Selasa, 13 Januari 2015

Indah Pada Waktunya

Ini adalah posting pertama gw di tahun 2015 dan alhamdulillah gw bisa mengisi posting pertama ini dengan kabar gembira (tapi tenang ini bukan tentang kulit manggis yang sudah ada ekstraknya kok :p). Posting penutup gw di tahun 2014 lalu adalah tentang daftar resolusi gw di tahun 2015 ini, dan gw antara percaya dan ga percaya juga sampai sekarang, tapi gw berhasil mewujudkan 1 harapan besar gw.

Dalam daftar resolusi yang gw buat, gw menempatkan harapan/target untuk bisa lulus cpns di peringkat pertama dan alhamdulillah harapan itu benar2 terwujud di awal tahun ini. Antara percaya dan ga percaya gw lihat ada nama gw di pengumuman final CPNS di instansi yang gw lamar.

Fyi, ini kali kedua gw ngelamar di instansi yang sama setelah tahun sebelumnya (2013) gw gagal di tahap akhir. Gw ga bisa jelasin gimana rasanya saat ini, tapi ada 1 perasaan lega dan plong banget yang sebelumnya ga pernah gw rasain, kayak ada beban berat yang akhirnya terangkat dan hilang gitu aja. Mungkin ada yang mikir gw berlebihan, tapi emang itu yang gw rasain.

Kelulusan gw ini seakan menjawab semua rasa ragu gw terhadap diri sendiri dan Tuhan. Yup, Tuhan, gw sempet ragu sama Dia. Beberapa tahun belakangan gw dikasih hidup yang sangat sulit, saking sulitnya sampai pernah terlintas pikiran bodoh untuk bunuh diri. Agak sedikit malu sebenernya gw nulis ini.

2013-2014 itu buat gw adalah tahun2 terberat yang pernah gw alamin selama 27 tahun gw hidup. Banyak kejadian yang bikin gw mikir, 'Tuhan tu sebenernya ada ga sih? Kenapa gw udah solat, berdoa, puasa, tahajud, sedekah, dll tapi doa gw ga pernah dikabulin?'

Semua kejadian berat mulai terasa sejak bokap sakit di akhir 2011 dan puncaknya terjadi setelah bokap meninggal (7 April 2013). Banyak banget hinaan, fitnah, dan segala macem lainnya yang datang bertubi2, ga cuma dari orang luar bahkan dari pihak keluarga gw sendiri.

Cuma beberapa orang yang bener2 nganggap gw sebagai manusia, selebihnya mungkin nganggep gw cuma sampah. Titik terendah yang gw rasain itu adalah saat gagal CPNS tahun 2013 kemarin. Bukan gw ga bisa terima kekalahan, tapi karena ini kekalahan yang emang sangat bikin nyesek. Mungkin udah pernah baca cerita gw soal ini disini.

Setelah bokap meninggal gw sengaja ga apply ke perusahaan2 swasta, mengingat track record menganggur gw yg cukup buruk. Gw fokus untuk persiapan CPNS, ngumpulin dan latihan ngerjain soal, bahkan gw sampai niatin ikut sebuah bimbingan TPA. Sekali lagi gw tekankan kalo yang bikin nyesek itu bukan karena gw ga lulus di pengumuman final, gw sadar score gw tahun 2013 itu kecil, tapi yang gw sayangkan adalah keputusan saingan gw itu yg memilih mundur setelah pemberkasan, yang seandainya dia mundur sebelum pemberkasan, itu akan jadi rejeki gw.

