Rabu, 17 Agustus 2011

Nyamannya Menabung di BNI Syariah


Lagi iseng browsing eh ketemu berita tentang adanya lomba blog yang diadakan oleh Republika bertemakan BNI Syariah. Hasrat blogging saya langsung memanggil apalagi belum lama ini saya memang punya pengalaman pribadi dengan BNI Syariah ini.

Sebelumnya saya sudah menjadi nasabah BNI (konvensional) selama beberapa tahun (sebelum ada BNI Syariah). Rekening tabungan pertama yang saya punya (sewaktu kelas 1 SMA) pun adalah Taplus BNI. Selama kuliah, saya diharuskan punya tabungan BNI karena sistem pembayaran kuliah di kampus saya (Undip) menggunakan fasilitas autodebet dari BNI. Yah walau saldo tabungan saya hampir selalu mepet saldo minimal (namanya juga mahasiswa..hehe..) tapi saya merasa sangat puas dengan layanan bank ini.

Perkenalan saya dengan BNI Syariah terjadi belum lama ini, tepatnya bulan lalu saat saya mencari informasi tentang tabungan yang ramah administrasi bulanannya (maklum saya sedang belajar menabung hasil keringat sendiri yang memang tidak seberapa) tapi mempunyai fitur2 layanan yang lengkap. Pilihan saya sejak awal memang cenderung ke bank syariah, selain karena menghindari riba, saya sangat terbantu dengan produk tabungan bank syariah yang saldo pembukaan awalnya relatif kecil (BNI Syariah sendiri hanya mensyaratkan Rp100.000,- untuk pembukaan awal rekening Tabungan iB Hasanah) dibandingkan dengan bank konvensional yang mensyaratkan saldo awal pembukaan tabungannya cenderung besar (biasanya Rp500.000,-).

Setelah beberapa hari mencari informasi tentang berbagai macam bank syariah (via google, website resmi berbagai bank syariah, blog orang lain, facebook, serta forum2 online lainnya) dan berbagai jenis produk tabungannya, akhirnya saya memutuskan untuk kembali membuka rekening tabungan BNI (secara tabungan BNI saya terdahulu sudah tidak aktif karena dibawah saldo minimal karena tidak pernah diisi sejak lulus kuliah 2009 lalu..hehe..), namun kali ini saya memantapkan hati untuk memilih BNI Syariah.

Awalnya saya bimbang apakah akan memilih program tabungan yang sedang digalakkan pemerintah sejak tahun lalu (TabunganKu yang bebas biaya administrasi bulanan) atau Tabungan iB Hasanah dari BNI syariah yang juga ringan biaya administrasi bulanannya. Agar tidak ragu, akhirnya pada tanggal 21 juli lalu saya bersama seorang teman mendatangi cabang BNI Syariah di kota saya (Depok), di sana kami di sambut dengan pelayanan yang ramah. Saya mendapat penjelasan lengkap tentang Tabungan iB Hasanah dan juga TabunganKu yang ternyata juga menjadi salah 1 produk tabungan di BNI Syariah (awalnya saya kira TabunganKu hanya ada di bank2 konvensional saja). Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya memutuskan untuk membuka TabunganKu iB hari itu juga, begitu juga dengan teman saya yang merasa tertarik untuk membuka TabunganKu iB setelah mendapat penjelasan dari CSO yang hari itu menerima kami (mbak Sulis namanya..hehe..). Yang menarik adalah saat pembukaan rekening, kami juga bisa langsung berinfak. Sambil menabung bisa membantu sesama. Selain itu, bila ingin menabung, saya bisa melakukannya di semua cabang BNI terdekat (baik Syariah ataupun konvensional).

