Selasa, 10 November 2009

dia juga layak disebut pahlawan

dalam rangka hari pahlawan ini, gue akan nulis tentang pahlawan. tapi jangan mengira kalo gue akan nulis tentang perjuangan para pahlawan yang berjuang merebut kemerdekaan atau biografi para pahlawan Indonesia karena pengetahuan gue tentang sejarah (terutama tentang pahlawan) sangat minim. daripada gue kasih informasi yang salah dan menyesatkan jadi lebih baik gue tulis tentang sosok pahlawan dan nilai2 kepahlawanan yang gue tau aja.

posting ini khusus gue persembahkan untuk seseorang yang gue anggap sebagai pahlawan. pahlawan yang selama ini gue panggil dengan nama Ibu. gue nulis tentang nyokap bukan karena beliau yang melahirkan gue dan gue berusaha membalas jasanya dengan membangga-banggakan beliau di posting ini. gue menulis tentang beliau sebagai penghargaan pribadi gue atas semua pengorbanan dan jerih payah beliau selama ini. gue melihat sendiri bagaimana perjuangan keras beliau untuk keluarga (ga cuma keluarga inti gue, tapi juga keluarga besar beliau) dan bagaimana beliau mengajarkan anak2nya untuk tidak menyerah dan putus asa. dan karena itulah (menurut gue), beliau layak untuk mendapatkan penghargaan yang ga seberapa ini dari gue.

sebelum gue ceritain bagaimana perjuangan nyokap gue untuk keluarganya, sebagai pembuka, gue akan mengenalkan sosok beliau.

wanita hebat ini terlahir dari pasangan Sahlan Gito Prayitno dan Sunarsi di Sragen, tanggal 10 November 1962, dan diberi nama Wiji Hastuti. beliau adalah anak ke-3 dari 11 bersaudara. namun karena 2 orang kakak beliau meninggal saat masih bayi, maka (bisa dikatakan) beliau-lah yang menjadi anak tertua dalam keluarga yang dijadikan contoh untuk adik2nya. beliau tumbuh dalam keluarga yang sangat sederhana, dan karena memahami posisinya sebagai anak tertua yang harus memberikan contoh yang baik untuk adik2nya, beliau memilih untuk keluar dari tradisi kolot (menikah muda) di desanya.

saat perempuan2 muda di desanya sebagian besar menikah saat lulus SD atau SMP, tapi beliau memilih untuk pergi dari desanya dan melanjutkan sekolah di salah 1 SMA Swasta di kota Sragen walaupun pada saat itu sudah banyak laki2 yang melamar dirinya. beliau tidak peduli dengan cap “perawan tua” yang diberikan padanya karena di usianya yang ke-20 belum juga menikah, berbanding terbalik dengan perempuan2 sebaya di desanya yang sudah memiliki 2-3 orang anak di usia itu. beliau justru bersikeras untuk mulai meniti karir di salah 1 instansi pemerintah di kotanya sebagai pegawai honorer.

pilihan beliau untuk merantau ke pusat kota kecil itu ternyata membuahkan hasil. beliau diangkat menjadi PNS dan akhirnya menemukan jodohnya disana. hehehe. nyokap dikenalan sama bokap oleh atasannya yang merupakan kakak ipar bokap gue. setelah melalui proses pendekatan yang singkat akhirnya nyokap menerima lamaran bokap gue di umurnya yang ke-23. dari hasil pernikahan mereka itu lahirlah abang gue (Agung), gue, dan Adik gue (Dyah). bokap kemudian ngeboyong nyokap ke Jakarta dan memutuskan untuk tinggal di Depok sampe sekarang. sejak menikah dan tinggal di kota besar, kehidupan nyokap pelan2 berubah. walaupun tidak hidup mewah, paling tidak beliau tidak lagi kekurangan. hal ini jadi bukti untuk adik2 dan orang2 desanya kalau kemauan kerasnya berhasil membawanya ke kehidupan yang lebih baik.

Foto(169)(my beloved hero)

perjuangan berat nyokap kembali di mulai tahun 1999. mungkin semua orang juga tau, pada tahun itu terjadi perubahan besar pada sistem perekonomian dan pemerintahan di negara kita yang menyebabkan terjadinya krisis moneter. banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena terjadi PHK dimana-mana. walaupun orangtua gue tidak termasuk orang2 yang terkena PHK, tapi di tahun itu bokap gue memasuki masa pensiun. sejak bokap pensiun, pemasukan untuk keluarga otomatis jauh berkurang.

dengan pensiunnya bokap, otomatis semua beban finansial rumah tangga beralih ke pundak nyokap sebagai satu2nya orang dalam keluarga yang masih bekerja. nyokap pasti bingung banget mikirin gimana caranya memenuhi semua kebutuhan keluarga. apalagi pada saat itu, semua anaknya butuh biaya pendidikan yang ga sedikit. di tahun yang sama, abang gue saat itu baru masuk SMA, gue baru masuk SMP, dan ade gue juga baru masuk SD. gaji seorang PNS tanpa jabatan dan uang pensiun bokap jelas ga akan cukup buat nutupin semua kebutuhan yang saat itu harganya melonjak.

sedikit demi sedikit orangtua gue harus ngerelain harta yang udah mereka kumpulin melayang satu per satu. tanah, mobil, dan perhiasan dijual untuk menutupi semua kebutuhan hidup saat itu. ga jarang nyokap juga harus ngutang ke bank atau koperasi kantornya untuk membayar semua kebutuhan keluarga. Beruntung gue punya nyokap yang ga gampang putus asa. mungkin pengalaman hidup susah di masa kecilnya yang bikin nyokap bisa bertahan. beliau emang selalu berharap semua anaknya ga perlu ngerasain hidup susah seperti beliau dulu. walaupun begitu, untungnya gue dan 2 saudara gue juga ga pernah dimanjain dengan fasilitas berlebih, jadi perubahan keadaan ini ga terlalu berat untuk dijalanin. kita cuma harus ngebiasain diri untuk nunggu giliran dapetin sesuatu yang kita pengen. kalo biasanya kita selalu dibeliin barang2 dalam waktu yang bersamaan, sekarang kita ga boleh iri kalo ada yang dibeliin sesuatu duluan karena orangtua gue lebih memproritaskan beli barang2 untuk anak yang bener2 butuhin barang tersebut dulu.

di tengah2 keadaan keluarga yang harus merasakan penurunan kondisi hidup, alhamdulillah gue dan abang gue masih dikasih sedikit keberuntungan. tanpa diduga, gue dan abang gue berhasil masuk ke sekolah negeri yang terbilang favorit saat itu walau dengan nilai yang ga terlalu tinggi. walaupun semua anak di keluarga gue saat itu masuk sekolah secara bersamaan, tapi dengan gue dan abang gue bisa dapet sekolah negeri, itu berarti bisa sedikit ngurangin biaya sekolah yang harus dikeluarin nyokap dibanding kalo gue atau abang gue terpaksa sekolah di sekolah swasta yang uang pendidikannya jauh lebih besar (abang gue waktu SMP sekolah di sekolah swasta).

untuk merubah keadaan keluarga jadi lebih baik, nyokap mengambil sebuah keputusan besar. beliau memutuskan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang S1 demi mendapatkan sedikit perbaikan gaji. di instansi tempat beliau bekerja, dengan pendidikan beliau yang cuma lulusan SMA memang agak sulit untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau kenaikan gaji. dengan kuliahnya nyokap, berarti biaya hidup juga bertambah. bokap awalnya sempet ga setuju dengan keputusan nyokap untuk kuliah. tapi dengan tenang, nyokap berhasil ngeyakinin bokap kalo beliau bisa menjalani 3 peran sekaligus sebagai ibu rumahtangga, wanita karir, dan mahasiswa.

