Rabu, 28 Januari 2015

Perjuangan Lulus CPNS 2014


Seperti yang udah gue sampaikan di posting gue sebelumnya kalo Alhamdulillah gue berhasil lulus CPNS untuk Tahun Anggaran 2014 kemarin, di posting ini gue mau sedikit sharing soal perjuangan gue untuk bisa lulus CPNS tahun ini dengan murni tanpa pake orang dalem, tanpa pake sogok2an, cuma pake belajar dan kuasa Tuhan. 

Tahun 2014 kemarin pendaftaran CPNS dibatasi hanya boleh memilih 1 instansi aja, tidak seperti tahun2 sebelumnya yang boleh mendaftar di banyak instansi. Lalu kenapa gue pilih KemenpanRB dari sekian banyak instansi?

Pertama, gue emang pengen banget jadi PNS kayak nyokap, tapi gue ga mau 1 instansi sama nyokap. Untuk alasan kenapa gue pengen jadi PNS nanti akan gue bikin di posting tersendiri. Kedua, untuk membalas kegagalan gue tahun 2013 lalu di instansi ini juga, gue udah bertekad untuk bisa lulus tahun 2014 kemarin. Kronologis kejadian tahun 2013 lalu bisa dibaca disini. Ketiga, biar gue bisa sering bareng sama nyokap juga yang kantornya masih sekitar kawasan situ juga. Oke, cukup intermezo-nya, sekarang langsung aja masuk ke cerita...


Gue hampir aja ga bisa daftar CPNS Kemenpan ini karena telat liat pembukaan lowongannya. Gue baru daftar H-2 sebelum batas akhir pengiriman berkas dan itu gue belum punya TOEFL sama sekali. TOEFL gue yang lama udah expired dan sangat susah nyari tempat tes TOEFL yang bisa tes dan hasilnya jadi hari itu juga. Setelah browsing2 akhirnya gue tes TOEFL di tempat kursus bahasa inggris deket rumah dan kena biaya 500rb untuk layanan sehari jadi. Tapi walau sehari jadi jangan kira gue nembak ya score-nya. Demi Allah gue beneran tes dan itu hasil tes gue murni, alhamdulillah dapet score 493. Ya ga bego2 amat lah ya!! Dan demi tes TOEFL sehari jadi itu gue musti ijin pulang setengah hari dari kantor.

Pengiriman dokumennya juga bikin deg2an parah. Gue kirim berkas lamaran H-1 sebelum batas akhir penerimaan berkas. gue musti cabut (lagi) dari kerjaan kantor untuk menghilang sebentar buat ngurus pengiriman dokumen. Pas ngirim juga udah hopeless aja, apalagi petugas posnya bilang ada kemungkinan terlambat sampai karena saking banyaknya surat lamaran CPNS yang dikirimkan lewat kantor pos. Tapi Alhamdulillah berkas gue sampai tepat waktu.

Pas nama gue tercantum di daftar peserta yang lulus seleksi administrasi rasanya lega banget. Jalan gue terbuka ke tahap selanjutnya yaitu TKD dengan jumlah total peserta yang lolos dan berhak mengikuti ujian TKD sebanyak 119 orang yang memperebutkan 20 formasi.

Ada 4 tahap seleksi di KemenpanRB tahun 2014 kemarin :
1. Pendaftaran online di website Panselnas dan website CPNS Menpan.
2. Pengiriman berkas lamaran untuk seleksi administrasi.
3. TKD dengan menggunakan sistem CAT.
4. TKB yang terdiri dari Psikotest, Interview User-Asesor, dan Tes Sesuai Bidang yg dilamar.

TKD diselenggarakan di beberapa kota di seluruh Indonesia dan peserta bisa memilih lokasi yang paling dekat dengan domisilinya. Karena gue domisili Depok dan kebetulan ada pilihan lokasi ujian di Depok (UI dan PNJ) maka gue pilih UI sebagai lokasi ujian gue. Sayangnya pas pengumuman ternyata lokasinya diubah dengan alasan UI sudah overload dengan peserta CPNS dari Kemendikbud. Akhirnya ujian TKD gue diubah menjadi PNJ yang untungnya masih satu lingkungan sama UI.

Gue dapet jadwal ujian tanggal 13 Oktober di GSG Lab 2 PNJ jam 07.00-09.30 WIB. Ada sekitar 30 orang yang ujian di PNJ. Ujian CAT tahun 2014 kemarin gue pakai sistem CAT dari Satriya yang konon katanya soal2nya lebih absurd dan lebih susah. Alhamdulillah gue lulus passing grade dengan score total 348 dengan rincian TKP 148, TIU 105, dan TWK 95. Walau ga mencapai target score gue yang gue targetkan diatas 350 tapi bisa lulus passing grade aja udah sangat melegakan karena saat ujian banyak peserta lain yang tidak lulus passing grade. Kita bisa lihat nilai kita begitu keluar dari ruang ujian karena disana disediakan layar proyektor besar yang berisi nilai2 hasil ujian, jadi kita bisa tau juga nilai peserta lainnya.


