua ingin dan maumu..

tapi ternyata aku tetap tidak mampu..

aku terlalu egois dan terlalu lelah ikuti apa maumu..

aku telah sampai di batas lelahku..

bukannya aku tidak mau menjadi anak baik..

tapi aku hanya ingin menjadi diriku sebentar saja..

melakukan apa saja yang aku suka dan selama ini aku ingin lakukan..

tapi tidak pernah bisa aku lakukan..

aku tau kau inginkan yang terbaik untukku..

aku juga inginkan yang terbaik untuk hidupku dan tentu saja untukmu..

tapi sepertinya jalan pikiran kita berbeda..

apa yang kau pikirkan terbaik untukku ternyata bukan jalan yang ku suka..

aku harus jadi orang lain untuk itu..

dan aku lelah terus berpura2..

aku bukan dia..

aku adalah aku..

jangan jadikan aku seperti dia..

karena kami sangat berbeda..

aku tau kau telah dikecewakannya..

tapi bukan berarti kau harus menggantikan posisinya denganku..

menjadikan aku sama sepertinya..

aku sangat ingin bahagiakanmu..

tapi bukan dengan cara menjadi dia..

karena aku adalah aku..

tolong pahami aku..

jangan paksa aku lagi..

karena aku lelah..

sudah sangat lelah..

aku merasa sudah tidak bisa mengenali diriku lagi..

karena semakin lama aku makin menjadi seperti dia..

aku tidak pernah ingin membuatmu menangis..

aku tidak mau melihat air matamu terjatuh lagi karena kecewa..

tapi tidak dengan cara ini..

taukah kau sebenarnya selama ini aku merasa tersiksa..??

merasa sedih..??

merasa iba pada diriku sendiri yang tidak pernah bisa luapkan yang kusuka..??

pedulikah kau jika melihat air mataku yang terjatuh..??

kau tidak pernah tau alasanku menangis..

atau mungkin bahkan memang tidak ingin tau..??

selama ini tiap aku menangis..

kau hanya memelukku dan berusaha membuatku berhenti menangis..

tanpa menanyakan apa yang buatku menangis..

anggaplah sekarang aku sebagai anak durhaka yang tidak bisa penuhi inginmu..

tapi suatu saat kelak kau akan kubuat tersenyum bahagia dengan caraku sendiri..

tanpa harus menjadi dia yang kau inginkan..

i do love you mom..

but i'm so tired..

i just wanna be my self..

Sabtu, 26 Desember 2009

hadiah natal dalam bakso

satu lagi peristiwa lucu yang baru aja gue alami. kemaren (25 Desember 2009) adalah agenda gue untuk nginep di rumah om gue di Klaten. berhubung memang sedang long weekend karena libur natal (24-27 desember) makanya om gue berencana ngajak keluarga dan para keponakannya (gue n luthfi) jalan2. rencananya hari itu kita mau keliling wisata candi (Borobudur-Prambanan-Boko), tapi karena banyak banget halangan, mulai dari cuaca yang ga mendukung (karena hujan terus) sampe koordinasi yang kurang baik jadinya semua rencana yang udah diatur bener2 gatot alias gagal total.

gue yang dari sekitar jam 2 siang stuck di Jogja karena udah mulai ujan (gerimis) akhirnya gue (terpaksa) ngebatalin niat gue buat nyusul rombongan yang udah duluan berangkat ke Borobudur. karena gue udah (terlanjur) ngajakin temen2 gue (dani n sinung) juga untuk ikut dalam rombongan, gue masih berharap supaya paling ga kita emang jadi jalan walau cuma ikut tour terakhir ke boko. tapi ternyata cuaca ga memihak kita, ujan yang makin deres bener2 bikin semuanya kacau. rombongan om gue yang udah ada di Borobudur pun ternyata terjebak ujan di kawasan candi, dan gue beserta temen2 gue juga terpaksa ngegembel di kost dani dulu sambil nunggu ujan agak reda.

ujan baru reda (walau masih sedikit gerimis) sekitar jam 4 sore. kita bertiga (gue, dani, n sinung) yang emang udah siap buru2 cabut ke boko dengan harapan masih bisa dapetin langit sore yang bagus di tengah cuaca yang lagi buruk itu. dan lagi2 keberuntungan masih ga berpihak sama kita. rombongan om gue akhirnya ngebatalin semua sisa tour hari itu dengan alasan semua anggota rombongan udah pada kecapekan n ujan yang emang rata. selain itu, waktu kita belom terlalu jauh jalan (sekitar di jalan solo lewat carefour dikit) ujan malah tambah deres. kita terpaksa berteduh di emperan toko yang kebetulan lagi tutup.

supaya waktu kita ga mubazir,akhirnya diputuskan kita untuk ngerubah semua rencana. kita puter balik ke arah babarsari menuju salah 1 resto favourit kita (kukuruyuk) untuk sedikit menghangatkan badan dengan minuman hangat (dan bodohnya disana kita malah pesen es semua di saat hujan masih sangat deras dan tubuh yang agak basah karena kehujanan tadi), selain untuk meneruskan berteduh juga. hehehe. kita bertiga lumayan lama ada di kukuruyuk (sekitar 2 jam) ngobrol ngalor-ngidul ga jelas, dan setelah ngerasa bosen plus memastikan kalo ujan emang udah bener2 reda, kita baru cabut dari situ (kalo ga salah tepat pas magrib).

karena bingung mau kemana lagi (ujan juga masih turun walau cuma gerimis), akhirnya sinung n dani ngajakin gue maen di game center di dekat situ (namanya lupa, tapi persis di samping kedai kopi Frappio). sebenernya tempatnya ga terlalu nyaman buat gue. selain karena gue masih ngerasa kedinginan, disana yang memang mayoritas pengunjung adalah cowok, banyak yang ngerokok (dan gue termasuk agak sensitif dengan asap rokok). kita main disitu cuma sekitar 1 jam aja karena gue udah mulai ngerasa pusing dan ga nyaman karena (suer deh!!) ngerasa pas main ada sosok hitam besar yang berdiri di belakang gue, padahal berkali2 gue noleh, gue ga ngeliat ada siapa2 yang berdiri di belakang gue.

keluar dari game center kita mencar. sinung langsung pulang ke rumahnya (sorry ya nung ga jadi maen ke boko..), dan dani nganterin gue ke rumah om gue di Klaten. perjalanan ke Klaten kita berbasah2 lagi karena ujan yang ga konsisten turunnya. kadang deres kadang reda. di sekitar daerah Jogonalan Klaten, kita berhenti di sebuah warung bakso pinggir jalan karena ujan yang semakin deres (secara kita juga udah mulai laper karena pas di kukuruyuk kita cuma minum doank).

tadinya pas masuk warung itu awalnya kita pengen makan soto (warung itu jual bakso, soto ayam-daging), tapi berhubung abis jadinya kita terpaksa pesen baksonya. tampilan bakso itu ga ada yang beda dengan bakso2 lainnya, dengan tambahan sedikit irisan daging sapi (biasanya kan cuma ditambahin tetelan tu). tapi tampilan yang biasa itu tidak menjamin isinya biasa juga karena dani yang emang biasa motong2 bakso gede-nya biar ga terlalu panas, dapet kejutan yang ga pernah kita duga sebelumnya. waktu motong bakso gedenya itu, tiba2 dari dalem baksonya nongol suatu benda kecil berwarna kemerahan. dani yang ga ngira bakal keluar benda aneh dari dalem baksonya itu langsung komplain ma gue (bukan ke tukang baksonya)

video


dani : "idih apaan nih..??"
(gue langsung ngeliatin mangkoknya dani n sesuatu yang sekarang mengambang di pinggiran mangkoknya dani)
gue : "itu kayak kulit bawang dan.."
dani : "sial amat gue dapet bakso rasa bawang"
(agak lama dani ngeliatin benda aneh itu sambil di bolak/i ga jelas dan tiba2 dia ngomong lagi ke gue..)
dani : "eh ini bukan bawang tau..kayak duit!"
gue : "duit apaan..??
(gue langsung ngeliatin lagi benda aneh itu..)
dani : "ini ada plastiknya cha..masa bawang diplastikin..??"
(dan setelah kita amatin lagi, itu emang positif duit kertas dengan nominal Rp 10.000,- yang dilipet kecil seukuran kuku jempol dan dibungkus pake plastik transparan)

ngeliat dani dapet surprise kayak gitu dari dalem bakso, dengan semangat dani nyuruh gue buka bakso gue juga untuk periksa ada "doorprise"-nya juga apa ga. tapi gue ga seberuntung dani, bakso gue ternyata bakso biasa yang isinya telor (kalo telor ayam sih gapapa..lah ini telor puyuh..sedih banget!!). masih dengan sedikit bingung dan agak geli dengan penemuan tak terduga itu tadi, gue n dani akhirnya makan tu bakso sampe tandas sebelum ngelanjutin perjalanan lagi.

ya mungkin di hari natal itu Tuhan ga mau kasih kesusahan terus sama dia, tapi juga berkah dengan kejutan di dalem bakso itu. uang yang kita temuin di dalem bakso itu bener2 jadi berkah. tau kenapa..?? waktu perjalanan kita ga pegang uang banyak. dani yang lupa ambil uang di ATM cuma megang uang beberapa ribu, sedangkan gue saat itu cuma pegang uang sekitar 30 ribu yang udah dipake buat bayar macem2 (10 ribu untuk isi bensin, dan 16 ribu untuk bayar si bakso tadi). jadi total uang kita ga lebih dari 10 ribu saat itu. duit 10 ribu dalem bakso tadi bener2 berkah banget buat kantong kita yang lagi kering kerontang. yah anggep aja itu hadiah natal buat dani deh!! hehehe. kapan lagi makan bakso dapet cashback langsung dari dalem baksonya..??

