Kamis, 09 Februari 2012

Nostalgila Masa Kuliah Nyokap

Siang ini gue berkesempatan ikut nyokap ketemu sama beberapa temen kuliahnya dulu. Awalnya nyokap cuma ada perlu sama om hole aja, tapi akhirnya mereka berhasil 'nyulik' om maman yang kebetulan sekantor sama om hole di daerah monas (hayo tebak mereka kerja dimana?? Hehe) untuk makan siang bareng. Gue pikir bakalan boring banget terjebak diantara para angkatan tua itu, tapi ternyata ga gue sangka kalo mereka super duper gokil nyaingin anak2 caur. Banyak cerita2 gila jaman mereka kuliah dulu yang bikin gue melongo dengernya.

Sebelum om maman gabung, di mobil mengalir cerita dari om hole. Mulai dari saling tuker kabar soal temen2 kuliah mereka dulu sampe soal percintaan yang off the record. Oia, pas kuliah dulu nyokap selalu bareng2 sama 5 temennya yang lain, yaitu om hole, om maman, om basori, om dani dan mbak wiwik si orang termuda di kelompok gila itu yang pastinya juga sering jadi bahan bulan2an tetua2 yang lain. Cerita dimulai dari nostalgia soal 1 dosen yang benci banget kalo nyokap gue duduk berdua sama om hole pas mata kuliah dosen tersebut. Usut punya usut ternyata si dosen yang konon udah renta itu diperkirakan naksir sama nyokap gue. Hampir seluruh kelas tau kalo sikap si dosen itu ke nyokap gue emang paling baik padahal si dosen itu termasuk dosen paling killer di kampus mereka. Jadilah kelompok nyokap selalu bebas ngumpulin tugas dengan waktu ngaret2 dikit karena tu dosen ga bakalan marah sama nyokap. Hehehe.

Pas om maman gabung, cerita yang keluar semakin gokil. Gue baru tau kalo dulu nyokap n the gank punya tempat2 khusus yang agak kurang normal untuk ngerjain tugas kuliah. Tempat yang kebanyakan orang ga bakal kepikiran kesana pas dapet tugas kuliah. Tempat itu adalah Ancol dan TMII. Di Ancol mereka sering ngerjain tugas di salah 1 resto seafood disana. Ya mungkin itu masih masuk akal, tapi TMII..?? Cuma orang2 gila aja yang bakal dateng ke anjungan daerah di TMII cuma buat ngerjain tugas kuliah. Semua anjungan daerah yang ada disana pernah jadi tempat persinggahan mereka selama 4 tahun mereka kuliah. Dan ada 1 ritual yang selalu mereka lakukan sebelum dan sesudah ngerjain tugas, yaitu mereka selalu naik kereta gantung pas sampe dan sebelum pulang. So childish..!! MKKB banget deh. Masa kecil kurang bahagia. Haha.

Dan 1 cerita paling gila yang ga pernah gue sangka kalo nyokap gue termasuk oknum yang terlibat di dalamnya adalah soal giliran bawa mobil untuk tebengan pulang. Jadi pas kuliah dulu, ada kebiasaan mereka di tiap bulan ada 1 minggu dimana mereka gantian bawa mobil dan harus rela ditebengin semua orang. Awalnya sih acara tebeng2an itu lancar2 aja tanpa ada kejadian aneh2 sampe salah 1 dari mereka punya pikiran konyol untuk bawa mobil yang ga biasa.

Suatu hari om dani yang adalah seorang polisi tiba2 ga bawa mobilnya yang biasa pas dapet giliran ditebengin. Tau ga dia bawa mobil apa..?? Dia bawa salah 1 mobil sitaan yang bentuknya bener2 bikin istighfar semua orang. Mobil yang dibawa adalah sebuah minibus yang hampir rontok tiap bagiannya, dan tanpa kursi penumpang (kursinya cuma ada di tempat supir), ga tau deh tu dikemanain kursi2nya, secara katanya pas disita emang keadaannya udah kayak gitu. Karena ga ada kursinya, om dani berinisiatif memberikan kenyamanan untuk teman2nya dengan menggelarkan semua tiker butut yang cuma disambut helaan nafas panjang sama semua orang yang 'terpaksa' nebeng saat itu. Parah banget ga sih..?? Mereka dah kayak orang mo tahlilan karena pada duduk lesehan di atas tiker, cuma kurang beseknya aja tu kayaknya. Hehehe.

Sejak kejadian mobil sitaan itu, temen2 nyokap jadi pada waspada. Sempet mereka kapok yang namanya tebeng2an sampe akhirnya mereka memulai kegiatan tebeng menebeng itu lagi. Mereka pikir ga bakal ada kejadian mobil sitaan itu lagi tapi ternyata malah ada kejadian yang lebih parah. Ga lama berselang dari kejadian mobil sitaan itu, om hole yang gantian iseng bawa mobil yang aneh bin ajaib buat tebengan temen2nya.

