Kamis, 13 November 2008

Cinta Dan Waktu

Alkisah di suatu pulau kecil, tinggallah berbagai macam benda-benda abstrak: ada CINTA, KEKAYAAN, KECANTIKAN, KESEDIHAN, KEGEMBIRAAN, dsb. Awalnya mereka hidup berdampingan dengan baik dan saling melengkapi.

Namun suatu ketika, datang badai menghempas pulau Kecil itu dan air laut tiba-tiba naik semakin tinggi dan akan menenggelamkan pulau itu. Semua penghuni pulau cepat-cepat berusaha menyelamatkan diri. CINTA sangat kebingungan sebab ia tidak dapat berenang dan tak mempunyai perahu. Ia berdiri di tepi pantai mencoba mencari pertolongan.

Sementara itu air makin naik membasahi kaki CINTA. Tak lama CINTA melihat KEKAYAAN sedang mengayuh perahu. "KEKAYAAN! KEKAYAAN! Tolong aku!" teriak CINTA. Lalu apa jawab KEKAYAAN, "Aduh! Maaf, CINTA!" kata KEKAYAAN. "Perahuku telah penuh dengan harta bendaku. Aku tak dapat membawamu serta, nanti perahu ini tenggelam. Lagipula tak ada tempat lagi bagimu di perahuku ini." Lalu KEKAYAAN cepat-cepat mengayuh perahunya pergi meninggalkan CINTA.

CINTA sedih sekali, namun kemudian dilihatnya KEGEMBIRAAN lewat dengan perahunya. "KEGEMBIRAAN! Tolong aku!", teriak CINTA. Namun apa yang terjadi, KEGEMBIRAAN terlalu gembira karena ia menemukan perahu sehingga ia tuli tak mendengar teriakan CINTA. Air makin tinggi membasahi CINTA sampai ke pinggang dan CINTA semakin panik.

Tak lama lewatlah KECANTIKAN. "KECANTIKAN! Bawalah aku bersamamu!", teriak CINTA. Lalu apa jawab KECANTIKAN, "Wah, CINTA, kamu basah dan kotor.Aku tak bisa membawamu ikut. Nanti kamu mengotori perahuku yang indah ini." sahut KECANTIKAN. CINTA sedih sekali mendengarnya. CINTA mulai menangis terisak-isak. Apa kesalahanku, mengapa semua orang melupakan aku.

Saat itu lewatlah KESEDIHAN. Lalu CINTA berkata, "Oh, KESEDIHAN, bawalah aku bersamamu", kata CINTA. Lalu apa kata KESEDIHAN, "Maaf, CINTA. Aku sedang sedih dan aku ingin sendirian saja...", kata KESEDIHAN sambil terus mengayuh perahunya. CINTA putus asa. Ia merasakan air makin naik dan akan menenggelamkannya. CINTA terus berharap kalau dirinya dapat diselamatkan. Lalu ia berdoa kepada Tuhannya, oh Tuhan tolonglah aku, apa jadinya dunia tanpa aku, tanpa CINTA?

Pada saat kritis itulah tiba-tiba terdengar suara, "CINTA! Mari cepat naik ke perahuku!" CINTA menoleh ke arah suara itu dan melihat seorang yang tua berjanggut putih panjang sedang mengayuh perahunya. Lalu cepat-cepat CINTA naik ke perahu itu, tepat sebelum air menenggelamkannya.Kemudian di pulau terdekat, orang tua itu menurunkan CINTA dan segera pergi lagi.

Pada saat itu barulah CINTA sadar, bahwa ia sama sekali tidak mengetahui siapa orang tua yang baik hati menyelamatkannya itu. CINTA segera menanyakannya kepada seorang penduduk tua di pulau itu, siapa sebenarnya orang tua itu.

"Oh, orang tua tadi? Dia adalah "WAKTU", kata orang itu. Lalu CINTA bertanya "Tapi, mengapa ia menyelamatkanku? Aku tak mengenalnya. Bahkan teman-teman yang mengenalku pun enggan menolongku", tanya CINTA heran. "Sebab", kata orang itu, "HANYA WAKTU LAH YANG TAHU BERAPA NILAINYA HARGA SEBUAH CINTA ITU......"

Senin, 10 November 2008

Aku Hadiah Ibuku

Hari ini hari ulang tahun nyokap gue. Walaupun umurnya udah hampir setengah abad yang pasti jiwanya tetep muda. dia tetep nyokap gue yang metal, yang tetep bisa di ajak asik, tetep bisa di ajak curhat, tetep bisa di ajak gila2an. Dia emang beda dari nyokap2 lainnya. Hampir semua temen2 gue yang udah pernah ketemu dan kenal ma nyokap gue ngomong hal yang sama. Walaupun awal kenal kesannya dia itu seorang nyokap yang galak bin serem, tapi kalo yang udah lama kenal pasti bilang kalo nyokap gue asik.

Di ultah nyokap gue kali ini rencananya gue pengen kasih kado buat dia, secara gue emang ga pernah ngasih kado di ultah2 sebelumnya. dari H-2 ultahnya gue udah bingung banget mau kasih apaan. Selera gue sama nyokap emang agak2 beda dalam hal milih suatu barang, makanya gue bingung banget apa yang mo gue kasih buat ultah nyokap tahun ini. Kalo gue beliin baju atau sepatu, takutnya ntar malah ga kepake karena gue salah pilih model atau ukuran. Mau gue beliin rangkaian bunga, bingung ngirimnya, secara gue jauh di Semarang dan nyokap tinggalnya di Depok.

Setelah berpusing2 ria memikirkan kado apa yang bakal gue kasih buat nyokap, akhirnya gue mutusin buat ngasih nyokap sebuah buku aja. Nyokap emang suka banget baca. Jadi daripada gue beliin dia barang2 yang kemungkinan bakalan ga kepake mendingan gue kasih dia buku aja kan, paling enggak kan tu buku bakalan dibaca walaupun cuma sekali aja. Kebetulan di Semarang juga lagi ada pameran buku, jadi yah gue kan bisa beliin nyokap hadiah buku dengan harga miring. he3..otak anak kost-nya langsung jalan deh kalo udah berhubungan dengan duit. Tapi masih ada satu masalah, buku apa yang bakal gue kasih? Daripada bingung2 akhirnya gue tanya aja langsung ma nyokap kira2 buku apa yang lagi suka di baca.

Pagi2 akhirnya gue telpon nyokap buat nanyain buku apa yang lagi dia pengen tapi belom sempet dibeli sekalian gue ngucapin Happy Birthday buat nyokap. Setelah ngucapin met ultah dan ngobrol panjang lebar tentang kuliah gue, akhirnya gue langsung ngomongin topik yang emang jadi tujuan gue nelpon nyokap pagi itu. Awalnya sih gue speak2 masalah pameran buku yang lagi di adain di Semarang. Dari situ gue nyambung2in buat nawarin beliin nyokap buku sebagai hadiah ultahnya tahun ini. Tapi ga disangka nyokap malah nolak padahal biasanya nyokap malah suka nitip beliin buku ma gue kalo dia tau di Semarang lagi ada pameran buku.

Sebenernya yang bikin gue kaget bukan karena penolakan nyokap yang ga mau gue beliin buku sebagai hadiah ultahnya. Gue justru kaget sama alesan nyokap nolak tawaran gue buat ngasih dia hadiah. Dia nolak bukan karena dia takut uang gue habis atau karena ga mau bikin gue repot, tapi dia nolak justru karena dia ngerasa emang ga butuh hadiah apa2 dari gue. Buat dia, anak2nya inget sama ultahnya aja itu udah sangat2 cukup buat dia. Ucapan selamat ulang tahun yang gue kasih lebih berharga daripada hadiah yang pengen gue kasih buat dia. wow..gue jadi ngerasa agak2 gimana gitu!! Terharu campur malu juga. Gue sebagai anak, selama ini tiap ulang tahun malah selalu beraharap dapet hadiah yang macem2 daripada sekedar ucapan met ultah dari bonyok gue. Ga di sangka nyokap malah nolak hadiah yang pengen gue kasih walaupun gue emang bener2 niat mau ngasihnya.

Hal yang bener2 bikin gue terharu adalah pada saat nyokap bilang dia ga butuh hadiah dari gue. Gue masih inget nyokap ngomong kayak gini ke gue waktu gue nanya dia mau gue beliin buku apa sebagai hadiah. Nyokap bilang, dia ga butuh hadiah apapun dari gue. Gue udah inget dan mau ngucapin dan ngedoain dia panjang umur aja itu udah lebih dari cukup. Nyokap juga bilang kalo selama ini dia udah dapet semua hadiah yang dia pengen. Suami dan anak2nya buat dia adalah salah satu hadiah paling indah yang pernah dikasih Tuhan buat dia. Hadiah yang ga bisa dituker atau diganti pake apapun juga. Dan dia ga butuh apa2 lagi karena udah ngerasa cukup dengan apa yang dia punya sekarang.

My God...gue ga pernah nyangka bakal denger kata2 kayak gitu dari mulut nyokap gue sendiri. Gue belum pernah ngerasa sepenting itu buat orang lain sebelum gue denger kata2 itu. Ternyata gue segitu pentingnya buat nyokap gue. Yah..buat nyokap gue adalah hadiahnya, hadiah yang tetep bisa dia punya ga cuma pas waktu ultahnya aja. Tapi hadiah yang tetep akan sama berharganya sampai kapanpun ngelebihin semua benda2 yang dia punya selama ini. Satu lagi pelajaran berharga gue dapet dari nyokap. Emang bener2 ga ada cinta yang setulus cinta seorang Ibu buat anaknya.
Love U mom...!! U're the best gift from God to me too..

Jumat, 07 November 2008

THE BIG LIARS

Ga tau kenapa banyak banget orang2 yang doyan boong. Entah itu boong masalah yang sepele sampe boong masalah yang bener2 serius. Yah pasti ada alesan kenapa mereka boong, tapi yang namanya boong ya tetep aja ga bisa dibenarkan. Sekali boong ya boong dan gue paling anti sama para tukang boong kayak gitu. Sekali gue tau ada yang boong ma gue masalah apapun, orang itu bakal langsung gue blacklist selamanya tanpa peduli sama alesan yang mereka kasih ke gue.

Sebenernya udah sering banget gue melihat dan mendengar banyak kebohongan dari orang2 yang gue kenal selama ini. Gue sih cuma bisa ketawa aja begitu tau kalo apa yang selama ini mereka omongin atau tunjukin ke gue ternyata cuma sekedar omong kosong doang. Gue mendingan diem aja sampe mereka capek ngibul sama gue dan akhirnya berhenti ngebual di hadapan gue. Males juga kalo gue harus debat sama mereka masalah bualan mereka selama ini karena yang ada mereka juga ga bakalan ngaku juga.

Gue yakin semua manusia pasti pernah boong, termasuk gue. Itu manusiawi kok. Gue akuin gue juga kadang suka boong kok, tapi tu juga kalo keadaannya emang bener2 maksa gue untuk boong dan kalo gue ga boong justru malah jadi makin ribet urusannya. Tapi yang gue heran, banyak banget orang2 yang justru ngibul buat hal2 yang sama sekali ga penting, yang justru kalo mereka ngomong yang sejujurnya malah akan lebih baik.

Beberapa hal yang paling sering jadi bahan bohong seseorang yang menurut gue ga penting adalah masalah status. Banyak banget orang yang gue kenal ngaku2 kalo punya banyak pacar ataupun banyak yang naksir sama dia padahal tu cuma ada dalam khayalan mereka aja. Yah…mungkin aja mereka pengen dianggep hebat dan laku keras di pasaran. Tapi kalo buat gue, justru itu menunjukkan sifat ga benernya mereka. Cuma orang2 brengsek dan ga bener aja yang ngerasa bangga kalo punya banyak pasangan.

Ato ga justru ada beberapa orang yang nyembunyiin satusnya yang udah punya pasangan buat bisa menarik orang lain. Aduh..buat gue orang2 kayak gitu enggak banget deh! That’s a big No No.!! Kayaknya ga ada gunanya juga gitu mereka ngibul masalah kayak gitu. Emang gue peduli gitu ma status mereka? ENGGAK BANGET!! Mau mereka jomblo atau udah beranak pinak, buat gue kalo emang gue udah ngerasa klop sama seseorang, apapun status mereka buat gue ga masalah. Dalam hal pertemanan status seseorang sama sekali bukan hal yang penting buat gue.

Selain itu banyak juga orang2 yang ge kenal boong masalah nama ataupun umurnya. Kalo masalah umur sih bisa sedikit dimakluminlah karena itu emang masalah yang agak sensitive, apalagi buat orang2 yang emang udah berumur. Tapi kalo masalah nama, kenapa juga musti boong? Kenapa mereka musti malu atau risih sih sama nama asli mereka? Gue pribadi yang ga terlalu suka sama nama yang di kasih ortu gue emang kalo kenalan sama orang lebih sering pake nama panggilan aja, tapi seandainya ada yang nanya nama asli gue, pasti bakalan gue jawab dengan jujur.

Banyak orang juga yang mungkin ngalamin kayak gue, punya nama panggilan yang beda dari nama asli. Bukan karena di sengaja tapi karena emang dari lingkungan yang udah sejak gue kecil manggil gue dengan nama panggilan itu. Yang bisa dibilang panggilan sayang lah! Beda lagi dengan orang2 yang mengaku punya nama asli keren tapi nyatanya ga. Misalnya nama asli lo tuh Udin, yah jangan bilang ke orang kalo nama asli lo Steven atau Kevin. Karena orang juga ga peduli mau nama lo siapa. Sekeren apapun nama lo tapi kalo kelakuannya minus yah percuma kan!!

Hal yang agak sensitive yang biasa jadi bahan bohong seseorang juga masalah rumah atau tempat tinggal. Ga sedikit orang yang ngaku kalo dia tinggal di kompleks perumahan elit padahal pernah masuk tu perumahan elit aja belom. Kalo emang rumah lo cuma ada di kompleks perumahan biasa atau di kolong jembatan sekalipun, orang akan lebih respect sama lo kalo lo ngomong jujur. Dengan gitu kan secara ga langsung berarti kita mensyukuri keadaan kita yang udah ditakdirkan Tuhan seperti itu. Jangan karena pengen di anggep keren kita justru jadi bohong. Masih banyak orang yang ga punya rumah di luar sana, jadi sejelek apapun tempat yang kita tinggalin sekarang ya semuanya patut buat disyukuri kan.

Yah…yang namanya udah jadi kebiasaan emang susah banget kalo mau di ubah, semua sih tergantung orangnya aja. Tapi kalo emang dari sananya udah punya jiwa pembohong ya susah juga sih! Karena hukum alam berlaku disini. Orang yang udah sekali bohong pasti dia bakal bikin kebohongan2 lainnya untuk nutupin kebohongan sebelumnya. Kalo udah gitu ya pastinya sampe kapan juga ga pernah bakal selesai riwayat kebohongannya. Ya nggak…??

Gue sih cuma pengen bilang aja buat para orang2 yang merasa udah pernah berbohong sama gue selama ini, gue nulis semua ini salah satunya biar kalian sadar. Kalo kalian pikir selama ini kalian bisa nipu gue karena sikap gue yang selama ini lebih milih diem, bukan berarti kalian udah berhasil ngibulin gue. Selama ini gue diem justru karena gue udah muak sama semua omong kosong kalian yang kayaknya makin gue diemin malah makin jadi. Tobat woy tobat, jangan boong mulu…!! Mudah2an aja orang2 yang gue maksud disini pada nyadar, tapi kalo ga nyadar juga ya emang bener2 kebangetan. Capee deh…udah di sindir2 ga nyadar juga!! Ke laut aja lo sono..!!

Minggu, 02 November 2008

Ternyata Luka Itu Tetap Ada

Dulu aku pernah terluka, sekali, tapi lukanya cukup dalam. aku kira dengan berjalannya waktu, luka itu akan sembuh dengan sendirinya walaupun tetap akan meninggalkan bekas. tapi ternyata tidak. luka itu ternyata terus ada sampai sekarang. tidak kunjung sembuh dan tetap menjadi luka. luka yang masih dapat kurasakan sakitnya hingga sekarang. sakit yang sama seperti pada saat ku dapatkan luka itu. sakit yang masih bisa kurasakan perihnya seakan kejadiannya baru ku alami kemarin.