Rabu, 23 Desember 2009

ingin dikenang

beberapa orang sempet nanya sama gue, "kenapa sih cha lo bikin blog..??" awalnya gue cuma jawab "cuma iseng", tapi ternyata lama2 gue ngerasain manfaatnya. pas gue lagi bete dan ga ada temen yang bisa menampung semua keluh kesah gue, blog ini bisa jadi sarana buat numpahin semuanya. selain itu, blog ini adalah semacam otak tambahan gue untuk menyimpan semua cerita yang pernah gue alamin (yang gue tau suatu saat pasti bakal gue lupain karena regenerasi ingatan di dalam otak gue), jadi semua cerita2 seru itu paling ga bakal tetap abadi di blog ini walaupun di ingatan gue sendiri, gue sudah men-delete bagian itu dan menggantinya dengan yang baru. jadi suatu saat gue pengen mengenang apa yang pernah gue alamin, gue bisa baca cerita gue lagi di blog ini (kalo kata raditya dika, blog itu semacam diary). dengan gue nulis di blog ini, gue juga bisa share ke semua orang (yang mau baca blog gue) dan ngeliat gimana komentar mereka tentang semua cerita yang ada disini.

sebenernya dari dulu gue udah suka nulis. tapi berhubung gue orangnya moody, jadi jarang banget tulisan gue yang selesai. kadang script yang udah setengah jadi malah pada ngilang entah kemana (secara dulu gue share komputer sama abang n ade gue) kalo nulis di blog, mau ga mau gue harus nyelesein tulisan gue dan gue ga akan kehilangan materi tulisan gue lagi. alhamdulillah sih selama ini banyak yang suka dan kasih komen positif untuk cerita yang udah gue tulis disini. gue sih ga berharap akan bisa jadi seperti raditya dika yang bisa membukukan blog-nya dan akhirnya memfilmkannya juga. buat gue, blog gue dibaca dan disukai orang2 aja udah cukup karena dengan begitu mereka menghargai apa yang udah gue tulis disini dan buat gue itu udah sangat2 memotivasi gue udah bisa bikin tulisan yang lebih bagus lagi.



dan kemaren, gue lebih termotivasi untuk menulis setelah beli kaos di temen gue (arief). apa hubungannya kaos sama motivasi menulis..?? jadi gini, kaos itu cukup simple dengan warna yang ngejreng banget (kuning) dan gambar salah satu sastrawan hebat Indonesia yaitu Pramoedya Ananta Toer tercetak di bagian depan kaos. yang special pada kaos itu ada pada gambar sang maestro, topi yang beliau merupakan rangkaian kata2 yang (buat gue) maknanya sangat dalem. kalimat sederhana yang mampu memotivasi banyak orang (termasuk gue).

"orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah"
-Pramoedya Ananta Toer-


gue suka banget sama kaos itu, terlebih gue suka sama kata2 yang ada di dalamnya. kata2 itulah yang akhirnya memotivasi gue untuk tetap meneruskan hobby menulis gue ini. seperti kata2 itu, gue ingin dikenang, paling tidak sama orang2 yang kenal gue dan sama orang2 yang tau dan suka sama tulisan2 gue disini. dengan begitu, saat gue udah ga ada atau mungkin udah ga bisa nulis lagi, orang2 masih bisa mengenal gue lewat tulisan gue disini. toh orang2 terkenal di dunia ini kita kenal lewat media tulisan kan?? gue sih ga berharap bisa terkenal seperti para sastrawan itu karena gue tau kemampuan gue sangat terbatas dan belum apa2 dibanding mereka. tapi selama gue masih mau belajar dan menuangkan semuanya disini, gue yakin gue juga punya kesempatan yang (mungkin) sama seperti mereka.

dan kalau banyak yang komplain tentang isi blog gue ini yang di anggap sebagian orang kurang informatif karena cuma berisi tentang gue, gue, dan gue lagi, maka alasan yang akan gue gunakan adalah karena memang hal yang paling gue mengerti di dunia ini ya adalah tentang diri gue sendiri. gue ga akan maksain otak gue bekerja lebih keras untuk membuat tulisan yang informatif karena gue sadar kalo ilmu gue belum bisa gue jadiin tulisan yang bisa jadi informasi buat orang banyak. daripada gue bikin tulisan yang (sok) informatif tapi malah menyesatkan mendingan gue nulis hal2 yang udah jelas2 gue tau kan! hehehe..

