Kamis, 02 September 2010

moments to remember (part 1)

seperti janji gue di posting sebelumnya, di posting ini gue bakal nulis semua kejadian caur yang (entah sengaja dibuat atau tidak) berlangsung selama 3 bulan di Semarang. semoga posting ini bisa jadi sarana buat ngobatin kangen sama masa2 seru kita dulu di Semarang. selamat membaca..!! jangan sampe cekikikan sendiri ya (apalagi kalo bacanya di warnet), ntar dikira orang gila lagi..

..PERTAMA..

pertama kali anak2 caur jalan bareng (selain ke elrina sama cari makan) adalah waktu furi ngajakin anak2 buat nemenin dia “setor muka” sama keluarga kakak iparnya yang tinggal di daerah puspogiwang (thanks puy infonya..hehe..). seinget gue sih kita kesana cuma bertiga (gue, furi, pongky), kalo salah mohon diralat ya. rencananya sih cuma sebentar doank, tapi ternyata karena diajak cerita banyak  sama besan keluarganya furi (salah 1-nya tentang angin duduk yang bikin pongky geli) jadinya kita disitu lumayan lama sampe2 kita ditawarin untuk makan malem.

pas makan malem inilah terjadi 1 kejadian memalukan. kita yang pada (sok) malu2 nerima tawaran makan malem itu maen lempar2an siapa yang duluan ambil makanan. setelah debat2 ga penting akhirnya kita sepakat kalo urutannya berdasarkan umur yang otomatis pongky duluan yang harus jadi orang pertama yang ngambil makanan. masih (sok) canggung, pongky akhirnya minta ambilin nasinya sekalian sama saudaranya furi (kalo ga salah ade ipar kakaknya furi, tapi ga tau namanya siapa) yang ngasihin piring ke kita. begini kira2 kejadian memalukan itu..

sodaranya furi : “ayo jangan pada malu2..” (sambil ngasihin piring)

pongky : “nasinya diambilin aja deh mbak..punya saya sedikit aja..” (kata pongky pas sodaranya furi ngambilin nasi buat dia dengan alasan dia udah makan cukup banyak jajanan yang disuguhin di ruang tamu)

sodaranya furi : “segini cukup..??” (sambil nunjukin porsi nasi di piring untuk pongky)

pongky : “hhmm..sedikit lagi deh mbak..”

(disini anak2 caur yang laen dah cengar/i nahan ketawa)

sodaranya furi : “segini..??” (nunjukin porsi nasi yang udah ditambahin)

pongky : “tambahin dikit lagi deh mbak..” (cengir2 tanpa rasa bersalah)

semua orang yang ada disitu akhirnya ketawa ngakak. sodaranya furi langsung pasang tampang ilfil, gue yakin dia gondok banget tu pasti, mungkin dalam hatinya dia bilang, ‘tadi katanya minta dikit..!!’ wkwkwkwk..!! dan malam itu pongky akhirnya tetep makan dengan porsinya yang biasa.

..KEDUA..

masih kelanjutan cerita di atas, pulang dari rumah saudaranya furi, kita dibekelin masing2 1 besek makanan. kebetulan hari itu (bocoran dari furi lagi nih..) ada tantenya yang abis ngadain syukuran 7 bulanan. kita yang udah makan malam disana (dengan sedikit memalukan) awalnya berusaha nolak besek itu (kalo yang ini beneran bukan sok nolak) karena emang udah kenyang banget. tapi berhubung sang empunya hajat memaksa, plus ditambah alasan kalo kita adalah anak kost yang perlu asupan gizi lebih, jadinya kita akhirnya nerima besek2 itu juga.

sampe di kost, kita pada bingung mau diapakan makanan di dalem besek itu. di makan tapi perut dah kenyang, dibuang sayang, mau dikasih orang juga bingung ngasih siapa. kalo gue kasih furi, lah dia aja dah punya besek sendiri. hehehe. akhirnya kita anggurin si besek2 itu dan mutusin buat ngenet aja (tapi bukan googling cari tau harus diapakan besek2 itu loh..). pas buka YM, ternyata pongky udah duluan online dan langsung nanyain kabar dari besek2 kita. ternyata dia juga bingung dengan beseknya sendiri dan akhirnya memutuskan ngambil jalan keluar sendiri dengan makan tu nasi besek biar ga mubazir.

furi akhirnya nyaranin buat ngelakuin hal yang sama mengingat beberapa sayur dan lauk dimasak pake santan yang udah pasti bakal basi besok pagi. setengah terpaksa karena perut masih penuh, akhirnya kita mulai makan nasi besek itu juga. dan sesama orang yang ‘tersiksa karena makanan’, kita bertiga akhirnya saling menyemangati via YM. makan sesendok, istirahat sebentar, makan sesendok lagi, goyang2 badan (biar makanan yang udah ada di dalem perut jadi padet maksudnya supaya ada ruang lagi..kikikikik), makan sesendok lagi, tahan nafas supaya ga muntah. gitu terus selama kita (gue & furi) makan tu nasi besek.

dan setelah berjuang ngabisin nasi besek itu lebih dari 1 jam, gue sama furi akhirnya nyerah. kita bener2 ga kuat ngabisin. gue cuma bisa ngabisin lauknya aja dengan 1/4 nasi yang ada. sedangkan furi berhasil ngabisin semua lauk dan nyisain 1/2 nasi yang ada. dan salut buat pongky yang berhasil ngabisin seluruh isi besek walaupun (menurut pengakuannya saat itu) bikin perutnya bega banget. inget kejadian ini ga guys..?? parah banget yak kita, dah kayak kanibal makannya..

..KETIGA..

masih berhubungan sama cerita pertama. kejadian memalukan penambahan nasi 2x oleh pongky di rumah sodaranya furi itu ternyata cukup membekas dan ga gampang terlupakan walaupun dalam waktu lama, terutama buat sodaranya furi yang ngambilin nasinya pongky itu. ini terbukti waktu kita kesana lagi untuk yang kedua kalinya (kali ini bareng sama ortunya furi). pas kita ditawarin makan, kita di bikin ngakak lagi sama celetukan sodaranya furi itu yang entah dendam sama pongky atau terlanjur ilfil dengan kejadian makan malam pertama disana itu.

besan (bokapnya sodaranya furi) : “ayo2 silahkan..jangan malu2..”

gue, furi, dan pongky langsung menuju ruang makan diikutin sama ortunya furi yang nyuruh kita jalan duluan. tapi pas udah sampe di depan meja makan, kita ga ada yang bergerak duluan untuk ngambil makanan padahal orangtuanya furi udah nyuruh kita untuk ngambil makan duluan karena mereka masih ngobrol dengan sang besan. ngeliat kita yang cuma berdiri bengong liat2an di depan meja makan, sodaranya furi langsung ngeluarin celetukan yang ga disangka2.

sodaranya furi : “kenapa pada diem aja..?? yaudah ‘mas yang makannya banyak’ aja yang duluan..” (sambil nyodorin piring ke arah pongky)

pongky cuma bisa nerima piring itu dengan pasrah dan muka sedikit merah. gue dan furi yang udah geli banget terpaksa ga ketawa terlalu ngakak karena ga enak sama ortunya furi berserta besan yang saat itu juga ada sama kita dalam 1 ruangan. ortunya furi keliatan kebingungan sama apa yang barusan terjadi. pongky dengan agak lemes akhirnya ngasih komen pas kita bertiga udah ada di ruang tamu lagi (kita bertiga makan di ruang tamu).

pongky : “masih inget aja..” 

..KEEMPAT..

masih berhubungan sama makan banyak, gue pernah makan berdua doank sama pongky tapi pesen 4 porsi. itu pertama kalinya kita makan di warung nasi uduk samping kampus gue. gue sempet bilang ke pongky kalo disitu juga jual bubur jagung. dan karena gue ga bisa mendeskripsikan bagaimana rasa si bubur jagung itu dengan kata2 yang tepat akhirnya bikin pongky penasaran. awalnya kita udah pesen 2 porsi nasi uduk kornet, tapi karena pongky penasaran sama si bubur jagung yang gue rekomendasiin itu, akhirnya dia pesen lagi 1 porsi bubur jagung sosis.

pesenan kita lumayan lama dibuatnya, dan pas lagi nunggu pesenan itu, orang di meja samping kita pesenannya udah dateng duluan. dia pesen capcay yang memang tampak menggiurkan banget (karena tampak sangat bergizi, baunya enak, dan porsinya besar). dan emang dasarnya kita laper mata, akhirnya kita sepakat untuk pesen 1 porsi capcay lagi untuk berdua. hari itu akhirnya kita makan besar. gue makan 1 porsi nasi uduk kornet dan 1/2 porsi capcay, sedangkan pongky dengan menakjubkannya bisa menghabiskan 1 porsi nasi uduk kornet, 1/2 porsi capcay, plus 1 mangkok bubur jagung sosis. mantab pong..!!

..KELIMA..

masih soal makanan, gue pernah bikin pongky makan sampe menitikkan airmata (ga tau deh tu kategorinya nangis apa bukan). pongky yang baru pertama ke semarang, di awal2 keberadaannya disana sering banget minta diajak makan makanan khas semarang. dan salah 1 makanan yang gue rekomendasikan adalah nasi gongso. nasi gongso tu adalah nasi putih yang dimakan bareng sama gongso (tergantung pilihan, bisa telor, babat, atau ayam). pada saat itu pilihan pongky adalah gongso ayam.

kita makan di warung padi di samping kampus gue juga. berhubung gue sering makan disitu dan si pemilik warung tau kalo gue suka pesen makanan pedes makanya begitu gue yang pesen dia langsung bikinin pedes padahal pas pesen gue ga bilang nasi ayam gongsonya pedes. alhasil, pongky yang baru makan beberapa suap akhirnya banjir keringet karena kepedesan dan keluar sedikit airmata (suer dah..!!). dan begitu keluar dari tempat makan itu dia langsung ngomelin gue dan komplain tentang makanannya yang pedes itu, yang gue tangkis juga.  udah tau pedes, nyatanya bersih juga tu piring. wkwkwkwk..!!

..KEENAM..

udah ah jangan soal makanan terus. kali ini bahas yang lain aja dulu walaupun cerita yang berhubungan sama makanan juga masih banyak. kesannya kita tukang makan banget dah..!! hehehehehe..

entah idenya siapa, kita berempat dulu sering banget mainin pintu minimarket (ga minimarket doank sih, pokoknya semua tempat yang pintunya sejenis itu). tau pintu minimarket kan..?? pintu kaca yang kalo kebuka nutupnya sendiri pelan2 itu loh..!! nah pintu itulah yang jadi sasaran keisengan kita. nyaris hampir di semua tempat yang pintunya kayak gitu jadi tempat mainan buat kita.

jadi caranya mainnya, salah 1 dari kita yang masuk duluan harus buka pintu itu agak lebar dan ngelepasin pintu itu. sementara anak2 caur yang lain tetep nunggu diluar sambil ambil ancang2 buat cepet2 masuk ke dalem sebelum pintunya bener2 ketutup. ga jarang orang terakhir yang dapet giliran masuk harus menanggung malu karena kejepit pintu itu. wkwkwkwk..masa kecil kurang bahagia banget dah!! ga abis pikir sampe sekarang, kok bisa2nya ya kita semua ngelakuin hal bodoh ini berulang2 tanpa malu.

..KETUJUH..

biar ga bete di kost yang isinya seadanya, furi berbaik hati minjemin TV-nya ke pongky yang (saat itu) dititipin ke temen S1-nya dulu (mbak ida) di semarang. suatu hari akhirnya kita rame2 nemenin furi buat ngambil TV-nya itu di rumah mbak ida untuk dipinjemin ke pongky selama PKL di semarang. dengan semangat 45 akhirnya pongky bawa TV-nya furi ke kost-nya dengan harapan ga bakalan manyun aja kalo pas di kost karena bisa nonton TV.

entah karena TV-nya yang sensi sama pongky atau emang sinyal TV-nya yang jelek, tapi TV itu cuma bisa nangkep 1 saluran TV aja di jam2 tertentu pula. wkwkwkwk..!! kasian banget waktu denger pongky laporan ke furi soal TV-nya yang cuma berfungsi tiap jam 10 malem doank dan cuma bisa nangkep 1 channel TV yang di jam segitu nayangin acara yang dipandu sama tukul. itupun juga ga jernih gambarnya, tapi justru lebih di dominasi sama gambar semut. percuma jadinya minjem TV karena selama 3 bulan  cuma jadi tambahan pajangan di kamar kost-nya aja.

..KEDELAPAN..

selama PKL di semarang, gue yang hampir tiap hari ikut mereka nongkrong di restoran lumayan apal sama pembagian tugasnya pongky n furi pas cari responden buat ngisi quesioner. furi lebih sering nanganin responden yang harus dihubungin lewat telpon karena suaranya yang emang mendukung. suaranya furi tuh tipe suara CS banget. sedangkan pongky lebih sering diturunin buat nanganin responden langsung (terutama kalo respondennya wece2), secara emang dia mayan punya modal buat tepe2. wkwkwk..piss pong!!

pernah suatu hari ada sekelompok ibu2 heboh yang dateng ke restoran untuk makan siang. ngeliat orang2 yang bisa dijadiin responden, pongky langsung nyamperin ibu2 itu untuk ngasih quesioner. kebetulan meja si ibu2 itu ga jauh dari meja kita, jadi gue & furi bisa liat semua terjadi. biasanya proses ngebujuk responden untuk ngisi quesioner ga lama, tapi kali ini makan waktu lumayan lama. dan selidik punya selidik, ternyata pas pongky ngasih quesioner itu, malah dia yang diwawancarain sama salah 1 ibu disitu yang emang terlihat agak ganjen. dan pas pongky balik ke meja kita, setengah geli dia cerita kalo si ibu tadi berniat ngejodohin anak perempuannya sama pongky. ajigile tu ibu2 hebring..masa iya baru ketemu orang 1 kali dah maen mau diambil jadi mantu aja. segitu ga lakunya kah anak si ibu..?? wkwkwk..

..KESEMBILAN..

gue dan furi sempet pernah mau menyelundupkan pongky ke dalem ruang kuliah untuk ngasih tau dia gimana suasana perkuliahan di FH undip. kebetulan furi juga bilang kalo kangen sama suasana perkuliahan dan pengen ketemu sama Pak Maringan yang jadi dosen pembimbingnya pas skripsi dulu. berhubung saat itu gue emang lagi ngambil mata kuliah yang diampu sama beliau (perlindungan konsumen) dan karena ruangan kelas (P.310) dan jumlah mahasiswa (>50 orang) yang mendukung untuk melakukan penyelundupan itu, makanya gue setuju sama idenya furi. waktu penyelundupan akhirnya ditentukan yaitu pada saat kuliah terakhir mata kuliah itu.

sayangnya pas hari H ternyata rencana gagal. cuma furi yang berhasil menyusup ke dalam perkuliahan karena pongky lagi ada di jakarta (untuk dateng acara kawinan sepupunya kalo ga salah). kalopun pongky sedang ada di semarang, kayaknya bakal susah juga nyelundupin dia ke dalem kelas dan kemungkinan besar pasti bakal ketauan, secara badannya pongky segede gitu, agak susah juga ngebaurin dia di antara mahasisa2 asli yang badannya ga ada yang segede dia. belom lagi mukanya pongky yang old school, yang kayaknya bakal sangat mencurigakan kalo harus nyampur di antara muka2 mahasiswa yang masih pada fresh. hehehe..

..KESEPULUH..

sempet ada kejadian lucu di kost gue yang ngelibatin anaknya bapak kost gue (daffa). jadi waktu itu kita berempat lagi nyantai di teras kost seperti biasa. cuaca yang mendung dan angin semilir berhasil bikin pongky tidur. ga lama ujan deres emang turun, banyak petir juga. pongky akhirnya bangun setelah tempatnya tidur mulai kecipratan air ujan yang tampias ke teras. ga lama dia bangun tiba2 ada petir yang gede banget. kita semua yang ada disitu kaget banget.

belom abis rasa kaget kita gara2 si petir gede itu, tiba2 aja daffa, si anak bapak kost, lari ke teras dari dalem rumah beberapa detik setelah adanya petir itu dan langsung meluk pongky dengan muka ketakutan. pongky yang baru bangun n nyawanya belom sepenuhnya ngumpul cuma bisa bengong ngeliatin bocah 5 taun itu meluk dia. sementara kita bertiga (gue, furi, nico) yang jadi penonton cuma bisa ketawa ngakak ngeliat kejadian aneh itu.

ga lama kemudian daffa ngelepasin pelukannya dari badan pongky dan ikutan ketawa. sedangkan pongky masih dengan muka bengongnya ngeliatin daffa yang berubah ceria setelah meluk dia. dan setelah puas ketawa, daffa dengan santainya melenggang masuk lagi ke dalem rumah meninggalkan pongky yang masih bingung. bener2 aneh banget karena saat itu daffa lagi nonton TV sama ayahnya di dalem rumah, ngapain juga pas denger ada suara petir dia malah lari keluar dan meluk pongky..?? kenapa ga peluk ayahnya sendiri aja yang lebih deket..?? huahahahahaha..

sejak kejadian pemelukan tiba2 itu, pongky jadi waspada banget sama daffa kalo pas nongkrong di kost. gara2 itu juga anak2 caur yang lain sering cengin dia kalo daffa dah mulai caper dengan ikutan nimbrung sama kita di teras. sempet gue nyuruh daffa nyium pongky yang lagi tidur pules. alhasil pongky langsung kebangun dan nyap2, sedangkan daffa ketawa dengan bahagianya lagi. kekekekek..

1 komentar:

Sinungndaru mengatakan...

ahahahhahahha.. kak pongky,... wkwkwkwkwkwk :P

Posting Komentar