Selain mendapat penjelasan tentang produk tabungan, saya juga mendapat penjelasan tentang produk perbankan lainnya yang dimiliki oleh BNI Syariah. Dari semua produk yang ditawarkan, saya sangat tertarik dengan Deposito iB Hasanah yang saldo minimalnya juga tidak memberatkan kantong saya (dengan Rp1.000.000,- sudah bisa punya deposito di BNI Syariah..menarik bukan). Jujur saja, sejak dulu saya sangat ingin punya deposito sebagai salah 1 bentuk simpanan uang yang tidak bisa saya ambil seenaknya (saya termasuk orang yang sulit sekali mempertahankan uang di tabungan karena sering tergiur belanja itu dan itu), namun lagi2 karena besarnya saldo minimal deposito yang ditetapkan bank konvensional sangat besar dan belum menjangkau kantong saya, keinginan saya itu baru sebatas impian saja. Tetapi saat mengetahui bahwa BNI Syariah menawarkan deposito dengan saldo minimal yang tidak terlalu besar (untuk saya), saya seperti mendapat angin segar. Impian saja untuk punya deposito akhirnya bisa terwujud.

2 minggu setelah saya membuka rekening TabunganKu iB (5 agustus 2011 ), saya kembali kesana (BNI Syariah Cabang Margonda Depok) untuk mengambil kartu ATM dan mewujudkan keinginan saya untuk memiliki deposito dengan membuka Deposito iB Hasanah. Kebetulan saat itu saya baru saja mendapat sedikit rezeki lebih dari hasil penjualan kerajinan tangan yang saya buat dan juga hasil penjualan laptop lama saya. Dengan jumlah uang yang saya miliki tersebut, tidak mungkin saya bisa memiliki deposito di bank konvensional, namun BNI Syariah mampu mewujudkan impian saya tersebut.

Begitulah kira2 pengalaman saya dengan BNI Syariah yang bisa saya bagikan. Harapan saya sebagai nasabah, semoga BNI Syariah bisa terus menjaga kualitas dan meningkatkan pelayanannya terhadap para nasabah agar semakin banyak orang yang yakin untuk menabung ataupun berinvestasi dengan cara yang halal di BNI Syariah.

54 komentar:

aquamarine mengatakan...

Waw alhamdulillah ada deposito di BNI syariah dengan nominal relatif terjangkau. Jadi tertarik belajar berdeposito walaupun masih kuliah.

Acha Enwe mengatakan...

Aquamarine : wah kita sama ternyata..dengan nominal deposito yang ga setinggi di bank konvensional emang ngebantu banget buat orang2 yang ingin berinvestasi di deposito tapi ga punya uang banyak kayak kita..
Btw,terimakasih sudah berkenan untuk mampir dan melihat2 blog saya.. :)

endah mengatakan...

Tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan acha, saya pun merasa tertarik untuk membuka rekening tabunganKu sewaktu mengantar dia ke BNI Syariah, padahal awalnya saya hanya ingin mengantar saja, tapi setelah saya dengar penjelasan dari CSnya, saya jadi tergoda untuk membuka rekening.Selain itu saya juga tertarik untuk membuka deposito di BNI Syariah karena memang terjangkau...

Acha Enwe mengatakan...

@ endah : haha..dasar lu en..bahasa lo resmi banget dah..ckckck..btw, tu ATM lo dah diambil belom tu?? keburu di destroy dah..terlalu sibuk sih ibu yang 1 ini.. :p

mahend mengatakan...

nice info, ayo nabung... :)

Pelajar Pulsa mengatakan...

biaya adm/bln berpa?
Setoran awal berapa?
Apakah pelajar bisa?

Acha Enwe mengatakan...

@ mahend : setuju..ayo nabung yang banyak biar cepat kaya..hehe..btw,terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.. :)

@ pelajar pulsa : kalo tabungan yang saya pilih sih bebas administrasi bulanan (tabunganKu iB)..tapi kalo tabungan iB Hasanah setau saya biaya administrasinya Rp2.500/bulan..untuk informasi lebih jelas (baik syarat2 pembukaan rekening ataupun produk tabungannya) bisa cek ke websitenya langsung di www.bnisyariah.co.id..semoga membantu.. :)

Anonim mengatakan...

mba acha..
Tgl d depok yaa?

Aq punya 2 tabungan yg aq buka d margonda depok..
Satu simpeda syariah d bank dki syariah..
Dan tabunganku ib d bni syariah margonda juga..