Saat itu gw merasa ga adil se-ga adil ga adil-nya. Marah semarah2nya. Ngerasa Tuhan dan orang2 di sekitar gw kok jahat banget sama gw. Saingan gw udah punya hidup yang cukup perfect dan bahagia, punya pekerjaan mapan di sebuah bank, suami yang kerja di pemerintahan dengan gaji dan remun yg besar, anak perempuan yang lucu dan sehat, diluluskan CPNS tapi setelah itu melepas sebulan setelah pemberkasan. Sedangkan gw, gw cuma anak yatim yang udah nganggur selama beberapa tahun dan berusaha cari pekerjaan halal buat bantuin nyokap yang jadi single fighter di keluarga, kenapa kok malah kayaknya jalan gw dipersulit.

Gw rasanya pengen nanya secara langsung sama saingan gw itu apa alasannya ninggalin CPNS itu setelah pemberkasan dan ngasih tau ke saingan gw itu tentang dampak keputusannya itu untuk gw.

Gw sampe pernah nanya dalam doa gw, 'mana janji-Mu Tuhan untuk mendengar doa anak yatim, menjamin hidup mereka dan melancarkan rezeki mereka?' 

Dan sekarang gw baru sadar kalo rencana Tuhan emang lebih indah. Tuhan selama ini sedang mengajarkan gw untuk lebih bersabar, lebih berusaha, dan belajar menghargai sekecil apapun anugerah yang udah dikasih ke gw. Terbukti sekarang gw sangat bersyukur akan semuanya.

Rasa sakit hati terhadap semua fitnah dan hinaan yang selama ini gw terima ilang gitu aja. Ibaratnya ini double strike. Selain Tuhan akhirnya mengabulkan doa gw, Tuhan juga membantu gw membalas semua orang yang selama ini memandang rendah gw dengan hinaan dan fitnah mereka. Tuhan bantu gw membalasnya dengan indah, seindah rencananya untuk gw. Tuhan membantu gw membuktikan bahwa mereka yang selama ini menghina gw ternyata ga lebih baik dari gw.

Dan gw tetep pengen ketemu sama saingan gw dulu, bukan untuk nyalahin dia tapi justru untuk berterima kasih. Karena keputusannya itu udah kasih banyak pelajaran berharga buat gw. Semoga karir dan kehidupan rumah tangganya lancar terus ya Mbak! Aamiin. :)

16 komentar:

Andrameda Jaya Utama mengatakan...

Alhamdulillah, selamat ya mbak Acha..!! ^_^Saya juga dulu pernah mbak ikutan daftar CPNS, tepatnya tahun 2012. Dan ternyata hasilnya :( gaga!!l, ditambah lagi karir saya di swasta juga ikut2an gagal ( gara2 kebanyakan absen ). 2013 kesempatan datang lagi ditengah karir yg kacau, tp hasilnya :(:( rasanya seperti sesuatu yg tak pernah ada (++) !! Biar seperti apa ternyata hidup terus berjalan, 2014 pun datang... Dan awal 2015 seperti fajar yg cerah di musim kemarau, membawa kehangatan dan harapan yang menjadi nyata.. :) :) :) !!Righttime Rightplace, Tuhan memang tahu dan sangat tahu yg terbaik untk hambanya, dan kapan sesuatu itu datang maupun pergi!! Sukses terus ya mbak Acha,!!! Salam hangat..

Acha Satmoko mengatakan...

Aamiin. Terima kasih untuk doanya :)

semoga karir kamu juga sukses terus juga ya. Btw, keterima CPNS dimana?

Andrameda Jaya Utama mengatakan...

Aamiin..!!! Makasih mbak..!! ^_^ .... Saya di kemenkeu mbak, sebenarnya agak melenceng dari disiplin ilmu saya. Dari teknik ngurusin keuangan (+~) its make me confused.!! But I will not go down!!! For the sake of My Greatz Dreamz are still waiting!!! Hehehhee :) .. Mbak sendiri di instansi mana ya??...

Acha Satmoko mengatakan...

Wih sadis kemenkeu *matabelo*

Gapapalah agak melenceng dikit yang penting masa depan terjamin. cowok saya juga dari teknik elektro sekarang di menpan kok, ngurusinnya pengadaan barang dan jasa.