Selama ini bukannya aku tidak berusaha mengobati luka itu, tapi mungkin karena lukanya terlalu dalam, bagaimanapun aku berusaha tetap saja luka itu ada. dan mungkin karena orang yang menyebabkan luka itu hingga kini masih ada di hidupku dan tetap bebas menghantui hari-hariku. orang yang telah merubah hidupku selamanya. merubah seluruh pandanganku tentang arti cinta, persahabatan, kepercayaan dan sakit hati. orang yang telah merubahku menjadi sosok yang jauh semakin tertutup.

Entah sudah berapa banyak hari yang ku lalui dengan luka ini. luka yang mungkin akan terus menemaniku sampai mati. luka yang tiap harinya menyiksaku dengan semua kenangan buruk di masa lalu itu. dan walaupun begitu banyak orang yang membantuku untuk sembuh dari luka ini, tapi tetap saja aku tidak pernah bisa benar-benar sembuh. luka ini seperti telah menjadi bagian dari diriku yang tidak akan pernah hilang.

Hampir tiap malam aku selalu di hantui oleh rasa sakit itu. malam hari adalah saat-saat penyiksaan bagi batinku. tiap malam semua terasa kembali terulang. entah bagaimana, semua memori pahit yang telah ku simpan rapat kembali terputar. waktu seolah membawaku untuk kembali ke masa-masa kelam itu. masa-masa dimana semua yang kupunya dipertaruhkan. cinta, sahabat, kepercayaan, bahkan hatiku. semua yang membuatku tidak pernah bisa tidur dengan tenang tiap malamnya. aku kini menjadi makhluk pembenci malam.

Yah...luka ini hadiah darinya, orang yang dulu sangat kupercaya, namun justru ia yang menyebabkan semua. menyebabkan aku hampir kehilangan segalanya. menyebabkan aku kini tak lagi percaya pada orang-orang di sekitarku. aku sebenarnya tidak ingin melakukan itu semua, tapi rasa takutku akan kembali terluka membuatku membangun sebuah benteng besar nan kokoh agar tidak ada satu orang pun yang bisa mengusikku. tindakan seorang pengecut yang hanya bisa bersembunyi dari dunia.

Aku mungkin memang seorang pengecut yang tidak berani hadapi semua, tapi aku rela jika itu bisa menjaga hatiku agar tidak kembali terluka. paling tidak sampai luka yang kupunya ini tidak lagi kurasakan begitu menyiksa. sampai aku kembali mendapatkan malam-malamku yang tenang tanpa dihantui akan mimpi buruk itu.
aku juga tak tahu sampai kapan...
aku harap segera...
tidak untuk selamanya...

Jumat, 24 Oktober 2008

T-Flash Unlimited

Sebagai salah satu pengguna Telkomsel yang udah lumayan lama pake produknya Telkomsel, gue udah percaya banget sama kualitas salah satu provider terbesar di Indonesia ini. Selama 6 tahun pake produknya Telkomsel, kualitas yang dikasih sama Telkomsel emang bener-bener bikin puas. Yah...emang sih untuk masalah tarif, Telkomsel emang nerapin tarif yang lumayan mahal dibanding provider-provider seluler lainnya di Indonesia. Tapi buat gue ada harga ada kualitas lah…!! Dan nyatanya emang bener, harga yang sedikit lebih mahal itu terbayar sama semua bentuk layanannya yang beragam dan gampang di akses.

Kebetulan belom lama ini Telkomsel meluncurkan produk barunya yang dikasih nama Telkomsel Flash (T-Flash) Unlimited. Produk yang dijanjikan sebagai salah satu solusi untuk berinternet murah ini emang lumayan menggiurkan. Ditawarkan dalam berbagai macam pilihan paket, pelanggan setia Telkomsel bebas memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhannya. Harga yang ditawarkan dalam tiap-tiap paket berbeda sesuai dengan kecepatan aksesnya namun masih dapat dikatakan terjangkau.

Paket yang ditawarkan antara lain :

  1. PAKET UNLIMITED (tanpa modem, tanpa Kontrak)

No.

Package

Monthly Fee

Speed

1

Basic

Rp125,000

up to 256 kbps

2

Advance

Rp225,000

up to 512 kbps

3

Pro

Rp400,000

up to 3,6 Mbps

  1. PAKET UNLIMITED GRATIS MODEM (kontrak berlangganan 1 tahun)

No.

Package

Monthly Fee

Speed

1

Basic

Rp250,000

up to 256 kbps

2

Advance

Rp350,000

up to 512 kbps

3

Pro

Rp525,000

up to 3,6 Mbps

  1. Small Denomination Volume Plan (khusus pelanggan prabayar)

Dengan harga yang relative terjangkau, terang saja produk baru Telkomsel ini menarik minat banyak orang, khususnya mereka yang selalu bersentuhan dengan dunia maya, termasuk gue. He3..!! Tapi seperti kebanyakan barang murah lainnya, apa kualitasnya nanti benar-benar bisa diandalkan? Yah…satu-satunya cara buat tau kualitasnya ya dengan coba ssendiri.

Karena gue pengguna kartu simPATI, akhirnya gue memutuskan buat nyoba layanan baru Telkomsel ini. Karena baru percobaan, gue akhirnya cuma beli paket T-Flash seharga Rp.5000,- dengan harga itu gue mendapatkan kuota sebesar 5MB dengan masa aktif 7 hari. Percobaan pertama itu pun berhasil dengan sukses, dari saat mulai proses transaksi pembelian sampe pemakaian, ga ada kendala sama sekali. Kuota yang cuma 5MB itu gue pake sepuasnya buat chatting dan browsing via HP, hasilnya memuaskan apalagi saat digunakan pada jaringan 3G. kecepatannya emang bisa diacungi jempol.

Percobaan pertama yang sukses itu pun berlanjut, gue mulai beli paket T-Flash dengan kuota yang lebih gede biar bisa gue pake browsing via computer dengan modem HP gue. Hasilnya pun juga bisa dibilang memuaskan. Gue sih emang belom pernah test speed, tapi sejauh ini sih lancar-lancar aja kalo buat browsing, tiap halamannya pun kebuka dalam waktu yang relatif cepat. Yah…emang sih ada waktu-waktunya kecepatannya jadi sedikit lemot, tapi itupun jarang banget kejadian.

Ngerasa puas dengan kualitas yang emang udah gue buktiin sendiri, akhirnya gue tergiur juga sama paket unlimited-nya. Paket yang ditawarkan untuk pelanggan pascabayar ini termasuk murah banget. Untuk paket basic aja (tanpa modem), hanya dengan bayar Rp.125.000,-/bulan, kita bisa mengakses internet sepuasnya dengan kecepatan 256kbps. Siapa yang ga tergiur coba…??

Mulailah gue merayu bokap-nyokap tiap hari buat aktivasiin paket tersebut untuk gue. Kan enak tuh, gue jadi bisa internetan di kost kapanpun gue mau tanpa takut kantong jebol. Tapi yah namanya ortu, banyak banget pertimbangannya. Takut pemakaiannya ga terkontrol-lah, gue jadi ga belajar-lah, pokoknya macem-macem deh!! Untuk ngeyakinin mereka akhirnya gue cari informasi selengkapnya termasuk testimony orang-orang yang udah pake T-Flash itu.

Dan yang mengejutkan adalah ternyata produk layanan yang selama ini jadi inceran gue itu bermasalah. Dari data yang gue dapet selama ini, banyak banget orang-orang yang komplain setelah pake T-Flash tersebut. Dari masalah kecepatan sampe ke masalah billing. Bahkan konon ada yang tagihan billingnya sampai mencapai Rp.1 M. Wow…harga yang sangat-sangat tidak masuk akal menurut gue kalo cuma buat layanan internet aja. Lagian kan harga paketnya aja ga sampe Rp.1 juta, tapi kok bisa sih ada tagihan yang jebol bahkan Rp.1 M.

Usut punya usut ternyata banyak orang yang salah ngikutin prosedur, misalnya udah pake kartunya untuk internetan padahal layanan T-Flashnya sendiri belum aktif (aktivasi nomor ternyata ga otomatis aktivasi layanan T-Flash), jadi biaya yang dikenain adalah biaya GPRS biaya yang hitungannya Rp.5/kb. Parah juga ya..!! Lagian kenapa penjelasan kayak gini ga di masukin di persyaratan aktivasi kartu Halo sih? Itu kan udah jadi kewajiban para pelaku usaha buat ngasih informasi tentang produknya secara jelas seperti yang tercantum dalam pasal 7 UU Perlindungan Konsumen (keluar deh hukumnya..He3!!). Kalo gini kan para konsumen yang akhirnya di rugiin.

