Rabu, 14 Juli 2010

plan B

pertengahan tahun ini kayaknya gue emang harus menata ulang rencana hidup gue karena gue ngerasa rencana yang udah gue rancang beberapa tahun lalu ternyata ga berjalan lancar. mungkin kebanyakan orang bakal nyusun rencana baru tiap tahun (resolusi tahun baru), atau di tiap pergantian umur, tapi gue lebih suka menyusun rencana hidup tiap gue berhasil menyelesaikan pendidikan gue. misalnya : waktu gue mau lulus SMA, gue baru nyusun rencana hidup gue, terutama yang berhubungan sama pendidikan gue selanjutnya di universitas. begitu juga waktu gue mau lulus dari universitas, gue nyusun rencana untuk hidup gue selanjutnya, terutama pasca S1.

rencana awal setelah gue lulus S1 adalah langsung ngelanjutin S2 sambil kerja. kalau seandainya rencana gue itu lancar, gue udah tinggal ngikutin alur hidup gue aja selanjutnya tanpa pusing mikirin harus ngerencanain hidup gue lagi. gue lulus S1 di umur 22 tahun dan langsung cari kerja, dan kalo gue langsung ngelanjutin S2 dan lulus tepat waktu juga, berarti gue akan lulus S2 di umur 24 tahun dan udah punya sedikit modal hidup yang gue kumpulkan selama 2 tahun gue kerja. dalam bayangan gue, di umur 24 itu gue udah tinggal mikirin langkah serius aja, yaitu pernikahan. yah, dari dulu gue emang punya cita2 untuk nikah di umur 24 tahun, umur yang ideal buat gue tapi ya ternyata semua ga selancar yang gue kira.

rencana yang menurut gue nyaris sempurna itu nyatanya buyar. banyak hal yang bikin rencana hidup gue itu ga bisa berjalan lancar sesuai keinginan. mulai dari rencana melanjutkan studi S2 sampe ke rencana pernikahan di umur gue yang ke-24. sayangnya gue lulus waktu tahun ajaran baru udah di mulai (september 2009) dan baru dapet ijazah sekitar bulan Oktober yang bikin gue ga bisa langsung ngelanjutin S2 di tahun yang sama dengan kelulusan gue itu. paling cepat gue baru bisa ngelanjutin S2 ya di tahun ini (2010) dan itu berarti gue juga akan lulus di umur 25 tahun. 1 rencana yang meleset dari perkiraan.

selain faktor waktu, gue pribadi juga belom tau bakal ngelanjutin S2 jurusan apa dan dimana. masih banyak perbedaan pendapat antara gue sama orangtua. gue yang dari dulu emang tertarik sama dunia psikologi pengennya ngejar cita2 gue itu dengan ngelanjutin S2 di Magister Psikologi (yang sayangnya ga banyak universitas yang nerima lulusan yang beda jalur). sedangkan orangtua gue ga setuju, mereka nyuruh gue untuk tetep di jalur hukum (ambil Magister Hukum). gue ga sependapat sama orangtua gue, gue berpikiran, kalaupun gue memang tetap di jalur hukum, mendingan juga gue ambil Kenotariatan aja, tapi ya itu tadi. gue ga terlalu suka di dunia hukum. makanya waktu banyak temen2 gue yang ngajakin untuk daftar S2 Kenotariatan di kampus gue (Undip), gue cuma bisa bilang gue ga tertarik.

alhasil, setelah gue lulus, gue cuma berusaha untuk mendapatkan pekerjaan. lagi2 orangtua gue ga sependapat tentang pekerjaan yang harus gue dapet. gue sempet agak ngambek sama orangtua gue karena aturannya yang ribet. gue ngerasa udah saatnya gue nentuin langkah buat hidup gue sendiri dan bukan ngikutin aturan mereka terus. masa iya sampe ke masalah kerjaan gue di atur2. sebenernya udah ada beberapa pekerjaan yang gue terima setelah lulus, tapi karena perbedaan pendapat itu yang bikin gue ragu dan males2an nerimanya. dan sebagai bentuk protes gue akhirnya gue bisa beberapa kali melarikan diri ke jogja dengan berbagai macam alesan. hehe.

awalnya jogja adalah tempat tujuan untuk bisa cari pekerjaan yang sesuai sama keinginan gue. tapi begitu sampe sana tujuan langsung berubah drastis. gue yang dari dulu udah suka sama atmosfer jogja yang emang asik buat liburan malah lupa tujuan utama gue kesana. gue emang beberapa kali ikut jobfair dan tes2 di beberapa perusahaan disana, tapi itupun ga maksimal karena gue terlanjur menikmati keberadaan gue disana sebagai pelancong, apalagi disana juga ada temen2 (dani,sinung,wilya n mbak endang) yang selalu nemenin gue jalan2 ke tiap sudut jogja. jogja menyita waktu gue sekitar 3-4 bulan, sampe akhirnya bulan April kemaren nyokap yang menyadari keberadaan gue di jogja tanpa hasil akhirnya nyuruh gue pulang dan dengan berat hati gue akhirnya meninggalkan jogja setelah melewati beberapa bulan yang menyenangkan. hiks2..!!

rencana pendidikan dan pekerjaan gue yang gagal pastinya ngaruh ke masalah lainnya, tapi justru hal itu yang bikin gue menyadari 1 hal. 24 tahun ternyata bukan umur yang cocok buat gue menikah. di umur gue yang ke-23 ini, gue masih pengen banget ngerasain yang namanya seneng2. kalaupun gue memaksa untuk menikah di umur yang ke-24, gue cuma punya waktu 1 tahun untuk bersenang2 dan menyiapkan diri untuk terikat dengan peraturan baru pernikahan yang belum tentu gue suka. dan gue belum siap akan hal itu. lagipula calon yang pasti aja belom jelas. hehehe. jadi untuk masalah ini gue lebih memilih untuk ga usah ngoyo, toh waktunya akan datang dengan sendirinya, gue percaya Tuhan sudah mengatur semuanya buat gue dan itu semua akan indah pada waktunya. ceile..!!

balik ke semua rencana gue di awal. intinya rencana gue pasca kelulusan sudah gagal total. yah mungkin sekarang gue cuma bisa beralih ke plan B. dan kalo ditanya plan B gue apa, gue akan menjawab “sekarang gue cuma akan mengikuti kemana arus membawa gue dan dimanapun gue berhenti nanti, disitu gue akan berusaha sebaik mungkin untuk hidup gue walaupun keadaannya tidak begitu menyenangkan buat gue.” toh hidup memang untuk dinikmati dan dijalani kan..!! sesempurna apapun rencananya yang kita buat, kalau memang Tuhan tidak mengijinkan semuanya terjadi, semua cuma akan percuma. rencana Tuhan pasti lebih hebat. so, enjoy your life guys..!!

0 komentar:

Posting Komentar