Minggu, 11 Januari 2009

cinderamata dari gedong songo

Sebenernya agak-agak males juga gue mau nulis tentang ini karena gue tau bakal ada oknum-oknum yang puas banget ngetawain gue kalo baca posting gue yang ini. Fiuh..tapi gapapa-lah! Itung-itung ibadah nyenengin orang, mumpung tu kenangan masih nyantol di otak juga sih! Lagipula, ada ataupun ga ada posting ini pun mereka toh bakal tetep ngetawain gue juga. Hiks2..!!

Hari itu minggu tanggal 21 Desember 2008...
Kita genk caur (kalo yang udah pada baca jogja holiday part 1-2 pasti tau siapa2 aja orangnya) pada ga ada yang punya acara yang jelas weekend itu. Furi dan pongky yang rencananya mau ke tempat KP mereka di Elrina Restoran malah pada ngejogrog aja di kost-an gue karena males berangkat. Pongky yang selalu bawa kartu Uno di mobilnya akhirnya ngajak gue sama furi main kartu Uno di teras Kost. Kita main beberapa kali sampe akhirnya kita pada bosen sendiri karena ngerasa ga seru.

Ngerasa bosen di kost akhirnya pongky ngajakin furi dateng ke restoran sebentar buat liat keadaan disana karena denger-denger hari itu ada yang mau pake ruangan atas di restoran itu buat acara pernikahan (pengen liat keadaan restoran sambil numpang makan gratis di kawinannya nih kayaknya..He3!!). Furi seperti biasa menculik gue buat ikut ke restoran, alesannya sih karena males berduaan aja sama pongky di restoran (padahal dia biasanya ngomel mulu kalo kita jalan bertiga gitu karena gue dan pongky sering banget ribut kalo ketemu).

Nyampe restoran ternyata tamu-tamu dari si pengantin masih banyak yang dateng, jadi kita belom bisa liat gimana situasi di lantai atas saat itu (yah..ga jadi makan gratis deh!! Ha5..). Jadilah kita akhirnya cuma duduk-duduk di pojokan asoy tempat biasanya pongky and furi mangkal (bencong kali mangkal..!?!?) tiap hari pas KP disana. Sekitar setengah jam nunggu, nico nyusulin kita yang masih bengong-bengong bego ga ada kerjaan disana (jadi nambah 1 lagi deh nih orang begonya...huakakakak!!).

Ternyata kita kesana ga ada hasilnya sama sekali karena sampe acaranya bubar, kita sama sekali ga di ajak naik ke atas sama pengurus restoran yang ikut ngatur acaranya (tuhkan bener..ga jadi makan gratis deh!! Ngarep banget gue!! Ha5..). Pongky yang emang kerjanya cuma manyun aja di kost tiap weekend ribut banget minta di ajak jalan-jalan biar dia ga perlu manyun lagi di kost seharian. Nico and furi yang kebetulan juga lagi ga punya agenda pacaran setuju-setuju aja kita jalan-jalan. Kalo gue sih ikut aja-lah, namanya juga lagi diculik. Tapi masalahnya mau kemana kita..??

Dan akhirnya setelah memikir, menimbang, dan memutus (bahasa hukumnya keluar deh!!), kita sepakat buat ke objek wisata Candi Gedong Songo yang letaknya ga jauh dari Semarang. Kita kesana buat naik kuda (kuda beneran loh ya..!! mohon jangan di salah artikan dulu sebelom membaca dan melihat sendiri hasil dokumentasinya nanti), soalnya nico bilang disana bisa naik kuda. Gue yang emang demen banget naik kuda dan udah lama banget ga naik kuda langsung setuju aja waktu mereka ngajakin kesana.

Furi yang ga pede pake baju terlalu rapih buat naik kuda akhirnya ke kost dulu buat ganti baju. Setelah itu berangkatlah kita ke tujuan. Ada beberapa insiden kecil waktu perjalanan dari maboknya nico (entah karena masuk angin atau maag) sampai nyasarnya kita entah kemana karena nico lupa jalan kesananya (pengaruh mabok juga kali ya..??). Perjalanan kalo ga salah inget sih sekitar 2 jam (udah termasuk nyasar juga tuh!!). Sampe disana udah agak sore, sekitar jam 3an, gerimis pula. Sempet kepikir juga,bakal keburu ga nih kalo kita naik kuda??

Berhubung disana lumayan dingin dan cacing-cacing di perut kita udah pada demo minta dikasih makan, akhirnya kita mutusin buat makan dulu, terutama nico yang pas perjalanan tadi udah menguras seluruh isi perutnya. Waktu makan kita udah ngomongin kalo kayaknya ga bakalan sempet seandainya kita maksain naik kuda saat itu karena bisa-bisa kemaleman di jalan nantinya. Jadi diputuskan kalo abis makan kita bakalan jalan-jalan sendiri di sekitar situ (kecewa gue dalem hati..Hiks2!! udah pergi jauh-jauh masa ga jadi naik kuda sih..!?!?).