awalnya, situasi emang jadi sedikit kacau. dengan peran gandanya, intensitas pertemuan nyokap sama keluarga jelas sangat berkurang. di hari kerja, beliau harus berangkat pagi untuk ngantor, dan langsung kuliah setelah jam kantor selesai (sampe sekitar jam 10 malem). di akhir pekan, beliau juga masih disibukkan dengan kegiatan PKK dan majelis ta’lim pengajiannya. beliau bener2 bisa meluangkan waktu untuk keluarga kalau di akhir pekan ga ada kegiatan RT atau pengajian. keluarga tau peran gandanya itu benar2 menguras tenaga beliau, tapi karena beliau berusaha untuk tetap menjalani semuanya dengan baik, keluarga akhirnya cuma bisa maklum dan tetap memberikan support buat beliau.

perubahan aktifitas nyokap juga memancing omongan miring sedikit omongan miring para tetangga bermulut usil tentang kebiasaan nyokap gue yang jadi sering pulang malem. tanpa tau keadaan yang sebenernya, mereka berani nge-judge nyokap gue punya kerjaan yang ga bener karena ga ada PNS yang jam kerjanya sampe semalem itu (apalagi dulu nyokap gue juga belom pake jilbab) dan selalu diantar pulang sama cowok yang bukan suami beliau (padahal mah itu emang temen kampusnya nyokap yang kebetulan rumahnya searah sama rumah gue, jadi wajar sebagai cowok gentle mereka menawarkan diri untuk nganterin nyokap pulang dengan aman dan selamat). abang gue sempet hampir berantem sama anak si bigos (biang gosip) itu karena tersinggung sama keluarga mereka tentang nyokap. Nyokap yang jadi bahan pergunjingan malah bersikap tenang, beliau bahkan sama sekali ga berusaha untuk mengklarifikasi omongan miring tersebut.

“biarin aja mereka ngomong jelek tentang ibu..bukan mereka yang ngebiayain hidup kita..ibu pulang malem pun atas ijin suami dan anak2..kalian juga tau persis apa yang bikin ibu pulang malem terus..jadi biarin orang2 menilai ibu kayak apa karena mereka ga tau kondisinya..Allah ga pernah tidur..biar Allah yang jadi saksi apa aja yang ibu kerjain selama diluar rumah..”

kata2 yang nyokap ucapin beberapa tahun lalu itu masih sangat melekat di otak gue sampe sekarang. 1 sifat yang bikin gue selalu kagum sama nyokap adalah beliau menerapkan prinsip diam itu emas. beliau lebih senang membiarkan semuanya terbukti saat hasil kerja kerasnya mulai terlihat dibandingkan dengan melawan semua omongan miring itu dengan kata2 dan amarah. pada saat itu emang banyak orang yang meragukan kemampuan beliau sebagai pengganti bokap dalam mencari nafkah, ga terkecuali dari kalangan keluarga besar gue sendiri. bukannya memberikan support, mereka banyak yang mencibir dan mengasihani nyokap yang dianggap usahanya cuma akan sia2. keadaan keluarga gue saat itu memang berbeda jauh dengan kondisi mereka yang terbilang kaya raya. semua cibiran dan omongan miring orang2 itu justru dijadikan motivasi oleh nyokap untuk berusaha lebih keras lagi.

wisuda abang  (kiri ke kanan : nyokap, abang gue, kakek gue, bokap)

kerja keras nyokap akhirnya berbuah manis saat beliau berhasil menyelesaikan pendidikan S1-nya dan kemudian berhasil mengikuti ujian penyetaraan ijazah di kantornya. beliau juga kemudian memperoleh jabatan sebagai kasubbag TU bagai penghargaan atas loyalitasnya selama ini. pelan2 kondisi keadaan keluarga gue mulai kembali membaik. yah..walaupun banyak yang ga yakin dengan kemampuan nyokap, nyatanya toh beliau berhasil membuktikan kalo beliau juga bisa menghidupi keluarga walau harus gali lobang tutup lobang. buat nyokap, bukan cuma sekedar fasilitas yang ingin beliau berikan untuk anak2nya, tapi juga semua sikap pantang menyerah yang selama ini beliau tunjukkan.

