Minggu, 01 Maret 2015

Diet Mayo 13hari

Kali ini gue mau share soal pengalaman gue nyoba diet mayo 13 hari yang lagi nge-hits itu. Gue mulai diet tanggal 15 Februari dan alhamdulillah selesai tanggal 28 februari kemarin. Mungkin kalo dibilang latah ya latah, penasaran juga dengan iming2 yang katanya bisa turun sekitar 7-13kg dalam waktu 13 hari itu. Dari 2 minggu sebelumnya gue baca2 blog orang yang pernah/sedang menjalani diet mayo itu, gue juga stalking instagram orang2 pake #dietmayo hehehe. Ya pokoknya meneguhkan hati lah sebelum mulai berjuang.

Gue sengaja milih hari pertama di hari minggu supaya kalo emang lemes, gue bisa antisipasi dengan tidur dirumah. Hehehe. Hari pertama gue diet mayo, gue diajakin nyokap buat renang, awalnya ga mau ikut karena takut ga kuat, tapi akhirnya gue ikut walau renangnya banyakan istirahatnya. Selesai renang godaan pertama datang, nyokap buka bekalnya yang isinya mie goreng dan teh manis anget beserta snack2nya. Gue berusaha melawan godaan itu, gue tetep makan bekal yg udah gue siapin dari rumah, yaitu bayam rebus yg ditaburi lada, tomat segar dan 2 butir telur rebus. Untungnya gue jenis makhluk pemakan segala, jadi ga susah buat gue untuk makan semua itu, yang agak menyiksa paling pas makan bayem rebusnya, kalo dibikin sayur bayam mungkin gue bakal lahap, lah ini cuma bayem rebus aja. Tapi intinya hari pertama berhasil.

Hari kedua dan seterusnya alhamdulillah juga lancar terus, di kantor karena gue udah woro2 lagi diet mayo semua temen2 akhirnya bantu dengan ga ngiming2in gue makanan. Selama diet gue bawa bekal dari rumah dan ngendon aja di ruangan ga ikut keluar makan. Gue juga selalu pulang tenggo biar keburu sampe rumah sebelum jam 6 sore biar bisa makan malam sesuai jadwal. Oia, tiap pagi teh yang gue minum itu adalah teh hijau dengan harapan teh hijau bisa ngebakar lemak lebih banyak dibanding teh biasa. Hehehe.

Untuk menu makanan sebenernya masih terbilang manusiawi lah ya kalo menurut gue, gue ga pernah kelaparan selama diet, paling malem sih kalo pas begadang baru kerasa lapernya, tapi biasanya gue akalin minum air putih yang banyak. Soal rasa juga masih bisa gue tolerir lah, perasan lemon dan bubuk cabe dan merica itu ngebantu banget buat nambah rasa. Biar ga bosen dengan menu yang itu2 aja gue juga kadang modifikasi menunya, misal pas ketemu menu tomat-bayam-telur gue bikin jadi omelet bayam, atau pas menunya telur dan wortel gue bikin jadi orak-arik wortel. Kadang sayuran dan buahnya juga gue ganti, misal bayam/wortel gue ganti jadi brokoli/jagung, pear dan tomat gue ganti nanas/semangka/buah naga.


(Beberapa menu makan gue selama diet)

Kalo dibilang berat ya pasti berat, tapi karena gue udah niat makanya gue niatin bener2 sampe selesai. Saat terberat itu adalah pas jalan sama orag terdekat entah pacar atau ortu dan mereka ngajakin makan siang/malam di luar. Gue sempat mengabadikan beberapa momen saat gue harus tetap bertahan makan bekal gue dengan para orang terdekat asyik menikmati makanan yang enak2. Kalo diinget2 sekarang sih kadang ga percaya gue bisa ngelewatin saat2 berat penuh godaan itu, ya tapi mau gimana, secara gue udah woro2, kan malu kalo sampe gagal. apalagi niat gue emang pengen minimal sedikit kurus waktu masuk kantor baru nanti. Masih sedih kalo inget foto super buluk dengan perut belipet2 itu :'(

 (si pacar makan KFC, gue cuma makan telur rebus + banana pancake)

(abis nganter nyokap berangkat umroh, pulangnya diajak makan di simpang raya, gue cuma makan brokoli rebus, tomat segar, telur rebus, dan jus buah naga murni tanpa susu dan gula)

Niat kuat gue berbuah manis karena pas gue nimbang, berat gue udah turun sebanyak 5,2kg. Yah walaupun jauh dari target awal untuk turun paling tidak 7kg tapi lumayan lah ya. Mungkin berat sih ga terlalu banyak turunnya, tapi banyak temen2 dikantor yang pada komentar kalo pipi gue tirusan. Yang paling berasa sih lengan dan pinggul gue menyusut. Baju2 gue jadi agak longgar dan yang paling ngagetin adalah gue bisa pake celana ade gue yang selama ini bahkan masuk pun enggak ke badan gue. Fyi, pinggul dan pantat gue ini adalah sejenis sama pinggul dan pantatnya kim kardashian. Kebayang kan ya segede apa!!

(kiri : H-1 diet, kanan : H+1 diet)

Peer-nya sih sekarang gimana caranya buat maintenance-nya supaya ga naik lagi beratnya, atau malah syukur2 bisa turun lagi. 1 hal yang gue rasain selain baju2 jadi pada longgar, pola makan gue jadi berubah juga. Sekarang gue kalo makan ga bisa sebanyak dulu lagi. Ya mungkin karena selama 13 hari kemarin gue dibiasakan untuk makan dengan porsi yang kecil plus tanpa karbo, jadinya sekarang perut gue juga jadi kebiasa makan dikit. Sekarang gue makan dikit aja berasanya udah kenyang banget. Makan nasi atau apapun karbo lainnya juga gitu, ga bisa makan banyak karena di perut jatuhnya bakalan begah banget kalo dipaksain. Gue sempet paksain makan banyak pas kemaren pulang sama si pacar dari wedding expo, kita makan di warung langganan pacar di daerah santa. Si pacar makan iga goreng yang porsinya gede banget, sedangkan gue makan dengan menu prasmanan dengan nasi putih yg jauh lebih sedikit dari porsi makan gue sebelum diet, dan ternyata perut gue kepenuhan dan alhasil sampe rumah gue malah muntah karena perut gue kekenyangan.

Setelah ini sih rencananya gue pengen tetep ngebatasin asupan karbo gue karena gue sadar banget badan gue tipe yang gampang banget gemuk kalo makan karbo. Mungkin gue akan lanjutin dengan program food combaining setelah ini dan mulai berhenti makan fast food dan junk food. Berharap saat masuk kantor baru nanti berat gue sudah ada di kepala 6. Hihihi. Semangat!!!

3 komentar:

Delanda Olindia mengatakan...

boleh minta rincian detail menu diet mayo nya ga kak???

Acha Satmoko mengatakan...

googling aja. aku ambil tabelnya dari google juga kok. cuma aku gonta/i menunya biar ga bosen

Nova Tenop mengatakan...

iyaaaa, nasi (putih) itu racun...hehehehe
kurangi karbo susah yess...huhuhu
Halokh!

Posting Komentar