Di website rekrutmen menpan juga dipajang nilai2 peserta beberapa setelah semua lokasi selesai mengadakan TKD jadi kita bisa liat berapa orang yang gugur di tahap TKD karena tidak lulus passing grade. Dari 119 orang yang berhak ikut TKD, hanya 49 yang lulus passing grade dan berhak untuk ikut TKB yang diadakan tanggal 8 November 2014. Walau instansi dan asesornya sama, tapi ternyata TKB tahun ini beda dengan tahun lalu. Kalo tahun lalu TKB-nya cuma Psikotest dan interview asesor, tahun ini TKB-nya selain Psikotest dan interview ada tambahan tes sesuai bidang masing2. Dalam kasus gue, untuk formasi yang gue lamar di pilihan pertama yaitu Analis Kebijakan, gue dapet TKB berupa studi kasus dan perencanaan acara (gue bingung nama tes sebenernya apaan :p).

Untuk studi kasus para peserta disuruh pilih 1 topik dari 5 topik yang disediakan dan disuruh menjabarkan topik tersebut ke dalam sebuah laporan yang (ceritanya) akan diberikan kepada Presiden (kalo ga salah inget sih gitu). Pas TKB kemaren gue pilih topik soal sistem antisipasi dan penanggulangan bencana di daerah rawan bencana di Indonesia. Selain itu, gue juga dapat kasus perencanaan acara, jadi kita dikasih selembar kertas yang berisi rancangan sebuah acara dan kita diminta menjadi PIC untuk acara tersebut. Kita diharuskan menjabarkan detail rencana kerja kita mulai dari persiapan hingga acara berlangsung berikut perkiraan biaya dan waktu pelaksanaannya.

Kalo untuk psikotes sih biasa lah ya kayak psikotest2 pada umumnya, ada tes kraeplinnya juga. Dan interviewnya tahun ini juga selain sama asesor juga sama user, cuma ga semua peserta kebagian interview user, contohnya gue yang udah kedapetan interview agak sore sekitar jam setengah 3 sore cuma kebagian jatah interview sama asesornya aja karena pihak user dari Menpan udah pulang. Awalnya agak takut kalo bakal mempengaruhi nilai TKB tapi ternyata ga masalah karena bobotnya dianggap sama.

Oia, pas TKB itu para peserta duduknya dibagi berdasarkan warna name tag yang dikasih sama panitia, yang dibedakan berdasarkan formasi jabatan yang dilamar, misal gue dan temen2 lainnya pelamar Analis Kebijakan semua dapet name tag dengan warna abu2 dan diharuskan duduk di barisan bangku paling kiri pas TKB, mungkin buat memudahkan panitianya bagiin dan ngumpulin soal berdasarkan jenis bidang para pesertanya. TKB-nya diadakan seharian, mulai dari jam 8 sampai jam 5 sore.


Setelah TKB kita masih harus diuji kesabarannya untuk nunggu pengumuman final yang bikin ga doyan makan, ga nyenyak tidur, dan ga fokus kerja. Apalagi untuk tahun ini, dengan adanya pilihan 3 formasi dan diprioritaskan pada pilihan pertama, kita jadi ga bisa tau siapa2 aja saingan kita di tiap2 formasi yang kita pilih. Berbekal pengalaman gagal di tahun lalu, gue pun berusaha mencari tahu siapa2 aja saingan gue tahun ini biar gue ga ngalamin kegagalan yang sama di tahun ini. Agak kurang kerjaan sih sebenernya.

Dari 49 orang yang maju ke TKB, gue bikin rekap sendiri dengan mengurutkan peserta dengan nilai tertinggi sampai terendah. Setelah itu gue cari info masing2 orang tersebut dari berbagai sumber, salah 1-nya dari web forlap mahasiswa buat cari tahu jurusan si masing2 peserta, dengan begitu gue bisa cocokin kira2 mereka ini ngelamar di formasi mana, dengan gitu juga juga bisa mengelompokkan para peserta yang kira2 jadi saingan gw. Dari rekap itu, dari 49 peserta, nilai gue masih termasuk peringkat 10 besar. Yang ga bisa diprediksi adalah pergeseran nilai saat ditambahkan dengan hasil nilai TKB.

Setelah (harus) bersabar selama 2 bulan, akhirnya pengumuman final yang ditunggu2 keluar. Tepat tanggal 12 Januari 2015, sehabis magrib pas gue lagi bungkusin paket2 pesanan online shop gue, ada SMS dari pihak menpan yang memberitahukan jika pengumuman final udah keluar. Seinget gue tahun lalu gue ga dapet SMS kayak gini. Makin deg2an gue, ga berani ngecek pengumumannya. Akhirnya buat nenangin diri, gue solat isya dulu sebelum buka pengumumannya. Gue pasrahin semuanya biar kalo seandainya gue ga lulus, gue bisa ikhlas. Pas buka pengumuman dan liat daftar nama yang lulus, Alhamdulillah ada nama gue disana bersama 15 nama peserta lainnya yang lulus. Langsung sujud syukur dan lari turun ke bawah meluk nyokap sambil nangis. Nyokap bingung sampe akhirnya gue bilang kalo gue lulus sambil nunjukin pengumumannya dan akhirnya nyokap dan ade gue ikutan nangis juga saat itu.