Kali ini lebih parah, walaupun mereka bisa duduk di kursi penumpang tapi mereka ter-expose sepanjang jalan karena mobil yang dibawa adalah mobil patroli satpol PP yang kursi penumpangnya adalah kursi panjang yang saling membelakangi dan menghadap ke jalanan. Sumpah itu adalah ide paling gila yang pernah gue denger buat ngerjain temen.

Malem itu mereka pulang kampus sekitar jam setengah 11 malem. Om basori saat itu lagi ada dinas luar kota jadi benar2 beruntung karena ga perlu ngerasain malu. Jadi waktu itu cuma ada 5 orang, yaitu nyokap gue, mbak wiwik, om hole, om maman, dan om dani. Dan tanpa disengaja kostum mereka pun mendukung banget buat bikin keadaan tambah ngenes. Mereka biasanya kuliah pada pake baju preman (bukan seragam kantor masing2), tapi malem itu om hole dan om dani kuliah masih dengan atribut kantornya, sedangkan yang lain udah pada ganti baju biasa.

(kayak gini nih mobil patroli yang gue comot dari google)

Posisi duduk di mobil patroli itu kayak gini, om hole selaku orang yang bawa mobil itu udah pasti nyetir di depan dengan seragam kantornya. Nyokap yang adalah anggota cewek paling tua dan disegani di kelompok itu berhasil duduk aman di depan samping om hole. Dan sisanya, om maman, mbak wiwik, dan om dani kebagian duduk di kursi penumpang belakang.

Kebayang ga sih kalo ada mobil satpol PP melintas malem2 dengan supir yang masih berseragam (om hole) dan ada 1 orang berseragam polisi duduk di belakang dengan seorang lelaki paruh baya dan seorang perempuan yang jauh lebih muda, pasti pikirannya sepasang manusia itu tengah dalam perjalanan menuju kantor polisi setelah 'diciduk' dari suatu tempat. Nyokap yang saat itu belum berhijab walaupun dapet tempat lumayan aman di kursi depan tetep aja nunduk terus sepanjang jalan karena malu. Haha.

Bener2 lucu banget kalo inget omongannya om maman siang tadi pas cerita ulang soal kejadian itu.

Om maman : "kamu jangan iseng ya sa, jangan kayak mamamu tu.."

Gue : "emang kenapa om..??"

Om maman : "ini orang berdua jailnya sama aja.." (sambil nunjuk om hole sama nyokap yang duduk di kursi depan)

Om maman : "dulu om pernah dikerjain sama mereka..si abang (om hole) pernah bawa mobil patroli yang bak terbuka itu buat angkut kita pulang kuliah..mamamu ga mau duduk di belakang..maunya duduk di depan sama si abang.."

(om hole sempat nyela perbincangan)

Om hole : "ya gapapalah man..kan harus ngalah sama perempuan..ya sa..??"

(gue cuma bisa ngangguk aja)

Om maman : "lah kalo ngalah sama perempuan harusnya si wiwik abang kasih duduk di depan juga sama si nenek (nyokap gue)..lah ini duduk di belakang juga dia..bener2 tega kalian.."

(nyokap & om hole mulai ketawa)

Om maman : "coba sa bayangin..kalo hampir tengah malem ada perempuan naik mobil patroli duduknya di belakang sama laki2 yang lebih tua dari dia..trus ada polisi di sebelahnya biasanya perempuan kayak apa tu..??"

Gue : "PSK om.."

Om maman : "nah itu dia..kalo si wiwik PSK-nya berarti kan om laki2 hidung belangnya..apalagi si dani ikut duduk di belakang masih pake seragam polisi..keliatan kayak orang abis berbuat mesum terus kena ciduk polisi kan jadinya.."

(nyokap & om hole ketawa ngakak, sedangkan gue masih nahan ketawa karena ga enak kalo ikutan ketawa ngakak juga)

Om maman : "mana si abang iseng nyalain sirine juga malem2..bawa mobilnya sengaja pelan2 lagi..yang di depan sih bisa ketawa2..yang di belakang harus tahan malunya diliatin orang sepanjang jalan.."

(suara ketawa di mobil semakin kenceng dan gue akhirnya ikutan ketawa juga)

Om maman : "padahal kalo dipikir kan..kalo yang di belakang itu pasangan mesumnya..yang di duduk di depan berarti germonya kan.."

(sepanjang perjalanan yang singkat dari monas ke sebuah rumah makan di bilangan Kemayoran akhirnya diisi sama ketawa/i mengenang masa kuliah mereka)

Setelah denger pengakuan dari temen2 kampus nyokap tentang semua kejadian gila yang mereka alamin pas jaman kuliah, gue jadi tau darimana asalnya sifat gila gue ini. Haha. Ternyata ga cuma gue aja yang suka melakukan sesuatu yang ajaib bareng temen2 gue, tapi nyokap (yang tampak alim) ternyata udah lebih dulu ngelakuin itu. Yah mungkin emang semua orang punya sisi gokil pas jaman kuliah kali ya. Walaupun tampak memalukan tapi kadang kejadian2 itu yang bisa bikin ketawa di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar