Jumat, 24 Oktober 2008

Selamatkan Hutan Indonesia

Sekelompok orang pecinta lingkungan hidup yang tergabung dalam Greenpeace Indonesia belum lama ini tengah giat mencari dukungan untuk petisi mereka dalam rangka menolak rencana ekspansi perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Kampanye ini dilakukan dalam rangka penyelamatan hutan Indonesia yang semakin lama semakin rusak karena adanya pembalakan liar ataupun kebakaran hutan yang selama ini terjadi.

Petisi yang nantinya akan diserahkan kepada Presiden diharapkan dapat mendesak pemerintah untuk segera menetapkan moratorium deforestasi. Petisi yang mereka buat berisi tentang penolakan terhadap rencana pembukaan lahan gambut untuk perluasan perkebunan kelapa sawit serta segala bentuk konversi hutan lainnya di wilayah Indonesia. Menurut data yang diperoleh dari FAO pada tahun 2006 hutan Indonesia berkurang sekitar 1,8 hektar tiap tahunnya. Kerusakan hutan di Indonesia tersebut menempatkan Indonesia di posisi ketiga Negara pengemisi gas rumah kaca terbesar di dunia.

Dengan angka kerusakan hutan yang sedemikian besar, tidaklah mengherankan jika terjadi perubahan pola iklim di Indonesia. Jika hal ini terus dibiarkan maka kerusakan ozon yang ditimbulkan dari adanya emisi gas rumah kaca akan semakin bertambah parah dan berakhir pada semakin meluasnya pemanasan global yang kini telah menjadi momok menakutkan bagi dunia.

Kampanye yang dilakukan serentak di beberapa kota besar di Indonesia ini diharapkan dapat menggalang sebanyak mungkin dukungan bagi petisi yang mereka buat. Penggalangan dukungan ini dilakukan dengan mengumpulkan sebanyak mungkin tanda tangan dan foto orang-orang yang memang peduli akan lingkungan hidup. Selain melalui foto dan tandatangan, orang-orang pecinta lingkungan hidup juga dapat memberikan dukungannya melalui petisi online yang dapat dilihat di www.greenpeace.or.id

Hingga saat ini tercatat jika Indonesia telah kehilangan tiga perempat luas kawasan hutan alamnya (sekitar 72%) dan dari jumlah tersebut 40% telah hilang sama sekali. Oleh karena itu, sebelum hutan Indonesia benar-benar hilang, mari selamatkan hutan Indonesia mulai dari sekarang. Tiap dukungan yang diberikan akan sangat berpengaruh. Jadi berikan dukungan kamu sekarang juga…!! Bergabunglah dengan kami sebagai Pembela Hutan Indonesia (Forest Defenders Indonesia) demi penyelamatan hutan Indonesia. Stop penghancuran hutan, stop penghancuran iklim sekarang juga..!!

0 komentar:

Posting Komentar