Selesai makan, sesuai rencana semula, kita jalan-jalan di sekitar area situ. Tapi emang kayaknya udah rejekinya tukang kuda deh! Waktu kita mau jalan-jalan ada tukang kuda yang nawarin naik kuda sama kita. Awalnya kita juga sempet ragu, tapi ngeliat harganya yang murah dan tawaran si tukang kuda yang menggiurkan akhirnya luluh juga. Yey...akhirnya ga sia-sia juga dateng kesana karena bisa naek kuda juga!! Dengan harga Rp 50.000,00 si tukang kuda ngejanjiin kita bisa naek kuda sepuasnya tanpa batesan waktu dan kita bakal di anter naik kuda keliling area candi itu sesuai dengan permintaan kita. Siapa yang bisa nolak coba tawaran menggiurkan kayak gitu coba??

Kita tadinya cuma mau pake 3 kuda aja karena furi dan nico pengen 1 kuda berdua (pengen sok romantis2an gitu deh!! He3..ampun puy!!) Tapi setelah dicoba ternyata pelananya ga muat buat 2 orang, jadi akhirnya kita pake 4 kuda juga. Sialnya, gue dapet kuda yang agak kecil (udah ga demen dah ni gue bagian yang ini..!!) Tadinya tu kuda buat furi tapi karena furi mau naik berdua nico akhirnya gue yang disuruh naik itu duluan, dan waktu furi dan nico ga jadi naik kuda berdua, tu kuda ga dituker. Gue tetep naik kuda itu dan furi dapet kuda baru yang lebih gede.

Sebenernya gue dah ngerasa ga enak waktu naik tu kuda. Ngerasa aneh aja, gue yang punya badan agak gede harus naik kuda yang kecil gitu yang konon namanya adalah lili (ketawa dah lo pada sana yang puas..!!). Tapi waktu gue komplain sama si tukang kuda, dia malah bilang gapapa(dasar abang kuda sumber malapetaka!!).
acha : "pak, nih kudanya ga kekecilan nih?"
tukang kuda : "ga kok mbak, kecil-kecil gini kudanya kuat kok tenaganya."
acha : "beneran?"
(agak-agak ga yakin gitu..)
tukang kuda : "iya gapapa mbak. Tenang aja!!"
(sementara nico, pongky dan furi udah cengar-cengir ngetawain gue)


(ni kudanya yang kekecilan apa orangnya yang kegedean sih..??)

Setelah dapet kuda masing-masing kita mulai perjalanan ngelilingin situs gedong songo. Dengan dituntun sama pawangnya masing-masing, kita di ajak keliling lewat jalan yang lumayan curam dan bikin sport jantung. Sepanjang jalan pongky, nico dan furi ngetawain gue terus yang emang jalan paling depan (hiks2..!!) karena ngerasa lucu ngeliat kuda yang gue naikin sering slip jalannya. Gue sendiri sebenernya ga nyaman banget, mana pelananya juga ga stabil gitu waktu gue dudukin. Malah jadi berasa naik keledai dibanding kayak naik kuda. Ga enak banget deh pokoknya..!! Tapi mau komplain lagi takut dimarahin si abang kuda. Jadi ya terpaksa nerima aja lah..!!

Cuaca waktu itu lagi mendung banget. Candi-candi yang biasanya keliatan dari kaki gunungnya ketutup kabut tebel. Jadi kita jalan sambil nembus kabut tebel. Udah berasa kayak pengembara aja deh! Tapi emang ga nyesel deh udah mutusin buat naek kuda karena pemandangan yang disuguhin buat kita emang keren banget walaupun agak berkabut. Para pawang kudanya juga sedikit ngasih pelajaran gimana caranya ngendaliin kudanya dengan ngasih arahan-arahan buat kita. Misalnnya kalo pas jalanan agak sedikit nanjak, si pawang nyuruh kita agak bungkukin badan supaya ga jatoh. Kudanya pun dilepas sama si pawang biar kita bisa langsung praktekin arahan yang dikasih tadi. Yah...walaupun agak serem tapi menyenangkan kok!!

Di tengah jalan sebelom kita sampe ke puncak gunung, si pawang nawarin buat fotoin kita-kita di atas kuda dengan latar pemandangan kaki gunung yang sayang banget waktu itu lagi berkabut. Seandainya ga berkabut, kita bisa liat hamparan kebun-kebun sayur penduduk sama pohon-pohon yang masih alami yang pastinya keren banget. Yah tapi lumayan lah...buat kenang-kenangan, selama kita yang jadi objek utama fotonya ga ikutan ketutup kabut sih gapapa. Ha5..!! Keluar narsisnya deh!!

