Rabu, 08 Desember 2010

randoseru

buat yang sering nonton kartun/film2 jepang pasti tau tentang ransel yang sering dipake sama anak2 SD di jepang sana. bentuknya kotak dengan bahan (tampaknya) kulit mengkilap. untuk anak ceweknya biasanya pake warna merah, sedangkan anak2 cowoknya pake warna hitam, tapi sekarang kayaknya aturan itu udah ga berlaku lagi karena udah banyak perusahaan pembuat randoseru yang ngeluarin warna2 lain juga. sebelom ngomongin randoseru ini lebih jauh, kayaknya kita perlu tau juga sejarah randoseru ini. tulisan tentang sejarah randoseru ini gue ambil dari beberapa situs yang udah lebih dulu ngebahas soal tas ini, jadi kalo ada kesalahan mohon maaf, secara gue juga gatau gitu sejarahnya. hehehe.

sejarah randoseru sudah 100 tahun lebih, dimulai dari Bakumatsu (akhir jaman Edo/Tokugawa sekitar 1860-an) dengan dimulainya pemakaian tas punggung ala barat “Senou” oleh serdadu Jepang. pada tahun 1885, sekolah Gakushuin (berdiri tahun 1877) melarang murid2 diantar dengan becak/mobil ke sekolah dan mewajibkan murid2 memakai “Senou” untuk  membawa peralatan sekolahnya.

Karena dalam bahasa belanda “Senou” ini disebut dengan Ransel, maka Jepang mengadaptasi nama ini dan menjadi terkenal dengan nama “RANDOSERU”. tapi bentuk yang dulu lebih menyerupai Rugsack daripada bentuk kotak masif seperti sekarang. Baru tahun 1887 bentuk itu muncul akibat pesanan khusus Perdana menteri Ito Hirobumi untuk hadiah masuk SD Kaisar Jepang ke-123, Kaisar Taishou (1879-1926).

Meskipun demikian, ransel masih merupakan barang mewah untuk anak2 kota saja. anak2 di pedesaan masih memakai Furoshiki (kain segi empat seperti syal) untuk membawa peralatan tulis mereka. baru tahun 1955, randoseru dipake di seluruh negeri, dan merupakan barang mutlak untuk murid SD.

masuk SD berarti keluar dari keluarga dan masuk dalam masyarakat baru, dan dianggap sebagai satu langkah besar dalam keluarga. persiapan membeli ransel, alat tulis, setelan jas, meja belajar merupakan kesibukan satu keluarga besar. kakek dan nenek memberikan angpao dalam jumlah besar untuk membeli ransel dan semua saudara biasanya juga memberikan selamat (+angpao) Nyuugaku Iwai.

3227916822_9859803b3e_o (beginilah bentuk si randoseru)

kalo diliat dari gambar yang gue comot dari salah 1 site, bisa diliat kalo harga tas randoseru ini adalah 57.750 yen, yang kalo dalam kurs rupiah berarti sekitar Rp6.200.000,- (dengan perhitungan Rp10.750,- untuk setiap JPY 100,-). emang ga semua randoseru semahal itu sih. ada beberapa merek yang murah juga, kayak mereknya Nitori yang cuma berkisar JPY 9.000 aja, itupun barangnya indent. ada juga yang lebih mahal, kayak randoseru yang dikeluarin sama Benetton atau Pokemon yang bisa sampe menembus harga USD 850. yah kalo mau lebih murah sih bisa cari randoseru yang second di pasar loaknya jepang (gue ga tau namanya apa tu pasar..) dengan kondisi yang masih bagus dengan harga cuma 1/10 aja dari harga barunya.

tapi kalo dipikir2 mau beli yang second juga tetep aja mahal. kalo harga barunya aja 6 jutaan berarti 1/10-nya aja masih sekitar 600 ribu. kemaren gue juga sempet liat di ebay ada randoseru yang dijual denga  harga USD 45, belom termasuk ongkos kirim sebesar USD 20. harga yang mahal buat sebuah tas second. gue yang tadinya pengen punya malah jadi jiper gara2 liat harganya itu. pertanyaannya adalah kenapa randoseru bisa mahal..?? yang gue tau harga mahal ini emang karena kualitasnya yang bagus juga. jadi kalo kita beli randoseru ini, kita bakal dikasih garansi selama 6 tahun (untuk pembelian randoseru baru). yah..6 tahun karena tas ini di klaim bisa tahan dipake selama 6 tahun dalam segala cuaca.

selain itu, tas ini juga memang di desain untuk nyaman dipakai (terutama untuk anak2 SD) karena mereka harus bawa barang banyak di dalamnya. konon tas ini juga di desain untuk membantu perkembangan tulang punggung & tulang belakang si anak selama 6 tahun memakainya. canggih kan..!! belom lagi ada merek2 tertentu yang menambahkan fasilitas tambahan di dalam tas ini. gue sempet baca di salah 1 blog (kebetulan orang indonesia yang tinggal di jepang) yang menyebutkan kalo ada randoseru yang dilengkapi dengan alarm dan pengaman lainnya. ada juga randoseru yang di desain untuk melindungi si anak dari kecelakaan lalu lintas. gue juga ga ngerti maksudnya gimana. masa kalo ketabrak mobil di jalan trus gara2 pake randoseru itu anak jadi ga kenapa2..??

yah..setelah tau ternyata randoseru itu mahal banget mungkin untuk sekarang gue cuma bisa masukin ransel lucu itu ke dalem wishing list barang2 yang gue pengen dulu. hiks2.. ya semoga suatu saat gue bisa punya 1 deh. amin..!!

6 komentar:

Tas Distro mengatakan...

Buat yang bingung nyari tas randoseru. Di kita ada loh... hargnya murah lagi. cuma 150.000.

Maaf ya sist. numpang promo hehehe. thx

Anonim mengatakan...

masih jual ndak sis???

please reply to my email
permatavita@chemist.com

tks

Acha Satmoko mengatakan...

waduh saya ga jualan..saya cuma nulis soal randoseru aja..

Aviana Mardhiyyah mengatakan...

aku saja beli yang palsu tetap ingin yang asli...

Aviana Mardhiyyah mengatakan...

Habis iri sama teman ibuku,anaknya dibelikan asli dari sananya..padahal anaknya 2...

Arden Danang mengatakan...

kmrn ke jepang akhirnya dapat juga, pas lg diskon midnight dari ¥25000 diskon jd cuma ¥5000..... wah beruntung banget....

Posting Komentar