gue cuma berharap siapa tau suatu saat blog ini bisa jadi warisan juga untuk anak-cucu gue nanti. mereka bisa mengenal gue dari sini. begitu juga kalian. dan untuk semua orang yang telah sudi mampir dan meluangkan waktu baca blog gue (sekarang ataupun nanti), gue cuma mau bilang terima kasih sudah mau mengenal gue lewat blog ini. disini kalian cuma akan menemukan informasi tentang gue dan kehidupan gue, jadi jangan berharap lebih kalo kalian bakal menemukan hal2 lain. seperti nama blog gue, SEBUAH CATATAN HIDUP, ini memang cuma berisi tentang aku, hidupku, dan orang2 disekitarku.

SELAMAT MEMBACA..(^o^)v

Selasa, 15 Desember 2009

lupa minum

hal terbodoh yang pernah gue lakukan seumur hidup gue. gue melupakan kebutuhan primer gue akan air. dan kejadiannya sangat2 bodoh. kejadiannya belom lama ini waktu gue masih hidup nomaden pasca kelulusan gue di jogja. hari itu gue n dani lagi makan di salah satu resto cepat saji terkenal disana, sebut saja Jogja Chicken. agenda hari itu adalah kita mau ke kampung halaman bokapnya dani di Wonosari, Jogja. sebelum berangkat kita sarapan dulu di resto itu.

waktu kita hampir selesai makan, ada 2 orang mas2 yang masuk ke resto itu dan ngebagiin quesioner (yang sepertinya) untuk penelitian tugas kampusnya. secara gue ma dani bukan orang2 yang suka ngisi2 quesioner kayak gitu makanya kita berniat untuk kabur sebelom quesioner itu nyampe ke meja kita. dani yang emang udah selesai makan langsung buru2 cabut dari meja, sedangkan gue buru2 cuci tangan n cabut juga dari situ. tapi terlambat. begitu gue mau nyusul dani yang udah standby di depan resto, ternyata dani udah terlanjur dikasih quesioner sama mas2 itu.

gue yang udah siap cabut dari situ akhirnya berdiri deket meja gue tadi untuk nungguin dani yang (terpaksa) ngisi quesioner itu. dani ngisi dengan agak asal, yang penting kita bisa cepet2 pergi dari situ. ga lama emang kita bisa pergi setelah balikin quesioner itu ke empunya. tapi pas naek motor, gue ngerasa ada yang aneh. gue ngerasa seret banget tenggorokan gue. gue yang tadi pesen es teh pas makan kok ngerasa haus banget. ga ada sedikitpun sisa2 rasa es teh yang gue pesen tadi. dan detik2 sebelum kita cabut dari resto itu gue akhirnya bilang ke dani.

acha : "dan, gue kok seret banget yak..??"
dani : "lah seret kenapa..??"
acha : "ga tau. berasa aus banget gue.."
dani : " lo udah minum belom tadi..??"
acha : "udah kok..!!"
(sambil nengok ke arah resto yang kebetulan meja tempat gue makan tadi ada di pintu masuk resto itu n you know what?? es teh gue masih penuh, ga berkurang sedikitpun sejak gue pesen tadi..!!)

dengan gondok akhirnya gue bilang ke dani lagi..
acha : "dan, gue lupa minum es tehnya..pantesan aja gue seret!!"
dani langsung ketawa ngakak, ngetawain ketololan yang baru aja gue perbuat. gimana caranya gue sampe lupa minum..?? bener2 bodoh..!! gara2 pengen ngindarin mas2 quesioner gue jadi buru2 n lupa sama minuman gue. udah ngindarnya gagal, minuman gue juga sia2. masih dengan perasaan gondok akhirnya kita cabut dari tempat itu dengan dani yang masih sibuk ngetawain gue. emang dasar gue-nya yang lagi apes atau emang gue yang ada bakat2 bodoh ya..?? semoga aja jangan sampe terulang.

