Kamis, 21 Februari 2013

My Sunflower Update

Udah kira2 1,5 bulan sejak gue mulai nanem bibit bunga matahari yang dibeliin sama pacar di ace hardware beberapa waktu lalu. Ternyata 1 sachet bibit itu beda2 jenis karena begitu numbuh pohonnya ga tampak seragam. Ada yang daunnya besar2 tapi ada yang daunnya kecil. Ada yang batang bawahnya berwarna kecoklatan ada yang berwarna hijau.

Dari 1 sachet itu, cuma setengahnya yang gue tanam. Setengahnya lagi gue kasih ke pacar dengan harapan bisa ditanam di halaman rumahnya juga. Kan seneng kalo pas lagi main kerumahnya disambut sama bunga matahari yang mekar di halaman. Tapi karena halaman rumahnya lagi rimbun jadi ya belum sempat ditanam. Dirumah gue sendiri yang (masih) bisa bertahan hidup sampai sekarang ada 11 pohon. 4 Pohon di tanam di pot yang gue taro di loteng rumah, sisanya ditanam di sepetak tanah kecil di depan rumah.

Dari 11 pohon itu ada 2 pohon (yang di dalam pot) yang sudah mekar bunganya. Selebihnya baru muncul kuncup kecil bakal bunganya. Bahkan ada 2 pohon yang berdaun besar, dan tingginya udah sepinggang gue, yang sampai saat ini belum juga memunculkan kuncup bunganya. Semoga aja 2 pohon itu yang jenis bunganya besar.

2 pohon yang sudah mekar pagi ini juga dari jenis yang beda. Gue juga ga tau jenisnya apa. Mungkin kalo ada yang tau bisa kasih tau gue?? Inilah penampakannya, 2 pohon sunflower gue yang baru aja mekar dengan cantiknya pagi ini.

(yang kanan belum mekar sempurna)

(lebih tinggi pohon yang sebelah kanan)

Walau yang mekar baru 2 pohon, tapi gue udah seneng banget. Tinggal nunggu 9 pohon lainnya mekar. Setelah ini gue pengen nanem sayuran deh kayaknya. Paprika atau cherry tomatoes gitu. Jadi nanti kalo pengen masak bisa ambil dari pot sendiri. Kalo gitu weekend ini agendanya ajak pacar ke ace hardware lagi tampaknya untuk berburu bibit tanaman yang lain. Hohoho.

2 komentar:

Rizqi Fitriana mengatakan...

mba boleh tanya, setegahnya mba tanam di pot keramik yg disediakan ace hardware semua atau di tanam di pot terpisah? kemudian untuk pot yang loteng rumah itu kondisi tanahnya gimana? perlu pupuk? kemudian menyiramnya berapa kali.
Mohon di jawab. Terimakasih ^^

Acha Satmoko mengatakan...

untuk sunflower sebaiknya setelah benihnya tumbuh tunas langsung dipisah per pot 1 tunas biar pertumbuhannya sempurna. potnya juga tergantung jenis sunflowernya apa, semakin besar jenisnya ya potnya harus semakin besar juga. kalo untuk yg giant sih jangan tanam di pot karena ga ada tumbuh sempurna, dia harus di tanah.

untuk media sih saya cuma pake media tanam aja ga pake campuran tanah sama sekali kalo buat yang di genteng, pupuk juga pake pupuk kandang aja. siramnya pagi sore kayak siram tanaman aja.

Posting Komentar