Kamis, 25 September 2008

let's sing

video
udah beberapa bulan belakangan ini gue dan temen2 genk gila gue lagi demen banget yang namanya karaokean. sebenernya sih kalo buat nyanyi, gue dah suka nyanyi dari jaman baru bisa ngomong juga dah suka nyanyi. apalgi dulu sebelom tidur bokap sering banget nyanyiin berbagai macam lagu buat pengantar gue tidur. walaupun suara bokap ga oke2 banget tapi bolehlah buat ukuran seorang ayah yang nyanyi dengan tulus buat anaknya. dulu tiap biz magrib gue juga selalu punya agenda buat nyanyi2 di teras rumah bareng ma bokap-nyokap gue gitu. gue dipangku bokap nyanyi semua lagu anak2 yang kita hafal sambil gue disuapin sama nyokap. kebiasaan aneh emang! tapi yah justru berawal dari situlah gue jadi suka banget nyanyi sampe sekarang. yah...walaupun suara gue ga oke2 banget sih!! tapi yah apa salahnya gue nyanyi sekedar buat have fun aja. tapi ga tau kenapa sejak gue sering merambah ke tempat2 karaoke sama genk gila gue, tiap abis karaokean pasti suara gue langsung menghilang atau ga lama pasti gue langsung batuk atau radang tenggorokan gue kambuh lagi. ga tau dah tu karena microphone-nya yang banyak virus2 karena di share sama orang2 banyak atau emang gue yang ga bisa teknik2 nyanyi makanya ada aja masalah tiap gue biz karaokean. pengen sih bisa nyanyi dengan teknik yang bener, tapi yah apa daya kocek tidak mumpuni buat belajar di tempat les vocal profesional. so sampe sekarang baru bisa belajar secara otodidak aja deh. yah sebenernya banyak banget sumber yang bisa dipake kalo kita mau belajar vokal secara otodidak, salah satunya adalah dengan cara2 buku tentang teknik olah vokal atau juga bisa dengan cara browsing ke situs2 tentang musik yang memang mengajarkan teknik vokal yang baik dan benar. berikut ini adalah salah satu refrensi yang bisa gue dapet buat kita2 yang emang suka nyanyi dan pengen belajar nyanyi dengan baik dan benar, kali aja dengan sedikit ilmu yang kita dapet ini bisa makin bikin suara kita tambah merdu atau paling ga bisa enak di denger lah. silahkan mencoba..!!

UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :

  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan, adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
    Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
    - Pernafasan Dada : cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
    - Pernafasan Perut : udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
    - Pernafasan Diafragma : adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  3. Phrasering, adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  4. Sikap Badan, adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  5. Resonansi, adalah usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  6. Vibrato, adalah usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi, adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  8. Intonasi, adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
    Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
    a. Pendengaran yang baik
    b. Kontrol pernafasan
    c. Rasa musical.
semoga tips di atas bisa bermanfaat deh buat kamu2 yang emang punya hobi nyanyi kayak gue. walaupun hasilnya belom tentu bakal kayak penyanyi profesional, tapi paling enggak, dengan menguasai teknik vokal yang bener, suara kita bakal lebih enak di denger. kalo menurut gue sih nyanyi itu cuma 1 kuncinya, yaitu PD sama suara dan kemampuan kita sendiri. yah walaupun begitu kita juga harus tetep mau pendapat orang yang denger. jangan karena kita terlalu PD sama suara kita, terus kita nganggep suara kita bagus padahal orang yang denger tersiksa banget dengerin suara kita. kalo udah gitu kan malah kita sendiri yang rugi, jadi malu sendiri kan!! yah semua balik ke bakat alam juga sih, tanpa perlu belajar pun kalo emang kita udah dikasih talenta dan suara yang bagus sama Tuhan, kita mau nyanyi kayak gimana pun ya bakal tetep enak aja buat di denger. kalo emang udah ga bakat nyanyi ya mendingan cari tau aja bakat lain yang ada di dalam diri kita, gue yakin hasilnya pasti akan lebih memuaskan buat dilakukan daripada kita maksain nyanyi padahal kita ga berbakat sama sekali.