Lega dan bersyukur. Cuma itu yang gue rasain saat itu. Semua kejadian buruk dan pengalaman pahit yang gue alamin beberapa tahun belakangan benar2 dibayar lunas sama Allah. Saat itu juga gue langsung telpon Ricky, sahabat gue yang selama ini jadi tempat curhat gue buat kasih tau kalo gue lulus. Selain itu, gue juga kasih tau Teteh, kakak gue yang selama ini juga sabar banget dengerin gue dan nyemangatin gue terus. Alhamdulillah semua seneng juga. Dan sebagai bentuk rasa syukurnya, nyokap mutusin buat daftar umroh beberapa hari setelahnya.

Alhamdulillah tanggal 23 Januari 2015 kemarin gue sudah menjalani pemberkasan di kantor KemenpanRB. Awalnya sempet ciut pas ngelangkahin kaki masuk ke ruangan pemberkasan, inget tahun sebelumnya gue dateng kesana buat komplain. Hehehehe. Alhamdulillah pemberkasannya berjalan lancar dan berkas yang gue bawa ga ada yang kurang. Sempet malu waktu Pak Didit dari Menpan nyebutin nama gue dan ceritain kisah gue tahun lalu ke seluruh peserta sebelum pemberkasan dimulai. Beliau adalah salah 1 orang yang gue repotkan juga tahun lalu. Hihi, maaf ya Pak! :)

Selesai pemberkasan, gue diculik sebentar sama Mbak Rere, CPNS Tahun 2013 yang katanya pengen wawancara sebentar soal kejadian tahun lalu itu. Gue santai aja dong, gue kira dia cuma penasaran doang gitu sama jalan ceritanya kayak gimana, eh ga taunya beberapa hari kemudian pas gue buka web Menpan, gue nemu 1 artikel yang kalo diliat dari judulnya rasa2nya gue tau itu adalah cerita gue. Dan bener aja dong pas gue buka, cerita gue dibikin berita, dengan foto yang hasil candid Mbak Rere pas gue lagi pemberkasan. Itu foto terkucel dalam hidup gue, rambut awut2an setengah basah karena abis keujanan. Make up udah sepenuhnya luntur karena keujanan juga. Ancur lah pokoknya!! Bahkan nyokap gue yang tau belakangan aja akhirnya bilang gue macam gembel di foto itu. Hiks!! Mbak Rere kejaaaam, kalo butuh foto saya kan saya punya banyak foto cantik yang menipu itu. :((

Ya terlepas dari kejadian apapun yang mengikuti kisah gue lulus CPNS tahun ini, entah pengalaman gue gagal tahun lalu ataupun kemunculan berita dengan foto yang huek itu, gue sangat2 bersyukur bisa lulus CPNS tahun ini. Murni dengan usaha gue sendiri, ditambah doa dari nyokap dan orang2 di sekeliling gue. Dengan lulusnya gue, gue juga sudah membayar hutang janji gue ke almarhum bokap untuk bisa jadi PNS kayak nyokap walau ga 1 instansi sama nyokap. Hi, dad, i fulfill your desire. Are you proud of me?? :')

73 komentar:

Anonim mengatakan...

Gue juga baru ketrima di BPOM . Sekarang ini emang kalo mau nyogok ga bisa kayaknya. Alhamdulilah. Gaji rapel juga sudah cair. Hahaha

Unknown mengatakan...

mba acha. saya juga pengen jadi pns. situs resminya apa sih. pendaftarannya gimana? mohon bantuannya. saya juga ingin masuk di kemenkeu. kenapa situs rekrutmennya ga bisa aja, This site can’t be reached gitu aja. help me mba.

Acha Satmoko mengatakan...

@sovi : kalo pendaftaran cpns memang belum ada karena masih masa moratorium. ada beberapa instansi buka cpns tapi sebatas instansi yang punya sekolah kedinasan dan jabatan2 yang menyangkut program nawacita. update aja terus infonya di internet, biar kalo ada pembukaan cpns ga ketinggalan info. semangat ya!!

Prasetya Mega Utami mengatakan...

berarti untuk 2016 ini emang belum ada info ya mba acha? tapi kok udah banyak bc ttg jadwal cpns di masing2 kota ya?

Acha Satmoko mengatakan...

memang sedang moratorium sampai 2017 setau saya mbak. kecuali untuk sekolah kedinasan dan jabatan2 nawacita itu. update di website www.menpan.go.id aja terus, karena penerimaan cpns formasinya kan memang dari kemenpanrb jadi pasti info resmi kalo memang ada pembukaan pasti ada disitu. untuk info dari yang lain saya ga berani jamin kebenarannya.

Pratama mengatakan...

Mbk acha.. kisah nya sangat menginspirasi.. mudah2an bisa terus istiqamah dalam menjalani profesi nya sebagai PNS di instansi Kemenpan-RB.. aamiin.. :)
Ooh iya mbk, saya mau bertanya.. mbk acha dari jurusan apa ya? Apakah semua jurusan bisa melamar sebagai CPNS kemenpan-RB?

