Jumat, 28 Agustus 2009

caurs back to Jogja (part 2)

hari ketiga di Jogja, 8 Agustus 2009...
hari ketiga gue bangun agak telat, sekitar jam 9. itupun karena ditelpon furi yang ngasih tau kalo dia n nico udah nyampe Jogja dan lagi on the way menuju hotel. ga lama setelah itu furi n nico emang nyampe hotel. mereka langsung check in juga n nyuruh kita cepet mandi biar bisa cepet jalan-jalan. maklum, mereka di Jogja emang cuma 2 hari. besok kita juga udah balik ke kota masing-masing jadinya hari ini emang harus puas-puasin untuk jalan-jalan. rencana kita hari itu sesuai sama yang udah dirundingin sebelumnya, kita bakal wisata pantai. nico sih ngajakin ke pantai kukup yang katanya bisa nangkep ikan hias. tapi berhubung pantainya jauh banget (harus mendaki gunung, lewati lembah..hehehe..) dan hampir sebagian besar areanya adalah terumbu karang jadinya rencana kesana dibatalin.

setelah berunding lagi sama yang lain, terutama sama orang-orang yang kenal Jogja (dani, sinung, n om ucup) akhirnya kita putuskan untuk ke wilayah pantai selatan aja. mungkin karena liburan lalu kita udah pada ke Parang Tritis, makanya liburan ini kita pilih pantai lain. dan pilihan kita jatuh ke pantai Depok yang ga begitu jauh dari Parang Tritis. kita berangkat sekitar jam 11-an setelah sebelumnya kita mampir di SGPC kawasan UGM karena teh hana mau makan pecel. oia, kabar baiknya hari itu adalah setelah kemaren seharian ada perang dingin, akhirnya hari itu gue bisa liat teh hana sama pongky mesra lagi. fiuh, lega deh!! jadi liburan hari itu ga usah ada suasana horor lagi. hehehe.. gitu donk, jangan pada marahan mulu. kalo mesra gitu kan enak diliatnya. orang yang liat juga ga jadi sport jantung. hehehe..piss om pong, teteh!!

kali ini rombongan bener-bener lengkap. gue, dani, furi, nico, teh hana, pongky, om ucup, n ga ketinggalan fotografer kita bapak sinung. hehehe.. nyampe di pantai, udah kayak anak kecil ga pernah liat pantai, kita langsung aja lari ke arah ombaknya. saking senengnya kita juga disambut sama ombaknya. belom lama berenti di pinggiran pantai, kita ga sadar kalo ada ombak gede yang dateng dari arah laut. ngeliat ombak yang datengnya cepet banget semuanya jadi kocar-kacir nyelamatin diri ke arah pantai karena takut kegulung ombak. pongky n teh hana yang waktu itu posisinya emang paling deket sama ombak akhirnya sempet jatoh karena ga kuat nahan gulungan ombak itu. gue yang jaraknya cuma sekitar 2 meter dari mereka cuma bisa ngeliat mereka jatuh (dengan posisi berpelukan..ow, so sweet!! hehehehe...). mereka berdua keliatan panik banget waktu jatoh. teh hana sibuk ngangkat tasnya tinggi-tinggi untuk nyelametin supaya air laut ga masuk ke dalemnya supaya hape dan lain-lainnya ga basah, sedangkan pongky keliatan panik karena emang dia ga bisa renang. huahahaha..takut tenggelem niye pong!! baru tau kalo kong ternyata takut air, kayak kucing aja deh!! hehehe..

kita di pantai kurang lebih sampe 5. waktu yang cukup untuk puas main air dan bikin kulit gosong. setelah dari pantai kita balik ke hotel dulu untuk ganti baju karena hampir semuanya bajunya kotor n basah. keluar dari pantai kita misah dan janjian untuk ketemu di hotel, kecuali sinung yang mau langsung pulang ke rumahnya dan lanjut berangkat lagi ke keraton buat motret JFW lagi. nyampe hotel gue langsung mandi n siap2 untuk jalan ke tempat selanjutnya. rencananya sih malem itu kita mau ngajakin teh hana liat JFW n nyoba jalan di antara beringin kembar alun2 selatannya keraton. oia, pas gue mandi gue sempet kaget pas liat perubahan warna kulit gue. 6 jam yang lalu kulit gue masih normal, tapi pas mandi astagfirulloh..kulit gue jadi belang gini gara2 kepanasan selama 5 jam di pantai tadi. fiuh..padahal niatnya lagi pengen mutihin kulit eh belom sempet putih udah tambah keling malah. hiks2..

(hasil jepretan bapak sinung)

selesai ganti baju kita semua berangkat lagi ke kawasan keraton untuk liat JFW n nyoba jalan di beringin kembar, tapi sebelumnya kita makan gudeg dulu di salah satu tempat makan gudeg deket plengkung keraton (gue ga tau namanya apa..jadi gue tulis gitu aja yak!! jangan ada yang komplain pokoknya. hehehe..). kali ini kita berangkat tanpa om ucup yang entah kemana. abis makan kita ke keraton buat liat JFW tapi sayangnya acaranya tepat banget baru selesai pas kita nyampe sana. kita cuma ketemu sinung yang lagi nongkrong sama temen2nya. tujuan akhirnya berubah ke arah malioboro. dari keraton kita jalan kaki ke malioboro karena teh hana minta naik delman.

kita agak lama dapet delmannya, secara udah malem dan kusir delmannya pasang harga yang lumayan tinggi. tadinya kita mau pake delman dari malioboro sampe alun2 selatan tempat beringin kembar itu ada, tapi berhubung harganya mahal, jadi kita batalkan rencana semula dan akhirnya kita cuma naik delman dari malioboro ke keraton lagi. dari keraton baru kita bakalan ke alun2 selatan pake kendaraan kita semula (gue n dani naik simbah a.k.a motornya dani & teh hana dll naik mobilnya pongky). sebelum dan sesudah naik delman teh hana beberapa kali minta fotoin sama kudanya. gue sempet heran aja. cewek secantik teh hana yang keliatannya anggun kok mau ya deket2 kuda yang bau gitu. gue aja ogah. hehehe..sorry ya kuda!! dan menurut ceritanya pongky emang teh hana hobi banget foto sama binatang. asal jangan binatang jalang aja ya teh..!! hehehe..

teh hana : "aku mau difotoin sama kudanya donk..!! boleh ga..??"
acha : "waduh pong, cewek lo aneh2 aja deh!! masa foto masa kuda sih..??"
pongky : "ini masih mending cha..lah kemaren pas di Magelang, di tempatnya ucup, dia minta foto di kandang kebo.."
(gue cuma bisa berkata "oh my God..!!" dalem hati sambil nyengir)

pas kita turun dari delman dan jalan menuju parkiran lewat lapangan depan keraton, teh hana lagi2 bikin kita agak shock dengan ngajakin lari. jelas aja kita yang denger (terutama gue n pongky) cuma bisa melotot. kita jalan aja nafasnya udah senen-kamis, apalagi kalo lari. bisa inallilahi..!! salut juga ma teh hana, tenaganya ga abis2 padahal udah seharian jalan. pake batre energizer ya teh..?? hehehe..

perjalanan dilanjutkan ke arah alun2 selatan keraton. hari itu alun2 selatan lagi sedikit rame karena banyak orang yang pengen nyoba jalan di antar 2 beringin kembar itu, mungkin karena waktu itu lagi musim liburan sekolah juga kali ya (sotoy mode : on). sesuai dengan rencana awal, rombongan kita emang mau uji nyali ngelewatin beringin kembar itu sebagai bukti kalo punya hati yang bersih (katanya sih gitu..!!). gue yang udah pernah nyoba beberapa kali dan gagal, hari itu ga ikut nyoba lagi untuk ngasih kesempatan yang lain nyoba. setelah nyewa penutup mata akhirnya pongky, teh hana, dan nico gantian nyoba.

giliran pertama nico yang nyoba. keliatannya emang gampang, tapi nyatanya nico ga bisa jalan lurus. dia malah belok ke arah kanan beringin. setelah nico gantian pongky yang nyoba. walaupun awalnya dia ga mau, akhirnya setelah dibujuk2 (dipaksa sih tepatnya..hehehe..) pongky mau nyoba juga. sama kayak nico, pongky juga malah jalan ngejauh beringin ke arah kiri. teh hana yang emang dari awal udah keliatan excited banget buat nyoba akhirnya ambil kesempatan setelah pongky. teh hana tadinya minta buat lari aja (hobi bener lari teh...hehehe..), tapi berhubung alun2 lagi sedikit rame makanya kita bilang jangan lari daripada nabrak orang. teh hana akhirnya nyoba sambil jalan, itupun cepet banget jalannya. setengah lari kali..!! kita yang ngikutin sampe ribet sendiri karena jalannya kalah cepet, terutama gue yang harus jalan di depan teh hana untuk menghalau orang2 yang ngalangin jalan (gue jalan sambil mundur pula..hiks2..)

dan ajaibnya, teh hana bisa jalan dengan lurus dan lancar ngelewatin 2 beringin kembar itu. begitu buka mata, teh hana langsung teriak2 kegirangan karena berhasil. suasana jadi sedikit heboh waktu itu. pongky sempet sedikit sewot ngeliat keberhasilan teh hana.

teh hana : "yey..bisa. berarti hatinya lebih dari bersih..!!"
(teh hana teriak sambil lompat kegirangan...)
pongky : "hoooo..langsung songong!!"
(pongky ngomong dengan sedikit sewot, tapi berhubung yang lain lagi heboh sama teh hana mungkin jadi pada ga ngeh..tapi sumpah pong..muka lo kocak banget waktu itu..!!)

ngeliat keberhasilan teh hana, nico akhirnya nyoba lagi untuk yang kedua kalinya. dan pas nyoba kedua kalinya itu, dia akhirnya berhasil juga. setelah semua puas nyoba kita akhirnya mutusin untuk balik, secara furi juga udah ngeluh kalo dia kecapekan karena udah jalan seharian. kita akhirnya cabut dari alun2 selatan sekitar jam setengah 11 malem. karena dani ngerasa kedinginan, dia akhirnya ngajakin gue untuk minum wedang ronde dulu di depan gerbang UGM, sedangkan pongky n teh hana nganterin furi n nico ke hotel untuk istirahat. setelah nganterin nico n furi rencananya mereka berdua (pongky n teh hana) mau nyusul gue n dani untuk ngeronde bareng di depan gerbang UGM.

ga lama gue nyampe di tempat ronde, mobilnya pongky juga nyampe. ternyata mereka ga jadi nganter furi n nico ke hotel dulu karena furi ga mau ditinggal di hotel cuma berdua aja sama nico, jadinya dia milih untuk ikut ngeronde bareng kita aja. entah dari mana munculnya, om ucup juga gabung ngeronde sama kita malem itu dengan bawa temen ceweknya (yang gue lupa siapa namanya..) kita ga begitu lama di tempat ronde. setelah ngabisin beberapa mangkuk ronde, kita akhirnya mutusin untuk balik ke hotel karena furi udah buru2 minta pulang ke hotel. jam setengah 12 malem akhirnya kita balik ke hotel untuk istirahat karena masih ada 1 hari full untuk jalan2 besok.

hari terakhir liburan di Jogja, 9 Agustus 2009..
hari terakhir liburan kita pake untuk nemenin teh hana belanja oleh2 di malioboro. teh hana belanja batik lumayan banyak karena banyak pesenan oleh2 buat keluarganya n keluarganya pongky. capek nyari batik, kita sempet istirahat makan siang dulu di mirota batik lantai 3. makan siang kita udah pada kayak orang kalap. kita yang cuma berenam mesen makanan sampe ngelebihin porsi seharusnya. gue sendiri pesen nasi goreng kemul ala mirota plus sup buah dengan porsi besar dan wedang uwuh yang (menurut gue) rasanya agak aneh. furi yang badannya kecil pun lumayan kalap dengan makan seporsi nasi goreng kemul dan semangkok bakso n minum segelas milo coklat dan segelas wedang uwuh (punya gue yang ga gue minum).