AIRMATA RASULULLAH SAW (re-post from my friends)

Tiba-tiba dari luar pintu terdengar seorang yang berseru mengucapkan salam. "Bolehkah saya masuk?" tanyanya. Tapi Fatimah tidak mengizinkannya masuk, "Maafkanlah, ayahku sedang demam", kata Fatimah yang membalikkan badan dan menutup pintu.

Kemudian ia kembali menemani ayahnya yang ternyata sudah membuka mata dan bertanya pada Fatimah, "Siapakah itu wahai anakku?"
"Tak tahulah ayahku, orang sepertinya baru sekali ini aku melihatnya," tutur Fatimah lembut. Lalu, Rasulullah menatap puterinya itu dengan pandangan yang menggetarkan.


Seolah-olah bahagian demi bahagian wajah anaknya itu hendak dikenang.


"Ketahuilah, dialah yang menghapuskan kenikmatan sementara, dialah yang memisahkan pertemuan di dunia.
Dialah malaikatul maut," kata Rasulullah, Fatimah pun menahan ledakkan tangisnya. Malaikat maut datang menghampiri, tapi Rasulullah menanyakan kenapa Jibril tidak ikut sama menyertainya.


Kemudian dipanggilah Jibril yang sebelumnya sudah bersiap di atas langit dunia menyambut ruh kekasih Allah dan penghulu dunia ini.


"Jibril, jelaskan apa hakku nanti di hadapan Allah?", tanya Rasululllah dengan suara yang amat lemah.
"Pintu-pintu langit telah terbuka, para malaikat telah menanti ruhmu. "Semua syurga terbuka lebar menanti kedatanganmu," kata Jibril.
Tapi itu ternyata tidak membuatkan Rasulullah lega, matanya masih penuh kecemasan. "Engkau tidak senang mendengar khabar ini?", tanya Jibril lagi.
"Khabarkan kepadaku bagaimana nasib umatku kelak?" "Jangan khawatir, wahai Rasul Allah, aku pernah mendengar Allah
berfirman kepadaku: "Kuharamkan syurga bagi siapa saja, kecuali umat Muhammad telah berada di dalamnya," kata Jibril.
Detik-detik semakin dekat, saatnya Izrail melakukan tugas. Perlahan ruh Rasulullah ditarik.


Nampak seluruh tubuh Rasulullah bersimbah peluh, urat-urat lehernya menegang. "Jibril, betapa sakit sakaratul maut ini."
Perlahan Rasulullah mengaduh. Fatimah terpejam, Ali yang disampingnya menunduk semakin dalam dan Jibril memalingkan muka.


"Jijikkah kau melihatku, hingga kau palingkan wajahmu Jibril?" Tanya Rasulullah pada Malaikat pengantar wahyu itu.
"Siapakah yang sanggup, melihat kekasih Allah direnggut ajal," kata Jibril.
Sebentar kemudian terdengar Rasulullah mengaduh, karena sakit yang tidak tertahankan lagi.


"Ya Allah, dahsyat nian maut ini, timpakan saja semua siksa maut ini kepadaku, jangan pada umatku."
Badan Rasulullah mulai dingin, kaki dan dadanya sudah tidak bergerak lagi.
Bibirnya bergetar seakan hendak membisikkan sesuatu, ! Ali segera mendekatkan telinganya. "Uushiikum bis shalati, wa maa malakat aimanuku" "peliharalah shalat dan peliharalah orang-orang lemah di antaramu."


Diluar pintu tangis mulai terdengar bersahutan, sahabat saling berpelukan. Fatimah menutupkan tangan di wajahnya, dan Ali kembali mendekatkan telinganya ke bibir Rasulullah yang mulai kebiruan.

"Ummatii,ummatii, mmatiii?" - "Umatku, umatku, umatku"
Dan, berakhirlah hidup manusia mu lia yang memberi sinaran itu.
Kini, mampukah kita mencintai sepertinya?
Allahumma sholli 'ala Muhammad wa baarik wa salim 'alaihi


Betapa cintanya Rasulullah kepada kita.


