Selasa, 22 Maret 2016

Part 1 : Review Vendor - Venue

Ini udah H+9 dari acara nikahan gue, sebenernya males banget mau bikin review ini karena jujur aja gue sangat tidak puas, kecewa, sedih, kesel, dan marah kalo inget acara gue kemaren. Yah tapi akhirnya gue putuskan untuk tulis posting ini biar ga ada para capeng yang ngalamin hal yang sama kayak gue. Sumpah demi Allah, demi Rasulullah dan demi almarhum bokap gue, nulis posting ini tuh bikin gue mau nangis lagi. Yaudahlah ya, langsung aja reviewnya.


Mungkin yang udah baca posting sebelumnya udah pada tau kenapa gue pilih gedung ini. Gue memutuskan untuk pakai gedung ini karena dia punya kolam renang yang bagus yang gue harapkan bisa mewujudkan dream wedding gue untuk bisa pesta semi outdoor. Fyi, kemarin itu acara gue pas akad di pinggir kolam renang dan pas resepsi di gedungnya. Tapi sumpah demi Allah gue NYESEL pake gedung ini. Gue ga tau salah siapa tapi H-1 gue dateng kesana buat nginep di Wisma Makara dan booking kamar buat para om dan tante gue yang datang dari jauh tapi pas mau check in tau2 gue dapet info mengejutkan. Pihak UI taunya acara akad gue itu jam 8 di dalem gedung, padahal gue dah koordinasi dengan pihak catering kalo akad itu jam 7 di pinggir kolam. Begitu gue konfirmasi soal ini pihak UI tiba2 bilang gue harus bayar lagi buat pake kolamnya yang padahal biaya penambahan area kolam renang itu udah gue bayarkan sama pihak catering dari beberapa bulan lalu. Kurang stress apa coba gue?? Jadi sore H-1 itu gue ribetlah koordinasi lagi dengan pihak UI dan pihak catering. Kan ga lucu kalo mereka tau2 beneran persiapin akad gue jam 8 padahal gue bilang sama penghulunya jam 7. Bisa2 batal acara gue karena ada kesalahan jadwal itu. Belum selesai 1 masalah, yang lebih stres lagi adalah ade gue yang ngintip ke arah gedung dari wisma makara ngasih tau gue, "mbak masa kolamnya kotor banget, warnanya ijo gitu!!"  bener2 kayak disamber geledek. Kok bisa H-1 tapi itu kolam belum dibersihin?

Semua pada main salah2an dan lempar tanggungjawab. Pihak UI menyalahkan gue yang ga koordinasi langsung dengan mereka, sementara semua urusan gedung selalu gue koordinasi dengan pihak catering yang bilang udah koordinasi juga dengan pihak UI. Setengah marah gue bilang sama pihak UI kalo gue ga mau tau pas acara gue itu kolam udah harus bersih. Gue juga koordinasi lagi sama Mbak Sumi selaku orang catering yang selama ini gue percaya buat ngurusin ini itu termasuk soal gedung. Entah siapa yang miss disini. Pihak UI berkelit dengan bilang kalo pihak Mbak Sumi ga pernah koordinasi sama sekali sama mereka tentang penggunaan area kolam renang. Seperti yang udah gue tulis di atas, di catatan pihak UI acara gue itu dimulai jam 8 pagi di dalam gedung. Dari pihak catering, Mbak Sumi juga bersikeras bilang kalo udah koordinasi dengan pihak UI terkait penggunaan area kolam dan waktu akad, bahkan kata Mbak Sumi boss dari Daffa Catering sendiri yang datang ke UI untuk koordinasi soal ini. Sempat ada omongan (tapi gue lupa dari pihak mana) kalo bisa jadi ada miss itu karena orang di Wisma Makara UI itu yang jaga beda2, mungkin saat koordinasi bukan dengan orang yang H-1 itu jaga. Tapi menurut gue ga masuk akal lah, mau orangnya beda2 seharusnya datanya tetep satu, masa tiap orang pegang data yang beda tu aneh, mereka punya sistem manajemen kan pasti, masa iya data bisa beda2 dan mereka ga punya 1 data inti yang bisa diliat semua orang yang gantian jaga disitu?? Buat gue keterlaluan lah alasan kayak gini tuh mengada-ada banget, dikiranya gue bego apa!!

 (penampakan venue 29 feb 2016, seharusnya kolamnya kayak gini)



(bukti kalo gue dah transfer penambahan kolam - 11 November 2015)

(komplain ke Mbak Sumi pas H-1, liat kolamnya ijo)

Pihak UI saat itu malah menawarkan untuk pindah acara akadnya di dalem gedung aja dengan alasan pemandangannya akan ga enak kalo kolamnya kotor gitu. Heloo!!! Itu sih tanggung jawab lo ya!! gue dah bayar 4 juta buat pake area kolam trus lo mau lepas tangan gitu aja?? Rencana yang udah susun berbulan2 masa iya harus berubah gara2 kesalahan yang bukan salah gue?? Kalo acara gue ganti jadi di dalem gedung berarti 4 juta gue ilang gitu aja kan berarti. Gue komplen ke Mbak Sumi yang akhirnya telpon ke pihak UI, dia masih meyakinkan gue dan bilang gue tenang aja karena dia udah minta ke pihak UI untuk bersihin kolamnya. Ya tapi gimana bisa tenang kan? Itu udah H-1 ya!!! Gue hampir senewen sampe gue, calon suami, dan ade gue yang kesana sore itu mau inisiatif buat bersihin itu kolam sendiri. Bodo deh masuk angin besoknya karena semaleman bersihin kolam, yang penting itu kolam penampakannya ga kotor begitu pas hari H gue. Gue akhirnya telpon nyokap gue buat kasih tau hal ini. Nyokap pun marah tapi nyokap bilang udah ga usah dipikirin, percaya aja sama Mbak Sumi dan pihak UI kalo itu kolam bakal beres besok pagi. Gue yang ga bisa tenang akhirnya cuma bisa nangis semaleman mikirin kolam, karena sekitar jam 11 malem gue turun buat liat kolamnya juga ga ada pergerakan apa2 dari pihak UI buat bersih2 kolam. 

