Selasa, 23 Maret 2010

face detection

seminggu sebelum gue ma temen2 (sinung, dani, mbak endang) pergi ke goa cerme, gue sama dani pergi berdua aja ke imogiri. pemakaman raja. ga ada yang terlalu menarik disana selain arsitektur bangunannya yang bagus dan ratusan anak tangga yang bikin betis gue sakit selama 3 hari. kita kesana karena emang hari itu (13 Maret 2010) kita ga ada kerjaan sama sekali, makanya dani ngajak gue kesana untuk foto2.

seperti biasa kita kalo foto2 suka ga inget tempat. walaupun itu area pemakaman, tapi karena emang tempatnya yang keren banget, bikin kita ngerasa ga lagi ada di areal pemakaman. kita ga sempet masuk dan ngeliat2 semua area disana. kita cuma foto2 di area sebelah kanan (dari arah tangga) dari gerbang utama makam.

awalnya ga ada yang aneh pas kita foto2 sampe kita akhirnya menyadari 1 hal. ada yang aneh sama kamera yang kita bawa. face detection kamera gue gerak2 sendiri. awalnya gue ga terlalu ngeh sampe kejadian itu keulang beberapa kali. waktu gue mau motret dani di salah 1 pintu makam yang terkunci, untuk kesekian kalinya face detection kamera gue itu gerak2 sendiri ke tempat2 yang ga ada orangnya. dani yang ada di frame malah sama sekali ga ke detect mukanya.

face detection itu awalnya emang gerak2 sebelum dani masuk frame, tapi logikanya begitu ada orang yang masuk frame seharusnya secara otomatis face detection itu akan langsung ngedetect ke arah muka orang itu kan?? tapi ini lain. face detectionnya tetep gerak2 sendiri dengan kecepatan yang beda dari biasanya dan di tempat2 yang emang jelas2 ga ada orangnya. awalnya dia ngedetect "sesuatu" di samping dani (dan bukan ke mukanya dani), abis itu dia langsung pindah ke atas frame (bagian langit2 pintu makam), gerak
lagi ke arah bawah pohon kelapa, ke deket dani lagi, sampe akhirnya dia berhenti di depan lensa (karena gambar face detect-nya gede dan posisinya tepat di tengah2 frame) selama beberapa detik, sebelum akhirnya dia baru ngedetect mukanya dani.


awalnya gue kira itu karena gerakan tangan gue yang ga stabil pegang kamera, tapi waktu itu kamera posisinya ada di tripod dan ga gerak sama sekali. gue pikir cuma gue yang ngalamin kayak gitu, tapi begitu pulang ternyata dani ceritain hal yang sama kayak yang gue alamin tadi. langsung pada parno deh kita berdua. sampe kost dani, kita langsung aja liat hasil foto yang tadi kita ambil disana, kali aja gitu ada sesuatu yang emang masuk frame juga selain kita. tapi setelah di cek untungnya semua fotonya normal n ga ada sedikitpun yang aneh.

agak horor juga sih kejadian kemaren, tapi cukup lega sih setelah tau ga ada kejadian buruk yang nimpa kita setelah itu. mungkin saat itu kita emang di ingatkan sama penghuni makam kalo jangan terlalu lebay pas foto2 di area makam. atau mungkin mereka emang pengen di foto juga kali ya..??


0 komentar:

Posting Komentar