Selasa, 23 September 2008

apa arti seorang cewe di mata cowo?

akhir2 ini gue sering banget liat cewe yang berantem sama cowo-nya. kalo cuma berantem biasa sih masih wajar tapi kalo udah main fisik, itu sih udah kebangetan. gue sebagai seorang cewe ngerasa muak aja ngeliat perlakuan cowo2 yang suka kasar sama cewe-nya. kalo emang lagi ga cocok kan bisa diomongin baik2, ga usah kasar apalagi sampe mukul. buat gue, cowo2 kayak gitu ga pantes buat di hormati karena gimana pun juga dan apapun alesannya, mereka ga seharusnya berbuat kasar sama cewe-nya, yang seharusnya malah mereka lindungin.

dari situ gue jadi mikir, sebenernya apa sih arti seorang cewe buat para cowo? apa mereka cuma ngebutuhin cewe buat sekedar have sex atau sebagai pembantu gratis yang harus ngelayanin semua kebutuhan mereka selama 24 jam? gue setuju dengan pendapat kalo seorang cewe apalagi yang udah jadi istri harus nurut sama suaminya, tapi jangan karena pendapat itu terus para cowo bisa dengan gampangnya memperlakukan seorang cewe kayak jongos ataupun hewan yang bisa seenaknya mereka perintah.

gue bener2 mengutuk semua cowo yang suka bersikap seenaknya, apalagi sering main tangan sama cewe-nya. apa mereka ga sadar? mereka lahir dari rahim seorang cewe, seharusnya mereka mikir ribuan kali kalo mau kasar sama cewe. dalam agama aja (yang gue tau), ada yang bilang, "murka seorang ibu adalah murka Allah". apa mereka mau jadi kayak malin kundang yang durhaka?

gue bisa nulis kayak gini karena gue udah bener2 muak banget sama cowo2 yang seperti itu yang ada di hidup gue. cowo kayak gitu bikin gue mau muntah. kalo mereka pikir dengan nyakitin cewe2-nya dengan cara kekerasan mereka bisa di anggap jantan, mereka salah besar. cowo2 kayak gitu justru pengecut. beraninya sama cewe!! kalo mau cari lawan yang sebanding dong! dan jangan kira cewe2 yang lo tindas bakalan terus diem aja, liat aja nanti, cepat atau lambat, mereka pasti bangkit dan gantian ngelawan lo semua. lo tinggal terima aja karma yang setimpal dari Tuhan karena udah nyakitin cewe.

mungkin banyak yang belom sadar aja, tapi nanti begitu mereka kehilangan cewe2 itu, gue yakin mereka pasti nyesel. gue harap, buat semua cowo kasar yang ada di luar sana, yang baca blog gue ini bisa sadar dan mau buka mata dan hati kalian. mereka, para cewe yang selalu kalian kasarin belom ninggalin kalian buat saat ini karena mereka sayang dan mau kalian berubah, jadi mumpung masih ada waktu, gue harap kalian bisa ubah semua sikap kalian selama ini.

gue juga punya pesen khusus buat seorang cowo yang ada di hidup gue (mudah2an lo sadar kalo emang lo yang gue maksud), gue ga akan nulis nama lo disini karena gue ga mau bikin lo malu, tapi gue harap lo bisa ngerti kenapa gue sampe nulis kayak gini. lo udah pernah kehilangan seorang yang lo sayang sebelom lo bisa nunjukin semua rasa sayang lo ke dia dan gue yakin lo nyesel banget sama kejadian itu. jadi jangan lo ulang lagi kesalahan lo buat yang kedua kalinya. kalo lo tetep ga mau ngerubah sikap lo itu, ga nutup kemungkinan kalo suatu hari nanti lo bakalan ngerasa kehilangan orang2 yang lo sayang lagi. gue nulis kayak gini bukan buat sok ngajarin lo, tapi karena gue bener2 sayang sama lo. udah cukup deh gue ngeliat banyak banget airmata yang keluar gara2 kelakuan lo itu.