Pratama mengatakan...

Ooh iya, satu lagi mbk... saya salut sama perjuangan mbk acha yang ikhtiar nya poll tanpa terhasut bisikan untuk nyogok dll.. kerenn.. ;)

Acha Satmoko mengatakan...

Aamiin, semoga bisa jaga amanah ini juga seterusnya.

sudah 2 tahun penerimaan CPNS (2013-2014) pemerintah emang menyiapkan beberapa formasi yang bisa diisi dari semua jurusan, tapi saran saya sih lebih enak pilih formasi yang emang sesuai sama latar belakang pendidikannnya biar pengembangan kompetensi ke depannya juga lebih gampang.

alhamdulilah tanpa nyogok pun kalo emang rejeki kita udah digarisin disitu pasti bakal jadi milik kita kok. percaya aja sama kemampuan sendiri. kalopun emang punya duit daripada buat nyogok jadi CPNS sih mendingan juga buat usaha. ya ga?? :)

Pratama mengatakan...

Iya mbk, setuja.. :D he...

Ooh iya mbk, do you have a suggestion about books that i can read or learn? Based on your experience..

Acha Satmoko mengatakan...

saya kemarin jarang belajar dari buku sih, karena kan sekarang tesnya udah pake sistem CAT, jadi saya lebih banyak belajar ke trial aplikasi CAT yang banyak di internet, di forum2 web yang bahas CPNS-an biasanya juga suka share gratis aplikasinya tu. Mayan bantu buat latihan mikir cepet pas ngerjain soal, karena kalo pake aplikasi kan kita bisa tau sisa waktu yang kita punya berapa dan bisa langsung tau jawaban kita salah atau enggaknya.

Viktika mengatakan...

Salut & benar2 inspiring bgt mbak tulisan mbak.. sya masih baru mau hendak lulus nih mba, hee..

Unknown mengatakan...

ya allah, , ,
god job mbak, ,sangat menginspirasi khususnya buat mahasiswa yang masih bimbang seperti saya

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Acha Satmoko mengatakan...

@rosnida zainab
aduh mbak, maaf seribu maaf sebelumnya, tapi zaman sekarang udah ga jaman NIPU pakai cara seperti ini. Dari gelar orang BKN yang mbak kasih aja udah aneh, S1-nya 2 kali dan S2-nya gelarnya juga ga linear dengan gelar S1-nya. dan saya sebagai orang kementerian pusat yang mengurusi CPNS juga berani jamin ga ada nama itu dengan gelar aneh itu di BKN. dan mohon jangan ngotorin semua posting di blog saya dengan komen sampah kayak gini. cari uang yang halal jangan dari nipu orang seperti ini, ingat azab, ga kasian sama keluarganya dikasih makan pakai uang haram?? pertanggungjawabannya berat loh di hadapan Tuhan kalo mati nanti ;)

Acha Satmoko mengatakan...

UNTUK READER BLOG SAYA, TERUTAMA YANG MENCARI INFO SOAL CPNS HARAP JANGAN PERNAH TERGIUR DENGAN IMING2 OKNUM YANG MENJANJIKAN BISA MELOLOSKAN UNTUK MENJADI PNS KARENA SAYA JAMIN ITU ADALAH PENIPUAN.

UNTUK SAAT INI TIDAK ADA PENERIMAAN CPNS HINGGA 2017 KARENA MASIH MASA MORATORIUM, PENGANGKATAN HONORER JUGA TIDAK PERNAH DILAKUKAN SECARA PER INDIVIDU.

UNTUK MASALAH PENIPUAN SEMACAM INI BISA LANGSUNG MELAPORKAN KE SITUS PELAPORAN KAMI DI https://www.lapor.go.id/

SUDAH BANYAK OKNUM YANG TERTANGKAP DENGAN MODUS SERUPA JANGAN SAMPAI KORBAN PENIPUAN BERTAMBAH BANYAK. PLEASE THINK SMART!!

wirahadiecom mengatakan...

Sangat menginspirasi mbk. Bagi tipsnya biar bisa lulus dong mbk, Oiya kira2 kapan cpns dibuka kembali? Terima kasih

Unknown mengatakan...

Kak, kalo latihan simulasi online wakt jaman kakak bnyk yg keluar ga soal"nya? apa di tambah baca materi, bila tidak keberatan mohon bimbingan utk belajarnya. Terima Kasih

Zee mengatakan...

Hai mbak mau tanya. Waktu test CAT kemarin pas di bagian Tes Karakteristik Pribadi itu jawabannya harus sesuai pilihan kita atau jawaban terbaik ya??

Acha Satmoko mengatakan...

kalo soal simulasi sih jarang ada yang sama persis keluarnya tapi minimal ada yang mirip2 untuk soal hitungan.

kalo untuk TKP seingat saya yang menurut kita cocok, untuk penilaiannya seperti apa saya kurang paham juga nilai tertingginya seperti apa.

