Jumat, 12 Agustus 2011

Driving Course (part 2)

DAY 6

Hari ini ada insiden dirumah gue. Entah kenapa hari ini semua orang dirumah gue pada kompak bangun kesiangan. Gue yang dapet jadwal latihan jam 10 tapi malah baru bangun jam 10.30 WIB, siap2 plus ribet rebutan kamar mandi sama yang lain, akhirnya begitu siap waktu latihan dah tinggal 15 menit doank. Jadi akhirnya gue ga berangkat aja sekalian. Hahaha. Sayang sih sebenernya karena tu berarti jam latihan gue angus sejam. Cuma berhubung gue juga belum sempet ke tempat kursus pusatnya buat minta ganti pelatih, jadinya gue hanya berharap pelatih gue hari itu adalah pelatih yang ga enak lagi supaya gue ga terlalu nyesel kehilangan 1 jam waktu latihan gue itu. Hehe.

DAY 7

Gue dateng di hari latihan ke-7 agak telat dengan agak ngantuk. Begitu dateng ada 2 mobil latihan yang siap. Honda jazz dan xenia. Ternyata gue pake xenia dengan pelatih yang sama kayak hari sebelumnya (hari ke-5), padahal gue belum ngurus ke kantor pusatnya. Hehehe. Di latihan ke-7 ini gue khusus belajar gimana cara bawa mobil di tanjakan dan apa yang harus dilakukan kalo mobil tiba2 mati mesin di tanjakan. Belajarnya di fly over yang ga terlalu curam tanjakannya. Yah lumayan lancar lah. Paling ga gue bisa jadi ga panik dan ngerti gimana caranya ngadepin situasi kalo mobil mati pas ditanjakan.

DAY 8

Masih dengan pelatih yang sama tapi dengan mobil yang beda (honda jazz), latihan di hari ke-8 berjalan cukup lancar tanpa ada kendala. Gue diajak lewat jalan kampung yang lumayan sempit tapi agak padat kendaraan juga. Kata pelatihnya, gue dah lumayan lancar dan udah ga panik lagi. Jadi 2 latihan terakhir nanti cuma tinggal mantepin dan tambah ngelancarin aja lagi.

DAY 9

Latihan hari ke-9 masih tetep dengan pelatih yang sama, gue ngelancarin bawa mobil keliling jalur utama depok. Awalnya lancar2 aja, ga ada kepanikan sama sekali walau gue harus muterbalik di jalanan yang rame, sempet kena macet, dll. Pelatihnya juga bener2 ngelepasin gue bawa tu mobil sendiri (dia udah ga nyentuh rem dan kopling tambahan). Tapi awal yang lancar itu berakhir dengan kacau waktu si pelatih nantangin gue nerobos lampu merah arah fly over. Emang sih waktunya belum lama abis dan mobil di sebelah kiri gue masih ada juga yang nekad belok dan si polisi yang jaga disitu juga ngasih jalan, cuma karena gue dah siap buat berenti n nunggu lampu ijo selanjutnya aja, gue malah jadi panik. Karena pelatihnya ngeyakinin kalo gue masih dapet beberapa detik sebelum mobil2 dari arah berlawanan pada jalan, akhirnya gue nekad belok juga, tapi karena gue panik akhirnya gue muter setir terlalu banyak dan hampir aja kesundul sama mobil di sebelah kiri gue yang ikutan belok juga. Karena liat gue panik dan udah bener2 nge-blank, akhirnya si pelatih turun tangan juga. Setelah itu sisa latihan gue kacau. Si pelatihnya juga sampe bilang kalau gue jadi kacau lagi padahal awalnya dah lancar banget. Dia nasehatin gue apapun yang bakal gue temuin di jalanan pas nyetir jangan dibawa panik lama2 atau gue yang bakal repot sendiri. Hiks2. Ya semoga latihan hari terakhir bisa lancar tanpa gangguan apa2 dan gue bisa bener2 ngatasin kepanikan gue.

DAY 10

Hari terakhir latihan ternyata gue ga dapet pelatih yang sama seperti hari2 sebelumnya. Gue dapet pelatih di hari ke-2 dan dapet mobil yang amit2 beratnya (kijang kapsul tua). Keadaan tu mobil bener2 mengenaskan banget. Entah karena selama ini gue latihan selalu pake mobil keluaran (lumayan) baru yang enak dibawanya, begitu bawa si kijang ini berasa bawa gerobak bermotor aja gue. Guncangannya parah banget dah kayak lagi offroad di jalanan rusak, kopling dan remnya berat banget, setirnya juga berat dah kayak setir truk (kayak dah pernah bawa truk aja gue..haha..) plus banyak banget bunyi2an kayak mo rontok gitu mobilnya (bunyi ngik2 dan klontang2 di seluruh bagian mobil). Gue juga ga lewat jalur yang biasa, tapi dibawa ke arah bogor lewat kota kembang (sekarang GDC) yang jalannya banyak banget belokannya plus sempit dan lumayan padat sama angkot. Kita akhirnya berenti di sekitar taman makam pahlawan bogor (ga tau nama daerahnya apa). Disana gue di tes cara parkir maju mundur. Karena tempatnya mayan luas dan sepi, gue lancar2 aja ngelewatin tesnya, tapi kalo di tempat yang crowded ga tau juga deh. Hehe. Kita di TMP itu ga terlalu lama, cuma sekitar 15 menit, setelah itu kita balik lagi ke kota kembang untuk menuju ke arah depok lagi. Di kota kembang gue juga sempet di tes. Muter balik sama tanjakan. Pas muter balik juga lancar kecuali gue lupa mulu ngasih lampu sen. Pas tanjakan juga lancar2 aja. Mobil sama sekali ga mati atau mundur di tanjakan itu. Karena waktunya dah mepet solat jum'at, akhirnya kita balik ke arah depok lewat dewi sartika (padahal biasanya lewat margonda). Sama seperti di hari ke-2 latihan, sebelum sampe di tempat kursus, si pelatih mengeluhkan lagi soal bayarannya yang kecil di tempat kursus itu yang gue tau pasti ujung2nya pasti minta uang tip lagi. Gue sok2 simpati aja dengerinnya padahal udah males sebenernya. Sampe di tempat kursus, setelah parkir mobil, gue langsung aja ngasih uang tip yang sebenernya emang udah gue siapin. Gue ngasih uang tip yang jumlahnya 2x lipat dari yang pernah gue kasih di hari ke-2. Begitu dia terima uang itu, langsung berubah sumringah mukanya plus ngomong sesuatu yang malah bikin gue tambah ilfil. Dia bilang, "wah sering2 ya nanti kayak gini (maksudnya ngasih uang tip ke dia)". Gue yang dah males cuma senyum kecut dan cepet2 matiin mesin mobil. Waktu gue ngasih kunci mobil ke si pelatih sebelum gue pulang, gue bilang kalo hari ini adalah hari terakhir gue kursus. Terlihat agak gondok ekspresi mukanya pas tau gue dah ga bakal ngasih uang tip yang gede lagi untuk dia. Haha. Intinya latihan terakhir itu cukup lancar. Tapi entah karena efek mobil yang berat tadi atau efek keseleo beberapa hari lalu, begitu turun mobil kaki kiri gue berasa sakit banget di daerah tulang keringnya. Saking sakitnya, jalan gue sampe pincang dan sakit itu baru sembuh setelah beberapa jam kemudian. Repot juga kalo tiap nyetir mobil kaki gue harus pincang gini sesudahnya.

4 komentar:

paijo ^^ mengatakan...

tulisan di blogmu bner2 menginspirasi. :)
arigato gozaemas. ^^

Acha Satmoko mengatakan...

terima kasih sudah mampir ke blog gue..

ralat, harusnya arigato gozaimasu.. :)

Anonim mengatakan...

Aku lagi nyariin t4 kursus buat keponakan.

BTW, dasar pinter nulis, gitu aja bisa jd bahan tulisan.

Keep writing mbak.
Rgds

Acha Satmoko mengatakan...

saya cuma share pengalaman aja mbak, karena belajar mobil itu seru..ada aja kejadian tak terduganya..

btw, makasih ya sudah berkunjung ke blog saya.. :)

Posting Komentar