(kuda yang gue naikin tampak sangat mengenaskan bukan..??)

Setelah foto dan ngebiarin kuda-kuda yang kita naikin pada ngemil taneman yang ada disitu kita lanjut lagi perjalanan ke candi songo yang letaknya emang ada di puncak gunung. Jalanan ke puncak harus ngelewatin hutan yang agak gelap. Ditambah udara yang emang lagi lumayan dingin, hutan yang ada disana jadi agak-agak serem. Jalur yang dipake cuma satu, yaitu jalan setapak yang ngebelah hutan itu. Sisi kiri jalan setapak yang kita lewatin adalah jurang yang saat itu lagi ketutup kabut. Jadi kayak hutan-hutan di film-film horor hollywood gitu. He3..

Sekitar 15 menit perjalanan dari tempat kita foto-foto tadi akhirnya kita sampe di sebuah lapangan yang lumayan gede. Ternyata disitu tempat parkir kudanya (kuda apa mobil tu pake parkir segala..??). Candi songo letaknya kurang lebih sekitar 100 meter dari lapangan itu. Kita tadinya ga mau liat-liat candinya tapi kita akhirnya kesana juga. Yah...itung-itung kasih istirahat buat si kuda dan pawangnya lah!! Jalan kaki 45 menit nonstop di jalanan nanjak pasti pegel banget tu kaki si pawang kuda.

Untuk menuju candi songo ternyata kita harus naik beberapa anak tangga yang lumayan bikin betis pegel (fiuh..tau betis bakal berkonde gini mah mending ga usah pake naik segala deh!!). Begitu sampe di atas ternyata candinya juga ga terlalu bagus, mungkin karena udah agak ga terawat dan banyak coret-coretan tangan-tangan ga bertanggungjawab. Daripada mubazir udah sampe candi-nya tapi langsung turun lagi, kita akhirmya foto-foto lagi disitu. Ada salah satu pawang kuda yang ikut kita naik ke candi dengan senang hati motoin kita ber-4 di atas candi sebelum akhirnya kita turun lagi buat ngelanjutin perjalanan.

(balik ke bagian yang gue benci...)
Waktu sampe ke lapangan gede tempat parkir kuda tadi, ternyata ada penggantian kuda mendadak. Gue disuruh tukeran kuda sama pawang kudanya. Kuda bantet yang awalnya gue pake jadi dipake sama furi sedangkan gue naik kudanya furi yang agak lebih gede dari si kuda bantet tadi. Tapi bukan itu masalahnya, gue sih seneng-seneng aja waktu si pawang kudanya nyuruh gue ganti kuda secara gue emang ngerasa ga nyaman banget pake tu kuda bantet, yang ga enak adalah alesan kenapa gue disuruh ganti kuda. Bener-bener kejam banget dah tu abang kuda sama gue (awas lo bang ketemu gue lagi..!!).

tukang kuda : "mbak naik kuda yang itu mbak."
(ngomong sama furi sambil nunjuk ke arah si kuda bantet yang masih asik ngerumput)
furi : "loh emang kenapa pak?"
tukang kuda : "kuda yang ini buat mbak yang itu."
(sambil nunjuk ke arah gue, dan dengan sadisnya si abang kuda berkata...)
tukang kuda : "kasian kudanya ga kuat. Masih kecil soalnya kuda yang itu, baru 2 tahun. Kalo kuda yang ini kan udah 8 tahun"
(pongky, nico dan furi langsung ketawa dengan puasnya denger alesan si abang kuda)
acha : (dalem hati) "lah tadi bilangnya kecil-kecil gitu tenaganya kuat tu kuda! Gimana sih? Bikin malu gue aja sih ni orang. Sialan..!!"

Masih sambil ngetawain gue, kita akhirnya ngelanjutin perjalanan lagi. Kita di anter ke pemandian air panas yang ada disitu. Tapi berhubung kita pada lagi ga niat berendem (secara ga bawa baju ganti juga gitu!!), kita cuma lewat aja disitu. Salah satu abang kuda ada yang ngasih tau kalo ada yang bawa telor, dicemplungin ke air panas disitu bisa jadi mateng dalam waktu 5 menit (aduh...si abang aya2 wae ah! Ngapain juga kita naek kuda bawa2 telor. Eh, tapi cowo2 pada bawa deh kayaknya. Ooops...He3!!)

Abis dari tempat pemandian air panas alami, kita di ajak ke candi lagi, kalo ga salah inget sih candi lima. Disana si abang kuda nawarin kita foto lagi. Dan secara kita pada narsis ya udahlah, kita ga nyia-nyiain kesempatan. Sebelom lanjut perjalanan, furi sempet minta pelana kudanya dibenerin karena ngerasa ga stabil juga (tuhkan...apa gue bilang!!). Disana ujan mulai turun deh! Ga deres sih, cuma gerimis kecil doang! Untung aja jalan pulangnya ga securam pas mau naik ke puncak tadi. Jadinya kita ga terlalu takut. Jalan pulang kita pada nyantai banget, saking nyantainya para abang kuda ngelepas kudanya gitu aja biar kita yang ngendaliin sendiri.

