Rabu, 10 Juni 2009

harga untuk sebuah rasa sayang

ternyata menyayangi seseorang itu ga cuma-cuma, tapi ada harganya. selama ini banyak yang bilang kalo cinta dan kasih sayang itu ga ada harganya. cinta dan kasih sayang ga bisa dibeli dengan apapun juga. dan selama itu juga gue percaya. sampai pada satu saat dimana gue mengenal seseorang yang nunjukin gue sisi lain dari cinta dan kasih sayang. disitu gue mulai berpikir. ternyata semuanya ga cuma-cuma. justru kita harus bayar dengan harga yang sangat mahal untuk sebuah cinta dan kasih sayang.

selama gue kenal dia, udah banyak banget kebaikan yang dia kasih buat gue. ga terhitung. mulai dari waktu, pikiran, uang, tenaga, udah banyak yang dia buang buat gue. sebagai orang yang tau diri, gue berusaha sebisa mungkin untuk ngebales semua kebaikannya itu walau emang ga sebanding. dengan semua itu gue yakin akan 1 hal, dia emang bener-bener sayang sama gue. satu keyakinan yang bikin gue bisa mulai nerima dia disamping gue walaupun pada saat itu gue belom ada perasaan apa-apa buat dia.

dari situ gue mulai ngebuka diri gue buat dia karena ngerasa emang dia orang yang bener-bener baik. nilai dia di mata gue sangat-sangat tinggi walaupun banyak orang-orang yang mulai melihat kedekatan gue sama dia banyak yang ngasih komentar negatif. tapi gue tetep cuek ga mau dengerin mereka karena gue pikir mereka ga kenal dia. gue ga pernah berharap dia bisa jadi sempurna, tapi gue pengen paling tidak dia bisa jadi sosok yang selama ini gue nilai baik. dengan begitu gue akan bisa bilang ke orang-orang yang ga suka ma dia kalo apa yang mereka omongin itu ga bener.

manusia emang ga ada yang sempurna. begitu juga dia. setelah gue kenal deket ma dia, mata gue jadi terbuka akan banyak hal. banyak hal yang selama ini ga pernah gue tau. gue ga mau nyalahin dia untuk itu semua. semua manusia emang pernah berbuat salah. dan justru kesalahan itulah yang terkadang jadi pelajaran paling berharga buat manusia untuk memperbaiki dirinya. dan dia juga mengungkapkan hal yang sama ke gue. dia menyesal dengan semua yang telah terjadi di masa lalunya. awalnya agak berat buat gue untuk nerima semuanya. tapi keyakinannya untuk berubah berhasil bikin gue tetep bertahan karena gue percaya sama dia.

gue pikir, dengan gue bisa nerima semua masa lalunya, gue bisa sedikit bantu dia untuk berubah dan keluar dari semua itu. mungkin itu salah satu cara balas budi gue untuk dia atas semua kebaikannya selama ini. semakin lama gue makin ga bisa lepas dari dia, mungkin karena gue udah mulai sayang sama dia. semakin lama kita semakin deket, tanpa sekat, bisa dibilang hampir semua kejelekan masing-masing kita tau. sayangnya semua ga sesuai dengan harapan gue. udah banyak cara gue lakuin untuk bikin dia berubah tapi nyatanya ga ada 1 pun yang berhasil. gue juga ga tau apa cara gue yang salah, atau dia emang ga pernah mau untuk berubah.

1 hal yang bikin gue tetep percaya sama dia karena dia bilang dia benci masa lalunya. itu alasannya dia ga pernah suka kalo gue coba ngungkit tentang masa lalunya. awalnya gue kira, dengan gue sama dia, dia bener-bener bisa berubah. tapi nihil. nyatanya bukan dia yang berubah, tapi gue. selama ini gue selalu berusaha buat ngertiin dia dengan cari tau tentang masa lalunya. berhasil memang. tapi bukan berhasil bikin dia bisa keluar dari masa lalunya, tapi justru malah bikin dia makin terperangkap lebih dalam. yang gue rasain sekarang justru bukan suatu perbaikan. gue justru bener-bener ngeliat dia seperti di masa lalunya. bahkan sosok yang awalnya gue kenal baik pun udah ga ada. dan yang lebih parahnya lagi, dia ikut menyeret gue ke dalam lingkaran masa lalunya itu.

gue emang sering nanya tentang masa lalunya, dan gue bisa terima itu semua atas diri dia. bukan berarti semua kepercayaan gue ke dia malah ngebuat dia berpikir gue sama dengan orang-orang di masa lalunya itu. salah gue juga emang, gue yang terlalu dalam pengen tau tentang dunianya. tapi gue pikir itu semua demi dia. demi sebuah perubahan yang menjadi satu-satunya alasan gue bertahan disampingnya. gue kira dia butuh gue. gue kira dia emang beneran sayang sama gue. rasa sayang yang ga bisa ternilai harganya dengan apapun juga seperti yang selama ini gue yakinin. tapi nyatanya gue salah. salah besar. dengan masuk ke dunianya gue jadi tau kalo gue harus bayar semua itu. mungkin emang ga dengan uang, tapi dengan banyak hal yang sebenernya sangat gue benci.

mungkin gue emang bodoh karena ngebiarin diri gue hanyut ke dalam dunianya. gue ga bisa teguh sama pendirian gue sendiri yang pengen ngerubah dia. bukan maksud gue mau ngedoktrin dia dan ngejadiin dia seperti apa yang gue mau, tapi lebih untuk kebaikannya sendiri karena gue berpikir bukan untuk saat ini aja, tapi jauh ke depan. seandainya bukan gue orang terakhir buat dia, gue ga mau ada cewek yang nolak dia karena tau masa lalunya. semua cewek pasti bakal berat nerima kalo tau cowoknya punya masa lalu kayak gitu sekalipun orang itu udah bener-bener bertobat.

