Sabtu, 10 Januari 2009

jogja holiday part 2 : teh vitalitas pria dan wisata pantai

Hari ke-2 di Jogja agak ga sesuai dengan rencana. Semua orang bangun kesiangan. Mungkin karena malemnya kita pada tidur jam 12 kali ya. Rencana awal yang kita pengen berangkat pagi biar bisa kelayapan ke tempat-tempat seru lagi jadi buyar. Kita malah bingung hari itu mau kemana aja. Setelah kompromi akhirnya kita sepakat buat nyerahin keputusan mau kemana hari ini sama mas guide kita yang teraniaya itu. He3..

Masih dengan muka bantal, belek, dan ileran (lebay banget deh..!!) kita akhirnya maen Uno yang kita sandra dari mas guide semalem di kamar cowok-cowok sambil ngumpulin nyawa. Pas maen Uno meluncurlah pengakuan jujur dari mulut nico tentang apa yang terjadi di kamar itu semalem.
nico : "semalem pongky ngorok keras banget!"
(pongky cuma nyengir aja)
Ga bisa ngebayangin deh gimana tersiksanya nico mencoba tidur dengan suara yang brisik itu (huakakak..!!), untung aja suaranya ga sampe kamar cewek-cewek.

Sambil maen Uno kita gantian mandi sambil nunggu sarapan siap. Kebetulan nyokap gue hari itu emang mo masak bareng tante gue. Waktu gue bangun tidur sih nyokap sempet nawarin gue mau dimasakin apa, bakso apa sop jagung? Setelah mikir-mikir akhirnya gue minta dimasakin bakso aja, secara udah lama juga gue ga makan bakso bikinan nyokap gue. Kelar mandi and dandan kita sikat dah tuh bakso bikinan nyokap yang emang manstab banget. Secara pada anak kost, paling ga bisa deh ngeliat ada makanan gratis. He3..

Selesai makan kita langsung jalan, menjemput paksa si mas guide yang gue yakin dah kapok jalan sama kita gara-gara kejadian kemaren. Yah..berhubung Uno-nya masih kita sandra jadi mau ga mau dia ikut kita juga deh akhirnya. Waktu kita jemput si mas guide lagi ujan deres, jadi mas guide harus jalan dari rumahnya ke mobil dengan payung yang gede banget plus celana yang digulung-gulung dah kayak orang kebanjiran. Begitu mas guide masuk mobil meluncurlah komentar pertama yang menyakitkan.
acha : "maaf mas, kayaknya kita ga butuh ojek payung deh!"
(mas guide cuma bisa senyum kecut, kalo ga demi Uno-nya ga bakal mau jalan sama kita lagi tu. He3..)

Mas guide yang kita kira udah nyiapain rencana mau kemana hari itu ternyata malah nanya sama kita mau kemana. Kita yang emang ga tau harus kemana akhirnya lempar-lemparan nanya pada mau kemana. Karena ga ada yang bisa mutusin akhirnya pongky bilang ke Malioboro aja. Dia ngingetin gue kalo semalem pas gue telponan sama temen gue, temen gue nitip dibeliin teh rosella di Mirota (ternyata pada nguping toh pas gue telpon. he3..). Akhirnya kita sepakat buat ke Malioboro walaupun awalnya gue agak males juga karena tau bakal penuh banget disana. Hmm...kayaknya gue tau motifnya mereka pada ngajakin kesana!! Dasar cowok..!!

Flashback ke waktu gue telponan sama temen gue di Depok (gue telpon pas kita mau ke alun-alun selatan kalo ga salah...kalo ga salah ya berarti bener!!).
acha : "Q, gue lagi di Jogja donk!"
ricky : "ngapain lo di Jogja?"
acha : "liburan lah!"
ricky : "eh, mumpung lo di Jogja, beliin gue teh rosela donk! Tapi jangan salah belinya. Disitu banyak teh-teh lain juga soalnya."
acha : "emangnya ada teh paan aja?"
ricky : "ada macem-macem, kemaren pas gue ke Jogja gue beli teh rosela sama jagagaku."
acha : "apaan tuh?"
ricky : "teh buat nambah vitalitas pria."
acha : "haaah...ngapain lo minum-minum teh buat nambah vitalitas gitu?"
(tiba-tiba semua cowok yang ada dalem mobil langsung noleh ke arah gue dengan nyengir-nyengir ga jelas)
nico : "teh vitalitas pria? beli dimana?"
(nanya dengan semangat 45)
acha : "ya mana gue tau!"
pongky : "tanyain ma temen lo lah cha!!"
(ketauan niatnya banget dah ini orang)
acha : "emang belinya dimana Q?"
ricky : "di Malioboro, di Mirota Batik."

Waktu kita ke Mirota, kita susah banget cari parkiran. Walaupun gue bilang ga usah jadi kesana aja tapi mereka tetep keukeuh mau kesana. Akhirnya kita kesana juga setelah parkir di pinggir jalan yang mayan jauh dari Mirota. Kebetulan ada temen gue dari Jakarta SMS gue dan ngasih tau kalo saat itu dia juga lagi di Mirota nemenin nyokapnya belanja sebelum dia lanjut perjalanan ke Bromo lagi, tapi berhubung kita susah cari parkir, sampe Mirota temen gue itu udah cabut akhirnya. Ga jadi ketemu deh..!!

Mirota emang lagi padet-padetnya, tiap jengkal pasti ada orang. Kita disana udah ga menghirup oksigen lagi, tapi dah menghirup CO2 dari napas tu orang-orang. Berhubung penuh banget akhirnya kita sepakat buat beli teh titipan temen gue abis itu langsung cabut. Tapi ternyata kita malah mencar-mencar disana. Furi sama nico asik liat kecrek-kecrek (ga tau deh gue tu namanya apa), gue sama mas guide liat-liat tas dan akhirnya beli teh titipan temen gue (mas guide beli permen asem, sebagai bentuk perasaanya ma kita kayaknya), dan pongky menghilang entah kemana (tapi sepertinya gue tau apa yang dia cari disitu..Ha5..Peace pong!!)

Kelar dari mirota kita akhirnya sepakat buat ke pantai aja. Kan kemaren udah ke gunung tuh, jadi sekarang giliran ke pantai! Anak-anak pada ngajakin ke pantai yang lain selain Parangtritis, jadi akhirnya mas guide ngasih saran buat ke pantai Samas aja yang tempatnya ga jauh dari Parangtritis. Sepanjang perjalanan kita makan permen asemnya mas guide (ngejarah sih tepatnya karena pada nambah terus!!) Emang mantep dah tu permen asem ampe bikin kita pada genit semua (ngedip-ngedip mata karena keaseman gitu!! He3..)

Ternyata perjalanan dari Malioboro ke Samas ga terlalu jauh. Cuma sekitar setengah jam dari malioboro kita udah sampe di gerbang masuknya Samas. Eits...tapi jangan salah!! Gerbang yang kita masukin tadi tuh ternyata masih jauh banget dari pantainya (buset dah yang bikin gerbang kurang kerjaan banget dah tuh!!). Udah tu pantai dari gerbang jauh bener, eh begitu liat pantainya langsung ilfil banget gue! Apa-apaan ini pantai kayak gitu kok dijadiin objek wisata?? Udah pasirnya item kasar, banyak sampah, aduh pokoknya ga banget deh!!

acha : "gini doang nih?"
(semua pada nunjukin muka yang sama ilfilnya)
pongky : "pasirnya kasar banget sih!!"
acha : "ini mah pasir bangunan!"
Mas guide diem aja, mungkin dia ngerasa bersalah karena udah nyaranin dateng kesana.
mas guide : "apa mau ke Parangtritis aja?"
(dengan nada yang ga yakin mau ngasih saran lagi)
Berhubung di Samas ga ada yang bisa diliat kecuali banyak bebek-bebek berkeliaran plus anak kecil maenan lumpur jadinya kita jalan ke Parangtritis juga akhirnya. Niatnya ga kesana ujung-ujungnya kesana juga kan!!

Ga cuma dikagetkan sama pantainya tapi kita juga dikagetkan dengan uang parkir di Samas. Kita parkir di depan rumah penduduk gitu, ga sampe 10 menit.
pongky : "kasih berapa nih uang parkirnya?"
nico : "ga tau, tanya aja mendingan"
pongky : "berapa pak?"
(sambil nanya ke tukang parkir)
tukang parkir : "5000"
(muka ilfil kita yang belom ilang karena ngeliat pantai buluk itu jadi tambah ilfil)
acha : "idih, parkir di mall aja 3 jam cuma 3000"
pongky : "pantesan bisa beli mobil BMW"
(sambil nunjuk ke arah mobil BMW dengan plat AB yang ada di salah satu rumah penduduk)

Perjalanan ke Parangtritis biasa-biasa aja, kita sempet ketahan sebentar sama acara kawinan salah satu warga yang ngerayainnya di tengah jalan raya gitu (aduh...ada-ada aja deh ih!!), kita juga sempet liat ada mbak-mbak yang jatoh dari motor. Selebihnya sih pemandangannya gitu-gitu aja, kalo ga sawah, kali, kebon tebu, sama toko-toko kecil gitu. Nyampe di Parangtritis kita maen di pantainya sebentar. Tadinya sih niat naek kuda, tapi berhubung sewa kudanya mahal, jadinya ga jadi deh! Kan kita emang niatnya pengen liburan murah (murah apa medit sebenernya??)

Parangtritis dari dulu ya gitu-gitu aja, jadi kita ga terlalu excited juga, yah tapi masih agak mending lah dibanding pantai yang tadi.
pongky : "nah gini nih harusnya pasir pantai"
nico : "yang tadi belom di ayak pong, yang udah di ayak baru di taro sini."
Dan karena pongky yang notabene badannya paling gede udah ngerengek-rengek minta makan karena kelaperan akhirnya kita mutusin buat makan dulu sebelom pulang (Oops...kita pada lupa kalo mas guide malah belom makan dari pagi, sedangkan waktu itu dah sekitar jam 5an, kita yang tadi pagi udah sarapan dengan porsi besar aja laper lagi gimana si mas guide ya?? bisa tambah kurus kering dia..)

Karena gue sempet bilang tentang undur-undur laut yang konon katanya enak, kita akhirnya penasaran pada pengen nyoba. Jadi kita beli undur-undur laut yang udah di goreng sama peyek udang kecil buat dimakan sambil nunggu pesenan makanan kita dateng. Dan ternyata 3 bungkus undur-undur laut plus 2 bungkus pyek udang raib dalam seketika pindah ke dalem perut kita semua kecuali mas guide (suka sok-sok jaim gitu deh dia, waktu kita makan ronde aja dia ga mau, tapi ya bagus sih, kan jatah kita jadi nambah. Ha5..)

Selesai makan kita langsung pulang, gue yang malemnya bakal pulang ke Depok sama nyokap dan ade gue di anterin lebih dulu ke rumah tante gue yang di Gembira Loka buat ambil barang-barang. Dan berhubung gue udah di telpon-telponin mulu sama nyokap karena waktunya emang udah mepet, pongky mau ga mau ngebut juga buat ngejar waktu dan itu bikin mas guide kita jejeritan karena takut sama gaya nyetirnya pongky yang mayan extrim. Nyampe di rumah tante gue, kita pada pamitan dan ngucapin trimakasih buat nginep gratisnya semalem.

Abis itu kita pisah mobil, gue gabung sama nyokap and ade gue di mobilnya tante gue buat meluncur ke stasiun, sedangkan pongky, furi, dan nico meluncur buat nganterin si mas guide pulang ke rumahnya lagi sebelom mereka sendiri balik ke Semarang. Yah...ga gitu seru sih emang hari kedua kita di Jogja, tapi cukup lumayanlah buat seneng-seneng. Apalagi gue dapet kenang-kenangan dari Parangtritis. Hiks2..!! Sepanjang malem pas perjalanan di kreta gue harus garuk-garuk mulu dan nahan gatel karena alergi gue kumat. Ga nyangka kalo si undur-undur punya efek yang sampe segitunya. Yah...apapun itu yang kita dapet selama di Jogja paling ga bakal tetep melekat di otak dan hati kita (haiah..!!). Semoga bisa merasakan liburan yang lebih seru lagi lain waktu..!! Entah dimana dan sama siapa..!?!?

0 komentar:

Posting Komentar