Sabtu, 20 Juni 2009

The Divas

The Divas..begitulah beberapa temen kampus gue menyebut kelompok gue. sebenernya kita ga berkelompok atau istilah kerennya nge-gank di kampus, tapi mungkin karena kita lebih sering keliatan jalan dan ngumpulnya cuma bertiga aja (gue, vita, dan dewi) makanya mereka ngiranya kita emang sengaja bikin kelompok sendiri. parahnya hampir sebagian besar anak-anak kampus gue, terutama cewek, terlanjur men-cap kita dengan gank exclusive dan arogan di kampus. alasannya sih katanya karena kita terlihat tidak mau membaur dengan temen-temen lainnya kalo dikampus. yah..terserahlah, semua orang kan berhak untuk berpendapat bukan??

(kiri ke kanan : vita, dewi, acha)

awalnya gue bisa temenan sama vita dan dewi sebenernya ga sengaja. dulu gue justru bukan bagian dari mereka, sedangkan dewi sama vita emang dari semester 1 udah temenan. gue dulu justru deket sama seorang cewek yang namanya devy. justru devy yang awalnya deket sama vita dan dewi, gue malah cuma sekedar tau mereka aja. ngobrol pun ga terlalu sering. awal kita mulai temenan setelah ada sebuah insiden. devy yang gue kira adalah temen baik gue ternyata tanpa sepengetahuan gue, sering ngejelek-jelekin gue di depan dewi dan vita. gue agak males ngejelasin detailnya, intinya sejak kejadian itu gue mulai gabung dengan dewi dan vita. awalnya devy juga masih gabung sama kita, tapi entah kenapa lama kelamaan dia sendiri yang justru misahin diri dari kita.

tepatnya kita mulai deket kalo ga salah sejak semester 3 dikampus hingga sekarang. dari awalnya yang masih agak canggung untuk ngobrol, sampe akhirnya kita bisa sedeket sekarang. walaupun karakter kita juga beda-beda, tapi nyatanya kita tetep bisa temenan sampe sekarang. udah banyak banget deh cerita dan pengalaman yang kita alamin bareng. dari hal-hal yang menyebalkan, menyenangkan ataupun menyedihkan udah pernah kita lewatin sama-sama. apapun yang orang-orang (temen-temen kampus gue) bilang tentang kita, kita sih ga perduli. buat kita apapun yang mereka omongin, selama kita ga pernah ganggu mereka, kita sih nyantai aja walaupun banyak yang sering ngomongin kita dengan nada miring.

entah karena iri atau apa, gue emang sering banget denger omongan miring tentang gue dan kelompok gue. banyak banget yang beranggapan kalo kita adalah sekelompok cewek yang bisanya hura-hura, jarang kuliah, jor-joran, dan punya gaya hidup hedonisme. kita sih cuma bisa ketawa-tawa aja tiap denger omongan kayak gitu karena memang nyatanya sama sekali ga kayak gitu. mau hedon gimana?? gue clubbing aja ga pernah sama sekali. ngeroko atau nokip pun ga. jadi kedengerannya lucu aja kalo sampe ada yang ngecap kita, terutama gue (yang menurut sebagian besar temen-temen gue termasuk golongan anak mami) adalah penganut hedonisme.

(The Divas pas KKL di Bali 1-6 Juni 2007)

untungnya kita emang masih bisa ngebuktiin sama mereka semua yang selama ini mandang kita jelek kalo apa yang selama ini mereka omongin tentang kita itu ga bener. kita yang selama ini di anggap sebagai orang-orang yang jarang kuliah (yang berarti akan masuk daftar mahasiswa abadi) bisa ngebuktiin kalo itu ga bener. dewi yang lulus lebih dulu dibanding gue dan vita sempet bikin orang-orang kampus gue mikir. kalo emang kita males kuliah, ga mungkin lah bisa nyeleseiin kuliah dalam waktu yang relatif singkat (3,5 tahun) dan dengan IPK yang memuaskan (gue lupa berapa IPK-nya dewi). dan itulah yang sedang berusaha gue kejar sekarang. menyusul kelulusannya dewi dan vita (yang belum lama ini juga udah menyelesaikan sidang skripsinya).