kisah kolak, mercon dan es batu

awalnya almarhumah tante (ibu kost) yang ngasih julukan itu buat kita bertiga (dulu yang ngisi tempat kost gue cuma 3 orang. maklumlah..kost exclusive gitu loh!). kita juga ga pernah tau sebelumnya kalo tante punya julukan kayak gitu buat anak2 kost-nya. kita baru tau kalo ternyata tanpa kita tau, beliau suka ngobrolin anak2 kost-nya sama om (bpk kost). yah..wajarlah yang namanya penganten baru n belom punya anak jadi ya terpaksa menganggap 3 orang anak yang sebenernya sudah bangkotan ini untuk jadi anak mereka. abis ga ada yang lain sih!

di antara ke-3 anak2 kost-nya, yang paling deket sama tante emang cuma nanda. sedangkan gue sama furi cenderung lebih cuek. kita lebih sering menghabiskan waktu di dalem kamar daripada ngobrol sama tante. makanya ga heran kalo nanda yang paling terpukul waktu tante meninggal karena kena lever sekitar bulan juli 2006. saking ga sanggupnya nahan sedih karena keinget terus sama tante, nanda akhirnya memutuskan untuk pindah kost. alhasil…kost yang emang udah sepi jadi makin sepi. kamar tengah (yang memisahkan kamar gue dengan kamar furi) yang tadinya diisi sama nanda sekarang kosong ditinggal penghuninya. jadilah cuma tinggal gue dan furi aja yang masih tinggal disitu.

nah…pada waktu tante meninggal, om jack (bpk kost kita) sempet ngirim SMS yang sampe sekarang masih gue simpen. isinya dalem banget soalnya buat gue.

"tante suka ngobrol sama om tentang kalian bertiga..
tante bilang punya anak 3 tapi pada beda2..
tapi itu yang sering bikin tante ketawa..
yang satu diem kayak es batu (gue maksudnya)..
yang satu kayak kolak (furi), di aduk dulu baru nyampur..
yang satunya rame kayak mercon (nanda)..
yang pasti, tante sayang sama kalian semua..
meski mungkin ga keliatan.."

begitulah isi SMS dari om yang dikirim ke semua anak2 kost-nya waktu tante meninggal.

dari situ, gue jadi ngerasa kesindir karena kecuekan gue selama ini. gue akuin kalo gue emang cenderung individualis jadi orang. tapi sejak gue nerima SMS itu, gue berusaha untuk sedikit mengurangi masa2 bertapa gue di dalem kamar untuk sekedar ‘nyetor muka’ gue sama orang2 kost. apalagi karena sekarang tinggal gue n furi aja yang nge-kost disitu, mau ga mau ya gue harus mengakrabkan diri sama dia.

awalnya jiper juga sih (gue adalah orang termuda yang nge-kost disitu. sedangkan furi sama nanda sama2 seangkatan). kayaknya bingung aja mo ngomongin apa kalo lagi sama dia. yah…maklum aja, gue tuh emang agak susah bersosialisasi sama orang2 yang baru gue kenal. waktu furi baru masuk ke kost itu aja (nanda masuk pertama, gue ke-2, setelah itu baru furi), gue ga pernah yang namanya negor dia sampe kejadian meninggalnya tante. kita pertama kali bisa ngobrol pun itu pada saat acara tahlilannya tante. itupun sebenernya ga disengaja (sebenernya karena kita takut ada di kamar masing2 sendirian, jadi mau ga mau ya ikut pengajian deh!)

tapi anehnya, sekarang gue malah deket banget sama tuh anak. hampir tiap malem dia mengunjungi kamar gue untuk maen game di laptop gue ataupun untuk sekedar ngobrol aja. aneh banget emang! tapi kalo dipikir2, sepertinya bener julukan yang dikasih sama tante buat kita. gue emang es batu dan furi emang kolak. makanya kita bisa nge-blend satu sama lain. pasangan yang pas-lah! kalo makan kolak kan emang enaknya pake es batu, mana enak makan kolak pake mercon atau makan es batu pake mercon. he3..

tapi beneran deh! dulu tuh waktu jaman2-nya furi belom nge-kost disitu, gue tuh ga pernah bener2 deket sama nanda. ga pernah nyambung aja kalo ngomong walaupun dia anaknya emang rame banget, tapi kalo sama furi, perasaan baru sebentar gue kenal sama dia tapi begitu nyoba ngobrol tuh kita bisa langsung deket. sampe bikin om kost kita bingung. kenapa tiba2 anak kost-nya jadi kompak begini ya?

sayang semuanya udah lewat, furi sekarang udah ga ngekost di sini lagi karena dia ngelanjutin s2-nya di jakarta, sedangkan si mercon ga tau deh gimana kabarnya. sekarang kost jadi makin sepi aja, udah ga ada yang bisa di ajak ngobrol lagi. selain karena udah ganti kepemilikan juga sama kakaknya om jack karena om jack memutuskan pindah ke sumatera buat cari kerja, beberapa orang yang sempet ngekost disini juga ga seasik furi. waktu itu ada anak hukum angkatan 2007 yang masuk kost gue tapi berisiknya setengah mati sampe2 gue kesel dan berusaha untuk ngusir tuh anak keluar dari kost gue yang damai ini. dan berhasil...YEY!!!

sekarang kost malah di isi sama entah makhluk2 dari mana, gue juga ga tau lah secara gue juga ga pernah tegor2an sama mereka. yah tapi di ambil positifnya aja lah, dengan gitu gue malah jadi semangat kuliah karena males ketemu mereka di kost, dan itu jadi salah satu pemacu semangat gue buat cepetan lulus biar bisa balik ke depokku tercinta dan ngumpul sama begundal2 tersayangku. yah semoga saja..!!

Senin, 22 September 2008

semua berawal dari satu peristiwa


kadang gue mikir, kira2 apa yang bakal terjadi seandainya pada saat kita di hadapkan pada 2 pilihan dan kita tidak memilih apa yang telah menjadi pilihan kita sekarang? mungkin banyak banget hal yang beda sama kehidupan kita yang sekarang. hmm..hidup emang misteri ya! ga ada yang bisa nebak gimana alur hidup kita kelak.

flash back ke awal masuk SMA..
waktu itu gue sempet bingung bakal mau masuk SMA mana, secara pilihan sekolah antara gue dan orangtua terutama nyokap ternyata beda. nyokap yang berpendapat nilai gue yang mepet banget terlalu nanggung buat masuk sekolah negeri, nyaranin gue masuk sekolah swasta aja. dia sendiri udah ngambil beberapa formulir pendaftaran sekolah2 swasta yang lumayan bonafit di kota gue. sedangkan gue berpendapat nilai gue yang gue akuin emang agak sedikit ngepas masih bisa kok masuk sekolah negeri walaupun bukan sekolah favorit, toh ntar tengah tahun seandainya emang gue masuk sekolah negeri, gue bisa pindah ke sekolah favorit kan..!!


dan akhirnya setelah melalui serangkaian perdebatan panjang, nyokap pun ngalah dan ngijinin gue masuk ke salah satu sekolah negeri yang kebetulan waktu itu baru. sebagai angkatan ke-2 di sekolah itu ya bisa di maklumin kalo sarana dan prasarana di sekolah itu masih bisa dibilang jauh dari memadai. dengan ruang kelas yang waktu itu hanya berjumlah 4 kelas, plus 1 ruang serba guna (ruang guru merangkap ruang kepsek, ruang BP,dan ruang TU), 3 kamar mandi (1 untuk siswa, 1 untuk siswi, dan 1 untuk guru), serta 1 tempat wudhu yang bersebelahan dengan kamar mandi. dengan jumlah kelas yang terbatas itu, terpaksa jam sekolah pun di bagi. 4 kelas masuk pagi (kelas II-1 & II-2, dan kelas I-1 & I-2) sedangkan sisanya (kelas I-3 s.d I-5) masuk siang.

gue yang kebetulan waktu itu masuk di kelas I-5 terpaksa masuk siang. udah jauh, panas pula lagi tuh sekolah! sempet nyesel juga sih karena ga dengerin omongin nyokap untuk sekolah di sekolah pilihannya aja. tapi karena gue udah komit sama apa yang gue pilih akhirnya gue maksa diri buat bertahan, yah..paling ga cuma sampe akhir semester 1 aja kan setelah itu gue bakal pindah ke sekolah favorit menyusul beberapa temen gue yang memang udah di terima di sana dengan mudah. hiks2..!!


