Senin, 14 September 2009

sebuah amanat baru

hari ini, 14 September 2009 adalah hari besar buat gue. hari ini nasib gue setelah kuliah 4 tahun akan ditentuin. dari kemaren malem gue udah ga tenang banget. mati gaya. ga bisa tidur, tapi mau belajar juga ga bisa konsen. akhirnya kemaren malem gue cuma glundang glundung ga jelas di kamar gue sambil SMS-an sama temen2 sekalian minta doa sama mereka supaya ujian skripsi gue hari ini lancar. alhamdulillah banyak yang dukung n doain gue. makasih ya guys..!!

sebenernya dari awal daftar sidang gue masih nyantai2 aja. tapi begitu gue tau siapa yang jadi penguji gue,barulah gue parno setengah mati. gue dapet penguji salah satu dosen yang termasuk paling killer di kampus. temen2 gue yang tau gue dapet beliau bukannya nenangin gue malah pada nakut2in. ya udahlah, makin parno aja gue ngadepin sidang gue ini. apalagi anak2 bilang kalo penguji gue ini termasuk orang yang jeli n banyak tanya soal isi skripsi yang gue tulis.

yah yang namanya nyesel emang datengnya selalu terlambat. detik2 menjelang sidang gue baru sadar kalo banyak hal yang masih kurang di skripsi gue tapi gue ga bisa berbuat apa2 karena emang waktunya terlalu mepet. waktu 3 bulan yang gue punya untuk ngerjain skripsi terlalu banyak kebuang untuk hal2 yang ga penting, apalagi pas proses pengerjaannya gue hidup nomaden. kadang di depok, jogja, atau semarang. seinget gue malah waktu gue di semarang sangat2 sebentar dibanding waktu gue di 2 kota lainnya itu. dalam waktu 1 bulan, gue stay di semarang paling lama cuma 10 hari aja. selebihnya gue habiskan dengan pulang ke depok atau liburan ke jogja. alhasil skripsi gue digarap dengan sangat kacau, tapi anehnya gue ga nemuin banyak masalah waktu bimbingan. skripsi gue cuma ngelewatin beberapa kali revisi kecil aja tiap bimbingannya sampe akhirnya kedua dosen pembimbing gue itu ACC skripsi gue di penghujung bulan agustus.

gue daftar sidang gelombang ke-2 untuk periode 3 tahun 2009 ini. lumayan lama nunggu pengumuman dosen penguji. entah kenapa, sejak daftar gue emang ada feeling bakal dapet dosen penguji pak Maringan yang notabene memang salah satu dosen pengampu mata kuliah hukum perlindungan konsumen yang menjadi topik utama skripsi gue. firasat gue ternyata terbukti waktu pengumuman dosen pembimbing. gue emang dapet beliau, bapak Maringan Lumban Radja, SH, MS sebagai dosen penguji gue. dosen yang oleh sebagian besar anak2 di fakultas gue sangat ditakuti. semua cerita tentang kegarangan dosen yang 1 ini pun berhasil bikin gue jiper setengah mampus, apalagi mengingat skripsi gue yang kacau balau itu kemungkinan besar gue akan benar2 dihabisi di ruang sidang.

sejak pengumuman dosen penguji itu gue udah bener parno. sebisa mungkin gue ngebenerin skripsi gue sebelum diserahin ke beliau sebagai materi ujian gue nanti. tentunya gue nyiapin mental gue untuk ketemu beliau yang terkenal galak itu. setelah semua prosedur terpenuhi, akhirnya hari jum'at tanggal 11 September 2009 gue ngeberaniin diri untuk menghubungi beliau via SMS untuk minta waktu ketemu buat nyerahin skripsi. gue SMS sekitar jam 7 pagi n ga ada balesan. gue sempet mikir kalo beliau marah sama cara gue yang minta ketemu lewat SMS agak kurang sopan. tambah parno-lah gue. setelah nunggu kira2 3 jam akhirnya gue dapet SMS balesan dari beliau yang nyuruh gue nemuin dia jam 11 siang.