Setelah tau ternyata banyak keluhan, jadi ciut juga mau nerusin tekad buat tetep pake T-Flash. Gimana kalo nanti gue ngalamin hal yang sama? Kalo tiba-tiba tagihannya jebol bisa di gantung ortu gue nanti. Jangan kan 1 M, tagihan jebol 1 juta aja pasti gue bakal kena omel selama berbulan-bulan. Hiii…sereeem!! Jadi daripada gue ambil resiko, mendingan gue urungkan niat gue aja deh! Mungkin saat ini gue memang harus puas pake paket prabayar aja dulu. Kalo pake yang prabayar kan paling enggak gue bisa control pemakaian sesuai budget yang ada. Yah…paling enggak sampe gue bener-bener ketemu produk layanan internet yang emang beneran murah.

Selamatkan Hutan Indonesia

Sekelompok orang pecinta lingkungan hidup yang tergabung dalam Greenpeace Indonesia belum lama ini tengah giat mencari dukungan untuk petisi mereka dalam rangka menolak rencana ekspansi perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Kampanye ini dilakukan dalam rangka penyelamatan hutan Indonesia yang semakin lama semakin rusak karena adanya pembalakan liar ataupun kebakaran hutan yang selama ini terjadi.

Petisi yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden diharapkan dapat mendesak pemerintah untuk segera menetapkan moratorium deforestasi. Petisi yang mereka buat berisi tentang penolakan terhadap rencana pembukaan lahan gambut untuk perluasan perkebunan kelapa sawit serta segala bentuk konversi hutan lainnya di wilayah Indonesia. Menurut data yang diperoleh dari FAO pada tahun 2006 hutan Indonesia berkurang sekitar 1,8 hektar tiap tahunnya. Kerusakan hutan di Indonesia tersebut menempatkan Indonesia di posisi ketiga Negara pengemisi gas rumah kaca terbesar di dunia.

Dengan angka kerusakan hutan yang sedemikian besar, tidaklah mengherankan jika terjadi perubahan pola iklim di Indonesia. Jika hal ini terus dibiarkan maka kerusakan ozon yang ditimbulkan dari adanya emisi gas rumah kaca akan semakin bertambah parah dan berakhir pada semakin meluasnya pemanasan global yang kini telah menjadi momok menakutkan bagi dunia.

Kampanye yang dilakukan serentak di beberapa kota besar di Indonesia ini diharapkan dapat menggalang sebanyak mungkin dukungan bagi petisi yang mereka buat. Penggalangan dukungan ini dilakukan dengan mengumpulkan sebanyak mungkin tanda tangan dan foto orang-orang yang memang peduli akan lingkungan hidup. Selain melalui foto dan tandatangan, orang-orang pecinta lingkungan hidup juga dapat memberikan dukungannya melalui petisi online yang dapat dilihat di www.greenpeace.or.id

Hingga saat ini tercatat jika Indonesia telah kehilangan tiga perempat luas kawasan hutan alamnya (sekitar 72%) dan dari jumlah tersebut 40% telah hilang sama sekali. Oleh karena itu, sebelum hutan Indonesia benar-benar hilang, mari selamatkan hutan Indonesia mulai dari sekarang. Tiap dukungan yang diberikan akan sangat berpengaruh. Jadi berikan dukungan kamu sekarang juga…!! Bergabunglah dengan kami sebagai Pembela Hutan Indonesia (Forest Defenders Indonesia) demi penyelamatan hutan Indonesia. Stop penghancuran hutan, stop penghancuran iklim sekarang juga..!!

Kamis, 16 Oktober 2008

"Hati Seorang Ayah"

Suatu ketika, ada seorang anak wanita bertanya kepada Ayahnya, tatkala tanpa sengaja dia melihat Ayahnya sedang mengusap wajahnya yang mulai berkerut-merut dengan badannya yang terbungkuk-bungkuk, disertai suara batuk-batuknya.

Anak wanita itu bertanya pada ayahnya: "Ayah, mengapa wajah Ayah kian berkerut-merut dengan badan Ayah yang kian hari kian terbungkuk?"
Demikian pertanyaannya, ketika Ayahnya sedang santai di beranda.

Ayahnya menjawab : "Sebab aku Laki-laki."
Itulah jawaban Ayahnya.
Anak wanita itu berguman : " Aku tidak mengerti."


Dengan kerut kening karena jawaban Ayahnya membuatnya tercenung rasa penasaran. Ayahnya hanya tersenyum, lalu dibelainya rambut anak wanita itu, terus menepuk nepuk bahunya, kemudian Ayahnya mengatakan : "Anakku, kamu memang belum mengerti tentang Laki-Laki."
Demikian bisik Ayahnya, membuat anak wanita itu tambah kebingungan.


Karena penasaran, kemudian anak wanita itu menghampiri Ibunya lalu bertanya :"Ibu mengapa wajah Ayah menjadi berkerut-merut dan badannya kian hari kian terbungkuk? Dan sepertinya Ayah menjadi demikian tanpa ada keluhan dan rasa sakit?"
Ibunya menjawab: "Anakku, jika seorang Laki-Laki yang benar benar bertanggung jawab terhadap keluarga itu memang akan demikian."
Hanya itu jawaban Sang Bunda.


Anak wanita itupun kemudian tumbuh menjadi dewasa, tetapi dia tetap saja penasaran.
Hingga pada suatu malam, anak wanita itu bermimpi. Di dalam mimpi itu seolah-olah dia mendengar suara yang sangat lembut, namun jelas sekali. Dan kata-kata yang terdengar dengan jelas itu ternyata suatu rangkaian kalimat sebagai jawaban rasa penasarannya selama ini.

"Saat Ku-ciptakan Laki-Laki, aku membuatnya sebagai Pemimpin Keluarga serta sebagai tiang penyangga dari bangunan Keluarga, dia senantiasa akan menahan setiap ujungnya, agar Keluarganya merasa aman teduh dan terlindungi. "

"Ku-ciptakan Bahunya yang Kekar & Berotot untuk membanting tulang menghidupi seluruh Keluarganya & kegagahannya harus cukup kuat pula untuk melindungi seluruh Keluarganya."

"Ku-berikan Kemauan padanya agar selalu berusaha mencari sesuap nasi yang berasal dari tetesan keringatnya sendiri yang halal dan bersih, agar Keluarganya tidak terlantar, walaupun seringkali dia mendapatkan cercaan dari anak-anaknya. "

"Ku-berikan Keperkasaan & Mental Baja yang akan membuat dirinya pantang menyerah, demi Keluarganya dia merelakan kulitnya tersengat panasnya matahari, demi Keluarganya dia merelakan badannya basah kuyup kedinginan karena tersiram hujan dan hembusan angin, dia relakan tenaga perkasanya terkuras demi Keluarganya & yang selalu dia ingat, adalah disaat semua orang menanti kedatangannya dengan mengharapkan hasil dari jerih payahnya."

"Ku-berikan Kesabaran, Ketekunan serta Keuletan yang akan membuat dirinya selalu berusaha merawat & membimbing Keluarganya tanpa adanya keluh kesah, walaupun disetiap perjalanan hidupnya keletihan dan kesakitan kerap kali menyerangnya. "

"Ku-berikan Perasaan Keras dan Gigih untuk berusaha berjuang demi mencintai & mengasihi Keluarganya, didalam kondisi & situasi apapun juga, walaupun tidaklah jarang anak-anaknya melukai perasaannya melukai hatinya. Padahal perasaannya itu pula yang telah memberikan perlindungan rasa aman pada saat dimana anak-anaknya tertidur lelap. Serta sentuhan perasaannya itulah yang memberikan kenyamanan bila saat dia sedang menepuk-nepuk bahu anak-anaknya agar selalu saling menyayangi & mengasihi sesama saudara."

"Ku-berikan Kebijaksanaan & Kemampuan padanya untuk memberikan pengetahuan padanya &
menyadarkan, bahwa Istri yang baik adalah Istri yang setia terhadap Suaminya, Istri yang baik adalah Istri yang senantiasa menemani & bersama-sama menghadapi perjalanan hidup baik suka maupun duka, walaupun seringkali kebijaksanaannya itu akan menguji setiap kesetiaan yang diberikan kepada Istri, agar tetap berdiri, bertahan, sejajar & saling melengkapi serta saling menyayangi."

"Ku-berikan Kerutan diWajahnya agar menjadi bukti bahwa Laki-Laki itu senantiasa berusaha sekuat daya pikirnya untuk mencari & menemukan cara agar keluarganya bisa hidup di dalam keluarga bahagia & BADANNYA YANG TERBUNGKUK agar dapat membuktikan, bahwa sebagai Laki-Laki yang bertanggungjawab terhadap seluruh keluarganya, senantiasa berusaha mencurahkan sekuat tenaga serta segenap perasaannya, kekuatannya, keuletannya demi kelangsungan hidup keluarganya. "

"Ku-berikan Kepada Laki-Laki Tanggung Jawab penuh sebagai Pemimpin Keluarga, sebagai tiang penyangga, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan hanya inilah kelebihan yang dimiliki oleh Laki-Laki, walaupun sebenarnya tanggung jawab ini adalah Amanah di Dunia & Akhirat."

Terbangun anak wanita itu, dan segera dia berlari, berlutut & berdoa hingga menjelang subuh. Setelah itu dia hampiri bilik Ayahnya yang sedang berdoa, ketika Ayahnya berdiri anak wanita itu merengkuh dan mencium telapak tangan Ayanya. " AKU MENDENGAR & MERASAKAN BEBANMU, AYAH."

Dunia ini memiliki banyak keajaiban, segala ciptaan Tuhan yang begitu agung, tetapi tak satu pun yang dapat menandingi keindahan tangan Ayah...

...With Love to All Father...

Berbahagialah yang masih memiliki Ayah. Dan lakukanlah yang terbaik untuknya...
Berbahagialah yang merasa sebagai Ayah. Dan lakukanlah yang terbaik buat keluarga kita...

jujur setelah gue baca cerita di atas yang kebetulan gue dapet dari temen gue, gue ngerasa tersentuh banget. selama ini sering banget kita ngelupain figur seorang ayah yang selama ini ternyata udah berjasa banget buat kehidupan kita. kalo selama ini yang sering kita sorot cuma figur seorang ibu, kayaknya udah waktunya deh kita kasih perhatian lebih juga buat para ayah. yah..kadang kita lupa, setangguh2nya seorang cewek, tetep aja dia membutuhkan sosok seorang pria yang kuat, bijaksana dan bertanggungjawab buat ada di sampingnya saat dia butuh tempat bersandar. buat semua ayah diluar sana, terutama bokap gue, gue cuma mau ngucapin banyak terima kasih buat semua yang udah kalian kasih ke kita, para kaum cewek selama ini. semua kasih sayang, pengorbanan, perlindungan, pengertian, dan lain sebagainya yang makin ngelengkapin hidup kita sebagai seorang cewek. thanks dad, love you forever and ever..!!

Kamis, 25 September 2008

let's sing

video
udah beberapa bulan belakangan ini gue dan temen2 genk gila gue lagi demen banget yang namanya karaokean. sebenernya sih kalo buat nyanyi, gue dah suka nyanyi dari jaman baru bisa ngomong juga dah suka nyanyi. apalgi dulu sebelom tidur bokap sering banget nyanyiin berbagai macam lagu buat pengantar gue tidur. walaupun suara bokap ga oke2 banget tapi bolehlah buat ukuran seorang ayah yang nyanyi dengan tulus buat anaknya. dulu tiap biz magrib gue juga selalu punya agenda buat nyanyi2 di teras rumah bareng ma bokap-nyokap gue gitu. gue dipangku bokap nyanyi semua lagu anak2 yang kita hafal sambil gue disuapin sama nyokap. kebiasaan aneh emang! tapi yah justru berawal dari situlah gue jadi suka banget nyanyi sampe sekarang. yah...walaupun suara gue ga oke2 banget sih!! tapi yah apa salahnya gue nyanyi sekedar buat have fun aja. tapi ga tau kenapa sejak gue sering merambah ke tempat2 karaoke sama genk gila gue, tiap abis karaokean pasti suara gue langsung menghilang atau ga lama pasti gue langsung batuk atau radang tenggorokan gue kambuh lagi. ga tau dah tu karena microphone-nya yang banyak virus2 karena di share sama orang2 banyak atau emang gue yang ga bisa teknik2 nyanyi makanya ada aja masalah tiap gue biz karaokean. pengen sih bisa nyanyi dengan teknik yang bener, tapi yah apa daya kocek tidak mumpuni buat belajar di tempat les vocal profesional. so sampe sekarang baru bisa belajar secara otodidak aja deh. yah sebenernya banyak banget sumber yang bisa dipake kalo kita mau belajar vokal secara otodidak, salah satunya adalah dengan cara2 buku tentang teknik olah vokal atau juga bisa dengan cara browsing ke situs2 tentang musik yang memang mengajarkan teknik vokal yang baik dan benar. berikut ini adalah salah satu refrensi yang bisa gue dapet buat kita2 yang emang suka nyanyi dan pengen belajar nyanyi dengan baik dan benar, kali aja dengan sedikit ilmu yang kita dapet ini bisa makin bikin suara kita tambah merdu atau paling ga bisa enak di denger lah. silahkan mencoba..!!

UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :

  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan, adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
    Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
    - Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
    - Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
    - Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  3. Phrasering, adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  4. Sikap Badan, adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  5. Resonansi, adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  6. Vibrato, adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi, adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  8. Intonasi, adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
    Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
    a. Pendengaran yang baik
    b. Kontrol pernafasan
    c. Rasa musical.
semoga tips di atas bisa bermanfaat deh buat kamu2 yang emang punya hobi nyanyi kayak gue. walaupun hasilnya belom tentu bakal kayak penyanyi profesional, tapi paling enggak, dengan menguasai teknik vokal yang bener, suara kita bakal lebih enak di denger. kalo menurut gue sih nyanyi itu cuma 1 kuncinya, yaitu PD sama suara dan kemampuan kita sendiri. yah walaupun begitu kita juga harus tetep mau pendapat orang yang denger. jangan karena kita terlalu PD sama suara kita, terus kita nganggep suara kita bagus padahal orang yang denger tersiksa banget dengerin suara kita. kalo udah gitu kan malah kita sendiri yang rugi, jadi malu sendiri kan!! yah semua balik ke bakat alam juga sih, tanpa perlu belajar pun kalo emang kita udah dikasih talenta dan suara yang bagus sama Tuhan, kita mau nyanyi kayak gimana pun ya bakal tetep enak aja buat di denger. kalo emang udah ga bakat nyanyi ya mendingan cari tau aja bakat lain yang ada di dalam diri kita, gue yakin hasilnya pasti akan lebih memuaskan buat dilakukan daripada kita maksain nyanyi padahal kita ga berbakat sama sekali.

AIRMATA RASULULLAH SAW (re-post from my friends)

Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan salam. "Bolehkah saya masuk?" tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk, "Maafkanlah, ayahku sedang demam", kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu.

Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah, "Siapakah itu wahai anakku?"
"Tak tahulah ayahku, orang sepertinya baru sekali ini aku melihatnya," tutur Fatimah lembut. Lalu, Rasulullah menatap puterinya itu dengan pandangan yang menggetarkan.


Seolah-olah bahagian demi bahagian wajah anaknya itu hendak dikenang.


"Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia.
Dialah malaikatul maut," kata Rasulullah, Fatimah pun menahan ledakkan tangisnya. Malaikat maut datang menghampiri, tapi Rasulullah menanyakan kenapa Jibril tidak ikut sama menyertainya.


Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit dunia menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.


"Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?", tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah.
"Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti ruhmu. "Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu," kata Jibril.
Tapi itu ternyata tidak membuatkan Rasulullah lega, matanya masih penuh kecemasan. "Engkau tidak senang mendengar khabar ini?", tanya Jibril lagi.
"Khabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak?" "Jangan khawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah
berfirman kepadaku: "Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat Muhammad telah berada di dalamnya," kata Jibril.
Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan ruh Rasulullah ditarik.


Nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang. "Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini."
Perlahan Rasulullah mengaduh. Fatimah terpejam, Ali yang disampingnya menunduk semakin dalam dan Jibril memalingkan muka.