Anonim mengatakan...

TOEFL di tempat kursus bahasa inggris biaya 500rb untuk layanan sehari jadi ini dimana kak? boleh dishare.karena burtuh juga yang cepat.

Lia mengatakan...

Mba Acha,

Sedikit mau tanya, untuk total gaji cpns pertama berapa ya? pas lolos semua ujian apa ada diklat juga dan berapa lama kah?

Terima Kasih

Acha Satmoko mengatakan...

untuk TOEFL saya tes di tempat kursus dekat rumah, di depok

Acha Satmoko mengatakan...

Lia :
kalo gaji tergantung golongan berapa, ini di semua instansi sama kalo kayak saya yang awal masuk dari S1 di golongan III/a, kalo ga salah 1,8jt dulu
tunjangan tergantung grade/kelas jabatan dan besarannya beda2 di tiap instansi
untuk diangkat jadi PNS sebelumnya harus diklat prajabatan lagi (sekarang istilahnya diklat terintegrasi), lamanya kalo pas saya kalo ga salah inget 40 hari pakai sistem on off class.

Unknown mengatakan...

Mb icah, mau tnya ini, aku mau mendaftr cpns tahun anggaran 2017, tetapi saya lagi mencari formasi yang cocok dan peluangnya itu besar bisa masuk, solusinya apa ya mb, agar saya tepat memilih formasi cpns,

Acha Satmoko mengatakan...

kalo mau cari K/L kecil yang jarang peminatnya, tapi balik lagi sih ke garis tangan, kalo emang rezekinya ditakdirkan emang udah ada di PNS mau sebanyak apapun saingannya pasti lulus juga

Lia mengatakan...

Mba Acha,

makasih waktu dan informasinya, 1.8jt itu take home pay ya kak ?? apa ada tambahan tunjangan lainnya, maaf ya kak rempong banget, soalnya saat ini sudah kerja dan ada beberapa biaya pendidikan adek2 saya yg harus saya bayarkan tapi saya ingin coba PNS :D

Unknown mengatakan...

Oke mb mksih ya saran nya, semoga saya dimudahkan cpns tahun ini

Acha Satmoko mengatakan...

Lia:
masih ada tunjangan kinerja yang besarannya beda2 di tiap instansi. 1,8jt itu cuma 80% dari gaji pokok. kalo boleh tau mau coba CPNS alesannya apa?

Moch Ade:
aamiin. semangat ya!!

yeyensky mengatakan...

Mba Acha, terharu baca ceritanya.. :') sukses trus ya mba..
Oiya BTW untuk SKB nya Kan skr ada 3 (tes substansi jabatan dengan menggunakan sistem CAT, psikotes, dan wawancara user).
Nah, dulu mba Acha tes substansi jabatan nya juga pakai CAT atau yg dikasih studi kasus itu?
Dtunggu jawabannya ya mba, makasi :)

Acha Satmoko mengatakan...

saya tes dengan CAT hanya pas TKD saja

Unknown mengatakan...

Inspiratif kak ceritanya, usaha ngebuahin hasil. Kak mau nanya, kalo interview pertanyaannya seputar apa? Terimakasih

Acha Satmoko mengatakan...

interview intinya menggali kompetensi kita apakah sesuai sama pekerjaan yang kita lamar, kurang lebih ditanya seputar pekerjaan yang kita lamar kita ngerti ga nanti jobdesk-nya seperti apa, dan ditanya motivasi jadi PNS apa, kurang lebih sih gitu pas saya diwawancara

Unknown mengatakan...

haii mba acha sebelumnya salam kenal ya,,oia saya mau tny berdasarkan pengalaman mba acha dalam menghadapi TKD bener gak beli buku contoh2 soal CPNS gtu ya?hanya belajar dari simulasi CAT online saja kah?
kebetulan tgl 27 oktober nanti saya ikut TKD dan sampai sekarang saya hanya belajar dari soal2 hasil googling dan simulasi CAT online saja,,pengen bisa lolos CPNS juga kaya mba acha hehhe
terimakasih

Acha Satmoko mengatakan...

saya sih cuma belajar dari aplikasi online aja soalnya saya tipe yang males baca buku gitu, lagian kan sistemnya sekarang pake CAT biar kita bisa belajar selesaiin soal sesuatu waktu yang ditentuin

Unknown mengatakan...

Mbak mau tanya, buat penetuan lolos nggaknya di tes SKB cuma ranking atau pake nilai standard kayak passing grade juga ?

Acha Satmoko mengatakan...

ga pakai standar nilai, biasanya pakai ranking kalo memang dari hasil rekap seluruh TKB, misal tes psikologi, dll tidak ada masalah, kalo dari ranking pertama ternyata ada cap TDS atau tidak disarankan akan diambil urutan dibawahnya.

Amanda mengatakan...

Halo mbak terima kasih ya sudah menulis pengalamannya. Saya mau tanya, kalo misalkan jumlah peserta yg lulus skd kurang dari formasi yg dibutuhkan ada kemungkinan yg tdk lolos jd lolos ga ya? Makasih..

