Jumat, 11 Juni 2010

sebuah benih perasaan

beberapa menit yang lalu, gue ngebahas soal cinta lama bersemi kembali (CLBK) sama cowok gue. ada sedikit ketakutan kalo salah 1 dari kita bakal terjebak sama keadaan CLBK itu. pembicaraan sempet memanas waktu ngomongin soal mantan masing2, sampai akhirnya kita bisa menarik kesimpulan kalo CLBK bisa aja terjadi pada siapapun kalau seseorang secara sengaja atau tidak, masih menyimpan sedikit perasaan terhadap mantan kekasihnya, walaupun cuma 1% aja.

hessa : “kamu pernah ngalamin CLBK ga..??”

acha : “CLBK gimana..?? balikan sama mantan gitu..??”

hessa : “ga harus sama mantan..”

acha : “lah..masa CLBK sama cowok orang?? cari mati banget..!!”

hessa : “ya tapi yang kayak gitu kan bisa aja terjadi..kalo memang ada kondisi2 tertentu yang memungkinkan..bisa aja kan kita CLBK sama seseorang yang pernah deket sama kita..entah itu mantan atau bukan..”

acha : “ah, aku ga pernah denger yang kayak gitu deh!! lagian namanya juga CLBK, cinta lama bersemi kembali, berarti kan sebelumnya harus udah ada perasaan cinta dulu sama orang itu!! lah kalo jadian aja ga pernah masa iya bisa CLBK..”

hessa : “kalo itu cinta terpendam yang ga pernah terungkap bisa aja kan..”

acha : “haduh..kamu tu kebanyakan nonton sinetron deh!! yang kayak gitu tuh adanya cuma di dunia sinetron aja..ga ada di dunia nyata..”

(cowok gue terdiam sesaat kayak mikirin sesuatu yang serius banget dan ga lama kemudian dia akhirnya cerita soal kejadian yang bikin gue kaget sekaligus bingung juga..)

hessa : “kemaren ada temen SMA-ku yang tiba2 bilang kalo dia jatuh cinta lagi sama aku..padahal aku ga pernah jadian sama dia..”

acha : “hah..?? maksudnya gimana..?? ga ngerti..”

hessa : “dulu pas SMA, ternyata diem2 dia suka sama aku..dia ga pernah ngomong sampe kita lulus..setelah lulus kita juga ga pernah contact..sampe akhirnya 2 tahun lalu aku ga sengaja ketemu dia lagi pas bantuin cari EO buat nikahannya mas panji (sepupunya cowok gue)..sejak itu kita mulai sering ngobrol lagi sampe akhirnya dia ngomong kayak gitu..yang jelas aku ga pernah ngerayu dia karena dia juga udah punya cowok..dia bilang ternyata selama ini belom bisa sepenuhnya ngelupain perasaannya sama aku karena buat dia, aku adalah cinta pertamanya..dia juga bilang, dengan ngomong jujur sama aku semuanya, dia berharap perasaannya bisa bener2 jelas, bisa ngebuang semua perasaannya selama ini ke aku..dia ga mau ngecewain cowoknya dan kamu..”

awalnya sempet ga mudeng juga sih, buat gue ga masuk akal aja sampe ada kejadian kayak gitu. tapi kalo dipikir2 emang bener juga. semua emang bisa aja terjadi. sesuatu hal yang ga tuntas penyelesaiannya pasti sampe kapanpun bakal bikin penasaran. yah..salah satunya masalah CLBK ini.

seandainya kasus cowok gue itu dijadiin contoh. si cewek yang CLBK sama cowok gue itu belom bisa membuang semua perasaannya ke cowok gue karena (mungkin) dia ingin tau bagaimana perasaan cowok gue ke dia dulu. mungkin selama ini dia udah berusaha untuk ngelupain semua perasaannya ke cowok gue, tapi tanpa sadar sebenernya dia masih menyisakan tanda tanya besar tentang kejelasan perasaannya itu terhadap cowok gue karena selama ini belom pernah mendapatkan respon dari cowok gue. dan rasa penasarannya itu yang bikin masih ada sedikit perasaan yang masih menggantung sampai sekarang.

ibaratnya, perasaan yang tersisa itu adalah sebuah benih kecil. begitu si pemilik benih tau ada kesempatan bagi benihnya untuk bisa tumbuh, dia akan mengeluarkan benih itu dari tempat persembunyiannya. kedekatan mereka secara ga langsung menjadi pupuk yang menyemaikan benih itu. beruntung, pada kasus cowok gue, sebelum si benih ini mulai tumbuh subur, cowok gue sudah membuang jauh2 benih itu dari tanahnya. dan untungnya si cewek juga ga bermaksud untuk mempertahankan atau mencari lagi benih itu.

balik ke masalah CLBK lagi, sebenernya semua keputusan untuk menyimpan atau mengubur kisah lama (baik yang sempet terungkap maupun tidak) ada di tangan kita masing2. gue sendiri belajar untuk tidak menyisakan sedikitpun perasaan terhadap mantan2 gue sebelum gue benar2 memulai hubungan yang baru dengan pasangan gue. gue ga mau kalo sisa2 kisah lama gue nantinya bakal menyakiti orang lain, apalagi jika melihat kesalahan hubungan gue itu.

lagipula jika dulu benih itu telah gagal hidup di tanah kita, kenapa sekarang kita harus buang2 waktu untuk berusaha menyemaikan benih itu lagi. jangan sampai benih dari masa lalu itu kembali tumbuh di masa depan, apalagi jika tumbuhnya benih itu menjadi suatu benalu untuk tanaman lainnya yang lebih dulu (masih) hidup di tanah itu, kecuali jika memang saat benih itu kembali di semai tidak ada tanaman yang sedang hidup di tanah itu, atau memang si pemilik tanah sendiri yang meminta si pemilik benih untuk menyemaikan benih yang berasal dari masa lalu itu di tanahnya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar