Kamis, 06 Desember 2012

Wirausaha Tanpa Modal (part 2)

Masih membahas seputar wirausaha tanpa modal. Setelah membahas soal bisnis online di posting pertama, kali ini saya akan berikan contoh beberapa peluang usaha tanpa modal lainnya yang bisa anda jadikan lahan bisnis. Kalo di posting sebelumnya, jenis usaha lebih menjual produk, kali ini saya akan berikan contoh peluang usaha dengan modal minim atau bahkan tanpa modal dengan menjual jasa atau skill.

Berikut adalah beberapa hobi yang bisa anda jadikan lahan bisnis tanpa modal :
1. Buat anda yang hobi dan punya bakat menulis, dan aktif di dunia maya, ga ada salahnya anda mencari info dan mengikuti lomba menulis yang banyak diadakan di internet. Tak jarang lomba menulis itu berhadiah uang tunai dalam jumlah yang lumayan besar. Anda juga bisa menawarkan jasa anda sebagai Ghost Writer untuk orang lain. Anda juga bisa mempublikasikan tulisan2 anda menjadi sebuah buku

2. Buat anda yang hobi dan punya bakat fotografi, daripada shutter kamera anda habis begitu saja, anda bisa menawarkan jasa fotografi kepada orang2 di sekitar anda, hitung2 sekalian mengasah bakat dan kemampuan fotografi anda. Apalagi sekarang banyak jasa foto prewed dengan harga selangit yang tetap jadi incaran para calon pengantin. Jika anda belum bisa membuka studio full service (termasuk cetak & bingkai foto), tawarkan jasa anda hanya sebatas jasa potret dan editing saja dulu. Atau join dengan rekan anda yang punya jasa percetakan foto. Teman2 saya juga banyak yang begitu kok.

3. Buat anda yang hobi dan punya bakat gambar, anda juga bisa menjadikan bakat anda itu sebagai lahan rejeki anda. Banyak orang yang kadang mencari jasa lukis, sketsa atau karikatur wajah loh. Anda juga bisa bekerja sama dengan rekan anda yang lain, yang punya bisnis sablon kaos atau mug,dll supaya gambar/lukisan anda bisa dicetak di media tersebut.

4. Buat anda yang hobi membuat kerajinan tangan, daripada kerajinan tangan anda terus menumpuk dirumah, anda bisa menjual beberapa koleksi lama hasil kerajinan tangan anda untuk dijual. Saya dulu juga sempat menjual beberapa hasil kristik saya. Anda juga bisa membuka kursus cara pembuatan kerajinan tangan yang anda kuasai di rumah, untuk bahan2 dasarnya minta kepada para peserta untuk membawanya sendiri. Hehehe.

5. Buat anda yang punya keahlian dalam bidang menari, senam, yoga atau beladiri, anda juga bisa pakai kemampuan anda tersebut dengan menjadi pelatih atau membuka kursus di rumah anda. Pakai saja teras, halaman atau garasi kosong di rumah anda sebagai tempat latihan.

Sebenarnya masih banyak lagi peluang2 usaha lainnya yang bisa anda buka hanya dengan mengandalkan kemampuan anda. Contoh yang saya tuliskan di atas hanya beberapa contoh sederhana saja. Selamat berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar