Jumat, 21 Februari 2014

Hinanya Jadi Orang Gendut

Sebenernya gue berusaha keras untuk ga nulis posting ini, tapi ternyata gue kepikiran terus sama kejadian yang beberapa lama ini baru gue alami dan itu berhubungan dengan badan gendut gue, jadi akhirnya gue memberanikan diri nulis posting ini yang mungkin juga bakal dibaca sama cowok gue. Tapi yaudahlah ya, toh ga ada salahya gue nulis pengalaman pribadi yang emang bener2 gue alami. Gue anggap ini salah satu stress relief gue atas hinaan orang2 tentang tubuh gue.

Gue terlahir dalam keluarga yang mengharuskan gue untuk gendut karena faktor keturunan. Di keluarga besar bokap, banyak banget yang bertubuh gendut, termasuk gue. Gue sebenernya dulu pernah kurus banget, dari mulai TK sampai akhirnya gue mendapat mens pertama gue. Perubahan hormon saat puber itu yang memaksa tubuh gue membesar tanpa bisa gue kendalikan. Porsi makan tetap, aktivitas tetap, tapi sejak puber, badan gue langsung berubah jadi bulat.

Ga ada yang mau punya tubuh gendut kayak gue, apalagi cewek kayak gue. Di saat jalan ke mall dan liat baju bagus dengan model terkini, orang2 gendut kayak gue cuma bisa mimpi untuk bisa pake baju2 itu. Susah cari baju, itu salah 1 masalah utama orang2 gendut kayak gue, ditambah lagi bokong gue juga termasuk besar. Kalo buat gue sebenarnya ga terlalu masalah karena gue termasuk tomboy, jadi baju2 gue ya kebanyakan T-shirt dan celana jeans aja.

Masalah makan juga kadang jadi momok buat orang2 gendut. Orang gendut selalu di cap sebagai orang yang makannya paling banyak. Dalam kasus gue, walau gue gendut tapi orang2 sekitar gue tahu kalo gue ga rakus soal makan. Makan gue tergolong normal atau bahkan sering dibilang sedikit untuk porsi orang gendut. Gue juga termasuk orang yang kalo makan lelet banget, ga kayak cap orang2 selama ini yang selalu nilai orang2 gendut makannya geragas dan cepet banget abisnya.

Orang2 gendut juga susah cari pasangan. Ini juga pernah gue alamin. Gue pernah deket sama seorang cowok yang dengan jujurnya bilang kalo dia akhirnya ninggalin gue karena ga suka cewek gendut. Dari situ gue selalu keras sama semua cowok yang deketin gue. Gue selalu bilang, kalo emang lo punya masalah sama badan gue mendingan ga usah deketin gue dari awal, silahkan cari cewek2 kurus sesuai tipe lo aja karena gue ga mau nantinya lo menuntut gue untuk bisa kurus. Cowok gue yang sekarang awalnya juga sempat menuntut gue seperti itu tapi sekarang dia udah bisa cuek, tapi ternyata ga berlaku sama nyokapnya.

Beberapa minggu lalu gue dimintain tolong sama cowok gue untuk jagain nyokapnya di rumah. Nyokapnya itu abis opname di RS selama 2 minggu karena vertigo dan dirumahnya emang ga ada yang jagain. Selama mereka belum dapat pembantu gue pikir ga papa deh gue yang jagain, bukan buat carmuk biar bisa dapet restu tapi karena gue tahu gimana rasanya ada di posisi cowok gue yang lagi ngalamin orangtuanya sakit. Demi Allah gue ikhlas nolongin mereka tanpa ada maksud apa2.

Hari pertama gue jagain, situasi masih normal. Saat itu gue lagi menjalankan puasa senin-kamis yang emang udah jadi kebiasaan gue, ade, dan nyokap. Pas hari kedua baru muncul sikon yang ga ngenakin. Pas makan siang, gue makan bareng sama nyokapnya pacar. Gue makan dengan porsi gue yang biasa, ga yang mentang2 lagi di depan nyokapnya pacar trus gue jadi jaim dan makan dikit. Pas liat porsi makan gue keluarlah komentar dari mulut nyokapnya pacar.

Nyokap Pacar (NP) : "kok makannya dikit Nis?? Udah tambah lagi jangan malu2."
Gue (G) : "emang saya biasanya makannya segini tante."
NP : "ah masa, biasanya kan orang gemuk makannya banyak."
G : "saya kalo makan besar emang cuma segini tante, saya ngemilnya yang sering."
NP : "makan dikit aja bisa gemuk gitu ya, gimana kalo makannya banyak."
G : -cuma bisa diem, ga komen apa2-
NP : "mungkin karena ga mikirin apa2 kali ya (cuma pengangguran maksudnya) jadi makan dikit aja jadinya daging semua."
G : "dikeluarga saya emang keturunan gemuk tante, dari keluarga bapak."
NP : "ah tapi pas bapak meninggal kok kurus."
G : "sejak bapak sakit emang turun banyak beratnya karena sempat ga bisa nelen, makan cuma lewat selang NGT."

Jleb!! Gimana perasaan lo kalo jadi gue?? Itu nyokapnya pacar loh yang ngomong, dan nadanya bukan nada bicara orang yang lagi becanda. Selain permasalahin badan gue, beliau juga menyinggung status gue yang masih jobless ini. Dan itu bukan cuma hari itu aja, tapi besoknya keulang lagi saat makan siang juga. Gue ga cerita masalah ini ke cowok gue. Tapi sejak kejadian itu gue jadi mikir aja, segitu hinanya kah gue sebagai orang gendut di mata orang2?? Gue yang belum jadi apa2 di keluarga mereka aja udah dapet perlakuan ga mengenakkan kayak gitu, gimana kalo gue nanti nikah sama cowok gue dan musti tinggal bareng mereka??

Cowok gue selama ini juga tahu gue udah berusaha keras untuk nurunin berat badan. Mulai dari diet ngurangin makan, OCD, ikut fitness sampai minum obat2an pelangsing ga jelas. Gue juga pengen bisa kurus, dan jadi gendut kayak sekarang juga bukan mau gue. Mungkin emang gue harus berusaha lebih keras lagi untuk bisa dapetin badan bagus. Sejak kejadian itu gue mulai diet lagi. Dan saat tulisan ini gue buat, gue sudah beberapa hari ga makan nasi dan mulai OCD lagi, gue juga sedang berpikir untuk mengganti makan malam gue hanya dengan segelas susu dari sebuah produk diet dan mungkin akan memperpanjang keanggotaan gue di gym. No pain, no gain. Semoga usaha gue membuahkan hasil.

155 komentar:

blognya sutoro naruto mengatakan...

hehe gendut itu bersukur lhoo ..
saya aja yang pengen gendut gak bisa-bisa...
....
ya tapi itu mungkin sebuah teguran atau mungkin juga sebuah ungkapan agar diri kita sadar bahwa ini kekurangan saya..

Acha Satmoko mengatakan...

kalo dibilang teguran kayak yg kamu bilang memangnya hal apa yang pantas ditegur dari punya tubuh gendut?? coba deh tanya semua orang gendut pasti mereka akan jawab yg sama kayak saya, ga pengen punya badan gendut.

kalo memang kekurangan, saya rasa itu bukan pembenaran untuk kemudian menghina/menyindir orang2 gendut kan?? oke saya gendut, terus kenapa?? ga perlu diingetin juga saya sadar kalo saya gendut.

prinsip saya sih ga pernah mau ngurusin kehidupan orang dengan harapan orang lain juga ga akan rese sama urusan dan kehidupan saya. jadi kayaknya wajar kalo saya merasa ga nyaman saat ada orang yang usil komentar soal badan gendut saya yang toh ga pernah ngerugiin mereka. :)

khurie mengatakan...

hai mba Acha... hm... maaf sebelumnya, tapi ini cuma berbagi info aja. ada pola makan yang namanya food combining, mungkin sdh pernah dengar? ini pola makan alami, bukan diet. mbak bisa browsing ttg pola makan itu di inet, atau lihat reviewnya sekilas di blog wordpressnya mba Jihan Davincka tentang food combining. mudah2an manfaat ya.

marQueen mengatakan...

Senasib ya kita... Sedih bgt... Skrg aja bisanya nemu blog ini krn ak abis nangis, jd ak googling" pengalaman dikatain gendud... Ak aja sering dikatain pacar ak gendud, bla bla bla walaupun becanda tĪ lama" ak merasa jd ga berharga. :(

Acha Satmoko mengatakan...

@khurie terima kasih infonya, saya juga sudah coba pola makan itu tapi ga terlalu berhasil. tapi sampai sekarang masih saya lakukan sih, ya itung2 buat perbaiki pola makan yang sehat.

Acha Satmoko mengatakan...

@marqueen iya sis emang ga enak banget ya kalo udah mulai ngatain bawa2 fisik. saya sih sudah sampai ke tahap kebal sebenernya sampe kejadian nyokapnya pacar sendiri yang ngomong itu. nyeseknya dobel banget, tapi sebenernya kita ga harus malu atau sedih punya badan gemuk, toh kita ga pernah nyusahin orang dengan badan gemuk ini kan. justru harusnya kita tunjukin kalo dengan badan besar ini kita juga punya potensi yang lebih besar dari orang lain. :)

masitah mengatakan...

selamat berjuang ya mba,, pola makannya 5-6 kali dalam sehari aja mba supaya ga berasa laper,,, jam 7 sarapan susu low fat+oatmeal quaker,, jam 9 ngemil aja biskuit oat,,, jam 12 makan siang normal,,pake nasi jg ga apa2 kok,, asal jgn tambah kuah2 santan ya,,pake ayam dada bakar,,ama sayur serat,, di warung padang bnyk kan,, trus jam 3 ngemil snack oat/buah/dll,, trus jam 6 malam minum susu low fat+cereal/en3rgen bisa kok,,jam 9 malam klo laper snack lagi biskuit oat/buah/dll,,,

batasin perharinya hanya mengkonsumsi makanan 1800-2000 kkalori saja tdk lebih

saya udah jalanin ini mba,, sudah lebih dri 2 bulan,, alhasil saya malah ga laper2,, berat turun 10 kg,, skrg masih lanjut,, olahraga ga perlu sering2,, cukup dua-tiga kali dlm seminggu udh bagus banget kok,,

smoga sukses ya,,

Acha Satmoko mengatakan...

saya ga bisa pake pola makan 5-6 kali sehari itu karena jadwal saya ga tentu dan saya ga biasa sarapan. kalo sarapan pasti langsung sakit perut. tapi makasih loh sarannya. nanti saya coba. :)

Ria octaviany mengatakan...

Aku juga kaka sama kisahnya begini, kadang suka termenung ada apa emangnya kalo aku gendut, barusan aja aku nangis karena aku juga udah coba diet dan ga ngemil tetep ga berhasil, aku juga ga biasa sarapan, sedih ka kalo aku dikatain orang2 terus, kadang pengen curhat tapi sama siapa T_T kalo orang denger ceritanya pasti di suruh sabar dan apalah, karena mereka ga tau rasanya jadi kita . Bahkan segitunya dikeluarga ayah aku emang turunan banyak yg gendut tetep aja masih suka dikatain, sakit banget rasanya. Segitu hinanya kah ? Toh gendut juga tetep ciptaan tuhan, untung nemu blog ini aku ka :'(

Acha Satmoko mengatakan...

aku sih sekarang udah sampe tahap 'kebal' kali ya sama omongan2 kayak gitu. sekarang juga aku masih diet plus olahraga. emang ga gampang buat ngurusin badan terutama buat orang2 kayak kita yang memang udah punya gen gemuk dari sananya. tapi insya allah kalo diniatin pasti bisa deh. sama2 berjuang ya.

untuk omongan orang ga usah dimasukin hati. justru jadiin itu masukan dan penyemangat kita buat bisa lebih baik dari mereka. prinsip aku sih, kita gendut juga ga ngerugiin orang, jadi jangan biarin orang lain ngerugiin kita juga dengan komen2 sinis mereka. :)

Falah Failasuf mengatakan...

