Selasa, 23 September 2008

kisah kolak, mercon dan es batu

awalnya almarhumah tante (ibu kost) yang ngasih julukan itu buat kita bertiga (dulu yang ngisi tempat kost gue cuma 3 orang. maklumlah..kost exclusive gitu loh!). kita juga ga pernah tau sebelumnya kalo tante punya julukan kayak gitu buat anak2 kost-nya. kita baru tau kalo ternyata tanpa kita tau, beliau suka ngobrolin anak2 kost-nya sama om (bpk kost). yah..wajarlah yang namanya penganten baru n belom punya anak jadi ya terpaksa menganggap 3 orang anak yang sebenernya sudah bangkotan ini untuk jadi anak mereka. abis ga ada yang lain sih!

di antara ke-3 anak2 kost-nya, yang paling deket sama tante emang cuma nanda. sedangkan gue sama furi cenderung lebih cuek. kita lebih sering menghabiskan waktu di dalem kamar daripada ngobrol sama tante. makanya ga heran kalo nanda yang paling terpukul waktu tante meninggal karena kena lever sekitar bulan juli 2006. saking ga sanggupnya nahan sedih karena keinget terus sama tante, nanda akhirnya memutuskan untuk pindah kost. alhasil…kost yang emang udah sepi jadi makin sepi. kamar tengah (yang memisahkan kamar gue dengan kamar furi) yang tadinya diisi sama nanda sekarang kosong ditinggal penghuninya. jadilah cuma tinggal gue dan furi aja yang masih tinggal disitu.

nah…pada waktu tante meninggal, om jack (bpk kost kita) sempet ngirim SMS yang sampe sekarang masih gue simpen. isinya dalem banget soalnya buat gue.

"tante suka ngobrol sama om tentang kalian bertiga..
tante bilang punya anak 3 tapi pada beda2..
tapi itu yang sering bikin tante ketawa..
yang satu diem kayak es batu (gue maksudnya)..
yang satu kayak kolak (furi), di aduk dulu baru nyampur..
yang satunya rame kayak mercon (nanda)..
yang pasti, tante sayang sama kalian semua..
meski mungkin ga keliatan.."

begitulah isi SMS dari om yang dikirim ke semua anak2 kost-nya waktu tante meninggal.

dari situ, gue jadi ngerasa kesindir karena kecuekan gue selama ini. gue akuin kalo gue emang cenderung individualis jadi orang. tapi sejak gue nerima SMS itu, gue berusaha untuk sedikit mengurangi masa2 bertapa gue di dalem kamar untuk sekedar ‘nyetor muka’ gue sama orang2 kost. apalagi karena sekarang tinggal gue n furi aja yang nge-kost disitu, mau ga mau ya gue harus mengakrabkan diri sama dia.

awalnya jiper juga sih (gue adalah orang termuda yang nge-kost disitu. sedangkan furi sama nanda sama2 seangkatan). kayaknya bingung aja mo ngomongin apa kalo lagi sama dia. yah…maklum aja, gue tuh emang agak susah bersosialisasi sama orang2 yang baru gue kenal. waktu furi baru masuk ke kost itu aja (nanda masuk pertama, gue ke-2, setelah itu baru furi), gue ga pernah yang namanya negor dia sampe kejadian meninggalnya tante. kita pertama kali bisa ngobrol pun itu pada saat acara tahlilannya tante. itupun sebenernya ga disengaja (sebenernya karena kita takut ada di kamar masing2 sendirian, jadi mau ga mau ya ikut pengajian deh!)

tapi anehnya, sekarang gue malah deket banget sama tuh anak. hampir tiap malem dia mengunjungi kamar gue untuk maen game di laptop gue ataupun untuk sekedar ngobrol aja. aneh banget emang! tapi kalo dipikir2, sepertinya bener julukan yang dikasih sama tante buat kita. gue emang es batu dan furi emang kolak. makanya kita bisa nge-blend satu sama lain. pasangan yang pas-lah! kalo makan kolak kan emang enaknya pake es batu, mana enak makan kolak pake mercon atau makan es batu pake mercon. he3..

tapi beneran deh! dulu tuh waktu jaman2-nya furi belom nge-kost disitu, gue tuh ga pernah bener2 deket sama nanda. ga pernah nyambung aja kalo ngomong walaupun dia anaknya emang rame banget, tapi kalo sama furi, perasaan baru sebentar gue kenal sama dia tapi begitu nyoba ngobrol tuh kita bisa langsung deket. sampe bikin om kost kita bingung. kenapa tiba2 anak kost-nya jadi kompak begini ya?

sayang semuanya udah lewat, furi sekarang udah ga ngekost di sini lagi karena dia ngelanjutin s2-nya di jakarta, sedangkan si mercon ga tau deh gimana kabarnya. sekarang kost jadi makin sepi aja, udah ga ada yang bisa di ajak ngobrol lagi. selain karena udah ganti kepemilikan juga sama kakaknya om jack karena om jack memutuskan pindah ke sumatera buat cari kerja, beberapa orang yang sempet ngekost disini juga ga seasik furi. waktu itu ada anak hukum angkatan 2007 yang masuk kost gue tapi berisiknya setengah mati sampe2 gue kesel dan berusaha untuk ngusir tuh anak keluar dari kost gue yang damai ini. dan berhasil...YEY!!!

sekarang kost malah di isi sama entah makhluk2 dari mana, gue juga ga tau lah secara gue juga ga pernah tegor2an sama mereka. yah tapi di ambil positifnya aja lah, dengan gitu gue malah jadi semangat kuliah karena males ketemu mereka di kost, dan itu jadi salah satu pemacu semangat gue buat cepetan lulus biar bisa balik ke depokku tercinta dan ngumpul sama begundal2 tersayangku. yah semoga saja..!!

0 komentar:

Posting Komentar