Richie_Rich mengatakan...

Hi acha, untuk skg ini penerimaan cpns tiap brp tahun ya?

Acha Satmoko mengatakan...

amanda : ga mungkin. yang ga lulus ya tetap ga lulus, masa yang ga kompeten malah dilulusin, curang dong namanya. kalopun ga ada yang memenuhi passing grade sama sekali ya di kosongin itu formasinya.

richie : ga tentu tiap berapa tahun tergantung kebijakan presiden, kalo presiden bilang moratorium pasti moratorium dan itu ga tentu batas waktunya

Richie_Rich mengatakan...

mba cha2, kemungkinan ada gak CPNS periode ke III?
dan kalo ada, itu untuk kementerian kah atau apa? Makasih.

Acha Satmoko mengatakan...

tahun ini cuma sampai periode 2 aja, tahun depan belum tau moratorium lagi atau ada penerimaan lagi

Mha_lu^^ mengatakan...

Hii mbak Acha...
Blognya sangat informatif sekali, sangat2 membantu sy yg kebetulan jg lg degdegan menunggu hasil SKD Pemprov Kaltara dan ingin sekalian cari info ttg SKB. Sy ingin tanya mbak, apakah SKB di Kementrian itu sama dgn SKB d daerah (Pemprov)? Jika jadi dilaksanakan, SKB ini pertama kalinya diadakan di lingkungan Pemprov Kaltara, saya blm ada bayangan ttg materi SKB nanti, mohon pencerahannya mbak, terima kasih sebelumnya 😊

Anonim mengatakan...

asslm mba,kalau untuk psikotes kira2 sprt apa mba utk kemenpan

Anonim mengatakan...

Mas/mbak kebetulan saya lulus TKD utk CPNS BPOM tahun ini. Kira2 utk TKB nya soal2 nya bagaimana ya mas/mbak. Terima kasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Kalau boleh tau mbak sekarang ditugasin dimana?

Unknown mengatakan...

AIDU TAUHID SE.M.Si
DIREKTUR PENGADAAN DAN KEPANGKATAN PNS BKN PUSAT JKT.
hp: 0852-160-777-09
( KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM ) Saudarah Kakak Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil
Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.
Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pendidikan di SD di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi beliau selaku (Direktur pengadaan Dan Kepangkatan PNS) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi no Handphone Beliau (0852-160-777-09),siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
-Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Selalu mensupport aku
-Terimakasih untuk khususnya ( Direktur pengadaan PNS BKN) Bpk Drs. AIDU TAUHID, Msi beliau selaku petinggi BKN PUSAT, dialah yang membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.
Salam & Terimakasih

Acha Satmoko mengatakan...

Yth Bapak Darwanto Santoso (yah entah ini beneran bapak atau cuma ngaku2 aja)

duh bapak siang2 bikin saya ngakak aja deh pak, udah ga jaman pak jadi calo PNS jaman sekarang.

saya kenal pak aidu dan itu bukan no beliau, lagipula itu kok bapak ga konsisten banget nyebutin gelarnya pak aidu, di paling atas bilangnya Aidu Tauhid, SE, M.Si, lah dibawah kok berubah jadi Drs. Aidu Tauhid, M.Si jadi yang bener yang mana hayo?? :p

trus bapak bilang bapak honorer di salah satu SD di Jatim loh kok di judulnya kisah nyata lulus PNS di kementerian hukum dan HAM, di kemenkumham mana ada gurunya pak?? ketauan banget nipunya deh.

hati2 loh pak, penjara menanti untuk kasus penipuan sebagai calo PNS. sebelum tertangkap sebaiknya tobat pak, cari rezeki yang halal buat keluarganya, jangan dari hasil nipu orang.

Acha Satmoko mengatakan...

@ Mha_lu
SKB per instansi beda2 pak tergantung kebijakan instansi masing2, di instansi saya dalam 3 tahun pengadaan (2013, 2014, 2017) ini beda2 kok ternyata SKB-nya jadi saya ga bisa jawab bentuk SKB-nya nanti di instansi yang kamu lamar seperti apa.
mohon maaf kalo tidak membantu

Acha Satmoko mengatakan...

UNTUK READER BLOG SAYA, TERUTAMA YANG MENCARI INFO SOAL CPNS HARAP JANGAN PERNAH TERGIUR DENGAN IMING2 OKNUM YANG MENJANJIKAN BISA MELOLOSKAN UNTUK MENJADI PNS WALAUPUN ITU MEMBAWA2 NAMA PETINGGI DI SALAH SATU INSTANSI KARENA SAYA JAMIN ITU ADALAH PENIPUAN.

PENGANGKATAN HONORER JUGA TIDAK PERNAH DILAKUKAN SECARA PER INDIVIDU. DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH SAAT INI SUDAH TIDAK ADA LAGI PENGANGKATAN HONORER.

UNTUK MASALAH PENIPUAN SEMACAM INI BISA LANGSUNG MELAPORKAN KE SITUS PELAPORAN KAMI DI https://www.lapor.go.id/

SUDAH BANYAK OKNUM YANG TERTANGKAP DENGAN MODUS SERUPA JANGAN SAMPAI KORBAN PENIPUAN BERTAMBAH BANYAK. PLEASE THINK SMART!!

