Selasa, 10 November 2015

Venue : Gd.Sabha Widya Wisma Makara UI

Gedung, ternyata ini salah 1 hal yang paling sulit dalam perencanaan pernikahan. Kenapa? Kalo gedung belum nemu, rencana pernikahan sama sekali ga bisa jalan. Ga bisa daftar KUA karena pasti nanti ditanyain lokasi pernikahannya dimana (kecuali yang akad dan/atau resepsinya dirumah). Yang pasti ga bisa bikin undangan juga karena tanggal dan gedungnya belum pasti juga. Ga bisa bikin souvenir karena tanggalnya belum fix (kecuali di souvenirnya ga dicantumin tanggal). Pokoknya ini gedung paling berpengaruh lah ya kalo menurut gue.

Balik ke soal gedung, nyari gedung jaman sekarang itu susahnya hampir sama kayak nyari jodoh. Giliran nemu gedung yang bagus, murah, eh tapi dah full booked terus sepanjang tahun biasanya. Belum lagi masalah lokasi, pasti pada pengen milih gedung yang letaknya strategis, minimal gampang dijangkau oleh keluarga kedua mempelai dan para tamu undangan. Dalam kasus gue, secara gue dan Dani sama2 orang Depok, ya pengennya nyari gedung juga ga jauh2 dari Depok. Kalo ga bisa dapet di Depok ya sementok2nya di kawasan Jakarta Selatan lah ya.

Dan sebagai pasangan yang ngeyel ga mau nikah di tanggal yang sesuai dengan ketersediaan, maka kita sengaja ga cari gedung yang sudah pasti bakal penuh, yah tau diri dari awal maksudnya. Kita cari di gedung2 yang kurang lebih jarang jadi favorit orang2 biar bisa dapet di tanggal yang kita mau. Hehehe. Perburuan gedung dimulai, kita mulai browsing2 gedung di sekitaran depok yang bisa dipakai untuk resepsi pernikahan. Untuk posisi diutamakan yang ada di jalan utama atau sekitar Margonda.

Beberapa lokasi gedung yang sempet kita survey antara lain:
1. HOTEL BUMI WIYATA.
Untuk yang paling strategis ya ini. Dan gue jatuh cinta dengan area pool-nya, tapi sesuai mandat nyonya besar (nyokap) kalo ga ada acara outdoor jadinya ya mengalah. Di BW ini ada 2 ruangan yang biasa dipakai sebagai tempat resepsi. Mereka menawarkannya sudah paket dan untuk paket tahun 2016 harganya kalo ga salah 64,5jt untuk 300pax. Sempet beberapa kali liat dekor pas lagi ada acara disana dan suka juga sama dekornya, cuma untuk makanan yang agak gambling karena pernah beberapa kali acara disana rasanya agak kurang konsisten. Sebenernya hampir aja kita DP disini tapi nyokap mengingatkan sebaiknya resespsi gue jangan di hotel, karena walau ini bukan hotel bintang 5 tapi nanti bisa aja ada image jelek apalagi gue, calon suami, dan nyokap adalah PNS. Akhirnya gedung ini dicoretlah dari list. Hiks.

2. CLUB PESONA KHAYANGAN DEPOK.
Pas kesini kebetulan lagi sama nyokap dan dikasih liat ruangannya. Ruangannya ada 1,5 tingkat, yang 1/2 tingkat biasanya buat area VIP atau keluarga. Entah kenapa gue ga sreg. Dan pas dikasih tau harga paketnya juga ternyata lebih mahal dari yang ditawarin BW. Disini untuk harga 2016 kalo ga salah sekitar 70-an. Abis liat ruangan nyokap tau2 nanya soal kolam renang dan ga lama kita dianter ke area kolam renang dan jatuh cintalah saya dengan area kolam renangnya. Area pool-nya lebih bagus dibanding BW dan karena banyak pohon2 kelapa jadinya berasa adem walaupun siang2. Di sekitar kolam juga udah ada tenda2 untuk gubukan, jadi ga perlu khawatir basah makanannya kalo sampe pas hari H acara ternyata turun hujan. Gue sempet merengek2 sama nyokap buat ngadain resepsi gue di area pool itu aja tapi tetep ditolak sama nyokap. Jadi akhirnya lokasi ini terpaksa dicoret juga.

3. HIDDEN PARADISE PONDOK CABE.
Karena masih penasaran banget sama resepsi outdoor dan bisikan jahat dari sana/i akhirnya gue dapet referensi tempat ini. ada webnya juga. Kalo liat di webnya sih tempatnya bagus banget. Gue sampaikan ke pacar dan pacar bilang kejauhan tapi gue keukeuh mo liat tempatnya dulu sampe akhirnya suatu hari gue diajak kesana sama si pacar dan OMG ternyata emang jauh banget dan agak mencil tempatnya. Untuk harga gue ga tau karena ga sempet tanya2. Karena alasan jauh itu tadi akhirnya lokasi ini dicoret. Hiks. Bye nikahan di alam terbuka yang sejuk.

Sempet desperate sama pilihan gedung di Depok yang terbatas dan nyokap berinisiatif nyari gedung di Jakarta Selatan. Kebetulan temennya ada yang anaknya mau nikah juga jadilah mereka berdua tiap weekend semangat jalan-jalan nyari gedung sekalian test food sana sini sambil nyari catering juga. Suatu hari nyokap bilang jatuh cinta sama gedung Balai Makarti Kalibata. Ngeliat posisi gedung di tempat yang akses jalan kesananya macet gue awalnya agak ragu tapi karena nyokap maksa terus akhirnya gue iyakan dan ternyata keberuntungan berpihak di gue. Gedung itu di tanggal yang gue pengen sudah full booked, jadi ya gedung itu dicoret juga. Hihi.

Seperti yang sudah gue tulis di posting sebelumnya, gue itu dapet catering duluan dibanding gedung. Jadi akhirnya ga mau ribet kita minta tolong sama Mbak Sumi dari Daffa Catering buat cariin gedung entah di Depok atau Jakarta Selatan yang masih kosong di tanggal yang gue pengen. Ga terlalu lama, Mbak Sumi ngasih kabar kalo masih ada gedung di Depok yang kosong di tanggal segitu, yaitu Gedung Sabha Widya Wisma Makara UI. Kita akhirnya survey kesana dan gedungnya walau udah agak tua tapi bagus, lumayan luas juga dan jauh dari keramaian, plus ada area kolam renang di samping gedungnya yang bisa dipake juga dengan tambahan biaya tentunya. Pas kesana sih kolamnya udah berwarna agak ijo gitu tapi nanti bisa lah diatur pas acara gue dibersihin dulu. Oia, untuk biaya sewa gedung tahun 2015, harganya Rp14juta dan kena charge Rp4juta lagi kalo mau pake tambahan area kolam renang. Setelah survey akhirnya kita deal di Gedung Sabha Widya Wisma Makara UI itu dengan pertimbangan gedung di Depok dan keluarga yang dari jauh bisa nginep di Wisma Makara UI yang sebelah sama gedungnya. Karena masalah gedung udah selesai jadi kita bisa lanjut ngurus undangan, dll. Semangaaat!!!

9 komentar:

Ratna Kania mengatakan...

Hai mbak, mau tanya wisma makara ui masuk kedalam KUA wilayah mana ya?

Acha Satmoko mengatakan...

KUA beji

Ratna Kania mengatakan...

Terima kasih Mbak Acha :)

Unknown mengatakan...

boleh minta nomer tlf gedungnya?

Acha Satmoko mengatakan...

di googling aja ada kok websitenya, saya udah ga nyimpen nomernya

Maya Eka yustiani mengatakan...

haii mba... mau tanya kalau di makara ui itu klo ambil dekor dan catering dari yg bukan rekanan kena charge gak?

Acha Satmoko mengatakan...

kalo itu ga tau, soalnya kemaren saya pake yang rekanan semua karena udah termasuk dalam paket wedding-nya, coba ditanyakan langsung aja ke pihak makaranya

Inettha Onlineshop mengatakan...

Hi Capeng 😊

Nyari catering + decor yang sesuai budget ?
Nyari dekorasi shabby chic utk resepsi ?
Nyari catering murah tapi gak murahan ?
Atau nyari harga paket murah utk dirumah ?

Tenaangg...kami siap membantu :
1. Paket akad / lamaran (food stall + dekorasi) Rp.7juta
2. Paket super hemat (catering + dekorasi ) Rp.27juta
3. Paket hemat (catering + dekorasi + bonus) Rp.30juta
4. Paket sapphire A (600porsi catering + dekorasi + bonus) Rp.40juta
5. Paket sapphire B (800porsi catering + dekorasi + bonus) Rp.43juta
6. Paket sapphire C (1000porsi catering + dekorasi + bonus) Rp.45juta

Hub :
0889-1408-412 (whatsapp)
IG @inetthawedding
www.inetthawedding.blogspot.com

His GRAHA ELNUSA mengatakan...

hai dear, calon-calon pengantin..
yang lagi cari gedung berkarpet, parkiran luas , lokasi strategis daerah TB Simatupang jakrta selatan boleh hubungi aku untuk info lebih lanjut di 082110126988

Posting Komentar