Jumat, 11 Desember 2009

PRT & pemulung

1 peristiwa yang jadi kenangan terakhir gue sebelum meninggalkan semarang setelah lulus adalah pada saat proses pindahan. setelah nyelesein kuliah gue di semarang selama 4 tahun, gue harus balik ke depok dengan barang2 di kost yang ternyata banyak banget. dibanding temen2 cewek gue yang lain, padahal gue termasuk yang barang2nya paling sedikit di kost. baju2 gue 1 lemari aja ga penuh karena gue emang ga terlalu suka belanja. buku2 kuliah juga ga banyak karena gue lebih sering fotokopi. hehehe. tapi pas pindahan kemaren gue baru sadar kalo ternyata barang2 gue banyak banget. jauh lebih banyak dari bayangan gue.

proses pindahan gue kemaren bener2 ribet banget. selain karena barang2 yang banyak, waktu untuk beresin barang2nya juga mepet banget. setelah wisuda gue emang mutusin untuk pindah ke jogja sementara selagi nunggu legalisiran ijazah hgue selesai. kurang lebih gue tinggal di jogja selama 3 minggu, dan selama itu juga kost gue di semarang terlantar. barang2 gue masih utuh di tempatnya. bukannya gue pack-in dulu sebelum pergi tapi malah gue tinggal gitu aja. begitu masa nomaden gue di jogja selesai baru deh gue kelimpungan ngeberesin barang2 di kost.

kardus2 barang gue yang udah 4 tahun ada di kost juga entah pada kemana, cuma kardus TV aja yang masih utuh. otomatis gue harus nyari kardus baru buat ngepakin barang2 gue. biar ga repot2 nyari kardus di semarang (ga tau sih sebenernya harus nyari kardus dimana kalo di semarang) akhirnya hari terakhir di jogja gue pake untuk cari kardus. pikiran gue kardusnya bisa dilipet kecil jadi bawanya gampang n ga mencolok perhatian orang. ternyata pas gue nyari kardus di daerah pingit (kata dani nih, kalo salah ya maaf) kardus yang di dapet malah segede2 gaban n ga bisa di lipet kecil juga. alhasil gue harus bawa2 kardus itu naek motor ma dani. beneran udah kayak pemulung. jadi kepikiran aja, gimana caranya gue bawa kardus2 ini ke semarang tanpa harus dikira pemulung beneran.

berbekal urat malu yang ditebel2in akhirnya gue balik ke semarang dengan ditemenin dani (sebagai tenaga bantu untuk beresin kost gue) bawa kardus2 itu. biasanya kita naik motornya dani ke semarang, tapi kali ini berhubung bawaan dari jogja juga banyak akhirnya kita putuskan untuk naik bis aja. cukup banyak orang2 di jalan yang ngeliatin kita bawa2 kardus segede dan sebanyak itu. dan pas kita lagi nunggu bis trans jogja di shelter-nya, tiba2 dani nyeletuk "muka lo kucel amat cha, dah kayak babu!!". gue yang dari awal udah berusaha nahan malu gara2 bawa kardus terpaksa harus nahan gondok juga waktu dani ngomong kayak gitu. biar ga tambah gondok akhirnya gue bales ngomong ke dani, "lah elo dah kayak pemulung bawa2 kardus kayak gitu, udah deh sama2 sebasib ga usah saling menghina".

sepanjang perjalanan, mulai dari jalan kaki dari kost dani ke shelter trans jogja yang ada di depan kopma UGM, perjalanan naik trans jogja ke jombor yang harus transit dulu di shelter condongcatur, sampe akhirnya nyampe di terminal jombor banyak banget orang2 yang ngeliatin. bahkan petugas trans jogja yang kita naikin sempet nanya2 sama kita buat apaan bawa kardus sebanyak itu. yah walaupun udah kita jawab sejujurnya kalo kardus2 itu emang buat pindahan kost di semarang, tapi kayaknya mbak2 itu tetep ga percaya. mungkin muka intelek gue tersamarkan oleh muka babu akibat kucelnya muka gue yang dani bilang itu. nasib2..

untung pas perjalanan menuju semarang, kita bisa naro kardus2 itu di bagasi bis, jadi kita ga terlalu keliatan mencolok lagi di depan orang2 itu. tapi begitu turun dari bis sesampainya di semarang, kita kembali lagi jadi babu dan pemulung yang dah kayak mau pulang kampung. secara kita juga jalan lumayan jauh. kita turun di air mancur undip jalan pahlawan dan harus jalan ke kost gue di erlangga. karena udah deket dan emang tenaga udah lumayan terkuras, makanya gue n dani cuek aja. masih sambil becandaan ngatain babu dan pemulung kita cuek jalan ngelewatin area kampus dengan bawaan yang ga karuan itu. syukurlah perjalanan panjang itu akhirnya selesai. 1 hari perjalanan panjang tapi ditutup dengan menyenangkan.

kita yang nyampe di semarang sekitar jam 3 sore langsung buru2 beres2 barang di kost gue untuk nguber waktu (karena malemnya kita berencana langsung pulang ke depok juga). semua barang2 gue di kost akhirnya beres sekitar jam 7 malem. total barang2 gue ada 7 kardus besar (berisi TV, dispenser, kipas angin, buku2,dll), plus 2 koper besar pakaian, 1 tas ransel, 1 galon aqua, dan 1 helm. berhubung udah malem juga akhirnya kita pake 2 taksi untuk ngangkut semua barang2 itu ke stasiun tawang untuk dikirim ke rumah gue pake jasa angkut kereta.

hari itu kita emang kayaknya lagi sial. udah dikira pemulung sama orang2. pas malemnya kita ternyata keabisan tiket kereta. secara emang lagi long weekend karena libur Idul Adha. barang2 udah ke angkut tapi orangnya malah ga ke angkut. dengan bodohnya, petugas jasa angkut barang2 yang kita pake (KI 8) menyarankan supaya kita ikut naik kreta bareng sama barang2 yang kita kirim tadi. yang bener aja. emang kita kulkas apa..?? sekate2 tu orang. dengan pasrah akhirnya kita ngegembel di depan stasiun sambil menunggu mukjizat datang. bukannya dapet mukjizat tapi yang ada malah dosen penguji gue (Pak Maringan) yang dateng. berhubung gue udah terlanjur ngeliat beliau (tapinya mau pura2 ga liat aja gitu..hehehe..) terpaksa gue nyapa juga. malem itu ternyata beliau juga keabisan tiket untuk ke Surabaya.

setelah lumayan lama ngegembel di depan stasiun, kita yang emang udah ga punya arah tujuan dan tempat tinggal beraniin nanya ke bagian informasi kalo2 masih ada tiket kereta yang berangkat malem itu yang masih nyisa. dan beruntung, ternyata masih ada tiket kereta bangunkarta dari Kediri yang nyisa. tanpa pikir panjang kita akhirnya beli tiket itu sebelom keduluan yang lain (secara banyak orang di stasiun malem itu yang keabisan tiket juga). begitu naik kereta, kita yang seharian emang udah kecapean banget langsung aja tidur dah kayak orang mati. capek emang, tapi menyenangkan kok, karena gue bisa dapet 1 lagi cerita untuk dikenang. hehehe..