Gendut Itu imut Mbak,,, Percaya Diri Aja

Acha Satmoko mengatakan...

oh ya?? kayaknya lebih banyak yg bilang jelek deh. itu banyak loh yang komen di atas soal sindiran2 yang diterima. :)

Anonim mengatakan...

maaf mbak sekedar saran,
mungkin mbak bisa konsul ke ahli gizi atau dokter
siapa tahu pengaruh hormon yg mbak blang tadi bner2 penyebabnya, atw plg g mbak bisa dpt pola diet yang paling sesuai,,,

Acha Satmoko mengatakan...

semua temen saya yg ke dokter gizi rata2 dikasih obat diet juga yg katanya sih itu suplemen, saya menghindari itu sih. ada temen saya juga yang cuma boleh makan sayuran rebus aja selama beberapa hari, dan saya ga kuat kayaknya kalo harus pola makan kayak gitu. jadi ya coba metode diet yang sekiranya gratis dan bisa saya lakuin aja. :)

Anonim mengatakan...

bener tuh mba malah aku pernah pacaran pas hari nya sataunan eh malah putus. mantan aku bilang katanya dia malu kalo punya pacar gendut kaya aku dia juga malu suka di ejekin-ejekin terus sama temen nya. alhasil sampe sekarang aku ngga berani pacaran lg mba -_- padahal itu pertama kali aku pacaran pas kls 3 smp dan skrg aku udh kuliah baru tingkat 2. emang mungkin di mikir itu cuma kata2 sekewat doang tp buat aku itu jadi kaya bom yg efek nya masih kerasa sampe skrg

Lapak PC dan Laptop mengatakan...

jgn pke obat dah bahaya. saya orangnya gemuk 88kg tinggi 177.dulu paskuliah semester akhir bisa turun jadi 70-71 olah raga cm dikos modal barbel,pushup,skotjump(bnr gk nih ulisannya),sit up itu semua saya lakuin tiap ada kesempatan tiap menit/jam daripada bengong. tp sekarang dah naek lagi bb nya jd 85 lg skarang mls bngt mau olah raga hehehe semangat ya tp gk hina kok jd orang gendut semua sama sih tergantung penilaian masing2 individu.

Acha Satmoko mengatakan...

anonim :
iya bener kata kamu, buat orang yg ga gendut kata2 sindiran itu cuma lelucon aja buat mereka. mereka ga tau gimana efeknya ke kita. bisa jadi ga pede, endah diri, bahkan ada yg sampe jadi introvert banget karena sering diejek. tapi seharusnya kita2 yg gendut ini ga boleh minder, ga ada yg salah kan dengan badan gendut, bukan kita juga yang mau kayak gini. jadi justru kita tunjukin ke mereka kalo kita lebih baik dari mereka yg biasa hina kita. soal cowok juga usah terlalu dipikirin, masih ada kok cowok2 yg ga liat dari fisik aja. someday kamu pasti bisa nemuin orang yg bisa hargain kamu lebih daripada mantan kamu. :)

Acha Satmoko mengatakan...

lapak pc dan laptop :
saya juga dulu sempet beberapa bulan nge-gym dan turun lumayan banyak, tapi saya ada cedera dan ga bisa gym lagi, paling sekarang saya renang seminggu sekali sama joging juga, ya pokoknya yg penting gerak.

Anonim mengatakan...

Hai mba.
Boleh aq bntu mba.
Invite 79b1589b.
Ada slimer yg aman,sehat,ga ribet..

Anonim mengatakan...

apa harus menjadi cantik dan bertubuh langsing untuk dapat di cintai seseorang ? apa menjadi wanita dengan tubuh yang besar itu hina ? ini dunia milikku ku milikmu, milik mereka, dan milik kita, tapi mengapa aku merasa berbeda ? T.T

Acha Satmoko mengatakan...

saya juga gendut kok mbak, tapi nyatanya masih ada yang mau juga kok sama saya. masih banyak kok cowok2 yang ga cuma memandang cewek dari fisiknya aja. :)

Acha Satmoko mengatakan...

saya juga gendut kok mbak, tapi nyatanya masih ada yang mau juga kok sama saya. masih banyak kok cowok2 yang ga cuma memandang cewek dari fisiknya aja. :)

Aneh Unik mengatakan...

Thanks infonya, kalo saya sih ga keberatan jadi tambah gemuk yang penting tetap jaga kesehatan aja..

Anonim mengatakan...

sama kak,paling bete kalo udah ketemu sama orang yg beberapa lama ga ketemu pasti "reaksinya makin gendut aja lu" nyesek banget -,- rasanya pengen ngomong "walaupun gendut tapi masih bisa berkarya apa ngaruhnya ? dari pada kurus tapi otaknya cuma bisa buat nyinggung,nyakitin hati orang" grrr -_- apalagi lagi beli baju,celana kalo ga ada yg muat pasti dibilangnya "makanya kurusin badannya" aduuuh dikira gampang apa -_- yang penting sih bersyukur udah dikasih anggota tubuh lengkap,lagi kalo mau ngurusin badan saya suka mikir sama orang2 yg kesusahan makan yang makannya belom tentu setiap hari dan makanannya bergizi hehehe :D

Anonim mengatakan...

Apakah gendut itu pilihan? Tidak bukan? Ada juga orang yang makannya banyak, namun badannya tetap kurus saja tuh. Badan gendut mungkin berkaitan dengan pola makan, metabolisme tubuh, keturunan, dan type tubuh (endomorph). Yang saya tahu di negara Perancis, orang yang mengatakan seseorang itu gendut bisa dijebloskan penjara loh, atau setidaknya memberikan kompensasi. Karena hal itu termasuk pembunuhan karakter, dan menyakiti perasaan orang lain.

Acha Satmoko mengatakan...

iya aku sih selama ga ngerugiin orang ya biarin aja orang mau ngomong apa. sebisa mungkin juga jaga kesehatan biar ga gampang sakit.

btw, kalo hukuman di perancis di terapkan disini saya yakin penjara bakalan penuh. yah tau sendiri lah di indonesia banyak yg mulutnya jail, apa2 dikomentarin negatif terus.

Annisa Febrina mengatakan...

Senasib banget kita...
bahkan karena badan aku yg gendut, aku susah buat diterima kerja di tv.. Berasa ga adil banget kan? Apa yang di bisa kerja di tv cuma orang-orang yang bertubuh langsing gitu?

Siapa sih perempuan yang mau jadi gendut?
Ga ada pastinya..
Tapi kalo bawaan dari kecil sudah gendut, mau gimana lagi.. ya kan?
Hahahaha

Acha Satmoko mengatakan...

temen saya ada yg gendut juga tapi kerja di tv kok. lagian di tv kan kebanyakan belakang layar, aneh aja kalo ada ketentuan ga boleh gendut, kecuali jadi new anchor atau reporter yg di depan layar mungkin ya.

vhiya vhy mengatakan...

gendut itu ngemesin loh kek saya ini hehheheh :D

Nana Cahana mengatakan...

Big doesn't mean ugly ...dulu juga sempat minder punya badan guede..but, we are not alone and we are human too, right?

http://blue-inthesky.blogspot.com

Acha Satmoko mengatakan...

yup, emang itu yang harusnya kita tekankan ke diri kita biar ga minder, tapi sayangnya banyak orang2 diluar sana yang lebih banyak menghina orang2 berbadan besar.

citra nanda mengatakan...

Mbak acha yg sabar ya...aku sering tekanan batin sm perkataan org2 katanya aku bkn anak kandung ortu ku..soalnya ga mirip. Malah ibuku maksa aku bgt biar kurus..smpai saat ini aku jg blm punya pacar. Ya kadang aku depresi smpk ga makan seharian tp aku merenung lagi..aku bersyukur kpd allah krn aku msh diberi tubuh yg lengkap sedangkan org2 yg bertubuh tdk lengkap bisa menjalani hidup dengan fun..so kita sbg org gndut hrs semangat cuek dgn perkataan org lain. Oh iya cob deh zumba exercise

Okta Sastray mengatakan...

salam kenal mba acha... saya okta...

saya baru aja pindah ke kantor baru, dan di situ saya di bully,, sering bgt dikatain gendut gitu... saya juga baru diputusin sama pacar... mungkin juga karna saya gendut... yang pasti, saya baca blog mba semalam, saat saya abis nangis karna stress/lagi down bgt jadi orang gendut... kayanya dosa banget punya badan gendut tuh... seakan2 prestasi kita gak keliatan, ketutup lemak.... padahal dari segi karir, prestasi, bisa saya bilang, saya lebih baik dari mereka-mereka yang punya body ramping... saya juga udah desperate cari cowok... udah gak tau lagi deh...

tapi satu hal, saya lagi berusaha untuk meningkatkan lagi prestasi2 saya... saya ingin memperbagus karir saya, supaya gak diremehkan... saya mau buktiin, kalau biarpun cewe gendut, tapi tetap bisa dibanggain, bisa berprestasi, bisa menunjukkan kualitasnya yang terbaik...itu harus! hehehee...

boleh ya mampir juga di bocahgriyo.blogspot.com

makasii ya mba acha...

Acha Satmoko mengatakan...

citra :
hi, aku juga zumba dan dance lainnya tapi bukan di gym, main wii di rumah yang game dance gitu. lumayan juga sih keringet dan berasa di badannya sama kayak latihan di gym. hihihi.

okta :
iya saya sih sekarang udah cuek aja, tunjukin sisi yang baik dari kita biar orang2 ga liatnya cuma kekurangan kita aja. :)

Smart Detox Indonesia mengatakan...

Orang gemuk memang mempunyai resiko kesehatan yang agak lebih besar. Beberapa penyakit mempunyai resiko lebih besar diderita orang yang kegemukan. Sehingga mengupayakan diri langsing demi kesehatan itu baik, bukan demi penampilan ya... Bagaimanapun menyakiti seseorang karena alasan fisik itu tidak benar dipandang dari sudut manapun.
So, selamat berjuang mbak..kalau mbak sukses, bukan saja itu akan mendatangkan kebaikan bagi mbak Acha saja, tapi mbak Acha semakinn bisa menginspirasi banyak orang. Saya dulu juga gemuk, kapan-kapan saya sharing ceritanya

Acha Satmoko mengatakan...

terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

Anonim mengatakan...

