Senin, 22 September 2008

semua berawal dari satu peristiwa


kadang gue mikir, kira2 apa yang bakal terjadi seandainya pada saat kita di hadapkan pada 2 pilihan dan kita tidak memilih apa yang telah menjadi pilihan kita sekarang? mungkin banyak banget hal yang beda sama kehidupan kita yang sekarang. hmm..hidup emang misteri ya! ga ada yang bisa nebak gimana alur hidup kita kelak.

flash back ke awal masuk SMA..
waktu itu gue sempet bingung bakal mau masuk SMA mana, secara pilihan sekolah antara gue dan orangtua terutama nyokap ternyata beda. nyokap yang berpendapat nilai gue yang mepet banget terlalu nanggung buat masuk sekolah negeri, nyaranin gue masuk sekolah swasta aja. dia sendiri udah ngambil beberapa formulir pendaftaran sekolah2 swasta yang lumayan bonafit di kota gue. sedangkan gue berpendapat nilai gue yang gue akuin emang agak sedikit ngepas masih bisa kok masuk sekolah negeri walaupun bukan sekolah favorit, toh ntar tengah tahun seandainya emang gue masuk sekolah negeri, gue bisa pindah ke sekolah favorit kan..!!


dan akhirnya setelah melalui serangkaian perdebatan panjang, nyokap pun ngalah dan ngijinin gue masuk ke salah satu sekolah negeri yang kebetulan waktu itu baru. sebagai angkatan ke-2 di sekolah itu ya bisa di maklumin kalo sarana dan prasarana di sekolah itu masih bisa dibilang jauh dari memadai. dengan ruang kelas yang waktu itu hanya berjumlah 4 kelas, plus 1 ruang serba guna (ruang guru merangkap ruang kepsek, ruang BP,dan ruang TU), 3 kamar mandi (1 untuk siswa, 1 untuk siswi, dan 1 untuk guru), serta 1 tempat wudhu yang bersebelahan dengan kamar mandi. dengan jumlah kelas yang terbatas itu, terpaksa jam sekolah pun di bagi. 4 kelas masuk pagi (kelas II-1 & II-2, dan kelas I-1 & I-2) sedangkan sisanya (kelas I-3 s.d I-5) masuk siang.

gue yang kebetulan waktu itu masuk di kelas I-5 terpaksa masuk siang. udah jauh, panas pula lagi tuh sekolah! sempet nyesel juga sih karena ga dengerin omongin nyokap untuk sekolah di sekolah pilihannya aja. tapi karena gue udah komit sama apa yang gue pilih akhirnya gue maksa diri buat bertahan, yah..paling ga cuma sampe akhir semester 1 aja kan setelah itu gue bakal pindah ke sekolah favorit menyusul beberapa temen gue yang memang udah di terima di sana dengan mudah. hiks2..!!


perjuangan di mulai...
masa perploncoan bisa dilewati dengan mudah tapi hari2 sekolah selanjutnya cukup berat juga. tapi yah setelah tau ternyata banyak temen SMP dan ada sahabat gue dari SD yang masuk ke sekolah itu juga jadinya gue agak semangat juga buat berangkat tiap harinya. 1 minggu pertama gue masih di anter jemput sama om dan abang gue karena nyokap berpikiran sekolah gue jauh banget (suka lebay emang nyokap gue!! he3) tapi setelah gue banyak mendapat cercaan dari temen2 gue yang bilang gue anak mami, akhirnya setelah 1 minggu di anter-jemput, nyokap akhirnya ngebolehin gue buat berangkat dan pulang sendiri dengan syarat harus ada barengannya kalo naik angkot. wah seneng banget dah tu! tapi ternyata, baru hari pertama berangkat sendiri eh udah telat nyampe sekolah karena si abang angkot ngetem kelamaan (pengen ngejitak aja tu pala si abang waktu dia ngetem lama banget), nah lebih ngenes lagi pas pulangnya nih! karena sekolah gue itu berada di salah satu kompleks perumahan yang masih dalam proses pembangunan, makanya buat nyampe sekolah kita harus naik ojek lagi ke dalem perumahan itu.

