Sabtu, 21 Agustus 2010

sahabat tak berguna

barusan gue buka fb dan ngeliat di home gue ada note dari salah seorang sahabat gue sejak SMP, Dewi Fatima. note itu cukup singkat, hanya berisi beberapa kalimat yang mengungkapkan betapa bangganya ia pada sosok sang ayah yang dipanggilnya dengan sebutan abi. kira2 beginilah isi note yang diberi judul MINGGU 15 AGUSTUS 2010 itu..

“abi,baru satu minggu wi seneng ngeliat semangat abi bgelora,membuncah,memaparkan semua planning kdepan untuk keluarga kita
Baru hari jumat kemarin abi jemput wiwi dan sesampainya drumah mijit bahu dan mengusap punggung wiwi sambil berkata''kk ini mutiara abi,tulang punggung abi,kesayangan abi''sembari mencium bahu wiwi.
Dan jumat lalu juga baru wiwi ngerasa BANGGA banget dan beruntung memiliki seorang abi,,hilang smw keluh kesah kesan buruk abi krn smangat abi jumat lalu,,
Hari minggu abi antar wi utk kembali kehotel sambil bercanda ttg mobil spanjang perjalanan(sprti canda yg lainnya saat dbonceng abi) dan saat pamit wi bilang..Abi doain wiwi terus y biar wiwi sukses n lulus PPS,dan abi jawab,Insya Allah,selalu abi doain bwt kk,,15 agustus abi telah menjadi abi terbaik sedunia,kebanggaan wiwi,,

awalnya gue kira itu cuma sebuah note biasa tentang rasa bangga seorang anak terhadap ayahnya. tapi pikiran gue berubah saat liat wall fb sahabat gue ini. entah kenapa banyak ucapan belasungkawa dari teman2nya. ada apa ini..?? gue semakin ga ngerti. begitu banyak orang yang mengucapkan rasa duka cita untuk ayahnya. gue sama sekali ga langsung berpikir kalo abi memang sudah meninggal dunia. sebagai seorang sahabat, pasti dia akan ngabarin gue kalo berita itu memang benar. sama seperti waktu dia mengabarkan berita meninggalnya adik tercintanya beberapa tahun lalu.

selama beberapa menit otak gue berusaha menangkap semuanya, hubungan antara note yang dia buat beberapa waktu lalu dengan semua ucapan belasungkawa yang ada di wall-nya. dan setelah beberapa menit itulah akhirnya gue tersadar jika sahabat gue ini memang baru saja kehilangan ayahanda tercintanya. kenyataan yang baru gue sadari dan itu bikin gue nyesal. hampir setiap hari gue buka fb tapi gue jarang banget ngeliatin fb sahabat2 gue. gue sama sekali ga peka sama orang2 di sekitar gue. ga peka kalo ada seorang sahabat gue yang baru mengalami kehilangan besar. seandainya gue lebih peka, gue akan bisa ada disana menghibur dia dan keluarganya yang udah gue anggep kayak keluarga sendiri.

gue sangat maklum kalo dia ga sempet ngasih tau gue, karena dia pasti sibuk ngurus segala macam prosesi pemakaman ayahnya. ada banyak hal yang lebih penting yang harus dia kerjakan untuk memberikan penghormatan terakhir untuk ayahnya dibanding harus mengabarkan berita duka itu kepada teman2nya. seharusnya teman2nya lah yang lebih peka. gue sangat menyesali kenapa gue ga bisa ada disamping dia menghadapi masa2 sulitnya sekarang. selama ini dia menganggap gue sebagai sahabat, tapi justru gue sendiri yang ga bisa menunjukkan eksistensi gue sebagai seorang sahabat buat dia. maaf..!!

sabtu kemaren (14 Agustus 2010) sebenernya gue punya kesempatan untuk bisa maen kerumah dewi. sehari sebelumnya dia SMS gue dan ngundang gue untuk main ke rumahnya. kesempatan langka yang gue sia2kan begitu saja. sabtu kemaren gue memang udah ada janji mau buka puasa bareng sama temen2 gue (anak2 caur). gue ga ada pikiran untuk dateng maen sebentar ke rumahnya sebelum gue dateng ke acara buka puasa itu. gue nanya dia sampe kapan di depok (saat ini dia lagi dalam masa pendidikan program PPS BRI di Grogol dan ga bisa tiap minggu pulang). dia bales dan bilang kalo hari minggunya dia udah balik lagi ke tempat karantinanya. dan gue akhirnya bilang kalo gue ga bisa kerumahnya.

seandainya sabtu kemaren gue menyempatkan diri untuk sekedar berkunjung kerumahnya walau hanya beberapa menit/jam aja, gue akan bisa (paling tidak) ketemu sama Abi untuk yang terakhir kalinya dan bisa ngobrol sama beliau. dan kesempatan itu sekarang udah ga ada lagi. gue udah ga akan bisa ketemu Abi lagi kalo gue maen kerumah dewi. hal ini yang bikin gue semakin nyesek atas ketidakpekaan gue.

ga ada gunanya gue nangis sekarang. gue tetep ga akan bisa liat wajah Abi untuk terakhir kalinya. ga bisa dateng ke pemakaman beliau. ga bisa ada disamping sahabat gue saat dia berusaha tegar menyaksikan jasad ayahnya terbujur di hadapannya. gue cuma bisa kirim doa buat Abi sekarang. dan berharap sahabat gue benar2 bisa mengikhlaskan kepergian ayahnya.

dan untuk temen gue, sekali lagi gue ucapkan turut berduka cita atas meninggalnya Abi. gue tau ini cobaan yang berat untuk lo sekeluarga, tapi lo harus ikhlas karena ini memang jalan yang terbaik buat Abi dan kalian sekeluarga. Abi emang udah ga ada sekarang, tapi sesungguhnya semangat Abi akan selalu ada dalam keluarga dan diri lo. Abi akan tetap hidup di hati lo. bagaimanapun juga, darah dan daging yang ada di dalam tubuh lo adalah bagian dari Abi yang akan tetap hidup sama lo.

jangan sedih terus ya Wi, karena Abi juga pasti bakal sedih kalo liat lo sedih terus. lo harus jadi penguat untuk Umi dan adik2 lo. sekarang lo yang gantiin posisi Abi di keluarga, jadi lo harus tunjukkin kalo lo kuat. inget semua pesan terakhir Abi, lo adalah tulang punggung dan kebanggaan beliau. tunjukkan kalo lo memang bisa selamanya seperti itu sebelum ataupun setelah Abi ga ada. jangan bikin Abi kecewa, bikin Abi tersenyum disana.

0 komentar:

Posting Komentar