berawal dari searching2 ingin berbagi pengalaman dan perasaan gara2 diejek gendut akhirnya aku nemu blok ini. sedih banget rasanya, aku termasuk kategori cewek yg jelek, pendek, dan gendut :( dan td siang di kantor aku diejek ama cowok tmn kantor, dia bilang aku pendek trus gendut alias bantet (jleb!) trus sebelumnya juga dia ngejek aku jelek (punya salah apa sih gue ke orang itu!) makin tertekan aja batin ini dengernya. emang knp sih klo badan gue gendut? apa orang gendut gak bisa mendapatkan perlakuan yg sama dengan orang2 yang kurus?? well, diskriminasi memang selalu ada dimana-mana. tapi nih..walaupun mbak acha gemuk tp mbak masih cantik.. nggak kayak aku :( aku sampe sekarang juga blm dpt pacar, mungkin karena kekuranganku yg bnyak td kali ya. aku tipe org yg ga biasa sarapan, ga suka olahraga dan gampang laperan.. aku coba diet buat ngga makan tp ga tahan sama lapernya. skrg aku konsumsi diet tea.. gatau deh itu manjur apa nggak. aku sering ngga makan supaya berat badanku cepet turun, tp trus aku mikir kok aku jadi ga bersyukur gini ya.. ya udah aku mutusin buat cuek sama komentar2 orng2.. aku makan normal dan makan apa aja yg aku suka.. tp balik lagi pas nimbang berat badan naik ugh rasanya kayak ketiban lemari. kmren berat badanku sempet turun 1 kg tp seminggu kemudian malah naik 2 kg T.T apa apaan nih.. usaha ngga makanku sia sia. kenapa begitu susah menurunkan berat badan. mungkin karena aku ada gen gendut dr ibu kali ya. dulu ibuku juga gendut sewaktu masih remaja. pas SMA ibuku sempat dipanggil 'mbrot' sama temennya. sejak itu ibuku diet ketat, makan nasi dikit, sayur dan buah2an yg bnyak, ikan, tahu, tempe secukupnya setiap hari alhasil dalam wktu 6 bln berat ibuki yg awalnya hampir 60 kg jadi 39 kg! amazing! kalo denger cerita kayak gitu kadang aku termotivasi buat diet ketat juga tp lama2 ga tahan dan akhirnya cuek. jadi diri sndiri aja deh. tp setelah denger komentar pedes td siang yah aku jadi termotivasi buat ngurusin badan lagi. kadang aku minder dan iri kalo liat ada cewek cantik, tinggi, langsing.. tp tuhan udah menciptakan apa adanya aku sekarang.. kudu bersyukur. kita sama2 berusaha supaya apa yg kita harapkan bisa jadi kenyataan, mau sampe kapan kita diem aja ketika dihina orang.. :)

Acha Satmoko mengatakan...

kayak yang kamu liat di komen2 atas kamu, aku dan banyak cewek gendut yang lain juga ngalamin yang sama kayak kamu. kenyataannya emang banyak orang yang suka bully orang lain dengan menghina secara fisik.

btw, saran aku sih jangan usaha kurus pake cara2 yang ga sehat, karena ada temen SMA-ku yang nyoba pake teh2 dan obat2 pelangsing gitu berhasil sih nurunin berat badannya tapi kulitnya jadi kusam dan gombyor. yang paling kasian mukanya, jadi kuyu kayak orangtua dan sebelah pipinya peyot padahal sebelahnya lagi ga. kasian liatnya. bukannya jadi cantik malah jadi menyedihkan.

kalo aku sih paling ngusahain hidup sehat aja, aku udah ga minum soda dan minuman2 instan lainnya, ga makan berat setelah jam 5 sore, dan aku sekarang tiap sabtu renang dan tiap hari usahain jalan kaki minimal setengah jam. nasi aku ganti pakai oat dan nasi merah. aku juga puasa senin kamis. ya paling ga walau turunnya ga drastis tapi di badan lebih berasa segernya.

untuk orang2 yang hina kamu dikantor mah ga usah dimasukin hati. bales dengan nunjukin prestasi kerja kamu yang lebih bagus dibanding dia. bisa aja dia hina kamu karena dia iri prestasi kamu jauh lebih bagus dari dia.

hilda mengatakan...

Jadi orang gendut itu gak enak! Dianggep remeh walaupun aku punya kecerdasan yang dibilang lumayan, kadang suka diliatin dengan tatapan seakan-akan orang itu jijik sama aku, emang nya aku mau jadi gendut? Aku gak mau tapi ya ini udah ditakdirin sama tuhan kaya gini! Andai aja mereka tau di gituiin apa yang bakal mereka lakuin? Sakit tau emang niat nya itu bercanda tapi ya kan kalian gak tau perasaan aku! Aku termasuk kategori ya tinggi gemuk bisa dibilang bongsor muka agak sedikit berminyak wajar aku blm bisa ngerawat diri sendiri soalnya aku masih pelajar! Aku minta pendapat dong gimana cara ngadepin mereka yang kaya gitu? Kadang kalo mereka ngomong aku selalu senyumin tapi ya gitu deh

Acha Satmoko mengatakan...

kalo aku mah cuekin aja biar nanti capek sendiri, kalo memang kamu ngerasa punya kemampuan akademik yang lebih dari orang2 yang sering menghina kamu, tunjukin aja prestasi kamu. biar mereka malu bisanya cuma ngatain aja.

lagian kalo fisik masih bisa berubah/diubah kalo emang kita mau berusaha. toh yang namanya kecantikan fisik ga akan tahan lama, secantik2nya orang pasti bakal keriput juga kan. jadi be your self aja.

Novia Amelia mengatakan...

well I tough i'm the only one got this fatty girl problem -_- gua udh gendut dari gua bayi kak wkwk, yg ngatain gendut sih ada tp gua udh kebal, sebel sih tp yah idup juga punya gua org lain cape doang ngomentarin wkwk di keluarga sih ada yg ngatain tp caranya halus, gua tipe orang gendut yg kata mama gua ususnya gede -__- jd emg gampang laper, gak pilih" makanan mknya gua susah kurus -_- gua pernah sih kak 3 bulan turun 10kg itu juga gua diet ketat pake produk herbalife, pagi cm minum susu siang makan tp dikit, gak ngemil atau sejenis jajanan enak, dance tiap hari, tp pas gua stop herbalife nya balik lg bb gua -_- di lingkungan gua dulu jaman sma sih gua gak terlalu memperdulikan masalah gua gendut atau enggak karena gak bnyk temen yg komen, tp alhamdulilah gua badannya tinggi jd gak jelek jelek amat wkwk tp berefek di percintaan gua sih kak, gua pernah di deketin cowo tp dia malah ngejauh karena alasannya ya itu gua gendut tp ada juga cowo yg mau masuk friendzone sm gua katanya mau nungguin gua kurus hahaha, skrg gua udh masuk masa kuliah, masih maba kak hehe tp skrg kayaknya kegendutan gua mulai jadi masalah, temen" 1 kelas gua banyak yg nyuruh gua diet, ikut zumba ngegym di fitness tp karena rumah gua jauh akses ke mana" gua memilih dance dirumah kayak sma, nyokap jg ud bantuin beliin produk sejenis herbalife tp lebih aman (testimoni dari temen kantor mama) yah skrg emg gua harus nurunin berat badan demi mendapatan tubuh sehat bebas penyakit, dan juga pacar di kampus hahahaha. thankyou btw postingan nya kak jd merasa gak sendiri jadinya:)
p.s : maaf curhanya panjang

Acha Satmoko mengatakan...

hehehe. gapapa. semua orang yang curhat sebelum kamu juga punya masalah yang sama kok. aku juga sampe sekarang masih berjuang untuk diet karena ya itu camer agak rese masalah berat badan.

btw, kalo boleh tau kamu pake produk apa?? penasaran. kasih tau dong. hehehe.

Novia Amelia mengatakan...

pake produk dari nu skin kak, lupa namanya apa TR90 kalo gasalah tp mahal sih kan 15jtan udh buat 3 bulan produknya 1 kardus gede buat 3 bulan aja, yg pake sih masih mama soalnya itu ada kayak challenge kalo bisa turun 3kg dlm 10 hari bakal dpt 1 set lagi gratis hihi

Acha Satmoko mengatakan...

waduh 15jt buat 3 bulan, ga mampu deh kalo gitu. herbalife yang sebulan ga sampe 3jt aja ga mampu belinya. pake cara alami aja lah kalo gitu.
good luck buat dietnya ya.

ukhti nhetaa mengatakan...

Aq jg gitu, prnh pnya pacar yang awalnya blg sayang tapi lama klamaan berubah sifatnya dan minta putus. Pas ditanya knp putus eh alasannya udh gk cocok atau blg aq trllu protective, tapi pas dikorek korek ternyata alasannya "kamu terlalu gemuk dan tinggi buat aq" ckckckck -_- .. tapi skrg aq lg dkt sm cowok yang emg suka sm cwe2 berbadan gemuk, dan skrg merasa bnr2 dihargai krna dia gk melihat dr fisik :-) .. Ketika mereka melihat kekurangan qt dan mempermasalahkannya, apa mreka udh melihat kekurangan mereka dan melihatnya sbg masalah dlm hdp mereka? Ehhehehe

Acha Satmoko mengatakan...

yup setuju, kadang emang orang2 bisanya judge orang lain tanpa lihat apa diri mereka udah lebih baik dari orang itu apa belum.

aku juga punya cowok yang ga terlalu musingin masalah fisikku tapi sayangnya ortunya ga begitu. semoga aja orangtua cowok kamu ga sempit pikirannya ya. karena nyesek aja gitu kalo si cowok udah bisa nerima tapi orangtuanya ga cuma gara2 masalah gemuk. :)

Anonim mengatakan...

Yah, smaa sist. akupun begitu. sedih emang yaa :( hehe tapi it's my life, my choice, my rules. loh emang anda merasa terganggu? kayaknya badan yg gendut gak terlalu nyepetin mata banget deh kalo gak di permasalahin. tapi, kadang-kadang orang lain memang memandang orang gendut terlalu berlebihan. So, enjoy your life and be your self sist :D

Acha Satmoko mengatakan...

yup, biarin aja apa kata orang, selama kita ga ganggu mereka harusnya mereka ga perlu bikin masalah sama kita juga. lagian orang2 yang ngomong gitu berasa mereka yang paling sempurna aja ya.

iis mengatakan...

tapi ka apakah orang gendut emang selalu dihina dan dijadikan kataan, mereka bisa bicara kaya gitu karna mereka ga ngerasain apa yang kita rasain
mereka tuh bisanya hanya ngrusin urusan orang lain ,tanpa berpikir dia itu ga lebih baik

Acha Satmoko mengatakan...

ya kenyataannya memang gitu. emang ga semua, tapi banyak yang masih liat orang gemuk sebagai momok. buktinya itu banyak komen di atas kamu bisa komen kayak gitu karena mereka share pengalaman mereka sendiri.

aku share pengalaman aku juga buat nyemangatin diri sendiri dan buat orang2 yang ngalamin seperti aku. bukan bermaksud untuk menjelekkan orang yang berbadan kurus. :)

Anonim mengatakan...

Mbak acha pernah mencoba untuk ikut zumba gak dan pola makan 1 kali sehari,6 bulan yang lalu saya memiliki bobot tubuh yang sangat gemuk sekitar 75kg untuk seorang wanita yang memiliki tinggi badan 150cm tapi setelah saya menerapkan zumba 3x seminggu dan pola makan 1x sehari ternyata hasilnya tidak sia sia mbakk.. 6 bulan saya melakukan zumba dan pola makan 1x sehari saya bisa turun 16kg. :) semoga infonya bisa membantu mbakk

sharin mengatakan...

Wahh iyaa saya juga ikut zumba dan menerapkan makan 1x sehari,awalny sih emng suliy dan masih dikit nyemil gituhh tapi pas udh mulai kelihatan hasilnyaa malah tbh semangat buat ngurusin bdn heheee... 3 bulan syaa bisa nurunin 6kg pdhl msih nyemil dikit dikit kaloo pas tengah malemm ��

Acha Satmoko mengatakan...

aku ga bisa makan cuma sehari sekali aja, soalnya aku ada maag. kalo zumba ga ikut kelas khusus tapi dirumah aja sendiri main pake wii. ga cuma zumba aja sih, aku rata2 games wii emang pilih yang banyak gerak kayak let's dance, fitnes, yoga, sama salsa juga. untuk olahraga langsungnya aku sabtu-minggu siang renang, paginya jogging.

aku tu yg gampang ngebentuk otot badannya, jadi kalo olahraga sering bukan yg jadi turunin angka di timbangan walau jadi ngecil badannya n lebih keliatan kenceng tapi angka di timbangan turunnya ga signifikan banget, makanya bingung juga.

Katiane Khansa mengatakan...

Aku juga gendut . Bahkan sekarang di tempat kerja aku di katain gendut gendut . Mana badan pendek trus gendut lagi . Aku tuh kerja jadi spg sepatu tapi diremehin banget di situ katanya mana ada spg udah pendek gendut lagi tapi semua itu aku baea santai aja ka . Aku jadiin becandaan walapun terkadang sampai nahan sakit hati . Ayo ka sama sama berjuang ya ka semangaaat :-)

Acha Satmoko mengatakan...

yup ayo semangat, ga usah dengerin kata2 orang yang ga perlu di denger :)

Sangrilla P Dewi mengatakan...

Aku juga gendut dan memang gk enak jadi cewek gendut itu. Tapi mau gimana lagi udah usaha diet ini itu minum obat pelangsing juga nihil.....

Anonim mengatakan...

sebetulnya gampang kok klo mau kurus.ak ksi tau rahasianya,contoh misal cow kmu minta putus klo kmu ga kurus/misal kmu ditolak smua cowok krn kmu gemuk/misal ga da cow yg mau ma kmu krn kmu gemuk.ak jamin kmu pasti jd kurus bahkan ideal bb nya tanpa obat/suplemen aneh2 plus murah lagi percaya deh.ak dah buktikan sdri soalnya

Anonim mengatakan...

jd orang gendut emang susah sering dibully aku aja sering di ejek ,.. aku kadang frustasi dan aku ga suka lihat orang di hina karna dia gendut

tatatt owl mengatakan...

nyessek :'(

Anonim mengatakan...

hai acha, salam kenal :-) nama ku flo
aku juga cewek gendut dgn tb 159cm dan bb 75kg, dr kecil sekitar umur 3 thunan gendut bgt. bahkan kelas 4 SD bb ku udh 55kg.
tapi dr penempaan(?) mental dan psikologis belasan tahun, dari sana aku dapat hikmah Allah memberikan kondisi fisik yg seperti ini. aku terbiasa melatih insting dan feeling menjadi lebih tajam. kenapa? bgmna bisa?
krna aku udh terbiasa sensitif, mudah utk mengetahui orang yg berbohong, bermuka manis, memang benar2 tulus, org yg memang jujur, arau orang yg menjaga perasaanku biar g tersinggung, dll.
dengan kondisi yg msh gemuk hingga usia 20th skrg, miris ya belum pernah pacaran. tapi saat berkeluh kesah, Allah ngasih pencerahan dimana aku msh di pingit buat g main hati dlu sebelum aku siap.

aku belajar bgmna menjadi muslimah yg seharusnya. hingga pernah ada 2 org cowok yg dekat, satu g berani nembak krna merasa rendah diri dan menganggap aku lbh pintar, satu lg aku tolak krna aku g suka latar belakang dia yg fanatik politik. maaf, g bermakaud menyinggung orang2 yg gemar politik, tapi kalau fanatik kan jadi neg juga.
gendut bukan berarti tidak bisa dan tidak boleh pilih2 kan? ;)

aku jg pernah ngatur pola makan + olah raga, hasilnya tetap begitu juga. memang proporsi tubuh dan metabolisme yg mengharuskan gendut, ya bgmna lagi?
jadi aku tetap makan teratur dan menjaga kesehatan, menghindari makanan2 g sehat.

dari kegendutan ini juga aku bisa memilah orang2 yg benar2 tulus, bukan org2 yg kasihan atau malah ngejek kita di belakang maupun terang2an.

kesimpulannya, jaga tubuh tetap sehat. mau gendut, kurus, bantet, bondek, dan sejenisnya. . .

Anonim mengatakan...

Berapa lama mencoba mengatur pola makan dan olah raga? Biasanya 1 bulan melakukannya memang blom kelihatan hasilnya apa lagi kalo badan kita padat,tapi jangan menyerah,awalnya memang nyesek tapi coba dulu 3 bulan kalau memang tidak ada penurunan dan hasil mungkin blom melakukannya sepenuh hati ��

Yuli Purwanto mengatakan...

cuek aja...
aku cebol cuek aja..biarin orang ngomong apa..yg pnting gak nyusahin orang lain...hhhee

MasNano mengatakan...

iseng-iseng googling about obesitas ata kegemukan eh ngeliat artikel ini. setelah dibaca, ternyata memang benar begitu adanya. setiap orang gendut tidak pernah mau untuk jadi gendut... mereka semua ingin seperti orang normal lainnya sehingga tidak ada serbuan kata-kata yang "jleb" dihati, meskipun mungkin itu hanya sekedar gurauan, candaan, ataupun sedikit hinaan. Akibat dari kekurangan tersebut (kekurangan/kelebihan saya bingung) orang gendut menjadi sedikit lebih sensitif daripada orang normal, karena mungkin merasa sering disindir/dikatain/dibully oleh orang lain. Saya adalah seorang yang mutlak adalah obesitas, dan saya merasakan semua yang mbk cha" rasakan.. tapi mungkin saya lebih cuek sedikit.... ya mau bagaimana lagi, inilah pemberian tuhan, disukuri saja dan doakan semoga yang ngatain pada akhirnya merasakan apa yang orng gendut rasakan :D

Acha Satmoko mengatakan...

ya mungkin beda cowok sama cewek mas. kalo cowok bisa lebih cuek, sedangkan cewek pada dasarnya sensitif. lagipula kalo sesama temen pergaulan, yang paling jahat mulutnya ya sesama cewek. kalo cowok jarang kan komen soal fisik cowok lain.

Kusuma Astiti mengatakan...

Sabar mba, saya juga sering diejek gendut sama temen2 saya. Saya aja terkadang stress sama berat badan saya, tapi gimana juga karena faktor gen l. Tapi tetep aja be confident mba! Anggap aja itu sebagai kritikan bukan hinaan.

Acha Satmoko mengatakan...

saya setuju sama pendapar kamu untuk ga dengerin kata2 orang yang menghina kekurangan kita. balik lagi ke prinsip saya, selama saya ga ngerugiin orang lain dengan badan gendut saya, seharusnya juga orang lain ga perlu ribet komenin badan saya.

untuk soal kritikan saya ga setuju. orang kalo mengkritik atau kasih saran bahasanya lebih halus dan ga akan menyinggung perasaan. lagipula mengkritik badan seseorang itu gemuk atau kurus untungnya apa?

Afiyah LS mengatakan...

Ternyata kita semua punya rasa yang sama,, sama2 gk mau di buli,, q juga gemuk sis,, cerita kalian semuaa hampir sama lah dg ceritaq,, tapi kebanyakan cowo kalo udah kita, pasti neken kita biar usaha kurus..
Aku punya cerita ni sis..,, q pernah punya cowok dia cowo paling tampan di sekolahnya,, pertamax dia mau nerima gue apa adax, eh lama2 dia nuntut gue buat kurus.. krna ngurusin badan itu susah,, akhirx dia mutusin gue dg alasan ini itu,, teruss beberapa lama dia ngajak balikan ma gue.. tapii sakitx tuh waktu dia bilang "q udah lama gak ketemu kamu, km skrg kurus atau tambah gemuk yaa" duh slalu ada kata2 gemuk, gemuk, dan gemuk yg keluar... aku sampek bermimpi dan pengen bangett dg usahaq q bb q bisa ideal dan mereka2 yg pernah menghinaq bisa tau kalo aku tu juga bisa seperti mereka... tapi hanya mimpi belaka,,
Aku orangx tinggi tapi gemuk sis, jadi temen2q sering bilang kalo kmu kurus pasti kmu cantik... ada juga temenq yg pngen bgtt q liat q kurus dan tinggi,, ya walopun klo seukuran org gendut q gk terlalu gendut jg sih,,
Aku pengen tampil feminim kyk mereka dengan baju2 model korea seperti sekarang, tapi apa daya gue hanya pantes pkek kaos oblong aja. Iya dikirax gue tomboy.. padahal gue malu pkek bju2 cewek yg model skrg, kliatan lekuk2,x... malu gtu klo uda dliatin, gk PD..

SUMPah tersiksa banget gemuk !!! Tapi kadang ya harus dterima n dsyukuri jugaa .. maaf klo cerita bnyak sis, aku lagi down nii n setres gara2 tubuhq ini,, untung ada postingan ini jadinya aku bisa curhat2 lega hati ini...

Anonim mengatakan...

waktu aku kuliah dulu berat badan saya ideal dan banyak bgt yang muji saya cantik...tapi setelah kerja mungkin krn kurang gerak, berat badan terus bertambah. sementara aku plg hoby ngemil yang manis-manis.menyadari ini bukannya aku memperbaiki diri malah saya berusaha tidak memperdulikannya. sampai inilah titik dimana badanku paling gendut. sampai bingung mau pakai baju apa karena rasanya gak ada yang cocok di badan :( hilanglah semua kepedean aku waktu masih kuliah dulu... huhuhuu di kantorpun ada orang yang kenal dengan ibuku dan setiap ketemu selalu bilang begitu, kamu ini ibunya cantik kok anaknya kayak begini? hhhh setiap ketemu lho. rese kan.sampai kesal jadinya :(
Akhirnya aku berusaha berpikir positif. kusimpulkan begini saja. kalau ada yang ngatain gendut kita terima aja sebagai suatu tempaan. dalam kasus aku, aku sendiri yang menyebabkan diriku begini sekarang.terutama gak bisa ngendaliin hoby makan yang manis-manis. dan karena itu kita harus berusaha ngurusin badan. demi kesehatan juga sih. sikap kita yang tersinggung ketika dikatai gendut hanya reaksi defensif kita yang merasa terusik oleh orang lain. tapi ternyata itu benar. Jadi bagaimana caranya biar gak dikatain gendut? harus kurus...harus ngurangi berat badan.mau gak mau cuma itu jawabnya. aku mau semangat lagi diet dan olahraga. ayo kita motivasi diri kita ya :D

Anonim mengatakan...

Hai semua, wah nemu juga yang senasib sama aku, aku juga gendut, punya mantan dulu beberapa, dan pernah juga ditinggalin gara2 aku gendut..
Maaf bukan bermaksud rasis, tapi aku keturunan chinese dan biasanya cowo2 chinese itu sukanya sama cewe putih, tinggi, langsing supaya bisa dipamerin dan gak bikin malu, masalah sifat dan kepribadian kebanyakan dari mereka itu urusan belakangan hehe
Soal ejekan, bully, dan omongan gak enak lainnya udah sering aku rasain, kalo otak lagi fresh, aku sih cuek hehe tapi kalo lagi down, pas disindir rasanya sakit hehe
sekarang lagi berusaha diet lagi, bb aku bisa turun naik tergantung niat hehe tapi lbh susah turunnya daripd naikinnya hehe
moga2 cewe2 kaya kita ini ttp sehat dan dapet jodoh terbaik yah dari tuhan hehe buat mereka yg dlu ninggalin kita nyesel gak dapetin kita...^^ semangat semuanya hehe

best triar mengatakan...

jadi gendut itu emang ga enakin.... meski beberapa org yg sudah mengenal pribadi orang gemuk bisa menerima kelebihan lemak orang gemuk... tapi dunia ga semua bisa menerima itu... harus banyak2 sabar dan kuat buat org2 gemuk... semangat

bulldog mengatakan...

Aku dari kecil selalu dikatain gemuk dan rasanya ga ngenakin banget walopun udah mencoba kebal dikatain gendut ribuan kali entah cuman becandaan atau bahkan ada yang sampe serius ngatain ngejelek2in fisik ane. Oh iya mbak, biasanya orang gendut banyakan ga dihargai kalo udah masuk dunia kerja, apalagi yang macam saya ini udah gendut plus muka jelek pula. Tiap kali ketemu client walopun gw udah presentasi semenarik mungkin tetep aja omongan yang didengerin itu temen2 gw yang badannya ideal dan mukanya masih enak diliat ga kayak gw ini. Well, kayaknya gw harus bales dendam ke omongan2 mereka dengan ngasih bukti kalo gw bisa berubah :v

Tri Susanti mengatakan...

Hey semua.
Kenalin aku Tri Susanti
bulan depan aku 24 thn.
aku baru 1 thn kerja di bidang konstruksi apartment.
dari lahir aq udah 4,3 kg masa kecil sampe smp mkn selalu lahap, sma aq mulai konsisten jaga makanan rajin gerak setiap hari meskipun kadang cuma lari ditempat sambil dengerin Mp3 1 album full baru berhenti. Alhasil sma aq jadi kurus 51 kg. Masuk kuliah masih bisa jaga badan walau jd naek dikit tapi tetep dikisaran 51-53 kg. Awal ngerjain skripsi stress melanda (bahaya aq klo stress larinya ke cemilan biar relax) Alhasil pas temen aq ambil foto aq habis sidang skripsi keliatan banget paha aq yang besar :'( .. awal mula kerja bner" dimanjain sama bapak-bapak temen kantor ajak makan sana makan sini pokoknya setiao hari disodorin makanan sampe batas aq mulai lepas kendali.. Dan kini inilah aku dengan timbangan menunjuk angka 64kg ohh Tuhan maafin aku.. aku merasa semua ini buah dari kesalahanku sendiri, jarang gerak karena kerja kantoran kebanyakan duduk dan menghitung. Tapi karena aq tahu ini hasil dari perbuatan aq sendiri makannya aq merasa harus bertanggung jawab pada diri aq sendiri.. aku selalu yakin klo aq berusaha pasti bisa.. mengenai urusan ejek mengejek menurut aq sebenernya efeknya bakal lebih parah karena kitanya justru yang merasa iya gue gendut gue jelek gue ga menarik gue jadi ga keliatan cantik, jadi pas org iseng sedikit aja semua prasangka kita atas diri kita yang ga menarik muncul dengan nyata dipikiran kita dan membuat kita sakit banget.. aku sih slow aja lah klo mereka bilang gue gendut ea emang nyatanya skrang gue gendut, tiao hbis dijadiin bhn becandaan aq selalu bilang "iyaa nihh liat sekarang aq jadi gendut bgt nih makanya bantuin napa biar aq bisa kurusan lagi, semangatin semangatin" mereka org" disekitar aku malah jadi ramah sikapnya dan suka bantuin aku ingetin, ekhh ingeet siapa yg katanya mau nurunin berat badan.. rasa sakit kecewa bahagia senang itu sebagian besar timbul karena kita merasa ( merasa sakit, merasa kecewa, merasa kalah).. mulai detik ini jangan berhenti tersenyum dan berusaha lebih keras lagi :-) dunia ini ramah kok gimana kitanya aja nguatin hati.. semangat yaa teman" mari kita berusaha lebih keras lagi lebih keras lagi..
Acha :-) semangat yaaaaaaa

Anonim mengatakan...

saya merasa beruntung jadi orang gemuk, karena pekerjaan saya wira usaha perbengkelan las besi, jadi klo pas beli barang, cepat di tandai orang, cuma masalahnya panggilan ini yang sedikit sakit di telinga. WAK ENDUT, tapi gak papa lah yang penting gak di sepelekan , klo masalah jodoh emang agak sulit, karena orang gemuk gak bisa pakai pakaian yang agak resmi , jadi pas undangan jarang diajak sama pacar, tp sekarang udah meried koq, trus klo kerja juga sering dipermasalahkan , gak bisa jongkok lah, ngorok tidurnya lah,, hahaha pokoknya seruuu.. itu aja share saya . assalammualaikum.

ciel mengatakan...

Hai mbak acha, semangat ya. Segala sesuatuny bisa dicapai kalau ada niat dan usaha kok.
Dulu berat badanku 112kg, sekarang udah 55kg. Malah pas selesai awal diet 48kg.
Dalam melakukan diet itu, pantang untuk berkata "aku gak sanggp diet dengan cara itu".. "Nanti dietny buat sakit gimana?"..
Itu cm alasan aja
Segala sesuatunya harus dicoba bt melihat hasilnya. Ga ada usaha yang sia2 asal tau baiknya.
Mbak acha semangat ya! Pasti bisa dapetin berat badan ideal.
Aku berbagi ceritaku di wattpad.. Bisa googling dengan "curhat si pernah gendut"
Ada tips dietnya.
Aku cuma mau berbagi aja mbak.. Aku juga mantan orang gendut yang mungkin berat badannya lebih parah dari mbak.

Adi Patria Nugraha mengatakan...

mbak pasti kuat lahhh ....

yohanes setiawan mengatakan...

Bagus bro saran nya (y)
Hehe tar di coba ah :)

yohanes setiawan mengatakan...

All minta saran nya donk saya sih berbadan gemuk ama pendek sering di bilang itu bantet ama tmn" bb saya 52 kg & tinggi saya 150 cm itu sudah gk normal buat saya.
Walaupun saya masih sma kls 1 tapi gk enak juga
Banyak orang bilang saya gk bs tinggi lagi karna kegemukan yg susah ninggiin.
Klo saya biasa nya makanan yg berminyak & berlemak
Klo saya berusaha diet itu susah pasti lama kelamaan bakalan makan banyk karna kelaparan saya gk bs mengontrol menu makanan nya dan jadi sia" itu saya alami hampir setiap hari
Udh gitu saya mls olahraga gara" badan gemuk setiap hari keringet keluar mlu padahal cuaca biasa" aja
Saya ingin minta saran cara ngatur jadwal makanan yg tepat
#Thx_Yg_Komen

Asri Kusuma Putri mengatakan...

aku juga orang gendut, tau banget rasanya dihina gara gara badan gendut..
mereka gatau kalau pas di ejek mungkin kita emang senyum tp sebenernya sakit hati walaupun cuma bercanda.
mereka gatau kalau itu bikin kita jadi ga pede.
mereka juga gatau kalau kita berusaha keras buat langsing, entah itu diet, ga makan sampai kelaparan.
mereka gatau ngurusin badan itu nyiksa bgt..
kadang orang suka ngomong seenak udel, ngerasa sempurna gitu.. keselnya :(

Anonim mengatakan...

Mbak Acha.. sori, aku habis stalking" dikit instagram Mbak Acha.. Dan sumpah mbak, mbak cantik! Dan mbak nggak gendut2 banget kok, kalau aku sih ketemu orang kayak mbak nggak aku cap sebagai 'gendut'. Jangan pernah mbak sampai minder sma kata2 camer atau siapapun. Kalaupun mbak gendut, dan kalaupun 'gendut' adalah kekurangan, mbak punya kelebihan bahwa muka mbak cantik.. Nggak semua orang bisa cantik loh mbak, tapi semua orang justru bisa kurus.

Aku juga di-cap orang sebagai 'gendut'. Sering juga dihina ama keluarga sendiri, sakit hati sih iya, tapi aku usahain nggak terlalu diambil pusing.. Asal aku udah berusaha diet, dengan cara yang sehat, demi kesehatan, nggak ada yang berhak judging aku buat itu.. Dan nyatanya selama ini, bukan maksudnya sombong, tapi toh masih ada aja cowok yg mau ama gue. Bahkan di hari2 dimana gue ngerasa kegendutan gue itu ekstrim.
Jadi, kita yg gendut2 ini seharusnya lebih pede, karena toh kita semua cantik2 dan ganteng2, biar orang lain sadar atau ga :)

joi mengatakan...

infonya bagus,,
dan sangat menarik..

Anonim mengatakan...

saya juga merasakan seperti itu di hina berbadan gemuk dan saya sudah menjalankan berbagai macam diet namun tidak berhasil dan ketika aku melakukan diet itu menjadi ejekan bagi sepupu-sepupu ku dan teman teman yang berbadan kurus dan ketika berbelanja saya susah mencari baju
menurut saya seharusnnya orang berbadan gemuk itu bukan di hina tapi di berikan dorongan motivasi agar dapat maju

Chyntia Pramita Sari mengatakan...

Hai, mbak acha. aku mahasiswi masih semester 3. pas masuk pertama kemarin, abis liburan super panjang, temen-temen pada bilang aku gendutan :( iyaaa emang bener sih aku gendutan. huhu
makin iri aku sama temen2ku yang tubuhnya langsing, banyak cowok yang ngedeketin dia. aku mah apa? dilirik aja enggak :(
aku itu sering mikir, emangnya salah dimana sih aku? emangnya orang gendut kaya aku nggak pantes yaa pengen punya pacar, atau seseorang lah yang sayang sama kita? emangnya kebahagiaan seperti itu hanya bisa dirasakan oleh orang yang bertubuh kurus?
soalnya dari dulu sampek sekarang, nggak ada tuh cowok yang mau deketin aku. sedih rasanyaaa 💔

Anonim mengatakan...

i know that feel, i know that feel, i know that feel...
Saya sering banget di diskriminasi dan di bully oleh temen temen gue, meskipun tingkat pembullyan cuman sekedar cemoohan tapi mau gimana lagi pasti baper saya...

Panglima Ribut mengatakan...

Acha whatshap aja ya, aku seneng cewek gendut kok 08978771079 , by jibril

Sela Listiniawati mengatakan...

Barusan banget ada cowok gendut pake celana ngatung di pensil gitu. Ngehina aku dia bilang "babon" terus aku jawab "sadar body lo, celana ketat gitu kelihatan pendek +bantet" terus dia menggerutu gitu. Aku fine aja dikatain babon kalau emang dalam situasi BECANDA aku juga suka bilang kalau aku ini babon, dan temen ku selalu bilang "jangan gitu" dan aku selalu lah berusaha jadi orang baik. Tapi mereka gak pernah baik melihat aku, mereka jadi malaikat kalau aku punya barang baru. Dan aku gendut kelas 6SD itu 40kg. Aku pernah hidup susah, ngontrak rumah, kasurnya kardus, bantal dikasih sama tetangga. Dan kadang aku pengen banget cerita didepan semua orang yang selalu anggap aku SO KAYA GENDUT JUGA. Terus kenapa ? Itu kan bentuk pemberian tuhan.
Bentuk penghinaan aku search di google "kenapa sih orang gendut selalu dihina ?" Aku nemu blog ini, sebagai bentuk meluapkan isi hati aku.
Aku gendut pun bukan karena aku doyan makan, ngemil, seperti orang2 KURUS bayangkan. Tapi karena aku gak suka olahraga, alergi panas, dan gak terlalu suka sayur.

Ruri Bianty mengatakan...

Benerrr bngett mbak jd orang gendut tuh gak enak, gapede bikin minder, bikin salting, gapede klo deket sm cowok ... Ak ud brkali2 sering diet tp slalu gatot n tubuhku makin ngembang ...

Iris Garden mengatakan...

uhmmm bener banget mbak,. aku juga punya badan gendut selalu nggak PD sm penampilan apa lagi klo knl lawan jenis,. miris banget klo selera mereka kayak model
huuft mereka nggak mikir apa? emang punya badan sixpack kayak papan cuci apa? -_- emang punya muka kayak porcelain apa? -_- sebel aja mbak sm cwok kayak gt,. nggak ngaca dulu
pengen banget teriak "KALO GUE KURUS SELERA GUE BUKAN ELO!" XD XD XD
gara2 gendut n g pd jd milih single aja milih ngurusin hal yg lain lah buat kesuksesan ku,.

Anonim mengatakan...

