Selasa, 09 November 2010

jogjaku jadi abu

udah sekitar 2 minggu ini hampir tiap hari semua berita di TV isinya ngebahas soal perkembangan kondisi Jogja pasca meletusnya merapi tanggal 26 Oktober 2010 kemaren. belom juga merapi reda, tadi gue dapet SMS dari salah 1 temen gue (Ucan) yang ngabarin kalo siang tadi Jogja juga dilanda gempa di kawasan Bantul. sedih banget denger semua berita itu. ga nyangka kota Jogja yang udah bikin gue jatuh cinta itu bisa porak poranda karena bencana alam yang terjadi secara bertubi2 itu.

negara kita emang 2 bulan ini lagi bener2 diuji sama Tuhan lewat seringnya bencana yang datang ke tanah Indonesia. ga cuma Jogja, tapi Wasior di Papua, dan Mentawai di Sumatera Barat juga turut mengalami bencana yang banyak memakan korban jiwa. gue sangat prihatin sama penderitaan mereka semua. tapi yang lebih berasa buat gue ya penderitaan warga Jogja saat ini, bukan karena gue ga kasian sama warga Wasior dan Mentawai, tapi karena mungkin gue sendiri pernah jadi bagian dari warga Jogja walau cuma dalam waktu 4 bulan.

masih kebayang gimana indahnya Jogja selama gue tinggal 4 bulan disana. gimana selama 4 bulan disana gue menikmati suasana tenangnya dan udara Jogja yang jauh dari polusi tiap harinya. tapi hanya dalam waktu 6 bulan sejak gue meninggalkan Jogja, semuanya langsung berubah drastis sekarang. merapi yang dulu selalu gue kagumi tiap muncul pas langit Jogja cerah, sekarang berubah jadi ditakuti hampir semua penduduk Jogja. udaranya yang dulu bersih dan segar sekarang berubah jadi menyesakkan karena dipenuhi oleh abu vulkanik yang dimuntahkan sang merapi.

25785_1327852610304_1650615210_768375_2548348_n (wajah sang merapi di awal 2010)

bener2 ga kebayang penderitaan warga Jogja sekarang. gue aja yang dulu kebetulan pas tinggal di Jogja lagi musim ujan sering banget ngedrop gara2 tubuh gue ga kuat kena ujan hampir tiap hari. gimana mereka sekarang yang harus ngerasain tiap hari kena ujan abu..?? dulu gue kemana2 bisa dengan bebas buka kaca helm gue untuk nikmatin segernya udara Jogja, terutama kawasan Kaliurang yang paling sering gue datengin untuk hiking, tapi sekarang warga Jogja harus selalu pake masker kemanapun mereka pergi kalo ga mau paru2nya rusak gara2 menghirup debu dari sisa abu merapi.

ga tega banget gue ngeliat banyaknya korban merapi yang harus ngungsi dan tinggal di penampungan selama berhari2 tanpa fasilitas dan sarana yang memadai. belom lagi korban jiwa juga terus bertambah, sampe harus ada pemakaman massal untuk makamin 77 orang korban tewas karena merapi. ada apa sebenernya sampe Jogjaku dilanda bencana terus..?? apa ini salah 1 pesan dari alam yang murka..?? apa alam menumpahkan kemarahannya melalui letusan merapi yang terus menerus..?? dan sekarang lautan juga mulai menunjukkan kemarahannya lewat gempa tadi siang..??

gue sedih banget sama semua yang terjadi belakangan ini. tapi lebih sedihnya lagi gue ga bisa berbuat apa2 untuk ngerubah keadaan. gue cuma bisa ikut berdoa buat keselamatan semua warga Jogja, Papua, dan Mentawai yang lagi diberi cobaan. semoga mereka diberi kekuatan dan semoga cobaan ini bisa cepat berlalu dan jangan sampai terjadi lagi. aku mohon berikan perlindungan bagi seluruh hamba-Mu yang sedang kau beri semua cobaan ini ya Tuhan..

0 komentar:

Posting Komentar