Btw,dapet penempatan dimana? kemenkeu bagian apa kalo boleh tau? pajak atau bea cukai atau mana?

sekali lagi, selamaat ya!! semoga karirnya sukses terus. :)

St Yuyun mengatakan...

Kyaaaa selamat mbak Acha!!!!!

Ups, baru muncul udah rame sendiri. Ehehe, sebenarnya udah lama sih aku jadi silent reader nya mbak Acha. Awalnya lagi browsing nyari pengalaman orang yang tes CPNS. Supaya lebih siap gitu. Eh, jadi keterusan baca kisahnya mbak.

Perjuangan Mbak Acha emang nggak main-main. Ketabahan dan semangat mbak patut diacungi jempol. Aku jadi termotifasi untuk terus semangat, melihat semua masalah dengan lebih positif. Mengeluh nggak masalah, memang bagian dari emosi tapi yang penting terus berjuang. Iya nggak mbak?

Seperti mbak, alhamdulillah aku juga lolos CPNS tahun ini. Sekarang lagi di Jakarta, pemberkasan Dirjen Pajak. Terus semangat ya mbak! Semoga kita bisa mengabdi dengan baik :D

Acha Satmoko mengatakan...

Alhamdulilah terima kasih ya.

Selamat juga buat kamu berhasil CPNS-nya. Aku 2010 nyoba di Keuangan tapi gagal. hehehe.

Btw, seneng deh kalo ada orang yang bisa terbantu dari tulisan2 disini.

Semoga kita bisa jadi abdi negara yang amanah ya. Aamiin :)

Andrameda Jaya Utama mengatakan...

^_^ Makasih ya atas doanya..

Saya di Dirjen Bea dan Cukai, di Rawamangun.

Senang juga mendengar suatu perjuangan yang akhirnya berhasil, dan semoga kita juga bisa benar2 amanah dalam mengemban tugas sebagai abdi negara.

Btw, sekarang mbak udah satu profesi dan malahan satu instansi sama sang pacar ya.. Selamat ya,, :) :) !!! ditunggu kabar baiknya,, .. Kubantu aamiinkan dari jauh..


Finally, keep blogging ya..!! gak pernah ada salahnya saling berbagi.. bahkan sangat menyenangkan..

Terima kasih, salam hangat!!!

Sandya Erlangga mengatakan...

Ini sama banget kan Kaya aku , aku juga Dari dulu pengen masuk Kemenkeu ,dan sampai akhirnya pas di wisuda (aku Fh Undip 2010 kan) , bisa daftar Kemenkeu dan Alhamdulilah bisa lulus tkd , di sini aku percaya aku bisa lolos kalau berusaha matanya aku belajar terus siang malam jak eh Tapi malah gagal pas Psikotes , selalu gagal pas Psikotes aku sendiri sampe her an tiap tes di Perusahaan TPA lolos Tapi gagal terus di Psikotes :(,, sedih kak

Acha Satmoko mengatakan...

berarti baru banget lulus ya? itu mah masih panjang perjalanan. percaya aja kalo Tuhan udah nyiapin jalan buat kamu, mungkin ga tahun ini, atau mungkin juga bukan disitu, kali aja disiapin sama Tuhan di Pertamina atau BI yang lebih oke. positif thinking aja sama Tuhan, jangan nyerah usaha dan doa juga.

pratama. adhi mengatakan...