(kalo gini kan enak ngeliatnya, sesuai ukuran yang naik)

Berhubung ujan makin lama makin deres, kita cepet-cepet balik ke tempat penyewaan kuda di bawah, tapi ga taunya para abang kuda itu baik banget. Kita yang harusnya balik ke tempat penyewaan kuda malah sekalian di anterin ke parkiran mobil tanpa tambahan biaya (yah...lumayan lah biar ga capek-capek jalan ke parkiran lagi kalo gitu!! He3..). Turun dari kuda, yang gue rasain sih kaki jadi rada-rada gemeng. Kayak masih berasa duduk di atas kuda aja terus. Pantat juga rada pegel euy, mungkin kalo tu pelana diganti bantal ga akan pegel gitu kali ya..??

Kita pulang masih dengan suasana riang gembira, di dalem mobil masih aja tu anak-anak ngebahas kuda bantet yang ga kuat tadi. Alhasil sepanjang jalan gue di ketawain abis-abisan sama mereka (nasib2..!!). Ternyata naik kuda capek juga, kita yang baru aja makan beberapa jam lalu sebelum naik kuda (kita naik kuda sekitar 2 jam) ngerasa laper lagi. Akhirnya kita sempet berenti buat makan lagi di salah satu warung makan murah ala anak-anak undip Tembalang.

Selesai makan kita ngelanjutin perjalanan lagi, tapi ga langsung ke kost-an. Berhubung ada temennya furi dan pongky yang baru aja dateng ke Semarang hari itu juga, mereka berencana buat ketemu dulu sebentar sama temennya itu. Kita akhirnya nemuin temennya furi di salah satu warung tenda di kawasan simpang lima, setelah itu ke Gramedia yang ada di Pandanaran buat nganterin temennya furi itu beli sesuatu (kaset mini divi kalo ga salah..)

Selesai urusan di Gramedia, kita lanjut ke tempatnya mbak ida (temennya furi juga) buat ngambil TV-nya furi yang udah lama di titipin disana buat ngisi kamarnya pongky supaya dia ga manyun aja kalo lagi di kost-an. Kita dirumah mbak ida lumayan lama karena sempet ngobrol-ngobrol dulu. Pulang dari rumah mbak ida, kita mulangin temennya furi dulu ke hotel tempatnya nginep. Baru setelah itu pongky mulangin gue dan furi ke kost-an.

Emang dasar itu hari sial gue mungkin. Nyampe kost-an ternyata pintu udah dikunciin padahal kita cuma telat 15 menit aja dari batas jam malem kos (22.00). Gue udah coba ngetok-ngetok pintu (gedor sebenernya) tapi tetep aja ga ada yang bukain pintunya. Entah emang udah pada tidur (tidur apa mati tu sampe ga denger pintu di gedor2..??), atau emang segaja pura-pura budek karena males bukain pintu (budek beneran baru rasa tu orang!! He3..). Dan berhubung temen-temen kampus gue banyak yang saat itu masih pada pulang kampung (mereka pulang tiap weekend) jadi gue ga bisa nginep tempat mereka. Untung aja mbak ida (temennya furi yang tadi kita datengin rumahnya) mau ngasih tumpangan nginep di rumahnya buat gue malem itu. Kalo ga, beneran jadi gembel deh gue, masa gue harus tidur di teras kost-an.

Besok paginya sekitar jam 6, nico jemput gue di rumahnya mbak ida buat nganterin gue nyari tempat print karena gue lupa belom nge-print tugas yang harus dikumpulin pas kuliah jam 7 hari itu. Bener-bener penderitaan yang sempurna deh!! Hiks2..!! Apalagi begitu kita bangun pagi, kita (paling ga gue dan nico) ngerasa pantat kita sakit gara-gara naik kuda kemaren. Entah karena pelananya yang terlalu keras atau karena posisi duduk kita yang salah waktu naik kuda kemaren. Gue sih masih mending karena cuma pantat sebelah kiri gue doang yang berasa sakit dan cuma berasa sakit sebentar, sedangkan nico seluruh permukaan pantatnya sakit semua dan konon sakitnya berasa sampe 2 hari kemudian. Yah...anggap aja itu oleh-oleh dari gedong songo!! Ha5..

1 komentar:

bisnis dahsyat menguntungkan mengatakan...

lain kali aku aja deh yg jadi kuda buat kamu. aku akan antar kemanapun km mau..

Posting Komentar