Kamis, 06 Desember 2012

Wirausaha Tanpa Modal (part 1)

Mungkin akan banyak yang ragu jika saya bilang anda bisa berwirausaha tanpa modal sepeserpun. Saya bisa menulis demikian karena saya sudah menjalaninya sendiri dan alhamdulillah usaha saya mulai berkembang walaupun belum terlalu besar. Buat yang merasa tidak percaya dengan apa yang saya tulis ini, sebelum anda membaca lebih jauh, itu di pojok kanan atas ada tanda X kan, silahkan di klik deh tu daripada merasa waktunya terbuang percuma untuk baca postingan saya ini. Hehehehe.

Oia, sebelum mulai membahas lebih banyak, saya tekankan jika ini bukan posting berbayar yang mempromosikan suatu MLM atau program apapun. Saya juga males ikut2 yang kayak gitu. Hehehe. Ini pure memang posting untuk berbagi pengalaman soal wirausaha yang tengah saya jalani. Karena ini posting yang membahas hal serius diluar kebiasaan menulis saya, jadi harap maklum ya kalau bahasanya agak2 kacau. (>o<)v

Seperti yang sudah saya tulis di posting sebelumnya, saat ini saya tengah mengelola sebuah Online Shop dan perlu diketahui jika saya tidak mengeluarkan modal sepeserpun untuk membuat OLshop tersebut. Bagaimana bisa..?? Mungkin itu yang jadi pertanyaan di kepala anda. Saya membuat OLshop tersebut di komunitas perdagangan online yang gratis alias tanpa biaya apapun. Anda juga bisa kok, banyak forum2 di internet yang menawarkan fasilitas serupa, misalnya : Tokobagus, FJB kaskus, Tokopedia, dll. Anda kan tiap hari pasti online kan untuk aktivitas di sosial media, kan bisa sekalian tu untuk iseng2 buka dan urus toko online. Dengan begitu kegiatan anda di dunia maya bisa lebih bermanfaat kan.

Buat toko online sih gampang, tapi apa yang mau dijual kalo ga punya modal..?? Coba deh lihat isi lemari atau kamar anda. Dari sekian banyak baju, sepatu, buku atau barang2 lainnya yang tersimpan, pasti ada yang nyaris tidak pernah atau sudah tidak terpakai walau kondisinya masih sangat bagus. Daripada barang2 itu menganggur begitu saja, anda bisa menjadikan semua itu sebagai modal awal bisnis online anda, seperti yang saya lakukan. Hasil penjualan barang2 tersebut bisa anda jadikan modal untuk mengembangkan bisnis online anda.

Jika anda terlalu sayang untuk menjual barang2 koleksi anda, atau lebih memilih untuk mendermakannya ke orang lain, anda tetap bisa membuka bisnis online kok. Bagaimana caranya..?? Anda kan bisa jadi reseller orang lain dengan sistem dropship. Atau anda juga bisa jadi online marketing untuk orang2 di sekitar anda yang memiliki usaha, anda bantu jual dan promosikan produk/jasanya di toko online anda dengan sistem bagi hasil. Saya juga ada kerjasama dengan teman2 saya, di toko online saya menjual beberapa produk jualan orang lain juga. Anda hanya butuh membangun kepercayaan dan komunikasi yang lancar dengan (calon) partner anda.

Sedikit tips (sotoy) dari saya untuk memulai bisnis online :
1. Jangan langsung patah semangat jika anda belum juga mendapatkan order, tetap lakukan promosi. Saya juga baru dapat order pertama setelah beberapa hari buka online shop.

2. Berani pasang harga bersaing. Ga perlu pasang harga tinggi, yang penting produk anda terjual dan anda bisa mendapatkan untung walau sedikit. Buyer juga pintar loh. Mereka pasti sudah membandingkan harga terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan membeli pada anda. Anda juga pasti begitu kan..??

3. Jelaskan secara jujur dan detail kondisi produk yang anda jual. Jika memang kualitas rendah ya jangan dibilang kalo itu kualitas tinggi. Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana saja, jadi jangan pernah membohongi calon customer anda.

4. Perlakukan semua (calon) buyer sebaik mungkin. Jawab semua pertanyaan yang masuk dengan ramah dan cepat  walau belum tentu mereka membeli produk anda. Ini sebenarnya poin paling penting, karena banyak buyer yang akhirnya menjadi langganan tetap karena pelayanan dan keramahan anda.

5. Bagi para reseller atau dropshipper, jangan terlalu rewel pada seller anda. Seller anda kan tidak hanya melayani order anda saja, yang melakukan dropship pada seller anda juga mungkin lumayan banyak, jadi jangan langsung menjustifikasi jika seller anda tidak bertanggungjawab dan lelet dalam menerima order.

6. Berikan bonus/diskon untuk pembelian partai besar. Anda juga pasti suka kan kalo belanja dapet diskon/bonus.

7. Sisihkan sebagian hasil penjualan untuk sedekah. Anda ga perlu takut modal anda berkurang, sedekah ga akan membuat anda miskin kok, justru malah mengayakan dan membuat bisnis anda semakin lancar. Ini juga saya lakukan dan alhamdulillah penjualan saya jadi lancar.

Yang paling penting anda harus telaten dan sabar dalam menjalani bisnis anda. Jika anda sudah berusaha keras, bantu juga dengan doa dan pasrahkan semuanya sama Tuhan. Jangan pernah takut gagal dalam berwirausaha karena 9 dari 10 pintu rezeki itu adanya di jalur perdagangan. Rasulullah pun dulu adalah saudagar. Kita cukup berusaha dengan niat memperoleh rezeki yang halal dan percaya deh pasti usaha kita akan membuahkan hasil. Semangaaat..!! (^0^)/

6 komentar:

radarnusantara mengatakan...

nice share
artikel di blog benar2 memberikan inspirasi

Acha Satmoko mengatakan...

terima kasih.. :)

KAMPUS MUSIK mengatakan...

Wah... artikelnya sangat bermanfaat.. Terimakasih sis :D

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya.. :)

Anonim mengatakan...

like this

Acha Satmoko mengatakan...

terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya.. :)

Posting Komentar