Halo kak acha. Dulu. Aku juga suka dikatain gendut sama mama aku sendiri-_- kesel sih padahal aku masih SMP dan aku nyoba diet waktu pas kenaikan kelas 7 dan jadinya aku pendek. Aku susah tinggi lagi. Terus akhirnya aku jadi punya semangat buat diet lagi karena aku bingung ninggiin tinggi gimana. Aku pake cara dari temen kakakku anak kedokteran sih belum jd dokter. Sampe 63 berat pas kelas 8 dengan tinggi 159 alhamdulilah abis diet turun jadi 57. Ga begitu kurus tapi udah rada enakan badan. Pas kelas 9 naik lagi gara2 sibuk suka stress lari ke nyemil:( skrg ga diet lagi. Cuman nasi diganti kentang/nasi merah. Ga makan malem sama minum air putih yang banyak. Pas SMA nyoba hidup sehat. Sekarang berat udah 49 udah ideal. Ga pake obat2an malah ke badan seger:) olahraga juga seminggu dua kali kalo hari2 biasa skiping itu juga ga rajin. Kak acha semangat ya kak, nanti pas kurus makin cantik+seger deh. Amin

candLe mengatakan...

Hihi, kalo saya terbalik. Saya kurus dan ga enak juga jadi orang kurus. Berat saya kurang dari 40 kilo, tinggi 155cm. Saya dikira anorexia atau pecandu narkotik. Camer juga pernah komplen, orang kurus katanya susah punya anak. Bahkan dia bilang kurus itu jelek, kayak ga dikasih makan, ga terurus, dll. Tapi mau bagaimana lagi? Emang dari sananya saya kurus. Udah makan banyak, minum obat gemuk, minum obat cacing, olahraga, dll... tapi ga bisa gemuk juga. Kalo ada yg nyindir bawa2 fisik, saya udah kebal. Ya, nikmatin hidup aja lah dan tetap bersyukur, hehehe.

Anonim mengatakan...

saya setuju banget nih sama blog ini,, saya punya pacar gendut,, saya sayang banget sama dia,, pas mau serius mau nikah,, eeh malah nyokap saya yang maksa2 nyuruh mutusin,, emang nya apa sih salah orang gendut,, kan sama2 manusia, kasian banget saya sama dy,, dan saya bingung harus berbuat apa,,

Anonim mengatakan...

big is beautiful.....no matter what they say....syukuri aja apapun keadaan kita...org2 yg menghina anggap aja mereka peduli sama kita ladies,karna hidup itu sebenarnya indah jika kita mensyukurinya..hanya laki laki hebatlah yang bisa mencintai wanita gemuk karna mereka bisa mencintai pasangannya dengan sungguh2

Anonim mengatakan...

Ah. Kmu terlalu sensitif aja. Saya aja gendut berat 110. Biasa aja. Cuek klo orang mau bilang apa.

Omongan dari nyokap pacar kmu saya pikir biasa aja. Malah kamu yg nambah2in kata2 dlm kurung yg kamu tulis sendiri. Blm tentu juga maksudnya kyk gitu.

Kmu terlalu sensitif aja, jd negatif terus...

Acha Satmoko mengatakan...

@anonim :
saya bisa menambahkan dalam kurung untuk menegaskan maksudnya (karena saya pengangguran) memang nyatanya seperti itu mas/mbak. selain karena kurang suka dengan masalah berat badan saya, dulu sering sekali orangtua pacar menyindir soal status saya (dulu) yang pengangguran baik itu secara frontal ataupun sekilas seperti yang saya tuliskan disini. jadi bukan karena saya yang terlalu sensitif atau punya pikiran negatif terus. secara frontalnya saya pernah terima omongan seperti ini, "percuma ya lulusan dari PTN kalo sekarang nyatanya masih nganggur" atau "mbok cari kerja, biar nanti kamu ga nyusahin suami kamu nanti kalo nikah."
coba kalo kamu yang dapet omongan seperti itu berkali2 plus dikomplain masalah berat badan juga, bakal gimana?

Cerly Rianty mengatakan...

Pengalamannya sama bgt.. tapi gak termasuk masalah pacar and nyokapnya.. Sekarang gua lagi mulai olahraga. Dibantu suport tmn2 gua. Gua berharap banget dgn olahraga yg teratur, makan yg diporsir, jgn ngemil+stop makan malem bisa ngehujutin keinginan gua buat kurus. Dan bisa nutup mulut2 orang yg menghina orang gemuk..
#salamguaCHERLY

Shasky Jeanne Gayatri mengatakan...

sedih, aku juga gendut :( walaupun orang orang bilang cukup kok pas tapi aku tau aku gendut, padahal makan juga sama , sama mereka yang bilang aku gendut :" kadang bisa nerima kadang pengen bunuh diri rasanya hahahahahaha mau diet dan gym plus ocd apa aja deh biar bisa kurus :") semangat mba you're never alone

ahmad atori mengatakan...

turun 11 KG gara" males makan nasi.
2 bln sarapan dan makan malam hanya OATS tambah susu madu dikit.
lari pagi 30mnt tiap sabtu minggu.
Padahal niat gedein badan dan tambah stamina lari.

Gabriela Grace mengatakan...

Klw dikatain keluarga sendiri gmn tuh...ayahku makin aku kerbau. Adikku ngatain gil ya kasihan bgt kaki lo nopang bdan sebesar itu..nyokapku aduh nuh anak besar bgt kayak gajah...klw org lain gw cuek tp klw otg yg gw harapkan jd sandaran gw gmn cb

Tedy Timora mengatakan...

Mba Acha dan siapa saja yang sedang sedih, saya doa-kan semoga kesedihan itu sirna tergantikan demgan kebahagia-an dan untuk yang mengharapkan sesuatu semoga dapat terkabulkan-amin.

Sophia Nazwa mengatakan...

derita gue sama kayak lu, lu enak ortu pacar lu yg bilang gitu, lahh gue..??
emak gue sendiri yg sring olok2in gue, pdahal gue keturunan kluarga emak gue ndut semua, apalagi adek gue, kta nya malu punya kakak kyak gue, dia bilng kya gtu d depan emak sma bapak gue, mau ngga mau gue hrus nahan air mata

fahrurozi aziz mengatakan...

nih ada teman q jg gendut bgt,,,mf ya bukannya mau jelekin tp temen ku tuh dah gendut item dekil,,putus kuliah dan kerja satpam.....tp dia bsa dapat cewek yg dia mau dan bnyak cew yg suka ma dia...bnyak teman pula
TAPI dia itu baik hatiya,ramah dan slalu senyum sama orang lain

kalo dia d bilang gendut atau gajah atau sumo,,dia cma senyum dan bilang
" aku cuek aja,mang gni kondisi q,aku mang gendut tp q g cacad,q bersyukur punya apa yg ada sekarang,dan aku senang

fahrurozi aziz mengatakan...

dia slalu bilang gtu ma aq.
setiap kali dia d ledekin pengen rasanya q mukulin yg ledekin tuh...

dr SD dia d ledekin dan d pandang sblah mata sama orang yg blm knal,,kalo dah knal baru tau gmn seneng nya deket dia

so jngn pesimis,gendut bukan berarti g punya inerbeauty kan?? :)

Anonim mengatakan...

Yang paling menyakitkan itu saat org terdekat yg justru ga mampu melihat hatimu, bertemu saat terlihat cantik makin hari makin gemuk bertahun2 bertambah gemuk, dihina dan diejek awalnya bisa ditelen tapi lama2 sakit bgt apalagi setelah setahun turun 10kg dengan makan yg sama setiap hari saat jenuh akhirnya stuck, org terdekat yg diharapkan bisa menjadi pendukung malah mejadi seorang monster yang selalu menghina mengejek mencela, buat makin drop dan merasa rendah diri, seseorang yg ga mampu melihat apa adanya apakah pantas dipertahankan?

Anonim mengatakan...

Aku juga gendut. Terkadang orang" ngejek aku gendut. Sakit sih dibilang gitu. Jadi mencoba buat diet. Alhamdulillah dalam sebulan turun 6kg. Tipsnya aku minum air hangat banyak" biar pencernaan lancar, olahraga yang cukup (enggak perlu olahraga yg berat, untuk bersih" rumah pun sudah termasuk olahraga), pagi hanya minum, makan siang seperti biasa porsi dikurangi, malam haram untuk makan, tapi kalau lapar ngemilnya buah aja.

Anonim mengatakan...

Nah ini sama kaya gua kan. Yg lain gampang bilang jadiin motivasi tapi kalo mereka beneran rasain dikatain sama keluarga sendiri sakit

Karina Juwita mengatakan...

Sama,, bkap sy jg blg sy gndut.. Bhkan dmnta turunin bb bdan. Pdhl gndut ini keturunan dr bkap. Huft.. Aplg nykp lbh kurus drpd sy..

Anonim mengatakan...

pernah sy diomongin sm temen yang udah lama gk ketemu dia ngomong "woi kurusin tu badan makin serem aja kyknya! " dan saya jawab "wei njing sangka lo ngurusin badan gampang apa ,,pikir pakek otak lok emang masih punya otak" dan baku hantam pun terjadi hahahahahaha intinya sy gk peduli dngn orang" yang menghina tubuh sy yg gemuk ini ,,Siapapun itu !

Bonar Situmorang mengatakan...

Gimana ya cara ya biar bisa kurus... sedih nich jadi orang gendut

benaumi putri mengatakan...

Kmaren baru ganti pic di FD trus teman komen "penipuan" hanya gara2 pic aku diambil dr samping biar ga bgtu gemuk kelihatannya. Trus diblang "fhto tahun kapan ne" padahal baru minggu kmaren diambil. Sejenak serasa ditampar aku cepat2 hapus komen takut dibaca org dan aku juga nemutuskan mengganti fhoto profilku dgn fhoto kucing. Sakit rasanya hati. Terus malam ini ada teman nyeletuk bilang "ko kmu ne habis putus malah makin gemuk, kebanyakan org malah kurus" terus aku bilang aku sdh turun 3kg dr 53kg jdi 50kg tp dia bilang ga ada yg berubah sma sekali. Tambah minder rasanya karna aku pendek dikatain gitu. Padahal awalnya senang.

adit reza mengatakan...

emb,, kalo gua gendut juga sering di kataiin tapi kalo pasw di lapangan b.tangkis gak ada yang berani kataiin karena ako jagu main b.tangkis dan cepat geraknya karena emang sering main skkiping (berat ak 105kg) ,,, kalo kwan" ada yang pengen nurunin berat badan/ inging gesit walau berbadan gendut bisa main bareng aku ntar ak ajarin main skipping dan olahraga lainnya gak usah bayar seper pun ak hanya cari temen khusus wilayah jogja aku kuliyah di UMY... bagi yag pngen blas coment ak ,, ntr tiap sore kita adaiin olahrga bareng...

Just Shieny~ mengatakan...

Mmg gen gemuk ibarat minum air saja bisa jadi lemak... Karena memang tubuh cenderung menyimpan lemak.. Ini yg membuat usaha membakar lemak jadi lebih susah... Kabar baiknya ada program 90 hari yg membantu expresi gen gemuk ini utk tidak kuat bekerja dan mengaktifkan gen kurus pembakar lemak utk aktif bekerja... Olahraga rutin 10-20 menit sehari saja di rumah daaannn makan sehari 5x yg enak enak... Kalau mba acha dan teman teman lain ingin tahu.. Saya bisa share info ttg program fun ini... Hubungi saya di 081212451925... It's fun to share with you

Just Shieny~ mengatakan...

Memang tidak semua orang paham bahwa ada gen gemuk dimana ibarat minum air putih aja kita jadi gemuk badan nya.. Ada yg makan banyak tapi kurus kering badannya.. Pdhl org yg kurus itu juga problem krn badannya tidak cukup berotot... Saya punya cerita program yg FUN tp memungkinkan kita mempunyai gen org kurus tp tetap makan enak dan ga ngoyo olahraga nya.. Sekedar Sharing saja ya saya di 081212451925

nursika vendila mengatakan...

Yang sabar aja Yaa mbak,saya juga sering bnget dikatain "ndut" tiba2 gitu sama orang asing Yang gak saya kenal dijalan
Awalnya saya risih tapi lama2 cuek aja toh kita hidup gak nyusahin mereka kan

Unknown mengatakan...

