Jumat, 27 November 2015

Vendor Undangan : Citra Printing

Seperti yang sudah gue tulis di posting tentang vendor catering gue, sebenernya dalam paket udah include undangan sebanyak 400 lembar. Tapi sayangnya vendor undangan dari Daffa Catering letaknya cukup jauh yaitu di Kramat Jati jadi gue, Dani dan nyokap akhirnya memutuskan untuk cari vendor undangan yang di sekitar Depok aja biar gampang ngecek2-nya.

Dari hasil browsing dan mampir ke blog-blog (ex) capeng lainnya, cuma ada 1 kesimpulan. Percetakan undangan di Depok ya sebagian besar nyaraninnya ke Citra Printing. Yah walaupun ada beberapa komentar negatif tentang percetakan ini tapi demi si kartu undangan yang tempat cetaknya dekat jadi gue, dani, dan nyokap akhirnya survey kesana.

Survey pertama gue berdua doang sama dani naik motor berbekal panduan google maps. Jadi buat para capeng yang belum tau lokasi citra printing ini ga perlu khawatir nyasar, pake google maps aja itu tepat kok diarahinnya. Btw, dari hasil baca2 blog orang banyak yang bilang kalo Pak Nizar yang punya citra printing ini galak jadi dari rumah udah persiapin mental soalnya saya agak cemen gitu orangnya.

Sampe sana ada sepasang capeng juga yang sedang liat2 undangan dan ada Pak Nizar sang empunya citra printing. Pas pertama kali kesana keadaan sedang agak chaos, beberapa pegawai berkali-kali mondar/i angkat kardus undangan yang sudah selesai cetak dan beberapa kali Pak Nizar terdengar marahin pegawainya karena ada undangan yang ketelisut entah dimana. Sempet ciut juga, akhirnya survey pertama ga lama-lama, setelah minta kartu nama kita langsung cabut karena saya takut kena omel juga. Hihihi. Maaf ya Pak Nizar.

Survey kedua berdua nyokap di hari minggu. Sebelumnya gue telpon Pak Nizar dulu untuk janjian karena sebenernya hari minggu jadwalnya citra printing libur. Disana gue dilayanin langsung sama Pak Nizar. Yah ternyata si Bapak ini cuma suaranya doang yang kedengeran galak padahal mah aslinya baik kok, nyokap ngobrol banyak sama Pak Nizar sedangkan gue keliling ruangan liat2 undangan yang gue pengen. Pak Nizar nyaranin ga usah bikin undangan bagus2 karena toh bakal masuk tempat sampah juga. Untuk ini gue setuju, karena selain untuk penghematan, emang toh pada akhirnya undangan kita bakal dibuang juga kan sama yang nerima.

Setelah liat2 beberapa contoh undangan, gue sepakat sama nyokap untuk bikin undangan single hard cover yang simpel.  Undangan gue akan berwarna hitam polos tanpa ada motif apapun. Untuk konten undangannya sendiri, gue punya beberapa poin, antara lain :
1. Ga pake gelar, karena buat gue gelar itu cukup untuk di masalah pekerjaan dan pendidikan aja, sedangkan nikahan itu sudah masuk ke ranah pribadi yang ga penting2 amatlah artinya gelar itu. Lagian gue menghindari kejadian pembandingan antara pendidikan si pihak laki2 dan perempuan. Males banget lah kalo sampe kejadian.
2. Ga usah pake "turut mengundang", sumpah sampe sekarang gue masih kurang paham maksudnya dicantumkan itu untuk apa karena belum tentu orang2 yang kita undang itu kenal sama daftar nama orang yang kita tulis di bagian turut mengundang itu kan.