Subuh2 pas gue turun buat make up gue ga bisa liat kolamnya karena masih gelap banget, tapi berhubung gue masih menaruh kepercayaan sama Mbak Sumi dan pihak gedung makanya gue berusaha tenang. Abis make up tadinya gue mau liat kondisi kolam, tapi dilarang sama banyak orang katanya biar surprise tamu2nya liat gue. akhirnya ya gue ngendon aja di ruang make up sampe dipanggil pas mau akad. Pas waktunya akad, sumpah gue mau nangis dan mau pingsan pas tau itu kolam masih ijo. Tapi kan ga lucu kalo gue teriak2 histeris cuma gara2 kolam doang menjelang akad gue, yang ada malah gue nanti yang mengacaukan acara gue sendiri. Gue masih berusaha tenang walau sebenernya gue dah dongkol banget. gue tengok2 dan tau ga apa yang terjadi, Pas gue akad ada orang yang lagi bersihin kolam renang. Lo bisa bayangin ga gimana rasanya jadi gue?? lo udah keluarin duit berjuta2, persiapin pernikahan lo semaksimal mungkin selama berbulan2 tapi ternyata lo cuma dapet kecewa pas hari H.

(saat akad berlangsung, ada yang bersihin kolam. panteskah?? kemaren pas gue komplen pada ngapain aja??)

(penampakan kolam setelah akad, ga ada bedanya dengan yang sebelumnya)

Gue bener2 ga abis pikir sama pihak UI yang kayaknya nyantai aja nanggepin komplain gue dari sore di H-1 itu. Kenapa itu kolam baru dibersihin pas hari H? Kata suami gue mereka bersihin kolam pake metode ngendapin kotorannya dulu dan baru disedot2 kotorannya dan itu butuh waktu 2 hari, Ya Allah kenapa ga kepikiran sama mereka buat cabut aja sumbatnya dari sore sebelumnya pas gue komplen, sedot endapan kotorannya terus isi pake air yang baru, dengan begitu ga butuh waktu sampe 2 hari buat bikin itu kolam bersih lagi. Sumpah gue KECEWA BANGET!! Hari special gue sekali seumur hidup rusak. Percuma gue bayar 4 juta buat penambahan area kolam tapi kolamnya kayak gitu. Gue marah, sedih, kesel, tapi gimana? Gue cuma bisa pasrah. Ga ada yang bisa diapa2in lagi, Gue harus terima kolamnya kayak gitu. Nyokap gue juga kesel tapi ya ga tau mau komplain kemana. Mau komplain lagi toh juga ga akan ngerubah itu kolam jadi bersih lagi dan ga ada satupun pihak yang mau tanggungjawab soal ini.

Yah karena kolam ijo itu banyak komen ga enak yang gue terima dari para tamu ataupun keluarga. Banyak yang bilang acara gue jorok karena kolamnya lumutan gitu, sampe ada yang komen, "wih acha nikahnya dipinggir rawa!!", "acha nyewa danau UI ya??", "yang bener aja cha masa tamu suruh liat dan foto2 di kolam lumutan gitu!!" Kebayang ga lo malunya gue kayak apa?? Seumur hidup gue ga bakal lupa kejadian memalukan itu, acara pernikahan gue yang harusnya bisa gue kenang dengan indah dan bahagia tapi cuma bisa ninggalin rasa malu, sedih, dan kecewa seumur hidup!! Berkat kolam ijo itu gue sukses dihina para tamu, selesai acara gue nangis kejer di kamar, pas malam pertama juga suami juga cuma bisa berusaha nenangin gue yang masih nangis karena malu sama kolamnya itu. Gue mau komplain lagi juga ga bakal ngilangin rasa malu dan kecewa yang udah terlanjur ada. Cukup tau ajalah dengan pelayanan disana. Sampai selesai acara juga ga ada permintaan maaf sama sekali dari pihak UI karena mereka ngerasa kesalahan bukan di pihak mereka.

NILAI : 3/10 (Sangat Mengecewakan)


5 komentar:

Adi Patria Nugraha mengatakan...

Wah pengurus wismanya kurang gaul. gak tau yang namanya penjernih air ya.. padahal sehari juga kelar..

Annisa Wicahyani Mutiara mengatakan...

wah untung nemu postingan ini, makasih sharenya mbak. tadinya pengen pake venue ini. tapi setelah baca, emosi sendiri dan jadi males hmm. yg sabar ya mbak :(

Acha Satmoko mengatakan...

terlepas kolam yang butek itu sebenernya overall venuenya bagus, cuma ya itu yang agak mengecewakan pihak venue kayak lepas tangan gitu aja, human errornya keterlaluan lah, masa iya secara administrasi bisa ga tercatat kalo saya udah booking termasuk area kolamnya, itu kita sewa tempat ga murah padahal

Anonim mengatakan...

saya komen sebagai tak dikenal aja deh.

ya begitulah kalo koordinasi berbagai vendor cuma diurus 1 orang, yaiut Katering.

dilema paketan ya.
harga sih masalahnya. hehehe

tapi, sebetulnya masih bisa komplen balikin uang tuh

Acha Satmoko mengatakan...

kalo komplen kita aja ga ditanggepin gimana mau minta pengembalian uangnya?

Posting Komentar