(wisuda dewi)

ada 1 cerita lucu yang sampe sekarang masih gue inget. kejadiannya waktu pas kita ikut KKL Perdata di Bali Juni tahun lalu. entah kenapa selama di Bali itu kita banyak banget ngalamin kesialan. mulai dari hotel yang ga genah sampe insiden kehilangan uangnya vita di dalem kamar hotel. kita berangkat ke bali tanggal 1 Juni sekitar jam 8 malem dari Semarang. Beruntung gue dapet 2 kursi sendiri di dalem bis jadi selama perjalanan gue bisa selonjoran. Sebelum ke Bali kita transit 1 hari di Surabaya. setelah numpang mandi di mesjid akbar Surabaya, kita ke PT.PAL, perusahaan pembuat kapal laut dan ke pabrik rokok Sampoerna (kalo ga salah).

kesialan pertama terjadi pas perjalanan mau ke pelabuhan. gue yang emang ga biasa pergi jauh naik bis akhirnya tepar karena masuk angin. pas makan malem di banyuwangi gue sempet muntah2 dan akhirnya gue terpaksa nelen antimo biar gue bisa tidur n masuk anginnya ga berasa. sampe di pelabuhan (sekitar jam 12 malem) ternyata bis kita masuk waiting list penyebrangan karena ombak lagi gede, jadi kita nunggu sekitar 1 jam sebelom akhirnya bisa nyebrang ke bali pake kapal feri.

walaupun ombak lagi gede, kita termasuk beruntung karena dapet kapal laut yang ga kumuh2 banget. tapi berhubung kapalnya penuh banget. akhirnya gue n 2 temen gue itu terpaksa nangkring di atas dek karena ga kebagian duduk di dalem. kebayang kan gimana kencengnya angin diluar, ditambah lagi karena emang ombaknya lagi gede jadinya kita udah berasa naik kora2 aja. kita duduk di dek harus pegangan pinggir bangku supaya ga jatoh. ga lucu kan kalo pas goncangan kapalnya kenceng trus kita jatoh n mental ke laut tengah malem gitu. ngebayanginnya aja males.

nyampe di Bali kita juga ga langsung bisa masuk hotel jadinya kita harus numpang mandi di kamar mandi umum lagi di daerah Tanah Lot. kayaknya orang2 yang sering backpackeran juga ga segitunya deh. hiks2. seharian itu kita wisata pantai. Setelah paginya kita ke Tanah Lot, siangnya kita makan siang sekaligus bisa puas maen di Tanjung Benoa dan sorenya kita ke Kuta untuk liat sunset, setelah itu baru kita ke hotel. akhirnya nemu kasur juga setelah 48 jam di bis.

nyampe hotel kita sempet takjub sama hotel tempat kita nginep (puri dewa bratha) yang terbilang cukup eksotis. suasana Bali-nya emang dapet banget sih, apalagi gue n 2 temen gue dapet kamar yang berbentuk cottage tepat di depan kolam renang hotel. kita sekamar ber-4. the divas dan 1 temen kampus kita yang sama sekali kita ga kenal. walaupun kamarnya emang enak tapi ternyata kesialan kita belom selesai juga. pas mau mandi kita baru ngerasain susahnya. kamar mandi kita cuma ada shower, closet, n wastafel. awalnya sih airnya lancar aja. keluar lewat shower tapi lama2 ngalirnya makin kecil n ga ngalir sama sekali. believe it or not, kita akhirnya mandi dengan nadangin air dari wastafel pake gelas aqua buat mandi (karena cuma air di wastafel aja yang ngalirnya masih lancar, ga mungkin kan kita mandi pake air closet). benar2 mengenaskan..!!

malem itu akhirnya setelah acara bebas yang kita pake buat shopping di kawasan Legian, akhirnya sebelom pulang ke hotel kita mampir ke minimarket untuk beli ember (udah jelas kan untuk apa embernya..). oia, selain air yang lancar, saluran air di bawah shower pun mampet. jadilah 1/4 bagian kamar mandi jadi genangan air sabun, dll. komplain yang kita ajuin ke pihak hotel atau panitia juga ga digubris, jadi ya terpaksa lah kita terima nasib harus merasakan liburan 3 hari di Bali mandi dari air wastafel yang ditadangin pake ember dengan gelas aqua sebagai pengganti gayung. gue yakin belom pernah ada kan yang ngerasain kayak gitu.