Jumat, 11 Desember 2009

PRT & pemulung

1 peristiwa yang jadi kenangan terakhir gue sebelum meninggalkan semarang setelah lulus adalah pada saat proses pindahan. setelah nyelesein kuliah gue di semarang selama 4 tahun, gue harus balik ke depok dengan barang2 di kost yang ternyata banyak banget. dibanding temen2 cewek gue yang lain, padahal gue termasuk yang barang2nya paling sedikit di kost. baju2 gue 1 lemari aja ga penuh karena gue emang ga terlalu suka belanja. buku2 kuliah juga ga banyak karena gue lebih sering fotokopi. hehehe. tapi pas pindahan kemaren gue baru sadar kalo ternyata barang2 gue banyak banget. jauh lebih banyak dari bayangan gue.

proses pindahan gue kemaren bener2 ribet banget. selain karena barang2 yang banyak, waktu untuk beresin barang2nya juga mepet banget. setelah wisuda gue emang mutusin untuk pindah ke jogja sementara selagi nunggu legalisiran ijazah hgue selesai. kurang lebih gue tinggal di jogja selama 3 minggu, dan selama itu juga kost gue di semarang terlantar. barang2 gue masih utuh di tempatnya. bukannya gue pack-in dulu sebelum pergi tapi malah gue tinggal gitu aja. begitu masa nomaden gue di jogja selesai baru deh gue kelimpungan ngeberesin barang2 di kost.

kardus2 barang gue yang udah 4 tahun ada di kost juga entah pada kemana, cuma kardus TV aja yang masih utuh. otomatis gue harus nyari kardus baru buat ngepakin barang2 gue. biar ga repot2 nyari kardus di semarang (ga tau sih sebenernya harus nyari kardus dimana kalo di semarang) akhirnya hari terakhir di jogja gue pake untuk cari kardus. pikiran gue kardusnya bisa dilipet kecil jadi bawanya gampang n ga mencolok perhatian orang. ternyata pas gue nyari kardus di daerah pingit (kata dani nih, kalo salah ya maaf) kardus yang di dapet malah segede2 gaban n ga bisa di lipet kecil juga. alhasil gue harus bawa2 kardus itu naek motor ma dani. beneran udah kayak pemulung. jadi kepikiran aja, gimana caranya gue bawa kardus2 ini ke semarang tanpa harus dikira pemulung beneran.



berbekal urat malu yang ditebel2in akhirnya gue balik ke semarang dengan ditemenin dani (sebagai tenaga bantu untuk beresin kost gue) bawa kardus2 itu. biasanya kita naik motornya dani ke semarang, tapi kali ini berhubung bawaan dari jogja juga banyak akhirnya kita putuskan untuk naik bis aja. cukup banyak orang2 di jalan yang ngeliatin kita bawa2 kardus segede dan sebanyak itu. dan pas kita lagi nunggu bis trans jogja di shelter-nya, tiba2 dani nyeletuk "muka lo kucel amat cha, dah kayak babu!!". gue yang dari awal udah berusaha nahan malu gara2 bawa kardus terpaksa harus nahan gondok juga waktu dani ngomong kayak gitu. biar ga tambah gondok akhirnya gue bales ngomong ke dani, "lah elo dah kayak pemulung bawa2 kardus kayak gitu, udah deh sama2 sebasib ga usah saling menghina".

sepanjang perjalanan, mulai dari jalan kaki dari kost dani ke shelter trans jogja yang ada di depan kopma UGM, perjalanan naik trans jogja ke jombor yang harus transit dulu di shelter condongcatur, sampe akhirnya nyampe di terminal jombor banyak banget orang2 yang ngeliatin. bahkan petugas trans jogja yang kita naikin sempet nanya2 sama kita buat apaan bawa kardus sebanyak itu. yah walaupun udah kita jawab sejujurnya kalo kardus2 itu emang buat pindahan kost di semarang, tapi kayaknya mbak2 itu tetep ga percaya. mungkin muka intelek gue tersamarkan oleh muka babu akibat kucelnya muka gue yang dani bilang itu. nasib2..

untung pas perjalanan menuju semarang, kita bisa naro kardus2 itu di bagasi bis, jadi kita ga terlalu keliatan mencolok lagi di depan orang2 itu. tapi begitu turun dari bis sesampainya di semarang, kita kembali lagi jadi babu dan pemulung yang dah kayak mau pulang kampung. secara kita juga jalan lumayan jauh. kita turun di air mancur undip jalan pahlawan dan harus jalan ke kost gue di erlangga. karena udah deket dan emang tenaga udah lumayan terkuras, makanya gue n dani cuek aja. masih sambil becandaan ngatain babu dan pemulung kita cuek jalan ngelewatin area kampus dengan bawaan yang ga karuan itu. syukurlah perjalanan panjang itu akhirnya selesai. 1 hari perjalanan panjang tapi ditutup dengan menyenangkan.

kita yang nyampe di semarang sekitar jam 3 sore langsung buru2 beres2 barang di kost gue untuk nguber waktu (karena malemnya kita berencana langsung pulang ke depok juga). semua barang2 gue di kost akhirnya beres sekitar jam 7 malem. total barang2 gue ada 7 kardus besar (berisi TV, dispenser, kipas angin, buku2,dll), plus 2 koper besar pakaian, 1 tas ransel, 1 galon aqua, dan 1 helm. berhubung udah malem juga akhirnya kita pake 2 taksi untuk ngangkut semua barang2 itu ke stasiun tawang untuk dikirim ke rumah gue pake jasa angkut kereta.