sialnya, waktu pulang hari pertama itulah terjadi kecelakaan. entah bagaimana caranya waktu gue turun dari ojek, kaki gue nyenggol knalpot motor yang ada di depan gue dan alhasil melepuhlah itu betis nan mulus gue seketika itu juga (huakakak!!). untung aja waktu itu rasa malu gue bisa mengalahkan keinginan gue buat nangis jadi aman lah walaupun kaki sebenernya pedih banget. di angkot gue berusaha buat ngelindungin kaki gue yang melepuh itu biar ga kesenggol sama orang2 yang naik-turun angkot. fiuh..perjalanan panjang banget deh rasanya!! begitu turun dari angkot, gue harus sedikit jalan lagi buat menuju ke rumah gue, dengan agak tertatih2 (jah kan lebay lagi!!) gue jalan pulang dan karena penasaran pengen liat segimana parah lukanya, akhirnya 200 meter dari rumah gue beraniin buat liat luka gue itu. pas gue liat, buset serem amat!! ya udahlah akhirnya gue nangis juga dah tuh di tengah jalan sambil jalan pulang.

nyokap yang tau gue pulang magrib2 sambil nangis terang aja bingung. ya udahlah sambil nangis akhirnya gue cerita sambil nunjukin luka gue itu dan bener aja nyokap langsung marahin gue (anaknya sakit bukannya disayang2 malah di omelin!! hiks2). dia bilang itu karena gue ga dengerin omonginnya. tapi tetep aja gue ga mau ngalah, gimana pun gue mau tetep sekolah disana walaupun nyokap bilang dia mau mindahin gue minggu berikutnya. ga lucu banget kan! masa baru seminggu sekolah dah pindah cuma gara2 hal kayak gitu doang.

perjuangan berlanjut...
semester 1 akhirnya selesai, pembangunan sekolah yang tadinya di perkirakan 1 semester ternyata lebih cepet, jadi dalam waktu 3 bulan kita yang masuk siang akhirnya bisa masuk pagi juga tanpa kekurangan kelas. fasilitas bertambah malah. yah paling ga udah ga ada lah tuh yang namanya ruang umpel2an (ruang kepsek yang gabung2 tadi loh!) lagi. pas terima raport semester 1 wow..gila gue rangking 2 bo!! ha5. ga sia2 juga perjuangan gue selama ini. dengan gitu berarti memudahkan rencana gue juga buat pindah sekolah. tapi ternyata gue berubah pikiran, perjanjian sekolah disitu cuma 1semester akhirnya batal. gue udah terlalu cinta sama sekolah itu.


gimana ga, setelah perjuangan masuk siang panas2, kaki kena knalpot, becek2an pas ujan sampe kena demo angkot masa gue pindah gitu aja sih. apalagi waktu itu gue udah punya banyak temen yang asik2 banget. dan ada "dia" yang bikin gue rajin ke sekolah tiap hari. he3. ga mungkin dong gue ngelepasin gitu aja semua yang udah gue dapet disana dengan susah payah!! yah..bisa ditebak akhirnya gue ga jadi pindah dan tetep sekolah disana sampe gue lulus. nyokap yang tadinya sempet empet sama sekolah itu akhirnya seneng juga karena gue jadi ga males sekolah lagi (jah ketauan malesnya dah!) dan gue juga mayan berprestasi lah disana. mungkin kalo gue pindah yang ada gue jadi murid paling bego kali.


sampe hari ini pun gue ga pernah nyesel yang namanya udah milih buat sekolah di SMAN 5 Depok, sekolah yang penuh kenangan buat gue. semuanya bakal terus gue inget. setiap kejadian konyol yang gue alamin yang sampe sekarang masih sering bisa bikin gue ketawa sendiri kalo inget. jadi kangen mau balik SMA lagi deh ih!! pokoknya sekolah itu bener2 udah ngerubah hidup gue. seandainya gue ga masuk sana, gue ga bakal kayak gini sekarang. gue bisa kuliah di undip pun itu karena gue sekolah di sana. kalo ga, ga bakal mungkin gue bisa dapet PMDK masuk undip. ga bakal mungkin gue isa hidup mandiri jauh dari orangtua. kalo seandainya gue pindah dari sana, gue ga bakal dapetin itu semua. gue juga ga bakalan dapet sahabat kayak sekarang. ricky gue yang gue kenal deket justru pas semester 2 kelas I yang sampe sekarang jadi tempat gue curhat n jalan kalo gue lagi bosen (luph u bro!!). dan gue ga bakalan punya grup pecinta karaoke kayak sekarang yang gue dapet dari temen2 gue pas kelas II n III di sana.

yah emang ternyata hidup itu ajaib banget. dari 1 pilihan banyak banget hal2 baru yang bisa kita dapet. gue udah ngerasain sendiri. yah, baik buruknya sih emang pasti ada, gimana kita nyikapinnnya aja. jangan terlalu beranggapan buruk dulu sama suatu hal karena belum tentu akan berahir buruk juga. ya nggak??

0 komentar:

Posting Komentar