Resti mengatakan...

Hi mba acha,
Seru sekali ceritanya.
Mau tanya mba kalau saat pemberkasan sudah diangkap lengkap, masih ada kemungkinan akan tidak lulus atau gugur nggak ya? Krn kan setau saya semua dokumen akan dicek lg oleh BKN.

Point yg menyatakan kita benar2 sudah diterima sbg cpns itu saat kapan ya?
Mohon info ya krn skrg saya sudah dalam tahap pemberkasan di salah satu kementrian :)

Anonim mengatakan...

Mau tanya mba acha
Cap TDS alias tidak disarankan itu variable nya berdasarkan apa ya mbak?

Unknown mengatakan...

Salam Mbak Acha. Sy mau nanya bagaimana trik dan cara bljr biar dpt skor tinggi kaya mbak Acha.

Acha Satmoko mengatakan...

@resti : kemungkinannya sih kecil, kecuali ditemukan kalo ternyata ijazahnya atau dokumennya palsu, kalo engga sih biasanya aman, tinggal tunggu SK CPNS keluar dan panggilan mulai kerja aja. btw, selamat ya selamat bergabung sebagai abdi negara

anonim : banyak hal, salah satunya bisa karena hasil psikotesnya jelek, kandidat yang bersangkutan terbukti melakukan kecurangan, ijazah palsu, dll.

helki : skor saya dibanding temen2 saya yang sampe 400-an nilainya termasuk rendah itu. saya paling sering latihan soal cat aja pake aplikasi biar kebiasa ngerjain soal sekaligus belajar ga buang waktu pas ngerjain soal.

Unknown mengatakan...

Mba acha, terimakasih sebelumnya atas kisah yg menginspirasi, mau nanya nih, biasanya kalo diumumkan lolos cpns dan bakal pemberkasan, berkas yg diminta apa aja ya? Apa benar legalisir sd, smp, sma iya juga? Bukan hanya ijazah sarjana? Terimakasih sekali lg

de_shiki_vision mengatakan...

saya lagi menunggu hasil pemberkasan smbil liat liat blog orang yg ktrima di kementrian .. smoga saya bs lolos seperti mbknya dan memgabdi pada negri ini

Unknown mengatakan...

Mba saya mau nanya...thp cpns itu berapa ya..soalx saya baru lolos cpns bpn...
Apakah 80% dri gapok aja..atau 80% dari gapok tunj kinerja dan uang makan

Acha Satmoko mengatakan...

dyah :
beda2 ketentuan tiap instansi, coba aja nanti diliat di pengumuman akhirnya. untuk ijazah lupa saya apa aja.

de_shiki_vision :
aamiin, semoga dilancarkan ya semua prosesnya

aswin :
THP CPNS itu = 80% (gaji+tunjangan) + uang makan

alfian mengatakan...

mbak.. alhamdulillah d tes kemarin saya lulus di kemenpan. ada saran gak buat nyari2 kosan bagusnya daerah mana ?

Acha Satmoko mengatakan...

alfian :
lulus di RB ya gan? selamat ya!! welcome to the jungle. buat kost2an saya ga tau soalnya saya ga kost, tapi kalo temen2 saya yang kost sih kebanyakan di daerah benhil yang murah atau kalo mau yang deket kantor di sekitar di jalan kebalen, disitu banyak kost2an tapi harus pinter2 nyarinya biar dapet yang murah, rata2 sih sejutaan disitu.

Anonim mengatakan...

Mbak, mau nanya nih. Maaf panjang penjelasannya. Saya Ahmad lolos CPNS KKP penempatn pusat tahun ini.
Apakah benar mbak, perhitungan remun seperti ini.
Misalnya saja Perhitungan Remunerasi KKP yang mendapatkan skor 70%. Nah berarti KKP ini mendapatkan Besar Tunjangan 70% dari pegawai kementerian Keuangan. Misalnya di Kementerian keuangan dengan Level 8 besar tunjangan kinerja 8.000.000 /bln. Kemudian saya masuknya yang bekerja di KKP dengan Level 8 juga. Apakah benar besar Tunjangan Kinerja yang didapat adalah 8.000.000 x 70% = 5.600.000 /bulan??
Makasih Mbak Acha

Unknown mengatakan...

makasih gan infonya :3

Acha Satmoko mengatakan...

anonim yang nanyain tukin KKP

coba liat aja di perpres terbaru tukin KKP, perpres nomor 131 tahun 2017 disitu ada daftarnya, kalo CPNS dapetnya masih 80% dari yang didaftar itu

Vina journey mengatakan...

Pns itu emang suruh ngumpulin berkas rapot sd sampe sma?

Acha Satmoko mengatakan...

bukan raport, tapi ijazah dan daftar nilainya

Unknown mengatakan...

Mau tanya apakah pas wawancara dulu ditanyakan pengalaman organisasi & prestasi semasa kuliah atau pengalaman kerja? klo misal sebelum daftar itu msh nganggur gmn? apakah itu mempengaruhi penilaian? Mksh

Anonim mengatakan...