hari itu kita emang kayaknya lagi sial. udah dikira pemulung sama orang2. pas malemnya kita ternyata keabisan tiket kereta. secara emang lagi long weekend karena libur Idul Adha. barang2 udah ke angkut tapi orangnya malah ga ke angkut. dengan bodohnya, petugas jasa angkut barang2 yang kita pake (KI 8) menyarankan supaya kita ikut naik kreta bareng sama barang2 yang kita kirim tadi. yang bener aja. emang kita kulkas apa..?? sekate2 tu orang. dengan pasrah akhirnya kita ngegembel di depan stasiun sambil menunggu mukjizat datang. bukannya dapet mukjizat tapi yang ada malah dosen penguji gue (Pak Maringan) yang dateng. berhubung gue udah terlanjur ngeliat beliau (tapinya mau pura2 ga liat aja gitu..hehehe..) terpaksa gue nyapa juga. malem itu ternyata beliau juga keabisan tiket untuk ke Surabaya.

setelah lumayan lama ngegembel di depan stasiun, kita yang emang udah ga punya arah tujuan dan tempat tinggal beraniin nanya ke bagian informasi kalo2 masih ada tiket kereta yang berangkat malem itu yang masih nyisa. dan beruntung, ternyata masih ada tiket kereta bangunkarta dari Kediri yang nyisa. tanpa pikir panjang kita akhirnya beli tiket itu sebelom keduluan yang lain (secara banyak orang di stasiun malem itu yang keabisan tiket juga). begitu naik kereta, kita yang seharian emang udah kecapean banget langsung aja tidur dah kayak orang mati. capek emang, tapi menyenangkan kok, karena gue bisa dapet 1 lagi cerita untuk dikenang. hehehe..

Selasa, 08 Desember 2009

kenapa harus ga suka..??

belakangan gue agak terganggu dengan semakin banyaknya orang2 yang ngurusin urusan pribadi gue. mungkin mereka bermaksud baik, mau nunjukin ke gue kalo mereka emang perhatian sama gue. tapi buat gue semua sikap mereka itu justru bikin gue merasa sangat keganggu. mereka udah terlalu jauh masukin batas wilayah pribadi gue yang ga seharusnya mereka sentuh. selama ini gue dah berusaha untuk diem. gue ga negur mereka dengan harapan mereka bisa ngerti sendiri dengan sikap diemnya gue, tapi ternyata ga. gue diem mereka malah makin jadi ngusik urusan pribadi gue.

sebenernya bukan masalah besar sih. tapi udah cukup bikin gue gerah. banyak banget orang yang belakangan selalu mempertanyakan dan mempersalahkan kedekatan gue sama seorang temen gue yang namanya dani. entah apa alasan mereka, tapi semua komentar dan sikap mereka tiap mereka lagi jalan bareng gue n dani udah cukup bikin males. tujuan awal jalan bareng yang harusnya bisa have fun sama2 tapi pasti selalu berakhir kacau. pasti ada salah satu di antara mereka (temen2 gue yang ga suka ma kedekatan gue n dani) yang malah jadi bad mood n bete sendiri.

gue sampe sekarang juga heran kenapa mereka bisa kayak gitu. kayaknya ga ada deh alesan untuk ga suka sama kedekatan gue sama dani. gue n dani aja nyantai2 aja kok. keluarga kita juga ga ngelarang kita deket. so kenapa mereka harus kayak gitu..?? emang sih ada salah satu dari mereka (yang ga bisa gue sebut namanya disini) yang emang punya perasaan sama dani. tapi itu udah dulu banget. sekarang toh dia sendiri udah punya cowok, gitu juga dengan dani. jadi kayaknya ga ada alesan juga buat dia jealous sama gue. dia sendiri sebenernya dulu pernah deket sama dani dan sebenernya peluang dia untuk bisa lebih deket ke dani lebih besar dibanding gue. tapi sayangnya dia ga pake kesempatan itu dengan baik. dia malah lebih milih untuk deket sama orang lain dan itu bikin dani juga menjauh dari dia dan akhirnya dani jadi deket sama gue kayak sekarang ini.

gue sama dani sebenernya juga belum lama kenal. baru sekitar 1 taun ini lah..!! gue ketemu dani pertama kali di jogja sekitar bulan desember tahun lalu (2008) waktu gue dan temen2 caur gue melakukan perjalanan ke jogja untuk pertama kalinya (baca jogja holiday part 1-2). disitu kita yang emang sangat membutuhkan guide di jogja akhirnya menghubungi dani yang notabene adalah ade kelas gue pas SMA yang sekarang kuliah di UGM. singkatnya, sejak saat itu gue ma dani makin deket. sebenernya ga cuma gue ma dani doank yang makin deket, tapi gue, dani, dan temen2 caur seperjalanan ke jogja waktu itu. kedekatan yang menurut gue sangat2 wajar dan sama sekali ga perlu dikhawatirkan.