"Jijikkah kau melihatku, hingga kau palingkan wajahmu Jibril?" Tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar wahyu itu.
"Siapakah yang sanggup, melihat kekasih Allah direnggut ajal," kata Jibril.
Sebentar kemudian terdengar Rasulullah mengaduh, karena sakit yang tidak tertahankan lagi.


"Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku."
Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tidak bergerak lagi.
Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, ! Ali segera mendekatkan telinganya. "Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku" "peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu."


Diluar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.

"Ummatii,ummatii, mmatiii?" - "Umatku, umatku, umatku"
Dan, berakhirlah hidup manusia mu lia yang memberi sinaran itu.
Kini, mampukah kita mencintai sepertinya?
Allahumma sholli 'ala Muhammad wa baarik wa salim 'alaihi


Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.


Selasa, 23 September 2008

apa arti seorang cewe di mata cowo?

akhir2 ini gue sering banget liat cewe yang berantem sama cowo-nya. kalo cuma berantem biasa sih masih wajar tapi kalo udah main fisik, itu sih udah kebangetan. gue sebagai seorang cewe ngerasa muak aja ngeliat perlakuan cowo2 yang suka kasar sama cewe-nya. kalo emang lagi ga cocok kan bisa diomongin baik2, ga usah kasar apalagi sampe mukul. buat gue, cowo2 kayak gitu ga pantes buat di hormati karena gimana pun juga dan apapun alesannya, mereka ga seharusnya berbuat kasar sama cewe-nya, yang seharusnya malah mereka lindungin.

dari situ gue jadi mikir, sebenernya apa sih arti seorang cewe buat para cowo? apa mereka cuma ngebutuhin cewe buat sekedar have sex atau sebagai pembantu gratis yang harus ngelayanin semua kebutuhan mereka selama 24 jam? gue setuju dengan pendapat kalo seorang cewe apalagi yang udah jadi istri harus nurut sama suaminya, tapi jangan karena pendapat itu terus para cowo bisa dengan gampangnya memperlakukan seorang cewe kayak jongos ataupun hewan yang bisa seenaknya mereka perintah.

gue bener2 mengutuk semua cowo yang suka bersikap seenaknya, apalagi sering main tangan sama cewe-nya. apa mereka ga sadar? mereka lahir dari rahim seorang cewe, seharusnya mereka mikir ribuan kali kalo mau kasar sama cewe. dalam agama aja (yang gue tau), ada yang bilang, "murka seorang ibu adalah murka Allah". apa mereka mau jadi kayak malin kundang yang durhaka?

gue bisa nulis kayak gini karena gue udah bener2 muak banget sama cowo2 yang seperti itu yang ada di hidup gue. cowo kayak gitu bikin gue mau muntah. kalo mereka pikir dengan nyakitin cewe2-nya dengan cara kekerasan mereka bisa di anggap jantan, mereka salah besar. cowo2 kayak gitu justru pengecut. beraninya sama cewe!! kalo mau cari lawan yang sebanding dong! dan jangan kira cewe2 yang lo tindas bakalan terus diem aja, liat aja nanti, cepat atau lambat, mereka pasti bangkit dan gantian ngelawan lo semua. lo tinggal terima aja karma yang setimpal dari Tuhan karena udah nyakitin cewe.

mungkin banyak yang belom sadar aja, tapi nanti begitu mereka kehilangan cewe2 itu, gue yakin mereka pasti nyesel. gue harap, buat semua cowo kasar yang ada di luar sana, yang baca blog gue ini bisa sadar dan mau buka mata dan hati kalian. mereka, para cewe yang selalu kalian kasarin belom ninggalin kalian buat saat ini karena mereka sayang dan mau kalian berubah, jadi mumpung masih ada waktu, gue harap kalian bisa ubah semua sikap kalian selama ini.

gue juga punya pesen khusus buat seorang cowo yang ada di hidup gue (mudah2an lo sadar kalo emang lo yang gue maksud), gue ga akan nulis nama lo disini karena gue ga mau bikin lo malu, tapi gue harap lo bisa ngerti kenapa gue sampe nulis kayak gini. lo udah pernah kehilangan seorang yang lo sayang sebelom lo bisa nunjukin semua rasa sayang lo ke dia dan gue yakin lo nyesel banget sama kejadian itu. jadi jangan lo ulang lagi kesalahan lo buat yang kedua kalinya. kalo lo tetep ga mau ngerubah sikap lo itu, ga nutup kemungkinan kalo suatu hari nanti lo bakalan ngerasa kehilangan orang2 yang lo sayang lagi. gue nulis kayak gini bukan buat sok ngajarin lo, tapi karena gue bener2 sayang sama lo. udah cukup deh gue ngeliat banyak banget airmata yang keluar gara2 kelakuan lo itu.

kisah kolak, mercon dan es batu

awalnya almarhumah tante (ibu kost) yang ngasih julukan itu buat kita bertiga (dulu yang ngisi tempat kost gue cuma 3 orang. maklumlah..kost exclusive gitu loh!). kita juga ga pernah tau sebelumnya kalo tante punya julukan kayak gitu buat anak2 kost-nya. kita baru tau kalo ternyata tanpa kita tau, beliau suka ngobrolin anak2 kost-nya sama om (bpk kost). yah..wajarlah yang namanya penganten baru n belom punya anak jadi ya terpaksa menganggap 3 orang anak yang sebenernya sudah bangkotan ini untuk jadi anak mereka. abis ga ada yang lain sih!

di antara ke-3 anak2 kost-nya, yang paling deket sama tante emang cuma nanda. sedangkan gue sama furi cenderung lebih cuek. kita lebih sering menghabiskan waktu di dalem kamar daripada ngobrol sama tante. makanya ga heran kalo nanda yang paling terpukul waktu tante meninggal karena kena lever sekitar bulan juli 2006. saking ga sanggupnya nahan sedih karena keinget terus sama tante, nanda akhirnya memutuskan untuk pindah kost. alhasil…kost yang emang udah sepi jadi makin sepi. kamar tengah (yang memisahkan kamar gue dengan kamar furi) yang tadinya diisi sama nanda sekarang kosong ditinggal penghuninya. jadilah cuma tinggal gue dan furi aja yang masih tinggal disitu.

nah…pada waktu tante meninggal, om jack (bpk kost kita) sempet ngirim SMS yang sampe sekarang masih gue simpen. isinya dalem banget soalnya buat gue.

"tante suka ngobrol sama om tentang kalian bertiga..
tante bilang punya anak 3 tapi pada beda2..
tapi itu yang sering bikin tante ketawa..
yang satu diem kayak es batu (gue maksudnya)..
yang satu kayak kolak (furi), di aduk dulu baru nyampur..
yang satunya rame kayak mercon (nanda)..
yang pasti, tante sayang sama kalian semua..
meski mungkin ga keliatan.."

begitulah isi SMS dari om yang dikirim ke semua anak2 kost-nya waktu tante meninggal.

dari situ, gue jadi ngerasa kesindir karena kecuekan gue selama ini. gue akuin kalo gue emang cenderung individualis jadi orang. tapi sejak gue nerima SMS itu, gue berusaha untuk sedikit mengurangi masa2 bertapa gue di dalem kamar untuk sekedar ‘nyetor muka’ gue sama orang2 kost. apalagi karena sekarang tinggal gue n furi aja yang nge-kost disitu, mau ga mau ya gue harus mengakrabkan diri sama dia.

awalnya jiper juga sih (gue adalah orang termuda yang nge-kost disitu. sedangkan furi sama nanda sama2 seangkatan). kayaknya bingung aja mo ngomongin apa kalo lagi sama dia. yah…maklum aja, gue tuh emang agak susah bersosialisasi sama orang2 yang baru gue kenal. waktu furi baru masuk ke kost itu aja (nanda masuk pertama, gue ke-2, setelah itu baru furi), gue ga pernah yang namanya negor dia sampe kejadian meninggalnya tante. kita pertama kali bisa ngobrol pun itu pada saat acara tahlilannya tante. itupun sebenernya ga disengaja (sebenernya karena kita takut ada di kamar masing2 sendirian, jadi mau ga mau ya ikut pengajian deh!)

tapi anehnya, sekarang gue malah deket banget sama tuh anak. hampir tiap malem dia mengunjungi kamar gue untuk maen game di laptop gue ataupun untuk sekedar ngobrol aja. aneh banget emang! tapi kalo dipikir2, sepertinya bener julukan yang dikasih sama tante buat kita. gue emang es batu dan furi emang kolak. makanya kita bisa nge-blend satu sama lain. pasangan yang pas-lah! kalo makan kolak kan emang enaknya pake es batu, mana enak makan kolak pake mercon atau makan es batu pake mercon. he3..

