Selasa, 22 Maret 2016

Part II : Review Vendor - Catering, Dekor, Baju, Make Up, Entertainment

Lanjut review vendor dari yang part 1  gue cuma akan review paketan dari catering aja. Untuk review vendor lainnya yang terpisah dari paketan catering akan gue bikin di posting selanjutnya.

CATERING : Daffa Catering

Seperti yang udah gue tulis di posting sebelumnya kalo gue ambil paketan dari Daffa Catering. Orang yang dari awal nanganin acara gue namanya Mbak Sumi. Nyokap keukeuh pake catering ini karena temennya juga ada yang pake catering ini buat anaknya. Yah karena gue percaya sama pilihan nyokap akhirnya manut aja. Jujur dari awal gue ga mau jadi capeng yang bawel, yang ngerusuhin vendornya dll, gue berusaha percaya sepenuhnya makanya gue percayakan semuanya ke Mbak Sumi untuk nanganin ini itu, termasuk gedung yang ternyata berakhir mengecewakan. Mungkin kalo ga ada insiden soal kolam renang itu gue akan kasih nilai perfect buat catering ini. Tapi berhubung kesalahannya fatal banget, itu ngurangin poin banyak lah.

I. MAKANAN
Untuk makanan gue akuin enak, keluarga dan para tamu juga muji kalo makanannya enak. Gue pake paket 800 pack + tambahan 75 porsi buffet dengan rincian 675 buffet dengan 8 gubukan + 100 porsi free menu Lontong Cap Gomeh. Untuk Lontong Cap Gomehnya gue ga makan sih tapi kata nyokap enak. Untuk menu buffet yaitu: nasi putih, nasi goreng ala daffa, ayam glitter ala daffa, gurame bumbu kuning, sop iga asam pedas, dendeng balado, puding tape ijo dan leci, jus apel & leci. Gubukannya ada 8 yaitu: kambing guling, aneka pasta, chocolate fountain, bakwan malang, aneka bubur manis, es krim, dll (gue lupa). Makanan sampai selesai acara masih membludak dan banyak sisanya untuk dibawa pulang dan dibagi2 lagi ke tetangga dan kerabat.

Selesai akad itu ada makanan yang dikeluarin buat keluarga, yaitu Lontong Cap Gomeh. Tapi kata nyokap sempet chaos pas mau nyiapin makanannya ini. Keluarga sempet bingung mau makan dimana karena beberapa kali pindah lokasi di atas (dalem gedung) atau di bawah (deket kolam butek) untuk menyajian makanannya. Untungnya makanannya enak jadi ga tambah bikin bete lah.

NILAI : 8/10 

II. DEKOR
Untuk dekor gue suka banget, bener2 bersih kayak yang gue pengen. Banyak yang bilang dekornya terkesan mewah walau dekor di depan pelaminan ga terlalu full. Gue suka gazebo bunga juntai di pintu masuk dan pohon kertas putih di samping kolam (andai itu kolam ga butek akan perfect banget). Kain2 buat taplak dan runner buffet juga bersih. Permintaan gue untuk pake semua bunga warna putih di sepanjang jalan menuju pelaminan juga bagus.







(dekornya sesuai keinginan gue, simple dan bersih)

NILAI : 9/10 

III. BAJU AKAD DANI
Baju yang dipinjemin dari pihak catering itu untuk para among tamu, penerima tamu, pihak keluarga, dan pengantin. Baju untuk pengantin cuma gue ambil yang beskap untuk dani aja pas akad karena untuk kebaya akad dan pakaian gue dan dani untuk resepsi kita jahit sendiri, Beskap ini jahit perdana karena beskap yang udah ada sebelumnya ternyata kegedean sama dani dan ga bisa dikecilin, dan Mbak Sumi berbaik hati buat ngebikinin dani beskap baru yang sesuai ukurannya dani tanpa tambahan biaya. Beskap untuk abang gue sebagai wali dan bapaknya dani juga bagus. Untuk foto beskapnya dani menyusul.

NILAI : 8/10

IV. MAKE UP & HAIRDO
Untuk make up jujur gue juga agak bingung, karena pas pertama kali fitting beskap dani, Mbak Sumi bilang kalo yang bakal make up-in gue namanya Chandra, cowok tapi jago banget make up paesnya makanya gue dikasih dia karena bakal pake paes pas akad. Tapi pas hari H tau2 yang dateng make up-in gue cewe namanya Mbak Fitri. Entah dia timnya si Mas Chandra ini atau bukan gue juga ga tau karena gue kemaren males tanya2 karena udah terlau sibuk mikirin kolam. Untuk make up banyak yang bilang bagus, pas akad katanya manglingi banget, paesnya juga walau pakai tempel tapi bagus. Fyi, gue sendiri emang yang minta paesnya pake yang tempel aja karena biar gampang ganti gaya rambut buat resepsinya.

Sempet ada insiden menjengkelkan juga pas mau persiapan buat resepsi. si Mbak Fitri tau2 bete pas mau nata rambut gue, Fyi, resepsi gue itu pake tema nasional dan gue pake dress model mermaid. Si Mbak Fitri bilang dia ga punya sanggul yang cocok buat dress gue itu yang akhirnya bikin dia bad mood sendiri. Dia sempet masangin gue sanggul jawa yang bulet kayak sinden2 itu dikasih 2 mahkota besar yang pasangnya ditumpuk. Jujur gue liatnya aja berat banget dan sama sekali ga nyambung sama dressnya. gue tanya pendapat sama temen gue si desainer dressnya dan dia juga punya pendapat yang sama. Dia bilang pake sanggul yang kecil aja tapi Mbak Fitri tetep keukeuh kalo ga bagus dan nyuruh gue tetep pake si sanggul jawa itu, tapi karena di desek terus akhirnya dia ganti juga sanggulnya pake 2 sanggul kecil yang ditumpuk masangnya dan dikasih 1 mahkota. Gue sempet nawarin buat digerai aja rambutnya pakein hair extension wavy punya ade gue dan si Mbak Fitri bilang kalo rambut digerai gitu bagusnya untuk wedding dress yang megar bukan yang kayak gue pake itu. Jujur aja gue sempet kesel juga disini. Udah kepikiran kolam renang, sekarang hairdo ga jelas gitu. Mbak Fitri sempet nyalahin Mbak Sumi karena ga bawa sanggul yang sesuai.

