Kamis, 19 Mei 2011

muak

Hari ini akhirnya gue meluapkan semua rasa muak gue ke orang yang udah bikin hidup gue serasa di neraka sejak gue nempatin rumah ini lagi. Gue udah ga bisa terus berpura2 baik di depan orang yang gue benci dan ga selayaknya dapet penghormatan apapun dari keluarga gue.

Kemarahan gue berawal dari semalem waktu gue disuruh nyokap ngintipin ke kamarnya karena ponakan gue yang pertama (3taun) yang lagi disuapin makan nangis terus. Begitu gue ngintip, gue kaget banget sama apa yang gue liat. Gue ngeliat pemandangan biadab. Dia nyuapin ponakan gue dengan cara yang sangat kasar dan sama sekali ga berperi kemanusiaan. Ga abis pikir banget gimana caranya seorang ibu tega ngelakuin hal sekejam itu sama anak kandungnya.

Ponakan gue ini dulu lahir prematur (di usia kehamilan 8 bulan karena pendarahan) dan menderita hernia sejak lahir. Ponakan gue ini emang termasuk susah makan dan agak sensitif pencernaannya. Karena itu sampe sekarang dia masih makan bubur karena belom bisa makan nasi.

Semalem, entah karena ga sabar nyuapin anaknya atau lagi marah karena sesuatu (biasanya kalo marah dia emang suka ngelampiasinnya ke orang lain), dia nyuapin ponakan gue dengan buru2 dan kasar. Sesendok (ukuran dewasa) penuh bubur tim dijejelin ke mulut ponakan gue. Beberapa detik kemudian, saat makanan di mulut ponakan gue belom juga ketelen, dia ngejejelin 1 sendok penuh bubur lagi. Ponakan gue yang saat itu masih nangis sesenggukan berusaha nelen makanan itu, tapi karena memang porsinya terlalu banyak, akhirnya ponakan gue keselek dan mau muntah. Bukannya nolong, dia malah ngejambak rambut ponakan gue dengan kasar dan tanpa belas kasian sambil nyuruh ponakan gue nelen makanan itu. Dia juga ngancam bakal nyubit ponakan gue kalo sampe makanan itu di keluar dari mulutnya.

Ponakan gue susah payah nelen semua makanan itu. Tapi tetep aja setelah ketelen dia tetep nyubit ponakan gue yang langsung teriak kesakitan dan langsung disumpel makanan lagi mulutnya. Ngeliat semuanya gue bener2 ga tahan. Ada perasaan pengen langsung masuk ke kamar itu aja biar dia ga bisa ngeles apa2 lagi soal ponakan gue yang nangis tiap disuapin. Gue tahan diri gue karena takutnya malah jadi ribut besar dan yang kena malah ponakan gue lagi, apalagi saat itu abang gue juga belom pulang.

Gue langsung balik ke ruang tamu setelah nyaksiin itu semua. Gue cerita ke nyokap apa yang udah gue liat barusan. Gue tau nyokap juga pasti kesel, tapi bisa apa?? Mau ngusir dia dari rumah pasti ponakan gue bakal dibawa dan kita ga bakal pernah tau apa yang bakal dialamin ponakan gue diluar sana. Dirumah gue yang ada pengawasan sari bonyok gue aja dia bisa ngelakuin hal kasar kayak gitu, apalagi kalo ga diawasin. Abang gue juga sempet cerita kalo dia pernah ngancam mau bunuh anak2nya waktu berantem sama abang gue. Nyokap cuma bisa bilang, semoga ponakan gue tahan sama semua penyiksaan yang mungkin bakal diterima seumur hidupnya dan bisa maafin semua perlakuan orangtuanya itu ke dia.

Gue yang udah terlanjur emosi akhirnya cuma duduk diem di ruang tamu. Nyokap tau banget kalo gue lagi kayak gitu mendingan ga usah diganggu atau gue malah bakal tambah bete. Selang 10 menit dari kejadian itu, abang gue telpon. Dari omongan yang gue denger, dia masih di kantor. Dan saat abang gue minta ngomong sama ponakan gue, si sundel itu langsung manggil ponakan gue dengan sok halus. Ponakan gue yang masih nangis sesenggukan akhirnya ngomong di telpon sama ayahnya tapi ga berani ngomong tentang hal yang dialaminnya karena masih diawasin sama ibunya.

Abang gue ngebujuk ponakan gue supaya ga nangis lagi. Dia minta istrinya itu untuk beliin es krim ponakan gue di mini market deket rumah. Setelah telpon ditutup, dia langsung siap2. Bekas makan ponakan gue diberesin. Waktu dia beresin piring makan di kamar, ponakan gue nyamperin gue yang masih duduk di ruang tamu. Dia masih sesenggukan. Dia minta pangku gue. Gue yang masih emosi campur kasian ngeliat ponakan gue itu cuma bisa peluk dia tanpa ngomong apa2. Ponakan gue juga ga ngomong apa2 selain sesenggukan dan meluk gue.

Ngeliat ponakan gue lagi sama gue diruang tamu, ibunya berusaha manggil dengan iming2 beli es krim tadi. Ponakan gue masih dengan sesenggukan bilang kalo dia ga mau ikut, tapi ibunya tetep aja maksa. Nyokap yang tau keadaan ponakan gue masih dalam keadaan ketakutan itu bilang, yaudah kalo emang anaknya ga mau ikut ga usah dipaksa kenapa?? Kan kamu bisa pergi sendiri trus beliin es krimnya. Mungkin karena takut ponakan gue nyeritain semuanya ke gue, dia masih tetep maksa. Dia malah naro ponakan gue yang masih kecil (11 bulan) di deket meja ruang tamu, trus dia ambil ponakan gue yang gede, yang berontak ga mau lepasin pelukannya dari gue.

Gue sebenernya juga malu nulis ini semua karena itu sama aja gue ngebeberin aib keluarga gue sendiri. Tapi mau sampe kapan gue diem dan pura2 ga tau apa2 soal semua yang udah jelas di depan mata keliatan. Banyak tetangga dan beberapa orang pembantu yang pernah kerja di rumah gue juga tau dengan jelas tentang hal ini. Ga cuma sekali 2 kali mereka nanyain soal ponakan gue yang selalu nangis kejer kesakitan tiap waktunya makan. Semua ini udah ga bisa gue umpetin lagi. Gue udah muak. Mau sampe kapan gue harus tahan ngedenger tangisan ponakan gue tiap hari dirumah. Mau sampe kapan gue harus liat ponakan gue selalu nangis ketakutan duluan tiap dia tau bakal dikasih makan sama nyokapnya.

Ya Allah ampuni dosa2nya yang tidak bisa menjaga amanat-Mu. Bisa2nya orang yang justru melahirkan ponakan gue malah jadi orang yang nyiksa dan mukulin anaknya terus. Apa dia ga inget dulu dia sendiri hampir mati karena pendarahan waktu ngelahirin ponakan gue. Apa dia ga inget kalo ponakan gue juga nyaris mati pas lahir dan harus dirawat intensif selama 2 minggu untuk bikin dia bertahan. Apa Tuhan ngasih kesempatan hidup ke-2 buat mereka cuma untuk disia2in kayak gini?? Apa dia ga bakal nyesel seumur idup kalo nanti anaknya yang dulu diharapkan bisa hidup justru mati karena perbuatannya sendiri?? Gue ga pernah tau apa rencana Tuhan dibalik semua ini. Gue cuma berdoa yang terbaik aja buat keponakan gue.

0 komentar:

Posting Komentar