tapi beneran deh! dulu tuh waktu jaman2-nya furi belom nge-kost disitu, gue tuh ga pernah bener2 deket sama nanda. ga pernah nyambung aja kalo ngomong walaupun dia anaknya emang rame banget, tapi kalo sama furi, perasaan baru sebentar gue kenal sama dia tapi begitu nyoba ngobrol tuh kita bisa langsung deket. sampe bikin om kost kita bingung. kenapa tiba2 anak kost-nya jadi kompak begini ya?

sayang semuanya udah lewat, furi sekarang udah ga ngekost di sini lagi karena dia ngelanjutin s2-nya di jakarta, sedangkan si mercon ga tau deh gimana kabarnya. sekarang kost jadi makin sepi aja, udah ga ada yang bisa di ajak ngobrol lagi. selain karena udah ganti kepemilikan juga sama kakaknya om jack karena om jack memutuskan pindah ke sumatera buat cari kerja, beberapa orang yang sempet ngekost disini juga ga seasik furi. waktu itu ada anak hukum angkatan 2007 yang masuk kost gue tapi berisiknya setengah mati sampe2 gue kesel dan berusaha untuk ngusir tuh anak keluar dari kost gue yang damai ini. dan berhasil...YEY!!!

sekarang kost malah di isi sama entah makhluk2 dari mana, gue juga ga tau lah secara gue juga ga pernah tegor2an sama mereka. yah tapi di ambil positifnya aja lah, dengan gitu gue malah jadi semangat kuliah karena males ketemu mereka di kost, dan itu jadi salah satu pemacu semangat gue buat cepetan lulus biar bisa balik ke depokku tercinta dan ngumpul sama begundal2 tersayangku. yah semoga saja..!!

Senin, 22 September 2008

semua berawal dari satu peristiwa


kadang gue mikir, kira2 apa yang bakal terjadi seandainya pada saat kita di hadapkan pada 2 pilihan dan kita tidak memilih apa yang telah menjadi pilihan kita sekarang? mungkin banyak banget hal yang beda sama kehidupan kita yang sekarang. hmm..hidup emang misteri ya! ga ada yang bisa nebak gimana alur hidup kita kelak.

flash back ke awal masuk SMA..
waktu itu gue sempet bingung bakal mau masuk SMA mana, secara pilihan sekolah antara gue dan orangtua terutama nyokap ternyata beda. nyokap yang berpendapat nilai gue yang mepet banget terlalu nanggung buat masuk sekolah negeri, nyaranin gue masuk sekolah swasta aja. dia sendiri udah ngambil beberapa formulir pendaftaran sekolah2 swasta yang lumayan bonafit di kota gue. sedangkan gue berpendapat nilai gue yang gue akuin emang agak sedikit ngepas masih bisa kok masuk sekolah negeri walaupun bukan sekolah favorit, toh ntar tengah tahun seandainya emang gue masuk sekolah negeri, gue bisa pindah ke sekolah favorit kan..!!


dan akhirnya setelah melalui serangkaian perdebatan panjang, nyokap pun ngalah dan ngijinin gue masuk ke salah satu sekolah negeri yang kebetulan waktu itu baru. sebagai angkatan ke-2 di sekolah itu ya bisa di maklumin kalo sarana dan prasarana di sekolah itu masih bisa dibilang jauh dari memadai. dengan ruang kelas yang waktu itu hanya berjumlah 4 kelas, plus 1 ruang serba guna (ruang guru merangkap ruang kepsek, ruang BP,dan ruang TU), 3 kamar mandi (1 untuk siswa, 1 untuk siswi, dan 1 untuk guru), serta 1 tempat wudhu yang bersebelahan dengan kamar mandi. dengan jumlah kelas yang terbatas itu, terpaksa jam sekolah pun di bagi. 4 kelas masuk pagi (kelas II-1 & II-2, dan kelas I-1 & I-2) sedangkan sisanya (kelas I-3 s.d I-5) masuk siang.

gue yang kebetulan waktu itu masuk di kelas I-5 terpaksa masuk siang. udah jauh, panas pula lagi tuh sekolah! sempet nyesel juga sih karena ga dengerin omongin nyokap untuk sekolah di sekolah pilihannya aja. tapi karena gue udah komit sama apa yang gue pilih akhirnya gue maksa diri buat bertahan, yah..paling ga cuma sampe akhir semester 1 aja kan setelah itu gue bakal pindah ke sekolah favorit menyusul beberapa temen gue yang memang udah di terima di sana dengan mudah. hiks2..!!


perjuangan di mulai...
masa perploncoan bisa dilewati dengan mudah tapi hari2 sekolah selanjutnya cukup berat juga. tapi yah setelah tau ternyata banyak temen SMP dan ada sahabat gue dari SD yang masuk ke sekolah itu juga jadinya gue agak semangat juga buat berangkat tiap harinya. 1 minggu pertama gue masih di anter jemput sama om dan abang gue karena nyokap berpikiran sekolah gue jauh banget (suka lebay emang nyokap gue!! he3) tapi setelah gue banyak mendapat cercaan dari temen2 gue yang bilang gue anak mami, akhirnya setelah 1 minggu di anter-jemput, nyokap akhirnya ngebolehin gue buat berangkat dan pulang sendiri dengan syarat harus ada barengannya kalo naik angkot. wah seneng banget dah tu! tapi ternyata, baru hari pertama berangkat sendiri eh udah telat nyampe sekolah karena si abang angkot ngetem kelamaan (pengen ngejitak aja tu pala si abang waktu dia ngetem lama banget), nah lebih ngenes lagi pas pulangnya nih! karena sekolah gue itu berada di salah satu kompleks perumahan yang masih dalam proses pembangunan, makanya buat nyampe sekolah kita harus naik ojek lagi ke dalem perumahan itu.

sialnya, waktu pulang hari pertama itulah terjadi kecelakaan. entah bagaimana caranya waktu gue turun dari ojek, kaki gue nyenggol knalpot motor yang ada di depan gue dan alhasil melepuhlah itu betis nan mulus gue seketika itu juga (huakakak!!). untung aja waktu itu rasa malu gue bisa mengalahkan keinginan gue buat nangis jadi aman lah walaupun kaki sebenernya pedih banget. di angkot gue berusaha buat ngelindungin kaki gue yang melepuh itu biar ga kesenggol sama orang2 yang naik-turun angkot. fiuh..perjalanan panjang banget deh rasanya!! begitu turun dari angkot, gue harus sedikit jalan lagi buat menuju ke rumah gue, dengan agak tertatih2 (jah kan lebay lagi!!) gue jalan pulang dan karena penasaran pengen liat segimana parah lukanya, akhirnya 200 meter dari rumah gue beraniin buat liat luka gue itu. pas gue liat, buset serem amat!! ya udahlah akhirnya gue nangis juga dah tuh di tengah jalan sambil jalan pulang.

nyokap yang tau gue pulang magrib2 sambil nangis terang aja bingung. ya udahlah sambil nangis akhirnya gue cerita sambil nunjukin luka gue itu dan bener aja nyokap langsung marahin gue (anaknya sakit bukannya disayang2 malah di omelin!! hiks2). dia bilang itu karena gue ga dengerin omonginnya. tapi tetep aja gue ga mau ngalah, gimana pun gue mau tetep sekolah disana walaupun nyokap bilang dia mau mindahin gue minggu berikutnya. ga lucu banget kan! masa baru seminggu sekolah dah pindah cuma gara2 hal kayak gitu doang.

perjuangan berlanjut...
semester 1 akhirnya selesai, pembangunan sekolah yang tadinya di perkirakan 1 semester ternyata lebih cepet, jadi dalam waktu 3 bulan kita yang masuk siang akhirnya bisa masuk pagi juga tanpa kekurangan kelas. fasilitas bertambah malah. yah paling ga udah ga ada lah tuh yang namanya ruang umpel2an (ruang kepsek yang gabung2 tadi loh!) lagi. pas terima raport semester 1 wow..gila gue rangking 2 bo!! ha5. ga sia2 juga perjuangan gue selama ini. dengan gitu berarti memudahkan rencana gue juga buat pindah sekolah. tapi ternyata gue berubah pikiran, perjanjian sekolah disitu cuma 1semester akhirnya batal. gue udah terlalu cinta sama sekolah itu.