perjuangan di mulai...
masa perploncoan bisa dilewati dengan mudah tapi hari2 sekolah selanjutnya cukup berat juga. tapi yah setelah tau ternyata banyak temen SMP dan ada sahabat gue dari SD yang masuk ke sekolah itu juga jadinya gue agak semangat juga buat berangkat tiap harinya. 1 minggu pertama gue masih di anter jemput sama om dan abang gue karena nyokap berpikiran sekolah gue jauh banget (suka lebay emang nyokap gue!! he3) tapi setelah gue banyak mendapat cercaan dari temen2 gue yang bilang gue anak mami, akhirnya setelah 1 minggu di anter-jemput, nyokap akhirnya ngebolehin gue buat berangkat dan pulang sendiri dengan syarat harus ada barengannya kalo naik angkot. wah seneng banget dah tu! tapi ternyata, baru hari pertama berangkat sendiri eh udah telat nyampe sekolah karena si abang angkot ngetem kelamaan (pengen ngejitak aja tu pala si abang waktu dia ngetem lama banget), nah lebih ngenes lagi pas pulangnya nih! karena sekolah gue itu berada di salah satu kompleks perumahan yang masih dalam proses pembangunan, makanya buat nyampe sekolah kita harus naik ojek lagi ke dalem perumahan itu.

sialnya, waktu pulang hari pertama itulah terjadi kecelakaan. entah bagaimana caranya waktu gue turun dari ojek, kaki gue nyenggol knalpot motor yang ada di depan gue dan alhasil melepuhlah itu betis nan mulus gue seketika itu juga (huakakak!!). untung aja waktu itu rasa malu gue bisa mengalahkan keinginan gue buat nangis jadi aman lah walaupun kaki sebenernya pedih banget. di angkot gue berusaha buat ngelindungin kaki gue yang melepuh itu biar ga kesenggol sama orang2 yang naik-turun angkot. fiuh..perjalanan panjang banget deh rasanya!! begitu turun dari angkot, gue harus sedikit jalan lagi buat menuju ke rumah gue, dengan agak tertatih2 (jah kan lebay lagi!!) gue jalan pulang dan karena penasaran pengen liat segimana parah lukanya, akhirnya 200 meter dari rumah gue beraniin buat liat luka gue itu. pas gue liat, buset serem amat!! ya udahlah akhirnya gue nangis juga dah tuh di tengah jalan sambil jalan pulang.

nyokap yang tau gue pulang magrib2 sambil nangis terang aja bingung. ya udahlah sambil nangis akhirnya gue cerita sambil nunjukin luka gue itu dan bener aja nyokap langsung marahin gue (anaknya sakit bukannya disayang2 malah di omelin!! hiks2). dia bilang itu karena gue ga dengerin omonginnya. tapi tetep aja gue ga mau ngalah, gimana pun gue mau tetep sekolah disana walaupun nyokap bilang dia mau mindahin gue minggu berikutnya. ga lucu banget kan! masa baru seminggu sekolah dah pindah cuma gara2 hal kayak gitu doang.

perjuangan berlanjut...
semester 1 akhirnya selesai, pembangunan sekolah yang tadinya di perkirakan 1 semester ternyata lebih cepet, jadi dalam waktu 3 bulan kita yang masuk siang akhirnya bisa masuk pagi juga tanpa kekurangan kelas. fasilitas bertambah malah. yah paling ga udah ga ada lah tuh yang namanya ruang umpel2an (ruang kepsek yang gabung2 tadi loh!) lagi. pas terima raport semester 1 wow..gila gue rangking 2 bo!! ha5. ga sia2 juga perjuangan gue selama ini. dengan gitu berarti memudahkan rencana gue juga buat pindah sekolah. tapi ternyata gue berubah pikiran, perjanjian sekolah disitu cuma 1semester akhirnya batal. gue udah terlalu cinta sama sekolah itu.