Aku juga gemuk mba.dri lahir gemuk sampe skrg umur 26.hiks.tp skrg lg blajar buat ngurusin.demi kesehatan.emg ga bs dipungkiri kalo badan gemuk cepet capek.banyak penyakit nya juga..ayo semangat ngurusin badan demi badan yg sehat :).tips diet dari aku sebelum makan minum air putih dulu yg banyak biar cepet kenyang heheheh

Wellga 2299 mengatakan...

Aku jugaa gemuk lho kak! Malah aku ga pede kadang jalan sm temen2 , tp yagituu karena motivasi dari diri, buat gausah denger kata2 oranggg mau org ngmg ini itu, aku tetep sama tubuh aku yang gendut! cb deh kl kita pede pasti enak aja kok orang ngeliatnyaa! karena kita nya ga jaim2 gituu, kita bebas dan leluasa jadi orang juga ngeliatnyaa gituu, walaupun gendut jgn pernah menjadi orang jorok, walaupun gendut harus tetap bersih dan wangiii <3 yeee! ^_^

wewi mengatakan...

ternyata bnyk senasib, gw juga gendut, anying lah sumpah gk enak banget jdi gendut, hinaan,diremehkan,dll. kyk gk punya harga diri, gara2 ini gue jdi pengagguran, dulu punya pekerjaan cumn temen kerjaan ngelakuin hal2 gk enak ke gue, gue kyk bocah aja disitu, trus gue resign dah, dan ini yg bikin gue trauma buat kerja lagi :(.
gue juga diet ah, capek jdi gendut.

Good Base mengatakan...

Seharusnya kita sebagai orang harus bersyukur, dengan apa yang diberikan sama tuhan, karena tuhan itu selalu sayang kepada kita, tuhan selalu memberikan kita rezeki se-umur hidup kita diberi bisa melihat, bernapas, makan & minum, dan tubuh gemuk juga rezekinya tuhan, jika kalian selalu mengeluh pada yang diberikan tuhan maka kalian itu tidak mensyukuri rezeki yang diberi tuhan, di setiap agama tidak ada yang diperintahkan untuk tidak mensyukuri pemberian tuhan, dan tuhan (Allah) itu maha pemberi lagi maha penyayang

Unknown mengatakan...

Gw juga lagi frustasi.dikatain gendut mulu. Dulunya gw enjoy aja ga permasalahin.masalhnya skrng mulai ngerti namanya suka ama cowo, sediihh

rizki vallen mengatakan...

Iyha ya mb,knp orang gemuk selalu jadi bahan tertawaan,ga di sekolah,ga di lingkungan,,apa coba salahnya orang gendut,kan gendut juga bukan pilihan kita ya mb,,coba aja kalo kita di suruh milih,,pilih kurus apa gendut pasti kita pilih kurus,padahal kita orang gendut ga pernah nghina/ngebuli orang kurus,,sama banget yang di alami mb acha sma hidup gue,,kita jadi orang gemuk harus besar hati juga ya mb,dan kita hanya bisa nrima dan sabar mb

Anonim mengatakan...

Please, jangan mau tertipu dengan jargon bohong : Big is beautiful. Big is NOT beautiful, it's UNHEALTHY. Salah satu penyebab frekuensi seks menurun dalam perkawinan adalah istri yang menjadi gendut. Tentu saja saya tidak setuju kalau gendut jadi bahan hinaan, tapi saya tidak akan menyalahkan lelaki manapun yang tidak mau menjalin hubungan cinta dengan wanita gendut. Berhentilah mengatakan gendut pede aja, itu sama saja dengan menjerumuskan para orang gemuk! Kasihan mereka kan? Sudah di-bully, dijerumuskan dengan "pujian" bohong. Lebih baik kasih semangat utk menurunkan berat badan, diet (yang aman), olahraga, dll. I apologize for telling you the harsh truth, but white lies are, well, lies.

restu rahayu mengatakan...

sama mba saya juga seperti itu. rasanya. minder saya sama tmn2 saya yg punya badan bagus dan cantik

restu rahayu mengatakan...

sama mba saya juga seperti itu. rasanya. minder saya sama tmn2 saya yg punya badan bagus dan cantik

apriyeni dharmawan mengatakan...

Wahh sama sya juga gendut.... tgg sktr 160 brt bdn sy 76kg...
Dah 3 minggu gak makan malam, sarapan nasinjaring drgnya pisang... dah olah raga skipping, squat, sit up dan crunch smp 50x stp mlm... prt saya msih buncit dan cm.trn 2kg 😂😂😂😂

Klrg bilang gendut tp dlm arti kash tau biar saya ngurusin.. gka ngejelek2in.
Yg sedih tuh kl dr org... memang mereka bercanda... tp kan jlebb dahhh

apriyeni dharmawan mengatakan...

Anyway... mbak acha gk gendut koq... cm suaminya kurus 😅😅.
Yg bilang gendut itu mungkin keseringan liat orang2 kurus

Anonim mengatakan...

terimakasih ya kak, untuk ceritanya. Saya juga sering dikatain sama temen2 di sekolah gara2 gendut. Gara2 itu, saya kadang2 jadi nge-drop trus mikir yang aneh aneh. kalo temen2 saya lagi ngomongin fisik, saya biasanya kabur dari mereka, trus cuekin aja. Kebanyakan orang kurus itu sering ngomong "eh, paha gua gede banget!"atau "eh liat deh, gua gemukan ya?" padahal perutnya rata begitu. ya, saya sih mikirnya 'kenapa gak syukuri aja udah punya badan bagus kok masih protes'. saya udah kebal sih, tapi terkadang bikin saya down parah, kadang sampai nangis atau nulis2 di buku, hal2 aneh. saya juga udah gak mikir mau suka sama saya. sya sih mikirnya 'siapapun cowok yang aku suka, mereka gak suka sama aku', jadi aku sih udah gak mikirin buat suka sama cowok lagi. lagipula saya masih sekolah. saya masih kelas 9, tapi badanku tingginya sekitar 160 cm, trus bb nya 74 kg, jadi mungkin gak ada yg percaya kalo aku masih SMP.

Saya mau minta saran dong, biar bisa kurus.
makasih ya kak, buat ceritanya. Semangat berjuang ya! :)

rangga kori mengatakan...

Hay mba acha salam kenal,saya seorang laki laki dengan berat badan normal pas lahir,waktu kecil juga kurus,semenjak diajak kejakarta berat badan saya meningkat pas sd,waktu smp saya dipindahkan kepadang,disana saya mengikuti ssb dan sering joging alhasil waktu smp saya kurus,sma saya balik lagi kejakarta dan wow,saya jadi super pemalas berat badan naik,setelah lulus sma saya nganggur 2tahun,dan disitu lah berat saya menggila,dengan tb 167cm dan berat badan 115kg,saya dibilang sumo sama tetangga,pernah saya masuk ketoko jaket,saya diusir karena tak ada ukuran saya,kuliah,ini pertama kalinya saya kuliah dengan badan gendut,yup teman teman sekelas pada mengira saya sudah bapak bapak dengan badan seperti itu,saya sering diejek gendut,setelah liburan kuliah saya bertekad untuk diet,dan yup saya memulainya dengan tidak memakan nasi,saya hanya makan sayuran dan buah buahan,berat badan saya turun menjadi 90 saya senang,saya melanjutkan diet saya dengan olahraga dan 80 saya capai,waktu masuk kuliah teman teman bilang,kurusan loe,saya senang,dan saya lanjutkan dengan gym sekarang dan sekarang 75kg saya capai... ini masih saya lanjutkan untuk 60..... no pain no gain,untuk mbak acha terus semangat kak,pasti bjsa....

Weldha NovitaA mengatakan...

Salut mas, olahraga nya apa ajaa. Coba ya aku punya temen yg sama-sama pgn ngurusin badan pasti semangat. Rata-rata pada kurus tapi masih aja bilang 'apa kabar pipi' 'apa kabar timbangan' bla bla. Lah dibanding aku :')

Firzia Nova mengatakan...

Ia bagi kita ngegemesin toh walaupun gue gemuk gue cantik gitu ku mikir nya tapi yg bikin ku kesel knpa orang gemuk di jauhin orang dan di sombongin orang pling yg baik hanya seberapa

Febryana ika s mengatakan...

Aku gendut bgt. Tapi aku happy. Gak peduli apa kata orang. Hidup cuma sekali nikmatin aja

Shinta Sp mengatakan...

Siapa si yg mau pnya badan gendut+lebar... Grgr body saya gk ideal, setiap cwo yg deket sama saya dia langsg ilfil liat body saya gendut.. Sumpah sakit hati banget saya di gituin.. Saya mah sabar mau di hina, di buly, di remihin jga gpp.. Emang nyata nya saya gendut.. Tp saya jga udah berusaha buat kurus tp tetap aja gk bisa.. Nasib dan resiko jadi orang gendut ya seperti ini..

Dinda Novalia mengatakan...

Aku gendut tapi aku berusaha agar tampil beda dari yang lain. Dengan cara aku pakai makeup senatural mungkin, pakai parfum yang wangi, ditambah rajin senyum. Alhasil orang2 sekitar gue ga pernah buat hati gue sakit 😊😊

Howdha Rose mengatakan...

Nasib kita samaaa banget mbak. Suakiiitt banget di gituin. Apalagi yg ngmg keluarga suami. Rasanya pengen nonjok. Tp itu malah buat motivasiku mbk. Tetap semangat mbk. Turunin BB tunjukkan kalo mbk bisa. Dan bayar mulut2 orang2 yg ngatain2 mbk. Cayooooo

Howdha Rose mengatakan...

Orang2 yg menghina org gemuk itu orang yg gak punya otak dan perasaan. Jadikan org2 tsb sbg motivasi qta untuk menurunkan BB

Febryana ika s mengatakan...

Aku pengen kuris. Mengembalikan kecantikan Dah kejayaan ku. Tapi tiap diet mlah lebih gendut... giman dong

mande mengatakan...

Andai kita semua bisa berteman. Mungkin kita akan saling menyemangati dalam menanggapi org2 yg ngatain kita gemuk. Seriously aku butuh temen cewe buat berbagi hal kayak gini.
Gamau promote pin atau nomer, kalo emg ada yg mau temenan, silahkan yuk kita tukeran cerita dan saling motivasi. Email aku aja, nanti kita bisa tukeran pin atau nomer :)
Cewe aja yah, soalnya aku cewe juga. Dan kalo samasama cewe pasti bakal lebih enak ceritanya.
mande562@ymail.com

Anonim mengatakan...

cewek kok gak punya harga diri mau2 nya aja disuruh jagain ortu pacar , itu pacar bukan suami.

Acha Satmoko mengatakan...

astagfirullah, gampang banget kamu ngecap seseorang ga punya harga diri. gini ya mas/mbak, niat saya dulu jagain ortu pacar saya itu murni karena hati saya terketuk untuk berbuat baik sama mereka karena ayah saya juga pernah sakit keras dan ga ada yang jagain selain saya. ga perlu orangtua pacar, siapapun yang emang ngebutuhin bantuan saya, kalo emang saya mampu pasti saya akan tolong. saya di didik oleh orangtua saya untuk punya rasa empati terhadap orang2 di sekitar saya.

sebelum minta bantuan saya untuk jagain ortunya, pacar saya juga izin dulu ke orangtua saya. orangtua saya juga mengizinkan karena seperti yang saya bilang diatas, keluarga kami juga pernah mengalami musibah serupa.

semoga kamu dan orangtuamu selalu diberikan kesehatan supaya ga perlu ngerasain kesulitan, kebingungan dan ga perlu nyusahin orang lain untuk ngejagain kalian saat sakit.

Sein cbA mengatakan...

Saya juga obesitas mbak Acha, sering dibully dan dihina sejak kecil. Kalo mereka ngehina rasanya rasanya nyelekit di hati... Tetap semangat mbak... đŸ’Ē

Anonim mengatakan...

to Acha Satmoko , nah gitu dong jelasin yang sejelas2 nya. kalo saya gak ngomong gini kan kamu juga gak akan ngomong kan , nah akhirnya semua yang baca dapat pelajarang yang berharga kan?

Acha Satmoko mengatakan...

kayaknya tanpa saya perlu jelasin semua reader saya sebelum kamu juga ga masalahin itu kok, toh di posting juga sudah saya tulis sejelas2nya alasan kenapa saya mau jagain ortunya. baru kamu doang yang komen kalo saya ga punya harga diri cuma karena menolong orang lain.

Anonim mengatakan...

to Acha Satmoko , maaf ya kan disitu dikatakan pacarmu yang minta kamu, lha disitu anehnya masak ortu pacarmu yang jaga kamu, kalo posisi dibalik kira2 pacarmu mau gak jaga ortu lu?, kalo mau gue salut berarti kalian sama2 saling menghargai.

Acha Satmoko mengatakan...

ya ampun masih aja ya mau diperpanjang. sebenernya ini juga ga perlu saya jelasin tapi yaudahlah ya. gini ya mas/mbak, sewaktu ayah saya sakit sampe 2 bulan opname di RS, pacar saya yang tiap hari anter-jemput ibu saya ngantor karena kantor mereka searah, kalo pas wiken dia juga nemenin saya jaga di RS. Okelah bukan dia sendirian yang jagain ortu saya, karena dia kerja, ga nganggur kayak saya waktu itu.

yang saya heran kamu masih aja bilang aneh kalo saya mau jagain ortu pacar saya, anehnya dimana?? apa anehnya sih berbuat baik sama orang??

nih posting khusus buat kamu
http://cha2enwe.blogspot.co.id/2017/03/berbuat-baik.html

Anonim mengatakan...

bukan masalah berbuat baiknya mbak tapi masalah alasan dibalik perbuatan itu sebenarnya yang penting , gue sering liat cewe baek banget sama pacarnya sama ortu pacarnya tapi pacarnya biasa aja ke ortunya, lha kalo yang kayak gitu gue bilang cewek gak punya harga diri. ok dech gue salut sama hub kalian berdua semoga langgeng sampe merit.

Acha Satmoko mengatakan...

nahkan mulai lagi, baru kali ini saya nemu orang yang keukeuh nilai orang yang nolongin orang lain sebagai orang yang ga punya harga diri. ga punya harga diri tuh kalo cewek yang melacurkan diri, ngerebut suami orang, atau matrein pacarnya.

kalo emang ikhlas berbuat baik nolongin orang mah ga perlu pake alesan mas/mbak. kalo pake alesan namanya pamrih. mau kita dapet balesan yang ga baik dari orang yang udah kita tolong itu jadi urusan Tuhan untuk karmanya.

Anonim mengatakan...

wkwkwkwkw gak nyambung mbak yang gue katakan gak punya harga diri itu bukan gara2 nolongin orang lain . untuk lebih jelasnya liat aja analogi gue di http://cha2enwe.blogspot.co.id/2017/03/berbuat-baik.html. see you

Anonim mengatakan...

Aq jg suka co chubby... Menurutq seeh chubby is beautiful lhooo..

Anonim mengatakan...

G tau napa q suka co ndut.. Kurang suka sm co sixpack.. Tp salutttt wat usaha mz yg bs nurunin berat badan..

aya morioka mengatakan...

Pertama aku punya badan gendut aku pede aja sampai sewaktu waktu aku punya pacar awalnya sih mulus gitu kita saling menerima kekurangan kita satu sama lain dan aku juga ngak pernah ngomongin kekurangan dia, sampai sewaktu waktu dia nyindir dengan kata kata yang ngak enak dan selalu ngomong kamu nanti musti kurus ya sampai berat segini, kamu kalau kurus cantik deh, dia saat itu saya benar sakit hati, dia ngak tau seberapa berat perjuangan saya merubah diri saya yang tomboi dan ngak suka dandan menjadi saya jadi suka ngerawat diri sampai beli semacam kosmetik biar cantik depan dia , rasanya sedih banget saya sampai depresi

aya morioka mengatakan...

Dan saya juga senang banget menemukan blog ini, saya jadi bisa tau kalau semua orang juga pernah ngerasain apa yang saya rasain dan saya harap bagi yang sudah ngalamin kaya saya juga tetap semangat ya, suatu saat kita semua akan menemukan cowok yang tepat yang akan mencintai kita apa adanya tanpa melihat kekurangan kita

Anonim mengatakan...

Di Indo ini dianggap orang timur penuh sopan santun. Tapi ngehina fisik orang enteng banget ga pake mikir. Sopan santun apanya ya haha. Saya yang punya badan ideal aja (TB 155, BB 49) tetep dapet ejekan kok. Pagi2 saat masih muka bantal ketemu tetangga kos di dapur, tetiba dikatain "Kok pipinya jadi tembem sih?" sembari dia menggembungkan pipinya dengan over. OMG drama queen, yakin lu pipi gue kayak balon?? Ckckkck, kelakuan. Dari attitude macam gini kita bener2 bisa menilai manner seseorang. Beneran deh :) Saya aja jadi ilfil sama tu orang. Gimana kalau ama yang fisiknya gemukan, pasti tu orang bacotnya lebih parah. Saya heran sama orang yang hobi banget ngomentarin orang lain, apalagi fisik. Tiap ketemuan, yang pertama keluar dari mulutnya adalah "Eh kamu kok iteman sih?" "Wah kamu gemukan loh" "Ih kurusan ya, pipinya jd tirus, jadi keliatan tua" Ya ampun hahaha.

Unknown mengatakan...

Heii acha salam kenal :)

Rata-rata sama yaa curhatan orang gemuk .
Aku cewe gemuk, zaman dari kecil emang udh berisi walaupun ga gemuk2 banget, pas SMP & SMA postur tubuh juga masih stabil berisi (gen ayah). Mulai pas lulus awal depresi karena ga masuk PTN yang aku pengenin akhirnya mulai strees efeknya haid aku ga lancar, makan+tidur berlebih, pas masuk kuliah badan aku masih normal, masuk smester 4 makin ngembang dan ngembaaaang sampe sekarang. Hampir berbagai cara udah di terapin dari mulai diet sehat, teh, olahraga,aerobic,madu, obat & totok tapi belum terlalu ngefek. Mungkin karena bolong2 dan masih suka lenyeh2 kali ya hehehe.... aku termasuk orang yang cuek dan easy going kalo orang udah ngomongin fisik aku, yaps sama kaya kamu KEBAL !!! Tapi kadang suka gondok sendiri dan suka kefikiran kalo yang ngatain atau membandingkan nyeseknya itulhoh... apalagi kalo udah ketemu temen2 yang emang ga pernah ketemu.... wuuh bukan main komentarnya. Dan kenapa orang gemuk citranya selalu doyan makan & selalu ngabisin sisaan makan keselll banget kalo udah di gituin atau emang aku yang terlalu baper :( . Di keluaga juga sering di bully & bahan bandingan tapi udah kebal banget dan aku ga hirauin cuma aku bales sama kebaikan & patuh (bukan untuk caper). Kegemukan aku juga berdampak di kisah percintaan sering kali deket sama cowo, ada yang awal bilang "gausah masalahin fisik" tapi nyatanya perkataannya ga sesuai sama apa yang pas udah di jalanin :( emang kenapa sih sama body yang gemuk gini :( suka sedih sendiri. Jadi trauma dan agak minder kalo deket sama cowo. Karena sejauh ini yang pernah deket sama nilai dari fisik jleb banget... di kerjaan juga, sering ngelamar kerja sana sini dan pas interview selalu gagal padahal nilai lumayan tinggi dari temen, tapi karena postur temenku yang emang lebih aduhai dya lolos dan aku engga :(. Pernah juga aku dapet panggilan di salah satu tv swasta,ketemu HRD udah di jelasin aku kerjanya apa blabalablabla dan bilang nanti di tlfon, aku tungguin ga ada yg nelfon2 udh 4hari, karena lokasi kantor tv swasta itu deket dan aku langsung datengin, pas ketemu sama HRD dy bilang langsung "mba posisinya udah ada yang ambil alih, nanti bisa coba lagi ya mba atau ada nih posisi magang di divisi ini" shock dan langsung down.... aku langsung pulang dan nangis sejadi2nya :( PHP bangetttt....
Dan sekarang aku masih nganggur aku selingin sama jualan seadanya karena liat rata2 loker2 selalu persyaratannya GOOD LOOKING :( .
Maaf ya jadi curhat, abis bingung kalo yang deket dan ga ngerasain apa yang kita rasain cuma bilangnya sabarrr.... temen-temen (cowo) kadang suka ga mau kasih tebengan,tiap kali mau nebeng selalu ada alesan & ngeluh yaa ban nya lagi kempes lah, ga lewat situlah(padahal tau dy lewat situ), kalo boncengin aku body subeker belakang mentok, bahkan dy bilang motornya oglek dan aku di turunin di halte :( sakitt ya...hehehe dari situ aku lebih sering ngangkot, naik kereta atau bahkan pake ojek online :) daripada ngerepotin mereka dan makin jadi bahan mereka ngeluh.
Tapi aku insya allah tetep semangat, sabar & ikhtiar dan aku yakin Allah denger semua curhatan dan doa aku.


Tetep semangat ya acha & temen2 yang kasusnya sama hehehe semoga kita tetep seterooooong yeah !!!

Agus Serenade mengatakan...

Si mba pengen kurus,! Lah saya mau gemuk susah banget!

Kartika sari mengatakan...

Lu yang kagak nyambung.
Herman deh ih...

Kartika sari mengatakan...

Hai, Mba Acha...
Malem2 gini searching beginian gue...
Gw gendut dari SD, semenjak habis opname.
Sama kayak Mbak Acha, makan gak banyak kok. Ngemil nya yang banyak. Sama ngga suka sayur, buah2an, ama keringetan.
Dulu sih gw cuek aja dipanggil ndut. Gue anggap itu panggilan sayang. Di ceng2in.. Masih santai.
Setelah menikah, mertua gw , yg gw tangkap sih ngga suka sama badan gemuk gw. Apalagi semenjak brojol, meningkat drastis ini.
So, mulailah gw diet ni..mulai awal bulan ini.
Kagak sarapan.
Banyakin makan buah.
Makan berat siang aja.
Kagak makan malam.
Kagak ngemil2 ye...
.
.
Sebenarnya gw mau cuek2 aja. Gw menerima diri gw apa adanya. Gw cinta diri gw apa adanya.
Tapi, kalo lu udah dibanding2in sama menantunya yg lebih kurus, jleb banget deh pokoknya.
Sekarang 75, target akhir bulan 70 kg.
Abis lebaran aji, jadi 80kg kayaknya ni. ..wkwkwkwk
Kebanyakan makan sop tulang bikinan mertua.

Niat dietnya buat nyenengin mertua. 😁😂

Demas Rahmat Rosidanto mengatakan...

Kalo gini, kembali lagi mensyukuri apa yang udah digariskan,,, biarpun mungkin berat
Saya aja punya badan jauh dibawah ideal, cewe saya diatas ideal,
Orang bilang udah kaya angka sepuluh kalo lagi jalan bareng, but i dont care its me...
Saya malah mikir gimana ngimbangin badan gue biar agak pantes kalo jalan sama cewe saya, tapi kok yaaaa susahnyaaa,,,
Orang yg gk sadar menyakiti perasaan kita belum tentu bahagia seperti kita,,,
Ya gini lah,,
Maaf ya kalo saya numpang curhat,

Anonim mengatakan...

Coba deh searching di facebook, diet keseimbangan
Bagus banget, bukan hanya diet tp hidup sehat

Posting Komentar