Senin, 08 Agustus 2011

Driving Course (part 1)

Gue akan mulai postingan di bulan agustus ini dengan pengalaman gue belajar setir mobil. Ga penting emang,tapi biarlah daripada blog gue ga ada postingan baru. Hehe. Awal agustus ini gue pake buat intensif belajar stir mobil di salah 1 tempat kursus stir mobil di depok (sengaja ga sebut merek nih..tebak sendiri yah..hehe..). Gue ambil paket 10x1jam (10x pertemuan dengan lama 1 jam di tiap pertemuannya) dengan waktu latihan tiap hari mulai tanggal 2-11 agustus. Namanya juga baru pertama kali,rasanya excited banget sekaligus parno,secara selama ini gue manasin mobil aja ga pernah boleh. Gue akan jabarkan progress latihan gue di tiap2 pertemuannya.

DAY 1

Hari pertama latihan dimulai jam 11 siang. Gue dapet pelatih yang masih agak muda,sayangnya ga ganteng. Kalo ganteng kan bisa sekalian lirik2 dikit gitu (sambil menyetir lirik pelatih..hehehe..). Astagfirullah lupa lagi puasa (pasang kacamata kuda lagi). Hari pertama gue latihan pake mobil kijang kapsul. Agak kaget pas pertama ketemu pelatihnya langsung disodorin kunci mobil,sedangkan dia sendiri langsung ngeloyor masuk mobil. Gue kira gue bakal latihannya di tempat yang sepi,tapi ternyata langsung turun ke jalan raya yang lumayan rame saat itu juga. Sok2 nyantai akhirnya gue masuk juga ke dalem mobil. Duduk manis di belakang kemudi,pasang seat belt,nyalain mobil, trus langsung cengar/i ke arah pelatih karena ga tau harus ngapain lagi. Ngeliat gue cuma pamer gigi akhirnya pelatihnya cuma ngomong 1 kalimat,"yaudah..mundurin mobilnya.." yang dengan polosnya gue jawab dengan pertanyaan "gimana caranya..??". Tampak agak gondok si pelatih itu ngedenger jawaban gue. Akhirnya dia (tampak terpaksa) ngasih tau segala macem hal yang harus gue lakuin termasuk ngasih tau apa aja fungsi dari semua alat yang akan ada di bawah kendali gue nanti. Setelah dikasih teori sedikit, gue mencoba mempraktekkan semua yang udah dijelasin tadi. Mundurin mobil sukses,selanjutnya gue dibawa ke daerah perumahan yang agak sepi untuk disekap belajar. Tempatnya sih enak sepi, ga ada mobil atau motor yang lalu lalang mengacaukan konsentrasi, cuma jalannya ampun2an. Udah kecil (ngepas banget buat 2 mobil),geradagan,plus naik-turun,banyak polisi tidur pula. Hadeuh,kebayang ga tu stresnya gue kayak apa. Gue harus kerja keras buat meng-sinkronkan otak,tangan,kaki,dan mulut gue (namanya juga wanita,mulut selalu ikut nimbrung dalam segala hal) sekaligus. Tapi ajaibnya latihan hari pertama itu berlangsung dengan sangat lancar (kecuali mesin mobil yang sempet mati sekali pas di belokan),sampe2 si pelatih ga percaya kalo gue baru pertama kali itu belajar setir.

DAY 2

Hari kedua latihan di mulai jam 8 pagi. Gue latihan pake xenia dengan pelatih seorang bapak2 yang tampak seperti seorang fanatik suatu aliran agama. Latihan hari kedua gue dibawa ke jalanan yang lebih rame dan medan yang lebih menantang (belokan2 yang mayan tajem plus banyak puteran balik). Latihan kedua ga selancar latihan pertama. Pelatih yang kedua ini sangat2 tidak cooperatif. Dia ga terlalu banyak ngasih arahan2 buat gue. Kakinya malah dengan santainya nangkring di atas jok tanpa jaga2 injek rem atau kopling cadangan. Paling banter dia cuma ngomong,"nah iya bener gitu". Hari kedua gue ga terlalu banyak dapet ilmunya. Yang menyebalkan adalah di akhir latihan si pelatih tanpa tedeng aling2 minta uang rokok sama gue sambil bilang, "saya kasih tau ya, kamu kalo mau cepet belajarnya harus deketin pelatihnya dulu, ya kasih2 uang rokoklah". Jiah ngajarin gue sesuatu aja ga malah minta tip. Sebenernya tanpa diminta pun, dari hari pertama latihan gue juga dah ada niat buat ngasih tip ke pelatih, tapi kalo tiba2 dia yang minta begitu kan malah jadi ilfil guenya. Hari kedua berlangsung dengan menyecewakan.

DAY 3

Trauma dengan kejadian menyebalkan di hari kedua,gue dateng dengan males2an dan agak sedikit telat (harusnya jam 10 tapi gue baru dateng jam 10.15). Tapi ternyata di hari ketiga gue dapet pelatih yang baik dan sabar. Di hari ketiga gue masih pake xenia tapi beda warna (ga penting..haha..). Kali ini gue latihan di daerah yang lumayan banyak tanjakan-turunannya. Latihan bisa dibilang nyaris sempurna sebelum gue ngeh kalo gue lagi ada di daerah rumah seseorang yang menyebabkan masalah di hidup gue beberapa hari belakangan. Begitu ngelewatin rumahnya, konsentrasi gue langsung kacau. Mobil yang tadinya stabil langsung meluncur ga terkendali dan nyaris nyemplung got di depan rumahnya. Aaarrrgghh..!! Latihan yang sempurna berakhir dengan menyebalkan, untung aja pelatihnya (yang sedikit shock juga) bisa nenangin gue lagi. Ada yang lucu setelah latihan. Murid selanjutnya setelah gue adalah seorang ibu2 yang rumahnya di sekitar wilayah itu juga, yang alesannya ngambil kursus setir untuk kasih surprise suaminya yang ultahnya beberapa minggu lagi. Gue yang udah selesai latihan tapi males pulang naek angkot dengan alasan panas, akhirnya nebeng terus mobil latihan sampe tu mobil balik ke depok. Nah cuma nih ibu ternyata ada permintaan khusus sama pelatihnya, dia minta jemput anaknya sekolah dulu di daerah parung sebelum mulai latihan. Karena pelatihnya sangat baik hati, akhirnya kita bertiga meluncur lah ke sekolah sang anak. Sampe sana ternyata belum bubaran sekolah, jadilah kita nunggu di depan sekolah. Gue n pelatih tetep duduk manis beradem2 ria di dalem mobil, sedangkan si ibu2 tadi milih untuk bergabung dengan ibu2 penjemput lainnya. Begitu sekolah bubaran, kita langsung menuju depok. Suasana di dalem mobil udah kayak keluarga bahagia mau pergi piknik karena ketambahan 1 bocah SD lagi. Haha. Yah walaupun sempet ngalamin kejadian bete, tapi overall latihan hari ketiga termasuk menyenangkan.

DAY 4

Hari ke-4 ini bener2 kacau. Gue dapet mobil (xenia lagi) dan pelatih yang sama2 ga enaknya. Si pelatih entah sedang ada masalah sama istrinya atau apa tapi gue ngerasa orang ini sedang dalam mood yang tidak baik. Ngajarinnya uring2an n sensi banget dah kayak cewek mau dapet tamu bulanan. Kalo lagi ga puasa bisa2 adu bacot gue sama tu pelatih. Karena dapet pelatih yang ga enak lagi, gue sampe berpikir suuzon kalo pihak kursus setir sengaja ngasih gue pelatih yang selang/i enaknya, sehari enak sehari ga. Mobil yang gue pake latihan pun tampak rewel juga, kayaknya tu mobil udah minta di-service (sok tau). Ga tau cuma perasaan gue atau ga tapi setir mobilnya berasa ga balance. Dalam keadaan lurus kan seharusnya logo merek mobil yang ada di bagian klakson posisinya lurus, tapi di mobil ini malah mencong sekitar 30 derajat ke arah kanan. Jadi kalo gue berusaha ngelurusin setirnya, tu mobil jadi malah kayak belok ke kiri dan hal itu bikin pelatihnya jadi makin sensi aja ngajarin gue yang sering banget ngarahin mobil terlalu mepet kiri. Gara2 dapet mobil dan pelatih yang ga enak, waktu latihan yang 1 jam itu berasa jadi lama banget. Di akhir latihan, kejadian di hari ke-2 pun terulang lagi. Sebelum gue kasih tip, dia udah minta duluan (yang tadinya galak tapi pas minta uang rokok langsung mendadak berubah ramah gitu..hish..). Lengkaplah sudah penderitaan gue hari itu.

DAY 5

Hari kelima gue akhirnya ganti mobil, pake honda jazz. Pelatihnya adalah pelatih di hari pertama. Latihan dibawa ke tempat yang lumayan jauh yang medannya banyak turunan dan tanjakan lumayan curam plus saat itu lagi jam macet. Sempet sedikit curcol sama pelatihnya soal latihan di hari sebelumnya yang bermasalah itu. Dan si pelatih yang baik hati inipun ngasih saran sama gue untuk request pelatih aja ke tempat kursusnya supaya kejadian di hari sebelumnya ga keulang lagi. Begitu kelar latihan akhirnya gue langsung telpon ke tempat kursus pusatnya cuma kok ga ada jawaban ya..?? Ya mungkin harus dateng langsung kali ya.

41 komentar:

penyejuk iman mengatakan...

mau donk ngajarin. aku pengen belajar tapi gk punya mobil*nah. di deket rumah ada tu d cinere square. biaya nya berapa kalo belajar tuh?

Acha Satmoko mengatakan...

kalo ikut kursus stir mah pake mobil dari sana kali..soal biaya sih tergantung paket yang diambil..kalo gue ambil paket yang 1 jam 10x pertemuan sekitar 500ribu..

Anonim mengatakan...

kok murah ya, aku sedang mau beljar nyetir mobil harganya 1jutaseratus ribu , 12 jam , 6 x pertemuan saja

Acha Satmoko mengatakan...

ambil kursus dimana??
kalo di depok kisaran harganya paling mahal ga sampe 1 juta setau saya..

Anonim mengatakan...

nice share :D
btw, boleh minta alamat + CP kursus mengemudinya ga?
kebetulan saya jg mau kursus ni :D

Acha Satmoko mengatakan...

saya sudah ga simpan brosurnya.. tempatnya di jalan nusantara depok..

Anonim mengatakan...

wah sayang bgt ya, tapi klo nomor Hp kamu ada kali ya? Tenaang...gw bkn mw neror, just a friend,

Acha Satmoko mengatakan...

let's be a friend in the cyber world..it's weird if i share my phone number to the strangers i never know..sorry.. :)

Anonim mengatakan...

Nama tempat kursus mobil'a apa non?gue lg nyari yg murah ni non,nanti'a kalo udah bisa nyetir mau buat nyari rizki,plis share non.

Acha Satmoko mengatakan...

di pesona jaya depok..

Anonim mengatakan...

bisa kasih tau nama supir yg gak ngenakin itu gak mba??dah ndaftar soalnya di tmpat kursus itu..:)

Acha Satmoko mengatakan...

kalo belajar nyetir mah supirnya kita sendiri atuh. hihihi. pelatih mungkin maksudnya. saya lupa namanya, udah lama banget soalnya. pelatih biasanya di rolling kok. jadi ya tergantung nasib aja dapetnya yang enak atau yang ga. semangat!!

KeYoyFit Kefir mengatakan...

Ow.. di Nusantara ya... deket rumah tuh, nanti aku cambangin. Memang niat banget pengen belajar stir mobil.

Acha Satmoko mengatakan...

semoga cepet lancar ya nyetirnya.. :)

Rika Aprilia mengatakan...

Saya jg baru mau daftar, di web bilangnya boleh request mobil. Bener ga sih? -_-

Acha Satmoko mengatakan...

setau saya emang bisa..tapi dulu saya sih mintanya ganti2 mobilnya biar bisa ngerasain semuanya..jadi kalo musti bawa mobil gede atau mobil kecil ga kagok..

Anonim mengatakan...

yang tadinya galak tapi pas minta uang rokok langsung mendadak berubah ramah gitu....
parah amat yach......
amit amit dah,propesional gk tuh tmpat kursus?

Acha Satmoko mengatakan...

wah kalo itu saya no komen aja deh..

Herdian Sc mengatakan...

BTW keren mba cara penyampaian ceritanya, jadi serasa baca novel2.

Acha Satmoko mengatakan...

saya cuma nulis sesuai pengalaman aja pak, kalo bahasanya emang saya cuma bisanya nulis pake bahasa santai aja :)

Anonim mengatakan...

berarti neng acha udah jago dong nyetir nya ? udah punya SIM blm ? hehe

Acha Satmoko mengatakan...

sejak selesai kursus saya ga pernah bawa mobil, dilarang ortu karena belum punya SIM juga..sekarang kalo disuruh nyetir ya kagok lagi jadinya..

GroovyJester mengatakan...

Numpang Promo ahh..
Klo Mau Kursus di Depok Ada Dirgantara Jaya:
Tlp : (021) 94235184
Ga sampe Sejuta kok..:)

Roslianna Driving Course mengatakan...

Wah kasihan sekali sista, murah sih harga kursusnya, tapii.... Sebagai referensi kalau mau yang benar-benar OKE cekidot link berikut aja yaa:

http://ayatakarai.blogdetik.com/2013/11/16/driving-course-rdc-depok-part-1/

http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/09/25/pengalaman-belajar-mengemudi-mobil-di-rdc-1/

http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/10/

http://dyahseptatiani.wordpress.com/2013/11/

Anonim mengatakan...

sekarang udah bisa blom non..??aku udah kursus tapi ko susah bgt buat lancar yaa,,bodoh bgt sih gue..

Acha Satmoko mengatakan...

kalo lama ga nyetir biasanya kagok lagi, tapi biasanya setelah itu lancar sendiri sih, sering2 latihan sendiri aja, dan jangan takut sih intinya

Anonim mengatakan...

baiklah jika demikian..aku harus coba..!!!

Veby Black Panda mengatakan...

Alhamdulillah aku juga di sana latihannya dah pertemuan ke 6 dan lancar" aja.

Bener itu nasib nasiban dapet instruktur, syukur bgt aku dapetnya yg enak mulu dan sering ktmu ama yg itu itu lagi walaupun gak request .

Kalo yg mau latian request aja nmnya abang adi sama abang deni itu org sabar, baik ,ramah asik deh malah latian berasa cepet bgt. Malah mereka gak pernh mnta uang tip.

Kalo belajar juga kasih tau kira kira kita msh kurang dimana n mau latihan ngapain biar klo msh ada yg belom bs . Bisa di ajarin lagi sama instrukturnya

Acha Satmoko mengatakan...

alhamdulillah sih sekarang udah lancar, mungkin karena pakai matic mobilnya jadi ga kagok2 lagi gara2 koplingnya. hehehe. saya dulu instrukturnya sama mas ipong yang tinggi kurus itu. dia juga enak tu ngajarinnya.

Enjoy My Experience mengatakan...

Bener banget mba pengalamannya sama kaya aku. Hari pertama aku udah ditagih uang makan, sebenernya tanpa perlu ditagih aku pun ngerti dengan cara pelatihnya bilang kalo mereka dibayar per jam doang. Kalo cuma 1 orang yg kursus dan cuma ambil 2 jam ya dibayarnya sebesar 2 jam itu. Cuma yg aku ga senengnya ditagih gitu haha kaya punya utang aja, trus pelatihnya pas latihan ngomongnya pun agak nyeleneh alias songong. Huffft jadi bete sendiri :(

Acha Satmoko mengatakan...

disitu juga kah kursusnya?

sebenernya ngajarnya lumayan enak beberapa pelatihnya cuma yg bikin ilfil ya itu cara minta tips di awal belajar. malesin banget.

trus sekarang udah lancar dong ya nyetirnya?? :)

GroovyJester mengatakan...

Kursus Stir Mobil " DIRGANTARA JAYA " adalah kursus yg pertama di kota Depok, Memiliki Pengajar yang Berpengalaman dan Profesional, dengan fasilitas Private. Berdiri sejak 1996..

10 x Pertemuan : Rp.700.000,-
8 x Pertemuan : Rp. 590.000,-
7 x Pertemuan : Rp. 520.000,-
3 x Pertemuan : Rp. 250.000,-

MANUAL & AUTOMATIC

Melayani Biro Jasa SIM dan Perpanjangan STNK.

Pusat :
- Jl. Akses UI No. 80, Pal Kelapadua, Cimanggis – Depok (021) 9423 5184 / 2629 5318

Cabang :
- Jl. GAS ALAM RAYA NO.43 TLP.021-920 80882

- LPK INDO DARMA, Jl. Raya Bogor Km. 29 No. 78, dpn. RS. TUGU IBU, Cimanggis (021) 872 4457

- Jl. RADAR AURI (SAMPING BENGKEL HONDA DMS) (021) 920 80882

- Jl. Ciherang Raya No. 40, Kopasus, Sukatani (021) 9122 4454 ; 8774 3657

- Jl. Raya Mekarsari No. 8 (Mekarsari Motor), Cimanggis – Depok (021) 9289 8112

- Jl. Pekapuran, depan Perumahan Bumi Cimanggis Indah (021) 9779 7930

- Jl. Gas Alam, KOMP.HBTB Blok B1 No.3 (021)8741000

Mardianto Palimbong mengatakan...

sangat bermanfaat share'a
Besok gw baru mulai les privat mobil juga, mudah2an lancar, dan yg paling penting dapat pelatih yang oke, itu salah satu yang menentukan kita cepat mengerti atau tdk...hhe thanks ya

Acha Satmoko mengatakan...

sama harus berani sih. kadang ada yang masih paro karena langsung turun ke jalan akhirnya malah jadi ga berani terus

Bagus Ajie mengatakan...

Mau coba ah kira2 klo sekarang berapa ya ?

hypermart team mengatakan...

Murah amat,,,itu nama kursusnya apa?

Acha Satmoko mengatakan...

untuk harga sekarang saya kurang tau, coba tanya aja langsung ke tkp. nama tempat kursusnya pesona jaya.

Unknown mengatakan...

Saya justru punya pengalaman bagus di Pratama Jaya. Tapi mmg harus bikin appoinment dgn pelatih yg satu ini. Usianya sdh senja, tp pintar dan sabar saat melatih. Saya tdk tau namanya, kami hanya menyebutnya sbg Pakde krn mungkin beliau yg tertua di sana.

adinda rahmadini mengatakan...

Aku mau nanya dong black panda, btw bang deni tuh yg mana ya? Mobil latiannya dia apa? Sama bang adi juga yg mobilnya apa? Aku mau kursus mobil juga nih, makasih yaa

dwi retnoningtyas mengatakan...

Mba jd kursusnya di pesona jaya atau pratama jaya mba?

Acha Satmoko mengatakan...

pesona jaya

Posting Komentar