Minggu, 24 Februari 2013

(Calon) Reseller Rese

Lagi panas hati nih sama salah satu calon reseller. Jadi gini ceritanya, beberapa hari lalu ada yang PM gue dan bilang minat untuk jadi reseller produk dagangan gue. Senenglah gue. Awalnya dia nanya2 soal spesifikasi produk yang gue jual, yang padahal udah gue tuliskan dengan jelas di display produk gue. Oke gue pikir karena mungkin infonya kurang jelas buat yang bersangkutan, jadinya gue berbaik hati menjawab semua pertanyaannya.

Sebelum ini udah ada beberapa orang yang jadi reseller gue dan sampai sekarang mereka biasanya cuma tanya soal ketersediaan barang aja, dan benar2 melakukan transaksi setelahnya. Beda sama si calon reseller ini yang ribetnya setengah mati, padahal belum pernah transaksi sekalipun sama gue. Kemaren2 sih gue masih bisa sabar nanggepinnya walau dengan sedikit gondok, tapi sekarang kesabaran gue udah abis.

Puncaknya saat orang ini tiba2 PM gue beberapa hari lalu. Awalnya nanya yang masih ada hubungannya sama produk walau pertanyaannya ga penting dan sebenarnya sudah terjawab di info display produk gue. Pertanyaan itu sudah gue jawab dan dia menanyakan hal lain yang bener2 bikin gue ilfil dan geram. Gimana ga, dia nanya gue ambil barang dari mana?? Hellow, situ tau ga etika berdagang?? Itu rahasia dagang masing2 seller dan anda sama sekali ga berhak untuk ikut campur dan tau hal itu.

Dia kasih alasan ada customer yang interest sama produk gue tapi mau nanya2 dulu soal asal muasal tu barang. Hey, i'm not that stupid!! Udah puluhan orang yang beli produk itu langsung sama gue, tapi ga pernah tu ada orang yang nanya tu barang dari mana asalnya. Beli ya beli aja. Apa urusannya sama tu barang mau dari mana asalnya kan?? Kalo emang anda mau tau asal tu barang kenapa ga pake cara yang lebih pintar sih?? Anda kan bisa order barang itu buat anda sendiri. Toh di kemasannya ada kok merek dan nama perusahaan asalnya, gue juga ga pernah iseng keletekin semua info itu kok. Jadi kalo emang alasannya karena pertanyaan customer, gue rasa itu alasan yang sangat sangat bodoh.

Satu2nya alasan yang paling mungkin dan masuk akal adalah dia pengen tracking barang2 dagangan gue langsung dari sumbernya dengan harapan bisa dapet harga yang lebih murah dari yang gue tawarkan. Gue bisa nebak gitu karena dari awal dia ga pernah sekalipun tanya2 harga reseller atau minta potongan harga dari harga display gue, sedangkan reseller2 gue lainnya biasanya minta harga lebih murah dan memang gue berikan kalo memang mereka ambil dalam jumlah besar (kecuali dropship). Kalo emang dia keberatan dengan harga yang gue tawarkan, dia bisa kan googling sendiri dengan kata pencarian yang berhubungan sama produk tersebut, toh bukan gue satu2nya orang yang jualan produk itu. Carilah supplier lain yang bisa kasih harga lebih murah, bukan dengan cara ga etis kayak gini. Bahkan orangtua dan saudara2 gue pun sampe sekarang ga pernah menanyakan masalah sensitif itu ke gue, lha anda siapa kok berani2nya tanya kayak gitu??

Dengan adanya pertanyaan kayak gitu, gue anggep dia emang ga ada itikad baik buat benar2 berbisnis dengan gue, jadi sekalipun nanti dia beneran mau ambil produk dari gue, sori gue udah sangat males meladeni anda. Silahkan cari supplier lainnya. Gue ga rugi kok ga dapet reseller kayak anda. Pesen gue sih, sama2 cari makan dari bisnis ini jangan saling ganggu urusan orang lah!! Semua seller juga pasti bakal marah kalo rahasia dagangnya dikepoin orang lain. Jangan sampe sikap anda nantinya merugikan diri anda sendiri.

2 komentar:

walidin mengatakan...

Wahhh.. rese juga tuh ya bos..
kalau ketemu orang kaya gitu mah mendingan ga usah di respon, pokoknya di mau sms, telp, bbm kaya gitu ga usah di respon. semakin di respon semakin rese. kalau ga di respon sama sekali nanti dia juga diem sendiri, bos.

Acha Satmoko mengatakan...

yup sekarang saya udah ga mau ada urusan sama ybs..males..

Posting Komentar