Sabtu, 24 Maret 2012

Ddeokbokki (Korean Spicy Rice Cakes)

Buat para Korean Lover pasti udah pada tau salah 1 makanan khas Korea selain kimchi, yang bernama Ddeokbokki ini. Makanan ini terbuat dari kue beras berbentuk panjang yang dimasak dengan racikan saus khas korea. Salah 1 cemilan yang paling digemari di Korea ini juga sering banget muncul di acara entertainment Korea, entah itu drama ataupun variety show.

Saking seringnya gue liat adegan makan ddeokbokki di acara2 itu, gue jadi penasaran gimana rasanya. Mulailah gue hunting makanan yang 1 ini. Waktu pas nyoba pertama kali di salah 1 resto Korea di sebuah mall di Jakarta, gue langsung suka. Rasanya enak banget, kenyel2 gimana gitu. Berasa makan cilok dengan saus yang lebih seger di mulut.

Gue akhirnya browsing di internet tentang resep dan cara masak ddeokbokki itu biar bisa bikin sendiri dirumah. Setelah tau resepnya, gue pun belanja bahan2 kebutuhan untuk masak makanan itu di salah 1 swalayan Korea di bilangan Jakarta Selatan, mulai dari saus pasta cabe special Korea (gochujang) dan bumbu2 lainnya juga ga lupa bahan utamanya yaitu kue beras (garetteok). Sebenernya udah ada saus ddeokbokki instan dalam kemasan yang tinggal tuang, tapi karena gue udah niat mau bikin sendiri jadi gue cuma beli bahan2 mentahnya aja.

Berbekal video dari youtube yang ngajarin cara bikin ddeokbokki, gue pun mulai ngeracik bahan2 yang udah gue beli. Walaupun rasanya ga terlalu mirip sama yang gue beli di resto Korea, tapi ga bisa dibilang gagal juga karena orang2 rumah ternyata pada suka sama ddeokbokki bikinan gue walau rasanya sedikit kepedesan karena gue terlalu banyak masukin pasta cabenya.

Kurang lebih beginilah bahan2 yang gue pake buat bikin ddeokbokki hasil berguru dari video di youtube. Untuk bumbunya, gue pake anchovy (ikan teri kali ya kalo disini??) untuk bikin soup base-nya, gochujang, cincangan bawang putih, irisan bawang bombay, daun bawang dan bumbu2 dapur lain kayak garem dan bubuk kaldu penyedap rasa Indonesia. Hehehe. Harusnya sih pake bubuk cabe korea lagi biar warna merahnya keluar, tapi berhubung rasa ddeokbokki bikinan gue udah pedes karena kebanyakan gochujang, akhirnya gue ga pake bubuk cabe lagi (daripada menci2 kan nanti).

Untuk isinya, biasanya ddeokbokki selain kue beras juga ada pasta ikan berbentuk lembaran dan telor rebus. Tapi berhubung pas gue belanja, stok fish paste-nya lagi abis, jadinya gue ganti aja pake tambahan irisan bakso dan sosis aja. Hehehe.

Gue juga nambahin potongan wortel yang gue potong kayak korek api ke dalem ddeokbokki bikinan gue. Setelah kurang lebih setengah jam di depan kompor, akhirnya ddeokbokki bikinan gue jadi. Beginilah penampakannya. Tampak enak kan??

Harusnya warnanya merah terang, tapi karena ga gue kasih bubuk cabe, warna ddeokbokki gue malah jadi agak orange. Hehe. Tapi beneran kok rasanya enak. Ternyata seru juga masak sendiri cemilan korea yang satu ini.

12 komentar:

panduXpandu mengatakan...

Uaahh.. i want one of those...

Acha Enwe mengatakan...

just make it or you can buy in korean resto..it so delicious..you will love it..

Punya.Tia mengatakan...

itu kue beras yg bentuknya lonjong beli dmn?? mauuuu..... minta infonya dong chingu..pengen buat sendiri...hehhe
Oya, chingu aktif ngeblogkan ?? Ikutan lomba blog aja, siapa tau bisa ke korea gratis. cari aja di google: Touch Korea Tour dari KTO Indonesia. Hadiahnya jalan2 ke Korea. saya juga ikutan, lumayan kan kalo menang! hehe

stylish generation

Acha Enwe mengatakan...

garreteok dan semua bahan2 lainnya aku biasanya beli di mu gung hwa..minimarket korea di sekitar darmawangsa square..disana lumayan lengkap dan termasuk murah..di lantai atasnya juga ada resto kecil kalo kamu mau coba makanan korea..

btw, makasih info lomba-nya ya.. :D

Anonim mengatakan...

Kalo boleh tau, ddeokbokki di resto korea di mana ya kalo di jakarta yang km blg? Aku males masak, jd pengen coba dulu yang di resto..selama ini cari ga ketemu2 sih.. Thanks :)

Acha Satmoko mengatakan...

kalo resto korea banyak banget di gandaria city..tapi gue sih biasanya ke ccozi & friend..
atau di perpustakaan UI yang deket danau juga ada tu resto korea dan yang punya nampaknya orang korea asli..

Anonim mengatakan...

Ditaro resepnya donk supaya isa ikut masak juga...hehhehe ^.^

Acha Satmoko mengatakan...

saya resepnya juga ga asli karena ada beberapa bahan yang dikurangi dan ditambahi..hehehehe..lebih enak sih liat cara masaknya lewat youtube..jadi sekalian tau step2-nya juga..

Anonim mengatakan...

nama swalayannya apa ya ???
jadi penasaran.....
pengen coba masak juga

Acha Satmoko mengatakan...

saya biasanya belanja di Mu Gung Hwa..
deket Darmawangsa Square Jakarta Selatan..
ada juga yang di sekitar blok S kebayoran baru juga..
disitu lumayan lengkap dan murah..

Edwin mengatakan...

emang sebener'a rasa ddeokbokki sendiri tuh kaya gmna ya ?? lebih ke manis pedes atau asin pedes ??

Acha Satmoko mengatakan...

semua ddeokbokki yang saya coba (entah beli atau hasil bikin sendiri) rasanya sih asem pedas gurih..soalnya gochujang sendiri kan rasanya juga asem pedas..

ya bayangin aja kalo makan cilok tapi sausnya lebih kental trus rasanya asem pedas gitu.. :)

Posting Komentar