Klo d bandingkan, antara kduanya..
Mnurutqu lbih baik mnabung di bank dki syariah,
sbab sistemnya mudharobah dan tnpa biaya admin perbulan..

Klo bni syariah, tabunganku.. Tidak ada bagi hasilnya perbulan..
Tapi klo simpeda syariah stiap awal bulan pasti mndapat bagi hasil..

Utk deposito bank dki syariah..
Aq juga baru mncobanya, setoran awal minimal 1 juta juga..

Acha Enwe mengatakan...

Kalo saya milih BNI syariah soalnya biar gampang kalo mau narik uang tunai dan belanja online..hehe..soalnya kan bisa tarik tunai di ATM BNI konvensional juga..oLshop langganan saya juga kebetulan pake akun BNI untuk sistem pembayarannya..di BNI Syariah juga ada tabungan yang bagi hasil tapi saya sengaja pilih tabunganKu biar bisa ikut mensukseskan program pemerintah..hehe..btw,terimakasih sudah berkenan mengunjungi blog saya.. :)

Varez mengatakan...

Saya juga kebetulan punya deposito tapi di BRISyariah, kalau di BNISyariah nisbahnya berapa? untuk setara bank konvensional?

Acha Enwe mengatakan...

kebetulan saya ambil deposito dengan jangka waktu setahun dengan pembagian 70:30..seingat saya beda jangka waktu beda juga besaran nisbahnya..biar jelas mungkin bisa liat info mengenai deposito BNIsyariah di websitenya langsung aja.. :)

ririn surini mengatakan...

Makasih mba infonya..
jadi pengen nabung di bank BNI Syariah jg..

Acha Enwe mengatakan...

sama2.. :)
emang berasa lebih nyaman kalo nabung di bank syariah yang bebas riba ya..

ocky nisa mengatakan...

good info thanks mb Acha...

Acha Satmoko mengatakan...

sama2 :)

initials04 mengatakan...

Mungkin punya teh acha akadnya wadiah jadi gratis. Tapi kalo akadnya mudharrabah bayar 5000/blan. Kata si kaka cso jika saldo banyak maka akan berlipat dg sendirinya makanya harus rajin menabung.

djodi mengatakan...

hey acha pngn nanya deh klo saldo minimalnya brapa d atm bni syariah thx salam knal ya sama orang depok hehe

Acha Satmoko mengatakan...

@ initials04 :
iya tabungan saya memang yang akadnya wadiah karena termasuk produk tabunganKu, bebas biaya administrasi tapi ga dapat bagi hasil..kalau yang mudharabah memang kena biaya administrasi tapi dapat bagi hasil tiap bulan..

@ djodi :
kalo saldo minimal kayaknya sama kayak saldo awal pembukaan rekening deh..coba diliat di halaman belakang sampul buku tabungannya biasanya ada keterangan minimal saldonya..atau biar lebih jelas coba lihat di websitenya langsung atau bisa tanya sama CSO di BNI Syariah terdekat..

Adzra Alexanda mengatakan...

Saya berniat untuk membuka rekening baru untuk transaksi toko online saya,dan saya putuskan untuk buka rekening syariah..awalnya bingung juga mau pilih bank yg mana.Setelah muter2 di google, baca sana baca sini..dan akhirnya setelah nemu blog ini, semakin saya mantapkan untuk buka rekening di Bni SYARIAH.apa lagi ada fasilitas Internet dan sms banking yg membuat saya semakin nyaman..

Acha Satmoko mengatakan...

ikut senang kalau kamu bisa terbantu dengan tulisan saya ini..btw,semoga bisnis online-nya semakin lancar.. :D

koetjing van java mengatakan...

BNI syariah untuk yang iB Hasanah ada 2 akad, yang Wadiah sama Mudharabah. yang Wadiah kita bebas administrasi tapi nggak dapet bagi hasil...

Acha Satmoko mengatakan...

iya memang seperti itu..kan saya juga sudah bilang sebelumnya..coba lihat lagi komen saya di atas.. :)

Udhin Ghan mengatakan...

Yoi

Udhin Ghan mengatakan...