kalo mengingat pepatah yang bilang hidup itu seperti roda berputar, kadang di atas, kadang di bawah, mungkin kondisi keluarga gue pada 10 tahun terakhir ini bisa dibilang seperti itu. kejadian pensiunnya bokap jadi moment kejatuhan yang bikin posisi keluarga berada di bawah, tapi saat ini pelan2 roda itu mulai berputar sedikit demi sedikit menuju atas. Allah emang Maha Adil. Dia memang tidak memberikan rezeki berlebih pada keluarga gue, tapi Dia memberikan banyak keberuntungan pada kami. alhamdulillah, walaupun kondisi keuangan keluarga sedang sangat kritis, tapi banyak keberuntungan yang datang, contohnya yang dialami abang gue. walaupun dia ga berhasil masuk PTN tapi di tahun ke-2 kelulusannya dari SMA, dia berhasil lolos seleksi CPNS di instansi yang sama dengan nyokap. banyak yang ga percaya waktu abang gue berhasil lolos mengingat posisi nyokap yang (pada saat itu) cuma sebagai staff TU bergaji minim di instansi tersebut. dengan posisinya tersebut, sangat tidak memungkinkan buat nyokap untuk “main belakang”, sedangkan udah jadi rahasia umum kalo perebutan kursi CPNS selalu diwarnai dengan permainan uang. buat gue semua yang terjadi emang udah jalan dari Tuhan.

gue sendiri juga ngalamin banyak keberuntungan, terutama di dalam pendidikan. dengan kondisi keuangan keluarga yang sedang kacau, gue sadar 100% kalo nyokap pasti akan kesulitan membiayai sekolah gue kalo sampai gue ga bisa masuk ke sekolah negeri yang biayanya murah. tapi dengan keajaiban, gue selalu diberi kemudahan dalam menyelesaikan pendidikan gue. begitu lulus SMP, gue berhasil masuk ke sekolah negeri lagi (SMAN 5 DEPOK)  walaupun bukan yang terfavorit di depok. dan saat melanjutkan ke jenjang perkuliahan, lagi2 gue diberikan keberuntungan dengan diterimanya gue di salah 1 PTN di kota Semarang (UNDIP) melalu jalur PMDK. gue patut bersyukur sama semua keberuntungan yang gue alamin, karena seandainya gue ga keterima PMDK di kampus tersebut, kemungkinan nyokap ga akan mampu ngebiayain kuliah gue di PTS, apalagi saat itu (tahun 2005) juga berbarengan dengan masuknya ade gue ke SMP (swasta). UNDIP yang memang belum berstatus sebagai BHMN layaknya UI & UGM memang masih tergolong murah biaya pendidikannya, gue sendiri selama kuliah cuma dibebani biaya kuliah Rp825.000,-/semester (sudah termasuk SKS). mungkin ini adalah salah 1 cara yang dikasih sama Allah buat mengangkat keluarga gue sedikit demi sedikit dari keterpurukan selama beberapa tahun belakangan.

sejak gue masuk kuliah, perubahan kondisi keluarga semakin membaik. banyak orang yang simpatik dengan pengorbanan yang diperlihatkan oleh nyokap selama ini, sehingga dengan sukarela mereka mulai membantu keluarga gue. 2 orang yang gue rasakan sangat membantu (terutama gue) adalah Pak Hudori (temen seruangan nyokap di kantor yang udah pensiun), dan Oom Slamet (adenya nyokap). Pak Hudori (yang udah gue anggap sebagai bokap ke-2 gue) sering banget ngirimin gue pulsa dan beliin gue tiket kereta tiap kali gue mau pulang. sedangkan Oom Mamet (panggilan gue untuk Oom Slamet) dengan sukarela membiayai biaya kursus bahasa inggris gue dan kadang bayarin uang kuliah gue kalo pas nyokap lagi bener2 ga punya uang. laptop pertama (Byon) yang gue punya pun adalah hadiah ulangtahun (ke-19) dari Oom gue itu. mungkin Oom gue itu merasa punya utang budi sama nyokap, karena memang beliau-lah yang punya andil besar dalam kesuksesan karirnya sekarang. sebenernya nyokap ga pernah mengharapkan balasan apapun dari Oom Mamet, karena beliau udah cukup seneng ngeliat kesuksesan adenya sekarang yang berarti kesuksesan beliau juga berhasil sebagai seorang kakak.

gue ngerasa sangat disayang oleh banyak orang hingga saat ini, karena walau banyak yang mencibir nyokap, ternyata banyak juga yang masih mau membantu nyokap. hal itu juga yang bikin gue semangat menyelesaikan kuliah secepatnya. dan dengan diwisudanya gue kemaren, gue harap itu bisa ngewakilin rasa terimakasih gue untuk nyokap dan orang2 yang selama ini udah banyak membantu. gue mungkin belum bisa ngasih apa2 buat keluarga, tapi mencontoh kegigihan nyokap dalam belajar, gue berusaha untuk menjadi anak yang bisa dibanggakan oleh orangtua. dengan begitu, secara ga langsung gue juga bisa membantu nyokap untuk membuktikan kepada orang2 yang selama ini memandang beliau dengan sebelah mata, kalo beliau bisa dengan sukses mendidik anak2nya walau tanpa fasilitas berlebih.

nyokap bisa bener2 tersenyum sekarang. pengorbanannya selama ini ga sia2. dengan penghasilan yang banyak ditertawakan orang, nyatanya beliau bisa membiayai pendidikan gue dan abang gue sampai jenjang S1. beliau malah menawarkan gue untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 yang masih gue pertimbangkan sampe sekarang. begitu banyak hal yang udah beliau ajarkan buat keluarga dan orang2 di sekitarnya. dan untuk gue pribadi, sebagai anak perempuan tertua di keluarga, beliau selalu menekankan pada gue kalo jangan pernah bersikap lemah hanya karena gue terlahir sebagai seorang wanita, karena dengan kemauan yang keras, seorang wanita juga bisa jadi sosok yang lebih hebat dan lebih tangguh dibanding laki2. dan itu sudah dibuktikan oleh nyokap gue sendiri. jadi tugas gue selanjutnya untuk membuktikan bahwa gue mampu melakukan apa yang selalu beliau tanamkan.

wisuda gue (kakek & nyokap saat menghadiri wisuda gue)

mungkin kisah perjuangan hidup nyokap gue ini belum seberapa, karena gue yakin masih banyak cerita2 yang lebih hebat tentang kepahlawanan seorang Ibu diluar sana. bagi seorang anak, termasuk gue, orangtua memang akan selalu jadi sosok panutan. orangtua akan ngelakuin apa aja demi kebahagiaan anak2nya, seperti apa yang udah dilakukan nyokap gue selama ini.

tanpa bermaksud mengecilkan peran bokap dalam keluarga, gue bener2 berterima kasih atas perjuangan nyokap selama ini untuk membantu keluarga keluar dari keterpurukan. bokap juga punya andil besar dalam kesuksesan nyokap. toh nyokap juga ga akan bisa seperti ini tanpa dukungan dari bokap. seorang wanita yang hebat tetap membutuhkan seorang pria yang bisa mengerti dan selalu mendukungnya, begitu juga sebaliknya.

sebagai seorang anak, gue sangat bersyukur dan merasa beruntung karena Tuhan menitipkan gue di dunia pada seseorang yang hebat. gue bangga bisa terlahir dari rahim seorang wanita yang kuat dan gue berharap kelak gue akan bisa menjadi sosok seperti beliau.

selain untuk memperingati hari pahlawan tahun ini, posting ini juga khusus gue persembahkan sebagai hadiah ulangtahun untuk nyokap yang kebetulan ulangtahun-nya memang bertepatan dengan hari pahlawan. semoga nyokap suka kalo baca posting ini.

Selamat Ulang Tahun Pahlawanku..

Terima Kasih karena sudah menjadi Ibu dan Istri yang hebat untuk keluarga..

Tidak ada keberuntungan yang lebih menyenangkan buatku selain bisa mempunyai Ibu sepertimu..

We always love you forever and ever..

kiss and hug for you..(^o^)/

0 komentar:

Posting Komentar