jam 11 beliau akhirnya nongol juga di ruang perdata setelah kurang lebih gue ngejogrog selama 3 jam di depan ruangan itu (gue udah dikampus dari jam 8 pagi). dengan sedikit gemetaran plus keringet dingin, gue nemuin dia di dalem ruangan itu. berhubung hari ini adalah hari jum'at, cuma ada beberapa dosen cewek yang ada disitu. sedangkan dosen2 cowok entah pada kemana. sepertinya sih istirahat makan siang sambil menunggu waktu solat jum'at. suasana ruang dosen perdata siang itu yang lagi sepi tambah bikin gue takut. dalam pikiran gue, dengan suasana ruang dosen yang sepi itu, pak maringan akan dengan leluasanya marahin gue. tapi paling tidak, dengan sepinya ruangan itu, kalo bener beliau bakal marahin gue, gue ga akan begitu malu karena dimarahin di depan dosen. hehehe..

tadinya gue pikir, gue cuma bakal berhadapan sama beliau untuk ngasih skripsi gue aja. tapi ternyata beliau juga langsung nyidang gue saat itu juga. berhubung gue emang ga belajar n bener2 ga siap dengan apapun pertanyaan soal skripsi gue itu, gue cuma bisa jawab sekenanya sambil nyengir2 (antara takut dan grogi). gue udah bener2 pasrah bakal kena senprot hari itu. tapi ternyata ga. pak maringan yang emang keliatannya galak ternyata baik banget. beliau malah ngasih tau gue apa aja yang bakal ditanyain pas ujian supaya gue bisa siapin jawabannya. kurang lebih gue 1,5 jam ada di dalem ruangan itu, tapi berasanya lamaaaaa banget. mungkin karena bawaan takutnya kali ya..!! tapi setelah selesai jadinya lega banget, apalagi setelah tau kalo beliau ga seserem yang dibilang anak2 selama ini. paling ga gue jadi agak tenang buat nempuh ujian.

gue ujian mulai dari jam 12.00 WIB dengan 5 orang penguji. dekan fakultas gue, pembantu dekan I bidang akademik (PD I), 2 orang dosen pembimbing gue dan 1 dosen penguji yang ditunjuk sama bagian akademik. sekitar jam 11 gue di-SMS sama dosen penguji gue yang ngasih tau kalo gue bisa ujian sebelum jam 12.00 WIB seperti yang dijadwalkan. secara gue emang belum siap sama sekali karena blom belajar, makanya gue bilang sama dosen gue supaya ujiannya tetep jam 12.00 WIB. Untungnya beliau ngerti n ga jadi majuin jadwal ujian gue. namanya juga lagi nervous. gue yang rencananya mau belajar sama sekali ga bisa konsentrasi. yang ada gue malah tambah mumet liat semua kalimat yang ada di skripsi gue itu. akhirnya gue pasrah ikut ujian tanpa belajar dan dengan kepala yang kosong.

jam 12 teng akhirnya nama gue dipanggil untuk masuk ke ruang sidang. keringet dingin n jantung berasa mau loncat keluar. apalagi pas ngeliat di dalem ruang sidang udah ada 3 orang penguji gue yang udah duduk manis di tempatnya dan siap untuk membantai gue. begitu duduk gue langsung disuruh berdoa dulu sama salah 1 dosen penguji gue. 'fiuh..semoga ini pertanda baik!!', gue cuma berharap itu dalam hati. tapi tetep aja berdoa ga ngurangin rasa deg2an gue sedikitpun. apapun yang terjadi, hari ini adalah titik penentuan nasib gue.

keberuntungan untungnya masih berada di pihak gue. dosen penguji gue ternyata nanyain materi yang sama pas waktu gue ngasih materi ujian hari jum'at kemaren. untungnya gue masih sangat inget dengan semua jawaban dari pertanyaan beliau. dosen gue itu akhirnya cuma nyuruh gue revisi beberapa materi yang ada di dalem skripsi gue setelah gue bisa jawab semua pertanyaannya. setelah selesai nguji gue, Pak Maringan langsung cabut untuk ngajar dan meninggalkan gue dengan 2 orang dosen lainnya yang ga lain adalah dosen pembimbing gue sendiri. Bu Rinitami yang juga adalah dosen pengampu mata kuliah Hukum Perlindungan Konsumen yang jadi dosen ke-2 yang nguji gue hari itu. gue lumayan banyak ditanya masalah teori dan hasil penelitian yang gue dapet dan gue juga bisa jawab semuanya. 45 menit gue ujian dengan 2 dosen.