Bisa dicoba tu mbk

Rizka Muslimaturrohmah mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai tabungan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4644/1/slide%20sidang%20(eko%20mardiyanto-46209452).pdf

Masykur Widhiyatmoko mengatakan...

salam kenal,,,, sesama alumni diponegoro,,
terimakasih mbak atas blognya..cukup menambah pengetahuan soal bni syariah
nama belakang kita agak mirip
-masykur widhiyatmoko-

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. senang bisa berbagi.. :)

fatma sw mengatakan...

kak ikut tanya, aku punya rek bni konvensional dan aku rencana mau buka tabunganku bni syariah. kalo aku nggak nabung selama beberapa bulan tapi aku transfer terus dari rek bni konven apakah rekeningnya ditutup? saldo minimal/mengendapnya berapa?

Acha Satmoko mengatakan...

maksudnya kamu bakal transfer dr rek BNI ke BNI Syariahnya gitu ya?? kalo gitu kan tetap ada transaksi jadi ga mungkin ditutup.

kalo saldo minimalnya sih sesuai jumlah minimal pembukaan rekening ya. misal saya kan pakenya tabunganKu yang setoran awalnya 20rb, jadi ya saldo minimalnya ya 20rb itu. CMIIW.

nam suicide mengatakan...

asyik banget obrolannya.
jdi tertarik nie buka tabungan!!!

kasih saran donk.
tabungan yg cocok buat ku.

Acha Satmoko mengatakan...

saran saya sih mendingan datang langsung aja ke bank dan konsultasi langsung sama CS-nya.. ceritain tabungan seperti apa yang kamu butuhin, nanti pasti akan dicarikan yang sesuai kebutuhan kamu.. saya bukan orang bank soalnya.. takut salah kalo kasih advice.. :)

nam suicide mengatakan...

OK deh...
seperti'nya saya akan buka tabungan yg jenis 'tabunganku'
Thanks saran'y!!!

Acha Satmoko mengatakan...

senang bisa membantu.. :)

nam suicide mengatakan...

hai..
aku dah jadi buka Tabungan di BNI..nih
baca juga review ku TabunganKu iB bni

http://panicatcampus.blogspot.com/

rima yunita mengatakan...

kalo tabungan bni syariah ngambil uang di atm bni konvensional kena bayaran lg ga?

Acha Satmoko mengatakan...

ga kok..soalnya kedua bank itu masih 1 sistem..jadi kalo BNI Syariah ambil di BNI konv atau sebaliknya ga kena charge lagi..kecuali ambilnya di ATM bersama yang beda bank..

Miftah Fauzi mengatakan...

Alhamdulillah saya juga sudah jadi nasabah BNI syariah cabang Tasikmalaya.
Trimakasih

Acha Satmoko mengatakan...

sama2..saya cuma share pengalaman pribadi saya saja, tapi alhamdulillah kalo bisa membantu yg lain.. :)

Hakik mengatakan...

Kalau iB TabunganKu, fitur nya ada yang di batasi nggak? Misal tidak bisa internet banking atau hanya tidak dapat bagi hasil saja. ?

Acha Satmoko mengatakan...

setau saya masih bisa internet banking tapi mungkin tergantung kebijakan masing2 bank-nya kali ya.

Anonim mengatakan...

Ada Acha Enwe ada Acha Satmoko, PP nya beda2. orangnya sama ga sih?

Nice sharing bu... Saya lagi mempertimbangkan Tapenas di BNI konvensional atau BNI Syariah.

Acha Satmoko mengatakan...

PP-nya posenya beda, tapi orangnya masih sama. Acha Enwe itu nama cyber saya dulu, setelah ayah saya wafat saya ganti nama belakang pakai nama ayah saya.

kalo ngincernya bunga yang besar sih lebih baik yang konventional.

Ernaz Cendana mengatakan...

Kalo tabungan hasanah wadiah bebas biaya admin juga kok mbak,,,

Ernaz Cendana mengatakan...

Yg lbh bgus lgi bri syariah gan,biaya gratis,cek saldo atm,atm bersama,atm prima gratis,,,transfer kesemua bank melalui atm bri gatis,setoran. Awal 50.000

Ernaz Cendana mengatakan...

