Selasa, 12 Oktober 2010

ujian..ujian..

hari ini gue ujian CPNS kejaksaan. sama sekali ga ada persiapan. ga belajar, karena ga tau juga harus belajar apa. cuma bermodalkan doa sama keberuntungan aja.

dateng ke GOR Saparua yang jadi tempat ujian jam 6 pagi bareng abang gue yang di Malang, Canang, dan ditemenin nyokap yang sengaja bolos dari kantornya hari ini. disana ternyata ketemu sama beberapa orang yang gue kenal. temen SMA gue, Arvid, yang juga pernah ikut ujian CPNS Kejaksaan bareng gue juga tahun 2006. dan ternyata, orang yang duduk tepat di depan gue persis ternyata temen kampus gue yang seangkatan walaupun gue ga pernah liat dia dikampus. hehehe..

hari ini akan ada 2 tes yang diujikan. tes pertama adalah tes kompetensi dasar berisi soal2 aritmatika, logika logis, analitis, bahasa inggris, dsb. soal2 di tes pertama menurut gue ga terlalu susah, terbukti dengan banyaknya pendapat yang sama kayak gue karena hampir semua peserta ujian yang gue temuin di luar GOR pas istirahat juga ngomongin masalah yang sama. awalnya mikir, jangan2 tes kedua juga bakal segampang tes pertama tadi.

ternyata tes kedua jauh beda sama tes pertama. tes kedua adalah tes kompetensi bidang, yang berarti bidang yang gue kerjain adalah hukum. begitu ngeliat soal pertama langsung bikin perut gue mules. gimana ga, soal pertama aja panjangnya sekitar 1 paragraf (3-4 kalimat). tanpa nyoba ngejawab soal pertama dulu, gue langsung bolak/i kertas soal yang ternyata di semua nomer tipe pertanyaannya sama, yaitu masing2 pertanyaan dalam 1 paragraf. plus ada beberapa nomer pertanyaan yang berupa soal kasus. sama sekali ga ada pertanyaan yang singkat.

gue cuma mikir soal waktu. gimana caranya gue ngerjain 100 soal itu dalam waktu 90 menit. untuk ngerti apa yang ditanyain aja kayaknya butuh waktu lebih dari 1 menit. belom lagi di beberapa nomer ada soal dalam bahasa inggris. mejret banget ga tuh..!! soal yang bahasa indonesia aja belom tentu ngerti apalagi yang bahasa inggris. udah bener2 pasrah sama tes yang kedua.

gue cuma bisa ngerjain sebisa gue. cuma beberapa nomeryang gue yakin jawabannya bener. selebihnya wallahualam. waktunya bener2 mepet. untungnya gue bisa seleseiin 100 soal itu tanpa ada yang kosong walaupun jawabannya belum tentu bener dan ngebuletinnya juga agak asal karena diburu waktu. yang penting tu soal beres semua.

gue keluar GOR bareng abang gue dengan badan lemes. ternyata ga cuma gue yang ngerasa berat sama tes yang kedua tadi. hampir seluruh peserta ujian keluar GOR dengan tampang pucet dan lecek. ga ada 1 pun peserta yang ngebahas soal tes kedua ini sama kayak tes pertama tadi. gue udah ga mikirin deh jawaban gue tadi apa aja. inget soalnya aja ga.

ya sudahlah..bagaimanapun tes hari ini gue cuma bisa berdoa untuk hasil yang terbaik aja. lolos ke tahap selanjutnya syukur. ga ya udah. toh balik lagi ke rezekinya masing2 orang kan. kalo emang udah rezeki gue masuk instansi tersebut, mau sekacau apa jawaban gue tadi ya pasti bakal lolos, gitu juga sebaliknya. toh rezeki juga kan udah diatur sama Allah. sekarang tinggal harap2 cemas nunggu pengumuman tesnya keluar. *silangin jari*

0 komentar:

Posting Komentar