gimana ga, setelah perjuangan masuk siang panas2, kaki kena knalpot, becek2an pas ujan sampe kena demo angkot masa gue pindah gitu aja sih. apalagi waktu itu gue udah punya banyak temen yang asik2 banget. dan ada "dia" yang bikin gue rajin ke sekolah tiap hari. he3. ga mungkin dong gue ngelepasin gitu aja semua yang udah gue dapet disana dengan susah payah!! yah..bisa ditebak akhirnya gue ga jadi pindah dan tetep sekolah disana sampe gue lulus. nyokap yang tadinya sempet empet sama sekolah itu akhirnya seneng juga karena gue jadi ga males sekolah lagi (jah ketauan malesnya dah!) dan gue juga mayan berprestasi lah disana. mungkin kalo gue pindah yang ada gue jadi murid paling bego kali.


sampe hari ini pun gue ga pernah nyesel yang namanya udah milih buat sekolah di SMAN 5 Depok, sekolah yang penuh kenangan buat gue. semuanya bakal terus gue inget. setiap kejadian konyol yang gue alamin yang sampe sekarang masih sering bisa bikin gue ketawa sendiri kalo inget. jadi kangen mau balik SMA lagi deh ih!! pokoknya sekolah itu bener2 udah ngerubah hidup gue. seandainya gue ga masuk sana, gue ga bakal kayak gini sekarang. gue bisa kuliah di undip pun itu karena gue sekolah di sana. kalo ga, ga bakal mungkin gue bisa dapet PMDK masuk undip. ga bakal mungkin gue isa hidup mandiri jauh dari orangtua. kalo seandainya gue pindah dari sana, gue ga bakal dapetin itu semua. gue juga ga bakalan dapet sahabat kayak sekarang. ricky gue yang gue kenal deket justru pas semester 2 kelas I yang sampe sekarang jadi tempat gue curhat n jalan kalo gue lagi bosen (luph u bro!!). dan gue ga bakalan punya grup pecinta karaoke kayak sekarang yang gue dapet dari temen2 gue pas kelas II n III di sana.

yah emang ternyata hidup itu ajaib banget. dari 1 pilihan banyak banget hal2 baru yang bisa kita dapet. gue udah ngerasain sendiri. yah, baik buruknya sih emang pasti ada, gimana kita nyikapinnnya aja. jangan terlalu beranggapan buruk dulu sama suatu hal karena belum tentu akan berahir buruk juga. ya nggak??

bobroknya hukum indonesia (re-post from my inbox mail)

Mungkin sebagian dari kita ada yg sudah tahu bahwa hukum di Indonesia ini benar2 BIADAB. Bayangkan, semua bisa dibeli dengan UANG....

Kemarin tgl 29 Juli 2008, saya ingin menjenguk teman saya yg katanya sudah 2bln ini msk penjara karena NARKOBA. Waktu bertemu dengan dia, kondisinya sangat berubah. Badannya kurus sekali, matanya merah, dan yang lebih tragis lagi dia seperti org kelaparan.

Dia cerita tentang kejadian yg menimpanya. Tgl 9 Juni 2008, Teman saya ini pergi kedaerah kota untuk suatu keperluan. Sesampainya di jalan ternyata ada razia polisi. Kebetulan dia yang bawa mobilnya dan ada 1 teman l agi, jadi mereka berdua. Waktu pemeriksaan mereka berdua disuruh keluar dari mobil, mobil mereka digeledah. Dan betapa kagetnya teman saya itu waktu polisi memberitahu bahwa ada 2 butir ekstasi dibawah jok depan. Padahal semua teman saya itu bukan pemakai. Mereka juga tidak pernah pergi ke diskotik. Mereka meyakinkan polisi kalo itu semua bukan milik mereka. Mereka bersedia untuk tes darah tapi polisinya malah memarahi bahkan menampar kedua teman saya itu. Pada saat teman2 saya tidak bisa apa2 lagi, polisi mengambil semua barang2 berharga teman saya itu ( Dompet, Jam, HP ). Yang lebih parahnya lagi polisi itu menyuruh mereka untuk mengakui kalau Barang haram tersebut milik mereka. Bersumpah dengan nama Tuhan pun kayanya sudah ga mempan, akhirnya dengan pasrah teman2 saya itu mengiyakan semua perintah polisi tersebut karena kalau tidak, mungkin mereka akan dianiaya terus. Teman2 saya itu kemudian di borgol lalu disuruh masuk ke mobil polisi tersebut. Didalam mobil,polisi mulai nego harga dengan teman2 saya. Mereka disuruh menyerahkan 2juta /org mlm itu jg, maka mereka akan dilepaskan. Sewaktu teman2 saya mengiyakan permintaan mereka, TIM BUSER dari SCTV datang, jadi perjanjian itu tidak jadi terlaksana. Dengan sok gagah polisi2 itu dengan arogannya menarik teman2 saya itu kluar mobil dan memberi penjelasan ke TIM BUSER tersebut kalau teman2 saya itu adalah pemakai. Singkat cerita teman2 saya itu dibawa ke polres. Disana mereka dikurung selama 1bln dan baru kamis tgl 26 Juli 2008 kemarin mereka dipindahkan ke Rutan Salemba. Perlu diketahui juga, mereka pindah ke Rutan pun harus bayar Rp 7.000.000 /org. Ternyata penderitaan mereka blm selesai sampai disitu. Mereka blg kalau mereka mau bebas, mereka hrs membayar Rp 90.000.000 / org kepada polisi tersebut dan kasus mereka pun secara otomatis akan ditutup. Sungguh biadab sekali moral2 org2 itu. Perlu diketahui jg kalau didalam rutan itu dikasih makan sehari 2x dan nasinya bukan putih warnanya tetapi kuning. Didalam makanan tersebut sudah dicampur dengan bumbu supaya para napi akan merasakan badannya lemas. Ditiap blok2 tahanan jg bebas. Mereka ada yg memakai narkoba dan itu bisa terjadi bila mereka2 sang pengguna memberikan uang sebagai uang tutup mulut kepada petugas2 tersebut.

Rekans, sewaktu saya dan teman2 saya ingin menjenguk pun tidak kalah biadab nya para petugas2 tersebut. Dari pintu depan kita lapor dan KTP kita ditaro, mereka minta uang administrasi Rp 5.000, trs pindah loket utk taro HP karna disana kita ga blh bwh hp, kita byr lagi Rp 5.000, msk pintu utk pemeriksaan badan pengunjung byr lg Rp 5.000. Sampai lah kita pada pintu terakhir dimana kita bisa bertemu dengan teman saya tersebut. Saya dan teman2 saya msk ke sebuah ruangan. Tapi sebelum kami bertemu dengan teman2 kami tersebut, kami hrs membayar Rp 10.000 unt uk ongkos panggil teman saya yg di sel. 10 menit berlalu tapi teman kami tdk kunjung datang. Petugas gadungan itu dtg lagi dan memberitahu kami bahwa teman kami tdk ada di sel. Petugas itu menawarkan jasanya kembali, dia akan mencari teman2 kami bila kami membayar lagi Rp 10.000. Akhirnya dengan perasaan kesal, kami ksh lagi uang tersebut. Sumpah!!! keadaan di ruangan tersebut bnr2 mengerikan. Kotor, sumpek, bau. Ternyata itulah ruangan pertemuan antara napi dan penjenguk. Disana semua napi dan penjenguk bisa leluasa melakukan adegan2 sronok. Ciuman bibir, pegang2 alat2 vital, mereka smua tdk malu utk melakukan hal tersebut. Mungkin smua itu bentuk pelampiasan rasa rindu antara si napi dan si penjenguk. Yang lebih parahnya lagi, bagi para napi yg menerima tamu, mereka diwajibkan membayar uang Rp 50.000 ke petugas. Jadi setelah selesai bertemu dengan teman saya tersebut mereka kami beri uang Rp 100.000 utk mereka msk lagi kedalam. Kalau mereka tdk membayar, mereka akan dipukuli. Sungguh biadab nya negara kita ini!!!

Perlu diketahui juga didepan pintu masuk tertulis " TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN". Tapi apa kenyataan nya???