sejak saat itu, apalagi dengan semakin seringnya gue berkunjung ke jogja setelah kunjungan gue bareng temen2 caur, mulailah semakin banyak temen2 gue yang mengeluh atau komplain soal kedekatan gue sama dani. mulai dari masalah dani sering ngintilin gue tiap jalan di depok, atau masalah dani yang sampe sekarang belom lulus2 juga. gue sendiri sebenernya sedikit geli kalo denger keluhan2 seperti itu dari temen2 gue, tapi ya mau diapain lagi. selama ini gue udah berusaha kasih penjelasan buat mereka tapi mereka tetep ga percaya n tetep nge-judge kedekatan gue sama dani sebagai hubungan yang tidak baik.

ada beberapa alasan ga masuk akal yang sering gue denger dari temen2 gue yang kontra sama kedekatan gue dan dani. ada yang bilang kalo kurang nyaman kalo pas gue n temen2 cewek gue lagi jalan bareng diintilin sama cowok (dani). alasan yang sangat ga masuk akal buat gue mengingat dani bukanlah cowok pertama yang sering ngintilin gue kalo jalan. dari SMA gue udah deket banget sama 1 temen cowok (ricky) yang dari SMA pun sering ngintilin gue jalan sama anak2 cewek dan itu bukan masalah buat mereka. kalo emang mereka bisa terima ricky, kenapa mereka ga bisa terima dani..?? buat gue dani adalah sama seperti ricky, jadi ga ada alesan untuk menolak dani jalan sama komunitas temen2 gue di depok.

dan satu lagi alesan konyol yang sempet gue denger (walaupun ga dari orangnya langsung) adalah gara2 gue deket sama dani, dani sampe sekarang belom lulus juga dari kuliahnya. hellow..?? ga masuk akal banget kan! mau gue deket sama dani mau ga, kalo emang belum waktunya dani lulus ya mau gimana lagi. lagipula dani sendiri juga ga pernah nyalahin gue sedikitpun karena dia belum lulus. dani sendiri yang bilang kalo dia belum lulus karena emang TA-nya yang susah dan dia agak kesulitan nyeleseinnya, jadi bukan gara2 gue. lagian apa hubungannya gue sama proyek akhirnya dani? kalo emang gue adalah penyebab proyeknya dani ngadat, gue ga akan mau nolongin dani ngerjain TA-nya (walaupun cuma sebatas ngoreksi kata2 yang salah).

selain itu, ada yang ga suka sama kedekatan gue dan dani karena menurutnya ga etis gue dan dani yang masing2 sudah punya pasangan masih sering jalan bareng. lah apa lagi ini..?? pasangan kita masing2 aja ga pernah komplain atau mempersalahkan kedekatan kita kok, kenapa malah dia yang repot ngurusin kita..?? dia sendiri sebenernya juga udah punya pacar, kenapa harus ngurusin orang lain..?? gue sih ngerasa kayaknya dia masih nyimpen perasaannya ke dani, tapi dia ga mau ngaku aja. orang2 yang pro sama gue pun setuju kok kalo liat hal ini. ngapain juga dia selalu ngeributin gue yang deket sama dani..?? ceweknya dani aja nyantai2 aja kok ngeliat gue jalan sama dani. ceweknya dani malah minta gue jagain dani n bantuin dani ngerjain TA-nya supaya ga main2 terus.

gue agak males aja kalo keadaannya tetep kayak gini terus. ga bakal nyaman buat siapapun. gue cuma mau semuanya ngerasa baik2 aja. ga perlu ada perasaan jealous2an atau ga suka. ga pentinglah kayak gitu. buat apa sih..?? cuma nyape2in diri sendiri aja kan..!! lagian itu sama aja dia punya pikiran suuzon sama gue n dani. dengan gitu dia yang dosa kan..!! kalo emang semuanya bisa terima kedekatan gue n dani kayak apa yang dilakuin pasangan kita masing2 kan yang ada jadi damai semua. kita bisa jalan bareng sama2 tanpa ada yang bete2an. dengan gitu mereka juga bisa liat sendiri gimana kedekatan gue yang sebenernya sama dani ga kayak apa yang mereka pikirin selama ini. jadi pertanyaannya adalah kenapa harus ga suka..??

Minggu, 06 Desember 2009

bengkak

curhat sedikit nih..
udah hampir seminggu ini gusi sebelah kiri gue bengkak karena graham terakhir gue mau numbuh. sakit banget! dan udah 3 hari ini gusi gue mulai membengkak yang diperparah sama amandel gue yang ikutan meradang juga. alhasil dah 3 hari ini pipi gue, terutama daerah rahang kiri gue bengkak gede banget dah kayak orang abis ditabokin. hiks2..!! gara2 ini gue jadi ga bisa ngunyah makanan n sakit juga buat nelen. ga lucu kan kalo selama sakit gue sama sekali ga makan. yang ada bisa2 jadi kurang gizi lagi gue setelah ini.

hari ini keadaan semakin parah karena gue dah ngerasa badan gue mulai meriang pertanda bakal demam. hadooh bener2 ga enak banget!! weekend yang sangat tidak menyenangkan karena harus dilalui dengan menderita. hehehe..sedikit lebay nih gue!! yah..gue sih cuma berharap semoga semua sakit ini bakal cepet2 ilang. gue pengen bisa makan dengan normal n ga usah nahan sakit kalo nelen makanan karena pada dasarnya gue emang suka makan. hehehe..

lenyapkan semua penyakit ini Tuhan..!! tapi jangan pake operasi ngilanginnya. karena gue paling benci dokter, RS, dsb. pake obat atau pindahin kemana kek gitu. gue benci sakit. lagian kenapa nih sakit harus datengnya barengan sih..?? jadi dobel2 kan rasa sakitnya. hiks2.. pergi jauh2 kau penyakit dari tubuhku. hush2..!!

Sabtu, 05 Desember 2009

aku pilih dia

mereka selalu yakin jika sejauh apapun aku melangkah dan bersama siapapun aku saat ini, aku akan tetap kembali padanya. sosok di masa laluku itu. sosok yang telah banyak mengisi hariku dulu. tapi mereka salah. masa laluku memang indah. tapi hanya untuk dikenang. kini aku telah temukan dia. sang penutup luka hati.

saat aku memilihnya, aku telah menyakinkan hatiku sendiri untuk mengubur kisah yang lama. aku lelah terus berada dalam lingkaran masa lalu itu. yang telah mengurungku begitu lama dan membuat pintu hatiku pun tertutup sangat lama. saat aku memilihnya, dan saat aku tau ternyata dia yang bisa membawaku keluar dari lingkaran masa laluku, aku yakin jika dialah sosok yang aku cari selama ini.

kini aku akan buktikan pada semuanya jika pilihanku saat ini tidaklah salah. aku percaya saat cinta bicara, semua beda yang ada tidak lagi ada. dan jika pun ternyata bukan dia yang Tuhan pilihkan untukku, paling tidak aku akan tetap bersyukur karena dia telah berhasil menarikku keluar dari lingkaran kelam itu. dia akan tetap jadi bagian penting dalam hidupku.

mungkin terlalu naif jika aku bicara aku akan berusaha mencintai dia selamanya, karena aku tidak pernah tau bagaimana masa depan yang telah Tuhan tuliskan untukku dan dia. aku hanya akan menjalaninya, sampai takdir yang bicara bagaimana akhir kisahku dengannya. dan selama aku menunggu itu, aku akan tetap pada pendirianku saat ini. aku pilih dia.

berhenti sejenak

selama ini aku telah berkelana terlalu jauh..
jauh hingga batas kemampuanku sendiri..
dan kini aku harus berhenti..
bukan untuk selamanya..
hanya berhenti sejenak..
dan dalam perhentianku saat ini, aku mulai merindukan semuanya..
merindukan perjalananku dulu..
merindukan saat2 kebersamaan kita menikmati keegoisan masa muda..
yaa..aku merindukannya..
aku berharap dapat segera kembali..
melanjutkan perjalananku yang sedang terhenti..
saat pundi2 emasku terkumpul..
aku berjanji akan meneruskan segalanya..
mewujudkan impianku untuk dapat melihat dunia..
semoga jika saat itu tiba..
tenaga kita tetep utuh tidak termakan usia..
kelak kita akan seperti dulu..
singgah dari 1 kota ke kota lainnya..
menikmati setiap keramahan yang ada..
menghabiskan semua waktu bersama..
walau nanti keadaannya akan berbeda..
tapi aku akan menanti saat itu..
saat aku bisa merasakan hembusan angin dingin menerpa wajahku dan memainkan anak2 rambutku..
melihat wajah matahari yang terbit dari balik pegunungan di tengah perjalanan kita..
menerka-nerka bentuk awan di atas kepala kita saat aku berusaha menepis rasa kantuk yang ada..
atau bahkan saat aku tertidur di bahumu kala tak dapat menahan lelah yang melanda..
aku ingin rasakan lagi itu semua..
tapi aku hanya bisa berharap saat itu akan segera tiba..