Untuk make up pas akad gue suka banget karena soft. Tapi pas akad entah kenapa gue ngerasa agak ketebelan. Karena abis keringetan pas akad di pinggir kolam itu akhirnya pas resepsi di touch up lagi, tapi ternyata malah ketebelan jadinya sampe dani bilang make up gue serem pas resepsi walau banyak yang bilang make up-nya bagus. Yah mungkin selera masing-masing kali ya.

(Kiri : Akad, Kanan : Resepsi)

NILAI : 7/10 (untuk make up + hairdo)
               6/10 (untuk koordinasi/kerjasamanya)


V. ENTERTAINMENT (MC + SINGER)
Untuk MC dari paket ternyata cuma buat resepsi aja, untuk MC akad kena tambahan lagi 500ribu. Untuk musik dari paket dapet organ tunggal. Dani yang tau kalo gue udah bete banget dan nahan marah bilang sama penyanyinya jangan sampe nyanyiin lagu dangdut atau lagu patah hati daripada nanti gue nangis di pelaminan gara2 tambah bete. Beberapa hari sebelum acara gue dah kirim list lagu ke Mbak Sumi termasuk lagu yang buat pengiring masuk pas jalan ke pelaminan. Tapi ternyata penyanyinya ga tau dong lagunya (Marry Your Daughter - Brian Mc.Knight). Dari list lagu yang kita kasih cuma beberapa doang yang dinyanyiin selebihnya lagu pilihan dari mereka yang untungnya bukan dangdut dan lagu patah hati sesuai request dani.

NILAI : 7/10

PENILAIAN DARI SEGI KOORDINASI
Untuk soal koordinasi jujur gue agak kecewa. Selama ini gue selalu berusaha berkoordinasi sama Mbak Sumi, mulai dari cicilan pembayaran cateringnya sampe printilan selalu berusaha gue sampaikan ke Mbak Sumi. Gue berusaha untuk jadi klien yang ga bawel dan sepenuhnya percaya sama pihak catering tapi entah kenapa kok malah kepercayaan gue jadi seperti disepelekan. Selama ini gue selalu mengkomunikasikan soal gedung, penambahan area kolam renang, jadwal acara, dekor dll lewat BBM sama Mbak Sumi. Tanggal 29 Februari 2016 gue dan keluarga sempet technical meeting sama Mbak Sumi di venue. Pas gue dan nyokap nanyain gimana untuk venue, Mbak Sumi bilang dia sudah koordinasikan dengan pihak Makara UI, jadi ya gue sama nyokap memang ga ngecek lagi karena kita percaya sama Mbak Sumi. Gue kira semua udah beres dan siap untuk acara gue di tanggal 13 Maret kemaren tapi nyatanya masih aja ada yang miss. Gue sebenernya ga mau nyalahin Mbak Sumi tapi sampe jadwal akad salah, venue ga ke-check dan kolam renang kotor kayak gitu tu bener2 sangat mengecewakan. Mbak Sumi bilang gue tenang aja karena udah bilang sama pihak UI kalo semuanya dah dikonfirmasi ulang, nyatanya pas hari H sampe selesai acara kolam tetep aja butek ga ada perubahan sama sekali. Ada perubahan MUA dari Mas Chandra ke Mbak Fitri juga ga pernah disampein ke gue sebelum acara dan gue baru tau ada perubahan itu pas hari H. Untuk soal hairdo juga gue udah koordinasi sama Mbak Sumi dari jauh2 hari kalo gue akan pake dress itu, tapi nyatanya ga disiapin sanggul yang cocok. Kalopun emang ga sanggup untuk nyariin sanggul yang cocok seharusnya Mbak Sumi bilang ke gue dari jauh2 hari supaya gue bisa nyiapin sendiri dan pas hari H si MUA-nya tinggal eksekusi aja. Yah mungkin Mbak Sumi ribet karena banyak order, banyak yang diurusin, ga cuma ngurusin gue doang, tapi masa iya croscek jadwal dan ngecek tempat beberapa hari sebelum acara aja ga sempet??

NILAI: 6/10

Btw, posting ini bukan buat menjelekkan pihak catering atau Mbak Sumi pribadi tapi buat sharing aja gimana pengalaman gue kemaren biar ga ada capeng2 yang ngalamin hal yang sama kayak gue. Overall soal cateringnya ga ada masalah tapi mungkin untuk koordinasinya harus lebih dibawelin lagi, jangan yang cuma anteng2 aja kayak gue tapi ujung2nya kecewa.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

vendor dokumentasi , seperti biasa, terlupakan disebut ya.

Acha Satmoko mengatakan...

vendor dokumentasi emang sengaja ga dimasukin, selain lupa namanya, emang mengecewakan juga. banyak hasil foto yang ga sesuai dan cara pengambilan gambarnya parah, misal pas kita foto di backdrop yang ada tulisan nama mempelai itu kepotong semua ga full dalam 1 backdrop.

Posting Komentar