Kita start ngedesain undangan di citra printing mulai tanggal 23 Oktober 2015. Seminggu kemudian tanggal 30 Oktober 2015 pihak citra printing ngirimin draft undangannya. Gue udah seneng lah dengan draft yang mereka buat, sesuai lah sama harapan gue. Cuma ada beberapa koreksi kecil kayak nama orangtua gue yang huruf depannya masih kecil, penggantian huruf buat nama di belakang undangan dan amplop bagian depan gue minta apus keterangan tempat dan tanggalnya biar polos dan bikin penasaran, Setelah draft diterima gue kasih liat ke nyokap dan ade gue dan mereka bilang suka. gue kemudian ngasih liat ke Dani dan disinilah gue menyesal karena disinilah keribetan terjadi.

Si pacar ga suka sama inisial dan logo di amplop undangan. Dia keukeuh minta diubah dengan alasan yang pertama bakal diliat orang itu ya amplopnya jadi amplop harus perfect. Kemudian dimulainya perubahan demi perubahan. Kita rubah sampai belasan kali. Dari masih sabar sampe akhirnya kesel sendiri. Salah satu pelajaran nih buat capeng lainnya, kalo mau rembugan soal konsep undangan mendingan dari awalnya. Di kasus gue, gue ga melakukan itu. Tipe pacar gue adalah tipe yang masa bodo di depan tapi rempong di belakang. Dari awal gue minta pendapat tentang konsep undangan dia selalu bilang, "udah atur aja", atau "terserah kamu", atau "aku sih iya aja." tapi pas draft-nya jadi malah bawel banget. Huuuuftt!!

Setelah berkali-kali revisi (cuma) inisial logo itu, akhirnya tanggal 11 November gue acc draft terakhir untuk segera naik cetak (walaupun logonya malah jadi aneh kalo menurut gue, tapi yasudahlah ya..!!). Pas proses revisi berkali-kali itu untungnya pihak citra printing juga termasuk yang responnnya cepet, tiap minta revisi ga sampe 2x24 jam pasti hasil revisinya juga udah dikirim lagi. Termasuk sabar juga ngeladenin pengennya pacar yang super ribet, sampe gue ga enak sendiri sama pihak citra printing karena revisi hal yang itu2 aja.

Tanggal 11 November itu gue gue acc langsung DP 50% dari total harga undangannya (sebenernya disuruhnya 500rb aja dulu). Oia, di citra printing itu pake sistem iket harga, jadi harga yang lo sepakatin di awal ya itu yang harus lo bayar saat acc. Dan di citra printing menerapkan minimal pemesanan 500 lembar, walaupun misalnya lo cuma butuh 300 lembar aja tapi yang harus lo bayar ya tetep seharga 500 lembar itu. aduh gimana jelasinnya ya gue bingung. gue kasih contoh kasus gue sendiri aja lah ya.

Gue cuma butuh 400 undangan. undangan yang gue mau di citra printing itu seharga 6000/lembar. nah tapi karena minimal pemesanan itu 500 lembar jadi yang harus gue bayar itu sebesar Rp.3jt. Pilihannya terserah sama si capeng sendiri. Kalo mau tetep keukeuh cetak 400 lembar harganya ya tetep Rp.3jt itu. Dan karena gue ngerasa sayang, jadi ya akhirnya gue pesen 500 lembar aja jadinya. Itung-itung backup undangan kalo ada undangan yang cacat. Selain itu undangan yang kelebihan itu bakal gue jadikan undangan formalitas aja, buat ngundang orang-orang yang gue tau persis ga bakalan dateng. Huehehehe.

Yak undangan beres, tinggal berharap proses naik cetaknya ga lama. Pas awal kesana deh Pak Nizar ngejanjiin kalo minimal 2 bulan sebelum acara undangan bakal selesai, dengan kata lain seharusnya paling telat januari undangan gue udah selesai dan siap dikirim. Dari yang gue baca dari blog capeng lainnya sih ada yang 3 minggu aja udah ada yang selesai undangannya sejak acc. Rencananya sih awal desember gue mau nanyain lagi. Jadi mari berdoa semoga undangan gue juga bisa cepet jadi.


0 komentar:

Posting Komentar