2 dosen penguji udah beres. tinggal 1 lagi. tapi sayangnya waktu ujian gue itu barengan sama jam ngajarnya, jadi terpaksa ujian gue diundur jadi jam setengah 2 siang setelah beliau setelah ngajar. gue sempet ketar-ketir juga karena jam segitu seharusnya gue diuji sama PD I. Sambil nunggu jam setengah 2, gue akhirnya nongkrong di ruang sidang utama di lantai 2 bagian akademik bareng temen2 gue lainnya yang nunggu diuji PD I juga. mahasiswa yang ujian bareng gue hari ini sekitar 25 orang. PD I gue bilang kalo bakal nguji mahasiswi duluan karena ditakutkan ujiannya bakal sampe malem mengingat jumlah mahasiswa yang banyak.

gue nunggu di ruang sidang utama mulai dari jam 1 siang. rasa deg2an gue ngalahin perut gue yang udah mulai keroncongan minta makan. jam setengah 2 gue belom juga dipanggil sama PD I untuk ujian. dan atas saran temen2 gue yang lain, akhirnya gue pergi nemuin penguji gue. Di ruang sidang di lantai 1 ternyata Pak Radi masih nguji mahasiswa lain jadi gue terpaksa nunggu lagi. gue ga lama nunggu beliau di depan ruang sidang. cuma sekitar 5 menit. begitu gue liat beliau udah ga nguji mahasiswa yang lain, gue beraniin masuk ke ruangan untuk minta diuji. dan sepertinya hari itu gue memang sedang beruntung. dosen penguji terakhir itu cuma ngasih gue 1 pertanyaan aja untuk gue jawab. percaya atau ga, gue ujian ga sampe 5 menit.

Pak Radi : "Saya cuma akan kasih 1 pertanyaan aja.."
(kata Pak Radi begitu gue duduk di depannya..)
Pak Radi : "Dalam stategi perlindungan konsumen, standarisasi mutu produk termasuk bagian yang mana..??"
(gue cuma ngejawab singkat..)
Acha : "Pengaturan mandiri, Pak..!!"
Pak Radi : "Ya sudah..mana berita acaranya biar saya tandatangani.."
(setengah melongo ga percaya gue ngasih berita acara sidang..)
Acha : "Udah Pak ujiannya..??"
Pak Radi : "Iya sudah..atau kamu mau saya tanya lagi..??"
Acha : "Nggak Pak..!!"
(gue buru2 keluar ruangan sebelum beliau berubah pikiran..)

That's it..!! selesai semuanya. ujian tersingkat yang pernah gue tempuh seumur hidup gue. selesai ujian itu, masih dengan perasaan ga percaya, gue balik ke ruang sidang utama di lantai 2 untuk ngikutin ujian sama PD I. gue sampe sana ternyata masih banyak anak2 yang belom dipanggil juga. gue juga ga harus nunggu lama untuk kemudian dipanggil masuk ke dalem ruang PD I. How lucky i am..!! pertanyaan yang dikasih PD I ga jauh beda sama pertanyaan yang dikasih dosen penguji gue sebelumnya, jadi gue hanya tinggal ngulang jawaban aja. ujian sama PD I juga ga terlalu lama, cuma sekitar 10 menit. itupun sebenernya lebih banyak ngomentarin nama2 yang muncul di kata pengantar gue. hehehe..

pada intinya dengan selesainya ujian gue sama PD I berarti seluruh rangkaian sidang skripsi gue juga udah selesai. rencananya besok, tanggal 15 September 2009, semua mahasiswa yang ikut ujian hari ini akan diuji sama dekan fakultas gue. tapi sama kayak yang udah2, dekan gue ga pernah yang namanya nguji mahasiswa 1 per satu kayak dosen penguji lainnya. beliau cuma akan ngumpulin para mahasiswa dalam 1 ruangan (biasanya di dalem ruang sidang utama) dan bakal dikasih petuah2 yang harus dilakuin mahasiswa setelah lulus nanti. perjuangan gue selama 4 tahun kuliah akhirnya selesai. dan secara ga langsung hari itu gue udah dapetin gelar Sarjana Hukum dibelakang nama gue.

hari ini hari kelulusan gue. hari ini akan ada gelar di belakang nama gue dan itu berarti adalah sebuah amanat baru untuk gue. amanat untuk bisa mempergunakan gelar dan ilmu yang gue dapet selama kuliah dengan benar di masyarakat. amanat untuk ga bikin nama almamater gue tercoreng ke depannya. amanat untuk menjadi seseorang yang lebih baik tentunya karena bakal banyak harapan yang muncul dari orang2 di sekitar gue seiring dengan adanya gelar di belakang nama gue itu. yah semoga saja gue bisa menjaga dan menjalankan amanat tersebut dengan baik. amin..!!

0 komentar:

Posting Komentar