entah karena rasa sayang gue yang semakin besar buat dia, sedikit demi sedikit gue mulai berubah. gue mulai mentolerir semua yang dia lakukan di masa lalunya. dia tau gue ga suka. gue juga udah sering ngomong sama dia tentang hal ini, tapi hasilnya tetep sama. nol besar. berkali-kali gue nolak dengan tegas, tapi dia tetep bisa bikin gue luluh lagi dengan kata-kata sayangnya. dan gue jadi benci sama diri gue sendiri karena hal itu. hal dulu selalu gue pegang sampai banyak orang yang bilang gue munafik dan sebagainya. tapi sekarang dengan gampangnya gue justru ngelakuin hal yang sebaliknya. hal yang bikin gue jadi semakin rendah dimatanya dan dimata orang-orang.

yang ada dalam otak gue selama ini mungkin emang cuma hal itu yang bisa bikin dia bahagia. dan gue sempet berpikir kalo emang ga ada salahnya toh itu semua untuk ngebahagiain orang yang kita sayang. gue emang sempet sedikit terlena sama semuanya sampai akhirnya gue berpikir apa yang udah gue lakuin itu salah. gue kembali punya keyakinan kalo emang rasa sayang itu ga bisa diganti dengan apapun juga. tapi yang gue hadapin jauh dari kenyataan. di dunianya, gue harus ngebeli semua rasa sayang itu dengan nurutin apa yang dia mau seperti masa lalunya. hal yang semakin lama makin membuat nilainya hancur dimata gue. kenyataan yang bener-bener bikin gue sakit. bukan karena dia belum bisa berubah, tapi karena dia merusak kepercayaan gue ke dia.

semakin lama dia justru makin ga terkontrol. dia makin nyeret gue masuk semakin dalam ke dunianya. dunia dimana gue ga bisa nemuin apa arti cinta dan kasih sayang yang selama ini gue yakinin. dunia dimana gue harus mengorbankan semuanya hanya untuk sebuah rasa sayang. dunia dimana dia ga lagi mandang gue sebagai diri gue sendiri, tapi sebagai pengganti orang di masa lalunya. dunia yang bikin gue jijik sama diri gue sendiri. dan dunia yang udah ngerubah gue sejauh ini. semua emang butuh pengorbanan, tapi bukan pengorbanan yang seperti ini.

gue udah sangat ngerasa ga nyaman dengan semuanya. dengan sekian banyak perubahan dalam hidup gue yang terjadi relatif singkat. tapi gue udah ga tau cara seperti apa lagi yang bisa bikin dia bener-bener sadar dan berubah. semua omongan gue cuma ibarat angin buat dia. atau sepertinya apa yang gue pikirkan selama ini salah. semua tentang rasa sayangnya ke gue. mungkin itu cuma pikiran kosong gue aja. karena yang gue liat sekarang, gue ga punya arti apa-apa buat dia. gue bukan orang yang tepat untuk bikin dia berubah. bukan orang yang tepat untuk terima semua pengorbanannya kalo dia emang bener-bener pengen berubah karena gue emang ga berharga sama sekali buat dia.

mungkin cuma lewat tulisan ini gue bisa nyampein semuanya. dan pada saat lo baca tulisan gue ini, entah gue masih ada buat lo atau ga, gue harap pikiran lo bisa sedikit lebih terbuka. selama ini lo tau udah banyak penolakan dari gue tentang ini semua. gue ga akan menyalahkan lo dengan dunia lo, tapi gue mohon sekali aja ngertiin gue. gue mau lo berubah bukan buat gue, tapi buat kebaikan lo sendiri karena gue sayang sama lo. tapi kalo untuk semua rasa sayang itu gue harus bayar mahal dengan semua hal yang gue ga suka, sorry gue ga bisa. gue ga akan minta lo berubah jadi orang yang sempurna buat gue karena gue tau itu ga mungkin. tapi pliis, sedikit aja lo hargain gue sebagai seorang cewek. kalo emang lo ga bisa keluar dari dunia lo itu, jangan bawa gue masuk ke dunia lo. gue adalah gue, bukan orang di masa lalu lo itu.

selama ini gue udah coba untuk selalu bisa ngertiin lo, karena gue sayang sama lo. gue ga mau liat lo semakin ancur. dan kalo memang lo juga sayang sama gue, lo pasti akan ngelakuin hal yang sama buat gue. lo ga akan bikin ancur orang yang lo sayang. udah cukup gue hidup di dunia lo, dan gue bakal jadi diri gue yang dulu. jadi diri gue yang nolak semua perbuatan kayak gini. kalo emang lo masih mau gue disamping lo, sekarang lo yang harus ikutin aturan main gue karena gue dah terlalu capek dengan semua permainan lo selama ini..gue percaya lo pasti ngerti. dan seperti apa yang udah sering gue bilang ke lo, lebih baik gue pergi dari kehidupan lo daripada gue ga bisa bikin hidup lo lebih baik. sekarang semua keputusan ada di tangan lo. lo mau berubah atau ga semua tergantung pilihan lo. dan apapun itu pilihannya, semoga emang itu yang terbaik buat lo.

1 komentar:

Sucahyo mengatakan...

Menyentuh sekali sis :'(

Posting Komentar