hari ke-2 di Bali ga terlalu banyak gangguan. kita terbebas dari segala kesialan. tapi hari ke-3 kesialan balik lagi ke kita. waktu pengen check out dari hotel, vita kehilangan uang sekitar 500 ribu dari dompetnya. bukannya suuzon, tapi udah ketauan siapa yang ngambil uangnya. ga ada orang lain yang ada di kamar kita selain temen kampus yang ga kita kenal itu. lagipula dari pagi emang dia udah agak aneh. yang biasanya dia mandi paling awal n cabut dari kamar duluan tiba2 dia mandi justru paling belakangan (biasanya gue yang terakhir mandi). jadi pas kita turun dari kamar untuk sarapan, cuma dia yang ada di dalem kamar. anehnya lagi, pas dia sarapan, dia juga udah sangat rapih dengan bawa2 koper dan langsung kasih kunci kamar ke kita padahal kita berangkat masih agak lama. ngapain juga dia bawa2 koper segede gitu pas sarapan..??

malem sebelom kejadian kita emang sempet ngobrol di kamar masalah keuangan kita yang udah menipis. dewi bilang uangnya tinggal 50 ribu, sedangkan uang gue tinggal 20 ribu doank, makanya malem itu kita nanya kira2 besok bakal mampir ke ATM dulu apa ga. pas kita lagi ngobrol itu juga si temen kita ini nyeletuk n bilang uangnya juga tinggal 10 ribu. vita emang sempet bilang ke gue n dewi kalo emang pada mau belanja lagi ntar pake uang dia aja dulu karena dia masih sedia cash sekitar 1 juta dan temen kita itu juga liat kalo vita ngitung uangnya di depan kita semua.

karena uang yang ilang terbilang banyak, vita akhirnya ngelaporin insiden itu ke dosen yang ikut rombongan kita. kamar kita akhirnya di geledah n vita dibawa untuk di interogasi. dan sialnya gue sama dewi ikut2an terseret jadi tersangka cuma karena kita 1 kamar juga sama vita. untungnya vita ngejelasin kalo gue sama dewi ga mungkin ngelakuin itu. kalo emang kita mau nyolong barang2nya vita mah ga usah nunggu di Bali, udah dari dulu aja kita embat barang2nya, secara vita emang suka asal kalo naro barang. lagipula pagi itu kita selalu sama2, mulai dari tunggu2an mandi sampe akhirnya turun untuk sarapan kita selalu sama2, jadi kalo emang gue atau dewi pelakunya, gimana caranya gue bisa ngambil uangnya vita sedangkan pada saat itu gue lagi sama dia.

yang bikin kita yakin kalo temen kita itu pelakunya karena pas di Bedugul, kita sempet liat dia belanja banyak banget padahal hari itu kita sama sekali ga berenti di ATM dan dia juga keliatan banget ngindarin kita. vita sih udah ikhlasin uangnya tapi ya agak nyesek juga kalo ternyata kejadiannya kayak gitu. tapi ya sudahlah..mungkin ini emang teguran juga supaya vita banyak beramal lagi. hehehehe. toh semua kejadian pasti ada maksudnya. dengan kayak gitu kita jadi lebih waspada aja. mungkin emang bener pepatah yang bilang "jangan terlalu percaya dengan orang yang baru kamu kenal", karena itu emang terbukti.

seberapa banyak kesialan yang udah kita alamin di Bali tetep aja bakal jadi cerita yang bisa tetep dikenang. paling ga ini bisa jadi salah satu bukti kecil buat orang2 yang selama ini nganggep kita hedonisme dan ga pernah bisa hidup susah. kalo emang kita ga bisa hidup susah, dari malem pertama kita ngalamin kesulitan air, kita bakalan minta pindah kamar atau malah pindah hotel aja, tapi nyatanya ga kan. sebenernya kita sama aja kayak yang mereka pikir. kita cuma manusia biasa kok. kalaupun emang banyak banget kekurangan yang kita punya ya itu hal yang wajar kan, karena emang ga ada manusia yang sempurna.