Minggu, 08 November 2009

ambigu

gue mau cerita sedikit soal wajah gue, bukan bermaksud untuk narsis, tapi justru untuk minta pendapat orang2 yang baca posting ini. ada beberapa orang yang bilang wajah gue tu kayak cowok. entah betul atau ga tapi gue pernah punya pengalaman dikira cowok sama beberapa orang. gue emang sedikit tomboy, tapi masa cuma gara2 itu doank sih gue bisa dikira bener2 cowok sama banyak orang..??

dari SMA, tepatnya pas kelas 2 SMA, gue mulai tampil dengan rambut pendek yang nyaris bondol ala cowok setelah bertahun2 gue berambut panjang sepinggang. waktu pertama potong rambut pendek, ortu gue awalnya ga setuju. buat mereka anak cewek ya seharusnya berambut panjang biar keliatan feminimnya. tapi gue tetep maksa, selain bosen punya rambut panjang yang perawatannya harus rajin, rambut gue juga mulai bermasalah, rontok parah. jadi ga ada pilihan selain mangkas rambut gue.

dateng ke sekolah dengan rambut baru bikin banyak orang komentar n pangling sama penampilan baru gue. banyak yang nanya juga apa ga sayang rambut gue yang panjangnya sepinggang itu langsung di babat abis sampe kayak cowok gitu..?? gue cuma bisa nyengir2 aja denger semua komen mereka. emang awalnya agak sedikit ragu mau potong rambut atau ga, tapi setelah potong rambut, gue malah bener2 ngerasa jadi diri gue yang sebenarnya.

karena udah nyaman dengan rambut bondol gue itu, akhirnya gue tetep pertahanin model rambut gue itu. kalo rambut gue udah mulai panjang sedikit aja, gue langsung potong lagi. sampe akhirnya lulus SMA dan masuk kuliah, gue tetap berambut pendek. tapi waktu masuk kuliah inilah, rambut pendek gue agak2 membawa masalah. bukan masalah besar sih, tapi cukup berhasil bikin gue malu dan sedikit gondok. gara2 rambut pendek gue itu, ga cuma sekali-2 kali gue dikira cowok. oh my God..!!

gue emang ga pernah pake rok kalo ke kampus, selain ga nyaman, rok yang gue punya ya cuma rok semasa gue sekolah dulu. gue ga pernah beli rok sama sekali untuk penampilan sehari2 gue. tapi walaupun gue tiap hari pake kemeja dan celana jeans plus sepatu kets ke kampus, seharusnya orang2 itu bisa liatlah gue ini cewek atau cowok. kemeja yang gue pake adalah kemeja cewek. dan yang paling penting adalah i have breast. masa iya mereka ga bisa liat dada gue segede gitu..??

saking seringnya gue dikira cowok, temen2 gue malah jadiin hal itu untuk ajang taruhan (tega nian..). tiap kita mau makan siang, mereka akan taruhan si pemilik warung akan ngira gue cewek atau cowok. dan hasilnya, sebagian dari mereka benar2 mengira gue adalah seorang lekong alias cowok. OH..NO!! malah ada 1 kantin di kampus gue yang namanya CAMEL (cafe melati), dari pertama gue makan disitu sampe terakhir kalinya gue kesana tetep manggil gue "mas".

beberapa kali, gue dibilang mirip juga sama 1 orang cowok kakak kelas gue angkatan 2003. gue yang waktu itu sering banget sekelas sama dia, sering salah dipanggil sama temen2nya atau temen2 gue yang salah manggil dia yang dikira gue. kalo dari muka sih menurut gue, kita beda banget. tapi kalo dari penampilan, emang agak mirip. cuma dari penampilan loh!! secara kita punya style yang sama. sering pake kemeja yang lengannya dilinting sebatas siku, celana jeans dengan model yang sama, spatu kets, tas selempang, punya potongan rambut yang sama, dan kita juga sama2 pakai kacamata dengan model frame yang sama. mungkin karena banyak kesamaan style itu yang bikin kita dibilang mirip dan agak susah dibedain kalo liat dari belakang.

(beginilah muka gue kalo berambut pendek)

dan yang lebih parah, gue pernah ngalamin 1 kejadian di sekitar boulevard kampus gue (FH) yang sampe sekarang bikin gue ketawa. waktu itu kejadiannya sekitar jam setengah 9 pagi pas gue mau kuliah (gue lupa kapan tepatnya, tapi kalo ga salah pas gue semester 4). perlu diketahui kalo dari kost ke kampus, gue harus ngelewatin fakultas ekonomi dan boulevard untuk bisa sampe ke fakultas gue. pas perjalanan ke kampus pagi itu, gue diliatin sama segerombolan cewek yang lagi ngerumpi di sekitar boulevard nunggu jam kuliah selanjutnya.

biar ga dikira sombong, akhirnya gue senyum pas ngelewatin mereka. dan ga gue sangka, dari komentar yang ga sengaja ketangkep kuping gue, mereka juga nganggep gue cowok. you know what..?? pas gue senyum ke arah mereka yang emang udah dari tikungan FE ngeliatin gue, salah satu dari mereka tiba2 bilang, "ya ampun, dia senyumin aku..ganteng banget sih!!". sementara temen2nya yang laen sibuk bisik2 sambil tetep ngeliatin gue. parah..!! gue ditaksir sama cewek kampus gue sendiri. tidaaaaaaak..!! gue cewek dan gue masih sangat normal. seandainya mereka tau kalo gue sama seperti mereka kira2 apa ya pendapat mereka..??

dari kejadian2 itu, gue jadi mikir. apa bener muka gue segitu cowoknya banget sampe mereka ngira gue bukan cewek..?? sekarang rambut gue udah panjang lagi, sekitar sepunggung dan ga ada yang ngira gue cowok. gue manjangin rambut juga bukan karena ga mau dikira cowok lagi, tapi emang terpaksa manjangin rambut buat wisuda gue kemaren biar bisa disanggul. dan rencananya gue emang pengen memangkas rambut gue lagi seperti dulu. tapi agak males juga ya kalo nanti dikira cowok lagi, bisa2 para cowok2 itu malah ga ada yang mau sama gue karena dikiranya sejenis. hiks2. gue udah sering banget nanya sama orang2 yang gue kenal dan deket sama gue, apa gue segitu "cowoknya"? dan jawaban mereka tetep sama, mereka bilang gue emang kayak cowok, apalagi sitambah dengan sifat tomboy gue. gara2 itu ada 1 temen gue yang bilang kalo gue ambigu sebagai manusia. setengah cewek dan setengah cowok. nasib2..!!

0 komentar:

Posting Komentar