KISAH NYATA PNS
3 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua, Kisah Sukses Seorang PNS.
Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2012 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 1 BEKASI TIMUR, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Kepegawaian di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk DR.SULARDI,MM no HP Beliau: 085-756-190-217 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.
Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2014 kemarin saya melakukan komunikasi pembiciraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk DR. SULARDI,MM Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berdiri diatas kaki sendiri maka tidak ada kata mustahil selama kita masih memiliki keyakinan & kerja keras untuk mencapai tujuan hidup ini. Walaupun selama 5 tahun tidak penerimaan CPNS, tetapi itu bukan hal yang bisa buat kita terjatuh, apapun itu. Dan beliau berkata selalu ada jalan selama kita mau melalui jalan itu, Terakhir Penyampaian beliau ke saya bahwa selama kamu Atau Teman, dan keluarga kamu membutuhkan saya UNTUK memasukkan Kamu sebagai PNS maka saya akan siap membantumu dan saya akan selalu ada pada posisi dimana tidak akan ada yang bisa menghalangi keputusan/kebijakan saya.
-Terimakasih kpada Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku
-Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.SULARDI,MM beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor Bpk DR.SULARDI,MM No Hp 085-756-190-217

Acha Satmoko mengatakan...

cuma bisa ketawa baca komen diatas. maaf ya mas tapi sekarang udah ga ada tu yang namanya bisa dibantu2 gitu. kalopun ada oknum yang menjanjikan bisa mempermudah, saya pastikan itu penipuan dan bisa diadukan secara pidana.

Gina Nastia mengatakan...

Teh annisa, kalau boleh tau skor TKD teteh thun 2013 berapa teh? Aku lulus kuliah bulan Januari kmren, dan tujuan aku dari awal emang kepengen banget jadi PNS di Kementerian Sosial. Udah belajar segala macam, eehh taunya tahun ini ada moratorium teh :'( Allah minta aku buat nikah dulu, buktinya baru bln April kmren aku ditemuin ma cowok, trus bln Meinya lgsg jadian. Eehh gak lama kemudian pas bln Juni, aku malah diajak nikah teh. Nikahnya Desember ini teh, sementara aku belum kerja, padahal pengen kerja dulu :'( Jadi nunggu Tes CPNS tahun depan deh :(:(:(:(

sovi agustina mengatakan...

halo kak acha,, kaka sangat menginspirasi. pengalaman kaka banyak yang hampir sama seperti aku. dlu aku lulus kuliah lnsng krja tp kakek nenek sakit dan aku mutusin ga kerja resign, skrg udah meninggal terus coba ngelamar udh lama ngangur trus badan saya juga yg kelamaan ngangur jadi gendut,, susah cari kerja,, jobless. kebetulan baca artikel kaka hampir sama kisah hidupnya ma aku. skrg aku masih pengangguran dan mau ikut berjuang kaya kaka, aku mau nyoba ngelamar jadi PNS, kira kira apa apa tips nya yah terus harus pake toefel juga? ga bisa bahasa iggris,, hhuhu. mohon di reply, makasih kaka

Acha Satmoko mengatakan...

@gina : waduh maaf baru sempet bales komen2. hehe tapi udah dijawab via ig sama email ya. :)

@sovi : iya untuk S1-S2 harus pakai Toefl, tergantung maisng2 instansi ada yang 450 ada yang 600 mintanya. selama masih ada waktu sih dipersiapin aja semuanya. kursus bahasa inggris atau belajar otodidak dari internet, trus sering2 aja latihan soal cpns karena itu ngebantu banget buat ngasah ingatan sama pelajaran yang dulu2. untuk pembukaan CPNS untuk tahun 2016 ini sudah pasti tidak ada, yang buka hanya instansi yang punya sekolah kedinasan saja kayak Dagri, kemenkeu, dll. semoga tahun depan ada pembukaan lagi. jangan patah semangat ya!! :)

Ganis Feni mengatakan...

Mbk kirim lewat pos ya h-1 itu jam brp mbk?temenq degdeg an juga ni mbk krn ngirimnya h -1 hehe

Acha Satmoko mengatakan...

jam berapa sih ga pengaruh, yang penting itu cap pos di tanggal terakhir batas waktu pengiriman berkasnya, mau sampenya 2 hari kemudian juga ga masalah selama cap pos-nya masih dalam batas waktu pengiriman.

Posting Komentar