Senin, 26 Oktober 2009

sebuah doa dalam nama

kan banyak yang bilang tuh kalo nama yang dikasih buat kita itu sebenernya adalah sebuah doa dari orangtua kita supaya kita bisa jadi anak yang mereka harepin kayak doa mereka. kalo semua itu bener, kayaknya doa bonyok gue ga terkabul deh! soalnya kalo mereka ngarepin gue jadi kayak apa yang terkandung dalam nama gue, itu emang ga banget!

kalo orang yang denger nama gue pertama kali pasti bakal ngebayangin sosok cewek yang feminim, anggun, lemah lembut, ramah, dan murah senyum. tapi kenyataannya malah beda banget! kenyataannya gue malah tomboy, serampangan, susah senyum, yah..pokoknya ga banget deh! makanya, sebenernya tuh gue ngerasa berat banget pake tuh nama, tapi mau diapain lagi! masa gue mau ganti nama sih? kan ga mungkin!

menurut cerita bokap gue sih tuh nama umurnya lebih tua dari gue, secara emang disiapin buat anak pertama yang bakal lahir di keluarga gue. bokap gue dari dulu emang pengen punya anak cewek, makanya dia mikirin nama buat anak ceweknya yang penuh dengan arti. ya..itu tadi secara ga langsung dia berdoa lewat nama itu supaya anak ceweknya bisa jadi kayak apa yang dia pengen.

sayangnya, anak pertama di keluarga gue malah cowok, jadi ga mungkin kan kalo dikasih nama cewek! ntar dikira bencong lagi! nah, berhubung gue yang lahir berikutnya dan ternyata emang cewek makanya tu nama akhirnya jadi milik gue deh! awalnya mungkin ga terlalu masalah buat gue, tapi makin gede kok tu nama makin ga pantes aja buat gue sandang.

jangankan temen2 gue, orang bonyok gue sendiri aja kadang2 heran kok! ni anak kok beda banget sama namanya. jadi ya kesimpulannya emang doa bokap gue yang disampein lewat nama gue bener2 ga terkabul. abisnya berat banget kalo gue harus jadi kayak apa yang dia pengen secara jiwa gue juga udah terlanjur terkontaminasi sama jiwa cowok juga! he3..

nama gue sebenernya bukan nama yang special, cenderung pasaran malah! tapi emang artinya itu loh yang dalem banget! wanita cahaya bulan. waktu mikirin nama itu, bokap gue emang berharap supaya anak ceweknya nanti bakal bisa jadi cewek yang kuat walaupun dia lembut, jadi ga gampang buat dijatuhin sama orang. bokap juga berharap kalo anaknya bisa jadi cahaya buat orang2 di sekitarnya, yah..kayak peri gitu deh! yang selalu ngasih kebahagiaan dan jalan keluar buat orang2 di sekitarnya. berat banget kan!

kayaknya sampe kapan juga gue ga bakal pernah bisa jadi kayak gitu. emang sih doa bokap gue itu baik karena dia emang mau gue jadi yang terbaik, tapi ini kan dunia nyata, bukan di sinetron, bukan di khayalan. mana ada sih cewek yang bener2 perfect kayak gitu? gue kan manusia, bukan peri atau malaikat. jadi susah banget buat gue bisa jadi kayak arti nama gue itu.

makanya jangan heran kalo gue paling males kalo gue dipanggil pake nama asli gue. bukannya gue malu atau ga suka sama nama gue itu, tapi karena gue ngerasa ga pantes buat menyandang nama itu, apalagi kalo ngeliat kelakuan gue yang kayak cowok. kayaknya tu nama terlalu bagus deh buat gue!

kalo dulu pas lahir gue udah bisa ngomong, gue pasti bakal minta buat dikasih nama yang lain aja deh! yang biasa tapi ga jelek juga. paling ga, ga terlalu beratlah kayak nama gue sekarang. apa kek gitu! makanya gue rada2 gimana juga sih sama bokap gue karena gue ga bisa jadi kayak apa yang dia harepin walaupun itu bukan sepenuhnya salah gue juga sih! toh emang lingkungan yang ngebentuk gue jadi kayak gini.

emang susah juga sih punya bokap yang terlalu kreatif, terlalu mikirin segala sesuatunya. dari 3 bersaudara, semuanya emang dikasih nama yang ada artinya, jadi ga asal nyomot nama aja atau yang penting anak gue punya nama. bagus sih! jadi kalo seandainya ada yang nanya apa arti nama kita, kita bisa dengan bangga ngejelasinnya. kan banyak tuh orang2 yang ga atau apa arti namanya. tapi kalo artinya terlalu berat ya repot juga!

tapi ya di ambil hikmahnya ajalah! ntar seandainya gue punya anak, gue juga harus mikirin nama yang bagus buat anak gue nanti tapi jangan berat2lah! kasian tu anak! gue udah ngerasain soalnya! he3.. lagipula, gue kan bisa berdoa buat anak gue dengan cara lain selain berdoa lewat namanya kan!

0 komentar:

Posting Komentar