gimana ga, setelah perjuangan masuk siang panas2, kaki kena knalpot, becek2an pas ujan sampe kena demo angkot masa gue pindah gitu aja sih. apalagi waktu itu gue udah punya banyak temen yang asik2 banget. dan ada "dia" yang bikin gue rajin ke sekolah tiap hari. he3. ga mungkin dong gue ngelepasin gitu aja semua yang udah gue dapet disana dengan susah payah!! yah..bisa ditebak akhirnya gue ga jadi pindah dan tetep sekolah disana sampe gue lulus. nyokap yang tadinya sempet empet sama sekolah itu akhirnya seneng juga karena gue jadi ga males sekolah lagi (jah ketauan malesnya dah!) dan gue juga mayan berprestasi lah disana. mungkin kalo gue pindah yang ada gue jadi murid paling bego kali.


sampe hari ini pun gue ga pernah nyesel yang namanya udah milih buat sekolah di SMAN 5 Depok, sekolah yang penuh kenangan buat gue. semuanya bakal terus gue inget. setiap kejadian konyol yang gue alamin yang sampe sekarang masih sering bisa bikin gue ketawa sendiri kalo inget. jadi kangen mau balik SMA lagi deh ih!! pokoknya sekolah itu bener2 udah ngerubah hidup gue. seandainya gue ga masuk sana, gue ga bakal kayak gini sekarang. gue bisa kuliah di undip pun itu karena gue sekolah di sana. kalo ga, ga bakal mungkin gue bisa dapet PMDK masuk undip. ga bakal mungkin gue isa hidup mandiri jauh dari orangtua. kalo seandainya gue pindah dari sana, gue ga bakal dapetin itu semua. gue juga ga bakalan dapet sahabat kayak sekarang. ricky gue yang gue kenal deket justru pas semester 2 kelas I yang sampe sekarang jadi tempat gue curhat n jalan kalo gue lagi bosen (luph u bro!!). dan gue ga bakalan punya grup pecinta karaoke kayak sekarang yang gue dapet dari temen2 gue pas kelas II n III di sana.

yah emang ternyata hidup itu ajaib banget. dari 1 pilihan banyak banget hal2 baru yang bisa kita dapet. gue udah ngerasain sendiri. yah, baik buruknya sih emang pasti ada, gimana kita nyikapinnnya aja. jangan terlalu beranggapan buruk dulu sama suatu hal karena belum tentu akan berahir buruk juga. ya nggak??

bobroknya hukum indonesia (re-post from my inbox mail)

Mungkin sebagian dari kita ada yg sudah tahu bahwa hukum di Indonesia ini benar2 BIADAB. Bayangkan, semua bisa dibeli dengan UANG....

Kemarin tgl 29 Juli 2008, saya ingin menjenguk teman saya yg katanya sudah 2bln ini msk penjara karena NARKOBA. Waktu bertemu dengan dia, kondisinya sangat berubah. Badannya kurus sekali, matanya merah, dan yang lebih tragis lagi dia seperti org kelaparan.

Dia cerita tentang kejadian yg menimpanya. Tgl 9 Juni 2008, Teman saya ini pergi kedaerah kota untuk suatu keperluan. Sesampainya di jalan ternyata ada razia polisi. Kebetulan dia yang bawa mobilnya dan ada 1 teman l agi, jadi mereka berdua. Waktu pemeriksaan mereka berdua disuruh keluar dari mobil, mobil mereka digeledah. Dan betapa kagetnya teman saya itu waktu polisi memberitahu bahwa ada 2 butir ekstasi dibawah jok depan. Padahal semua teman saya itu bukan pemakai. Mereka juga tidak pernah pergi ke diskotik. Mereka meyakinkan polisi kalo itu semua bukan milik mereka. Mereka bersedia untuk tes darah tapi polisinya malah memarahi bahkan menampar kedua teman saya itu. Pada saat teman2 saya tidak bisa apa2 lagi, polisi mengambil semua barang2 berharga teman saya itu ( Dompet, Jam, HP ). Yang lebih parahnya lagi polisi itu menyuruh mereka untuk mengakui kalau Barang haram tersebut milik mereka. Bersumpah dengan nama Tuhan pun kayanya sudah ga mempan, akhirnya dengan pasrah teman2 saya itu mengiyakan semua perintah polisi tersebut karena kalau tidak, mungkin mereka akan dianiaya terus. Teman2 saya itu kemudian di borgol lalu disuruh masuk ke mobil polisi tersebut. Didalam mobil,polisi mulai nego harga dengan teman2 saya. Mereka disuruh menyerahkan 2juta /org mlm itu jg, maka mereka akan dilepaskan. Sewaktu teman2 saya mengiyakan permintaan mereka, TIM BUSER dari SCTV datang, jadi perjanjian itu tidak jadi terlaksana. Dengan sok gagah polisi2 itu dengan arogannya menarik teman2 saya itu kluar mobil dan memberi penjelasan ke TIM BUSER tersebut kalau teman2 saya itu adalah pemakai. Singkat cerita teman2 saya itu dibawa ke polres. Disana mereka dikurung selama 1bln dan baru kamis tgl 26 Juli 2008 kemarin mereka dipindahkan ke Rutan Salemba. Perlu diketahui juga, mereka pindah ke Rutan pun harus bayar Rp 7.000.000 /org. Ternyata penderitaan mereka blm selesai sampai disitu. Mereka blg kalau mereka mau bebas, mereka hrs membayar Rp 90.000.000 / org kepada polisi tersebut dan kasus mereka pun secara otomatis akan ditutup. Sungguh biadab sekali moral2 org2 itu. Perlu diketahui jg kalau didalam rutan itu dikasih makan sehari 2x dan nasinya bukan putih warnanya tetapi kuning. Didalam makanan tersebut sudah dicampur dengan bumbu supaya para napi akan merasakan badannya lemas. Ditiap blok2 tahanan jg bebas. Mereka ada yg memakai narkoba dan itu bisa terjadi bila mereka2 sang pengguna memberikan uang sebagai uang tutup mulut kepada petugas2 tersebut.

Rekans, sewaktu saya dan teman2 saya ingin menjenguk pun tidak kalah biadab nya para petugas2 tersebut. Dari pintu depan kita lapor dan KTP kita ditaro, mereka minta uang administrasi Rp 5.000, trs pindah loket utk taro HP karna disana kita ga blh bwh hp, kita byr lagi Rp 5.000, msk pintu utk pemeriksaan badan pengunjung byr lg Rp 5.000. Sampai lah kita pada pintu terakhir dimana kita bisa bertemu dengan teman saya tersebut. Saya dan teman2 saya msk ke sebuah ruangan. Tapi sebelum kami bertemu dengan teman2 kami tersebut, kami hrs membayar Rp 10.000 unt uk ongkos panggil teman saya yg di sel. 10 menit berlalu tapi teman kami tdk kunjung datang. Petugas gadungan itu dtg lagi dan memberitahu kami bahwa teman kami tdk ada di sel. Petugas itu menawarkan jasanya kembali, dia akan mencari teman2 kami bila kami membayar lagi Rp 10.000. Akhirnya dengan perasaan kesal, kami ksh lagi uang tersebut. Sumpah!!! keadaan di ruangan tersebut bnr2 mengerikan. Kotor, sumpek, bau. Ternyata itulah ruangan pertemuan antara napi dan penjenguk. Disana semua napi dan penjenguk bisa leluasa melakukan adegan2 sronok. Ciuman bibir, pegang2 alat2 vital, mereka smua tdk malu utk melakukan hal tersebut. Mungkin smua itu bentuk pelampiasan rasa rindu antara si napi dan si penjenguk. Yang lebih parahnya lagi, bagi para napi yg menerima tamu, mereka diwajibkan membayar uang Rp 50.000 ke petugas. Jadi setelah selesai bertemu dengan teman saya tersebut mereka kami beri uang Rp 100.000 utk mereka msk lagi kedalam. Kalau mereka tdk membayar, mereka akan dipukuli. Sungguh biadab nya negara kita ini!!!

Perlu diketahui juga didepan pintu masuk tertulis " TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN". Tapi apa kenyataan nya???