Sy jg akan bergabung dengan institusi negara tp tni bukan PNS, sy jg punya pengalaman mencari pengalaman2 kerja kesana kesini ky mba dulu, hehe

Kisah sukses mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Acha Satmoko mengatakan...

@ RIDWAN TOPIK
Dear bapak ridwan, kalo mau nipu yang cerdas pak, masa ceritanya ga nyambung sih, lulus cpns kumham tapi bilangnya honorer di pemda, yang bener yang mana?

BUAT CPNS HUNTER, HARAP HATI2 DENGAN HAL SEMACAM INI KARENA SAYA BISA JAMIN 100% KALO INI PENIPUAN

ASN JAMAN NOW ITU BEBAS KKN, JADI GA ADA LAGI TU YANG NAMANYA TITIP2AN ATAU LEWAT JALUR BELAKANG. JANGAN MAU DIBODOHI SAMA CALO CPNS!!!

Kisah sukses mengatakan...

Assalamualaikum mohon maaf sebelum'nya kepada admin sedikit saya ingin lewat berbagi cerita bagi teman teman yang percaya lewat postingan ini tentang KISAH SUKSES saya jadi anggota PNS, alhamdulillah berkat bantuan bpk DR.HERMAN M.Si

DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA BKN PUSAT JKT, sekarang saya dan kaka saya sudah jadi PNS berkat bantuan beliau, nomor hp bpk Dr Herman 0853-2174-0123

(KISAH NYATA LULUS PNS DI lingkungan PEMDA JAWA TIMUR )

Kakak dan Saya 3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku dan Dirinya saling memotivasi dan Akhirnya di tahun 2014 Berhasil

Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.

Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.

Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan teman-teman Semua,.

Mohon maaf mengganggu waktunya saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR singkat dan semoga bermanfaat..... saya dan Kakak seorang honorer yang baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya kami ini cuma seorang Honorer di Salah satu Instansi Pemda di provensi JAWA TIMUR tepatnya KOTA MADIUM dan Kakak Saya di Instansi Pemerintahan di Kantor BUPATI DI JAWA TIMUR, Saya Sudah 8 tahun dan Kakak Saya 10 tahun jadi tenaga honorer belum diangkat jadi PNS, Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol, sayapun sempat putus asah, kemudian teman saya memberikan no tlp Bpk Dr. HERMAN M.si hp: 0853-2174-0123 beliau selaku (Direktur aparatur sipil negara) di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, dua minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih kepada beliau yang sudah mau membantu saya. itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa hubungi Bpk Dr. Herman M.si no hp Beliau 0853-2174-0123, siapa tau beliau masih mau membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

Acha Satmoko mengatakan...

@ ridwan topik

Ya ampun pak ga ada kapoknya nulis komen penipuan di blog saya. ciee dibilangin ga sinkron komentarnya trus langsung diapus dan diganti.

saya kenal loh pak dengan pejabat yang bapak catut namanya, dari jabatannya aja udah salah (hayo mau diganti lagi abis ini??) no hp-nya pun bukan yanng bapak sebutkan. tobat pak!!

hati2 loh pak, dengan ini bapak bisa dipidanakan. cari uang yang halal pak, kasian keluarganya dikasih makan pake hasil nipu. ga takut sama azab Tuhan apa?

Mita mengatakan...

Aku tertarik baca tulisamu mba. Berarti kesimpulannya mba uda 4x ikut cpns dan baru berhasil di tes ke 4 ? Kuucapkan selamat sebelumnya :)))
Mbaa bagi tips dong gmna caranya biar bisa move on biar ga sad terus keinget sama kegagalan yg bertubi2.
Aku uda 2x ini gagal cpns di instansi yang sama, tepatnya utk cpns 2017 dan 2018. Tahun 2017 lolos PG tp kalah peringkat dan Yg paling menyedihkan adl thn ini kalah karena nilai TKP yg mana skorku cma kurang 2 point padalah kalo dikumulatif udah 350 lebih. Mba tau sendirilah yaa gmna polemik cpns thn ini. Slma nunggu pengumuman skd, sya cma bsa berdoa dan berdoa smga masih diberikan kesempatan, ternyata kmrn pas pengumuman saya gagal lagi dengan status P2. Sebenernya sedih bgt tp mau gmna lagi, tp ya tetep aja sedih itu slalu menghantui, mengingat target harus thn ini pindah kerjaan dan cpnslah harapanku :(((((

Anakdagang mengatakan...

Kalau saya sangat menyedihkan. Perjuangan ku sirna setelah dijatuhkan di kesehatan.

Acha Satmoko mengatakan...

http://bangka.tribunnews.com/2018/03/09/winda-ngaku-lulus-cpns-dibantu-pejabat-ini-pernyataan-bkn?page=2

duh ga ada kapok2nya ya nipu orang. kok jahat banget sih pak cari uang yang halal lah, ga kasian apa sama anak istrinya dikasih uang haram

Posting Komentar