Kalo tabunganku iB,trnsfer ke bank lain ada biaya gk sis??

Acha Satmoko mengatakan...

tabungan syariah itu dibedakan jadi 2, yang akadnya wadiah atau mudharabah. semua tabungan yang akadnya wadiah emang tanpa administrasi bulanan tapi tanpa bagi hasil juga. beda dengan mudharabah yang ada administrasi bulanan tapi dapet bagi hasil tiap bulannya.

kalo untuk transfer ke bank lain diluar jaringan BNI pake tabunganku kena biaya setau saya, tapi ga tau berapa soalnya saya ga pernah pake transfer ke bank lain.

soal BRIS saya juga sudah pernah tulis di posting saya yang lain. saya bandingkan antara deposito dan tabungan di kedua bank itu (BNI Syariah & BRIS). Intinya kalo untuk tabungan saya juga sarankan BRIS tapi kalo untuk deposito saya lebih pilih di BNI Syariah karena ga ada pinaltinya.

wisdamayasari2 mengatakan...

Yuukk buruan nabung di danamon dengan 5 kelebihannya😊

Danamon Lebih



MANFAAT

A. Danamon LEBIH merupakan produk tabungan yang memberikan fitur 5 Kelebihan dalam 1 Tabungan yaitu:

-Bebas Biaya Admin: Nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.
-Cashback 5%: Nasabah akan mendapatkan cashback dalam transaksi pembelanjaan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Danamon LEBIH (minimal Rp200.000 per transaksi, cashback sebesar 5% dan maksimum Rp50.000 per bulan)
-Transfer Lebih Murah dan Bebas Biaya Tarik Tunai: Bebas biaya tarik tunai di ATM Bersama dan ALTO (minimum saldo sebelum transaksi Rp5 juta). Maksimal 100 kali dalam 1 (satu) bulan
-Gratis Asuransi Jiwa: Nasabah akan berhak mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan secara Gratis senilai Rp10 Juta selama 6 bulan sejak tanggal pembukaan rekening
-Banyak Hadiah

Minat call me yaa 085330632277

Anonim mengatakan...

saya punya tabungan bni konvensional, apakah jika saya transfer/ kirim uang ke BNI syariah bisa langsung sampai? soalnya klo transfer pada bank yang berbeda sampainya lama. saya pernah kirim pagi sampainya sore setelah bank tutup. bagaimana kalo dari BNI konvensional ke BNI syariah?

Jajang Kurniawan mengatakan...

Saya pake tabungan BNI syariah TAbunganku iB sama tabungan iB hasanah akad wadiah. Semuanya gratis. Mantaappp

Achmad Nur Arifin mengatakan...

Bagi pengalaman dong :(

Fajri Rahmi mengatakan...

terima kasiih infonya. sangat membantu :)

yofan azzam mengatakan...

saya baru kmrin buat BNI syariah.saya bilang ke CSO nya mau buat yg akad wadiah.pas sampe rumah liat buku tabungan.ko ga ada yg diceklis yaa akad wadiah atau mudhorobah..aku buat karna ikutin temen karna kata dia saldo bisa sampe nol dan bebas admin.tapi uang 50 rebu aku ko ga bisa diambil yaa

yofan azzam mengatakan...

saya baru kmrin buat BNI syariah.saya bilang ke CSO nya mau buat yg akad wadiah.pas sampe rumah liat buku tabungan.ko ga ada yg diceklis yaa akad wadiah atau mudhorobah..aku buat karna ikutin temen karna kata dia saldo bisa sampe nol dan bebas admin.tapi uang 50 rebu aku ko ga bisa diambil yaa

yofan azzam mengatakan...

saya baru kmrin buat BNI syariah.saya bilang ke CSO nya mau buat yg akad wadiah.pas sampe rumah liat buku tabungan.ko ga ada yg diceklis yaa akad wadiah atau mudhorobah..aku buat karna ikutin temen karna kata dia saldo bisa sampe nol dan bebas admin.tapi uang 50 rebu aku ko ga bisa diambil yaa

Posting Komentar