Sabtu, 26 Desember 2009

hadiah natal dalam bakso

satu lagi peristiwa lucu yang baru aja gue alami. kemaren (25 Desember 2009) adalah agenda gue untuk nginep di rumah om gue di Klaten. berhubung memang sedang long weekend karena libur natal (24-27 desember) makanya om gue berencana ngajak keluarga dan para keponakannya (gue n luthfi) jalan2. rencananya hari itu kita mau keliling wisata candi (Borobudur-Prambanan-Boko), tapi karena banyak banget halangan, mulai dari cuaca yang ga mendukung (karena hujan terus) sampe koordinasi yang kurang baik jadinya semua rencana yang udah diatur bener2 gatot alias gagal total.

gue yang dari sekitar jam 2 siang stuck di Jogja karena udah mulai ujan (gerimis) akhirnya gue (terpaksa) ngebatalin niat gue buat nyusul rombongan yang udah duluan berangkat ke Borobudur. karena gue udah (terlanjur) ngajakin temen2 gue (dani n sinung) juga untuk ikut dalam rombongan, gue masih berharap supaya paling ga kita emang jadi jalan walau cuma ikut tour terakhir ke boko. tapi ternyata cuaca ga memihak kita, ujan yang makin deres bener2 bikin semuanya kacau. rombongan om gue yang udah ada di Borobudur pun ternyata terjebak ujan di kawasan candi, dan gue beserta temen2 gue juga terpaksa ngegembel di kost dani dulu sambil nunggu ujan agak reda.

ujan baru reda (walau masih sedikit gerimis) sekitar jam 4 sore. kita bertiga (gue, dani, n sinung) yang emang udah siap buru2 cabut ke boko dengan harapan masih bisa dapetin langit sore yang bagus di tengah cuaca yang lagi buruk itu. dan lagi2 keberuntungan masih ga berpihak sama kita. rombongan om gue akhirnya ngebatalin semua sisa tour hari itu dengan alasan semua anggota rombongan udah pada kecapekan n ujan yang emang rata. selain itu, waktu kita belom terlalu jauh jalan (sekitar di jalan solo lewat carefour dikit) ujan malah tambah deres. kita terpaksa berteduh di emperan toko yang kebetulan lagi tutup.

supaya waktu kita ga mubazir,akhirnya diputuskan kita untuk ngerubah semua rencana. kita puter balik ke arah babarsari menuju salah 1 resto favourit kita (kukuruyuk) untuk sedikit menghangatkan badan dengan minuman hangat (dan bodohnya disana kita malah pesen es semua di saat hujan masih sangat deras dan tubuh yang agak basah karena kehujanan tadi), selain untuk meneruskan berteduh juga. hehehe. kita bertiga lumayan lama ada di kukuruyuk (sekitar 2 jam) ngobrol ngalor-ngidul ga jelas, dan setelah ngerasa bosen plus memastikan kalo ujan emang udah bener2 reda, kita baru cabut dari situ (kalo ga salah tepat pas magrib).

karena bingung mau kemana lagi (ujan juga masih turun walau cuma gerimis), akhirnya sinung n dani ngajakin gue maen di game center di dekat situ (namanya lupa, tapi persis di samping kedai kopi Frappio). sebenernya tempatnya ga terlalu nyaman buat gue. selain karena gue masih ngerasa kedinginan, disana yang memang mayoritas pengunjung adalah cowok, banyak yang ngerokok (dan gue termasuk agak sensitif dengan asap rokok). kita main disitu cuma sekitar 1 jam aja karena gue udah mulai ngerasa pusing dan ga nyaman karena (suer deh!!) ngerasa pas main ada sosok hitam besar yang berdiri di belakang gue, padahal berkali2 gue noleh, gue ga ngeliat ada siapa2 yang berdiri di belakang gue.

keluar dari game center kita mencar. sinung langsung pulang ke rumahnya (sorry ya nung ga jadi maen ke boko..), dan dani nganterin gue ke rumah om gue di Klaten. perjalanan ke Klaten kita berbasah2 lagi karena ujan yang ga konsisten turunnya. kadang deres kadang reda. di sekitar daerah Jogonalan Klaten, kita berhenti di sebuah warung bakso pinggir jalan karena ujan yang semakin deres (secara kita juga udah mulai laper karena pas di kukuruyuk kita cuma minum doank).

tadinya pas masuk warung itu awalnya kita pengen makan soto (warung itu jual bakso, soto ayam-daging), tapi berhubung abis jadinya kita terpaksa pesen baksonya. tampilan bakso itu ga ada yang beda dengan bakso2 lainnya, dengan tambahan sedikit irisan daging sapi (biasanya kan cuma ditambahin tetelan tu). tapi tampilan yang biasa itu tidak menjamin isinya biasa juga karena dani yang emang biasa motong2 bakso gede-nya biar ga terlalu panas, dapet kejutan yang ga pernah kita duga sebelumnya. waktu motong bakso gedenya itu, tiba2 dari dalem baksonya nongol suatu benda kecil berwarna kemerahan. dani yang ga ngira bakal keluar benda aneh dari dalem baksonya itu langsung komplain ma gue (bukan ke tukang baksonya)

video


dani : "idih apaan nih..??"
(gue langsung ngeliatin mangkoknya dani n sesuatu yang sekarang mengambang di pinggiran mangkoknya dani)
gue : "itu kayak kulit bawang dan.."
dani : "sial amat gue dapet bakso rasa bawang"
(agak lama dani ngeliatin benda aneh itu sambil di bolak/i ga jelas dan tiba2 dia ngomong lagi ke gue..)
dani : "eh ini bukan bawang tau..kayak duit!"
gue : "duit apaan..??
(gue langsung ngeliatin lagi benda aneh itu..)
dani : "ini ada plastiknya cha..masa bawang diplastikin..??"
(dan setelah kita amatin lagi, itu emang positif duit kertas dengan nominal Rp 10.000,- yang dilipet kecil seukuran kuku jempol dan dibungkus pake plastik transparan)

ngeliat dani dapet surprise kayak gitu dari dalem bakso, dengan semangat dani nyuruh gue buka bakso gue juga untuk periksa ada "doorprise"-nya juga apa ga. tapi gue ga seberuntung dani, bakso gue ternyata bakso biasa yang isinya telor (kalo telor ayam sih gapapa..lah ini telor puyuh..sedih banget!!). masih dengan sedikit bingung dan agak geli dengan penemuan tak terduga itu tadi, gue n dani akhirnya makan tu bakso sampe tandas sebelum ngelanjutin perjalanan lagi.

ya mungkin di hari natal itu Tuhan ga mau kasih kesusahan terus sama dia, tapi juga berkah dengan kejutan di dalem bakso itu. uang yang kita temuin di dalem bakso itu bener2 jadi berkah. tau kenapa..?? waktu perjalanan kita ga pegang uang banyak. dani yang lupa ambil uang di ATM cuma megang uang beberapa ribu, sedangkan gue saat itu cuma pegang uang sekitar 30 ribu yang udah dipake buat bayar macem2 (10 ribu untuk isi bensin, dan 16 ribu untuk bayar si bakso tadi). jadi total uang kita ga lebih dari 10 ribu saat itu. duit 10 ribu dalem bakso tadi bener2 berkah banget buat kantong kita yang lagi kering kerontang. yah anggep aja itu hadiah natal buat dani deh!! hehehe. kapan lagi makan bakso dapet cashback langsung dari dalem baksonya..??

0 komentar:

Posting Komentar