selesai makan siang kita ngelanjutin belanja lagi. teh hana nyari kain basahan (gue ga tau nama pastinya apa, tapi teh hana bilangnya kain samping). pas lagi tawar2an harga kain itu ada 1 insiden yang sempet bikin teh hana sedikit ngambek. yah..yang namanya cewek n lagi plesiran, wajar aja kalo kita nawar harga kain itu semurah2nya supaya bisa belanja banyak, tapi ternyata yang jual awalnya tetep keukeuh ga mau ngasih harga murah n malah ngatain teh hana pelit karena nawar harga kainnya murah banget. teh hana sempet mau pergi aja begitu dia dibilang pelit, tapi berhubung tawar2an di situ udah lumayan lama n kita juga udah ga enak sama yang jual n sama dani (karena dani yang jadi perantara tawar menawar itu..maklum yang bahasa jawanya mayan lancar ya dani..secara dia tuan rumah juga..hehehe..) akhirnya teh hana belanja disitu juga. lumayan lah, setelah tawar menawar yang alot akhirnya teh hana bisa bawa pulang kain samping tadi dengan harga Rp 15.000,-/potongnya.

setelah selesai belanja, kita sempet makan camcau a.k.a cincau di kantor DPRD Jogja yang jadi tempat parkir kita juga. pas makan cincau itu teh hana sempet minta fotoin di atas gerobak cincaunya, dan berhubung tukang cincaunya sangat2 baik, dia dengan senang hati ngebolehin teh hana buat foto disitu. setelah berkesel2 ria karena ibu2 penjual kain, akhirnya teh hana bisa seneng lagi keramahan si tukang cincau itu. abis makan cincau rencananya kita mau langsung pulang ke kota masing2 (pongky n teh hana ke Bandung, sedangkan gue, dani, nico, n furi balik ke Semarang), tapi berhubung pongky lupa ngambil pesenan gudeg-nya di tempat makan gudeg deket plengkung keraton itu jadinya kita ngambil pesenannya pongky dulu baru ngelanjutin perjalanan pulang. liburan ini sudah berakhir teman2..

setelah gudeg di ambil, kita berangkat ke terminal Jombor untuk nganterin furi n nico naik bis. setelah mastiin kalo furi n nico udah naik bis, gue n dani (dengan naik simbah) langsung ngelanjutin perjalanan pulang ke Semarang. pongky n teh hana juga langsung cabut ke Bandung. perjalanan pulang alhamdulillah ga ada masalah, cuma furi sempet iseng dengan bikin panik semua orang karena tiba2 SMS pas kita udah jalan jauh ninggalin Jogja (gue n dani sendiri udah nyampe Magelang waktu itu). furi SMS n bilang kalo dia ma nico ternyata masih di Jogja karena keabisan bis. dia SMS ke teh hana. teh hana yang nerima kabar itu langsung kasih kabar ke gue juga.

gue sama dani terpaksa berhenti dulu di Magelang untuk nungguin teh hana n pongky yang mau jemput furi n nico di Jogja lagi. furi n nico rencananya akan di drop di terminal Magelang untuk nyari bis ke Semarang. gue yang lumayan panik sempet ngubungin furi juga untuk nanya gimana kabarnya lewat SMS. tapi SMS balesan dari furi justru bikin gue gondok. dia SMS kayak gitu ternyata cuma buat ngerjain kita doank. dia sama nico emang keabisan bis dari Jogja, tapi mereka sebenernya juga lagi dalam perjalanan menuju Semarang pake travel. fiuh..dasar furi, ga tau apa kalo kita beneran panik.

setelah sempet berenti, akhirnya perjalanan kita dilanjutin lagi dengan masih tetep kontak2an sama yang lain supaya tetep tau kabar masing2 kalo ada apa2 di jalan. berhubung kita pulang udah menjelang magrib n jalanan udah mulai gelap, makanya gue yang naik motor sama dani ke Semarang ga bisa istirahat terlalu sering (serem gila juga jalanannya..). kita tetep ngebut untuk menghemat waktu perjalanan n mengabaikan rasa pegel yang amat sangat di pantat kita karena naik motor 2 jam nonstop tanpa berhenti. kita cuma istirahat 1 kali aja di daerah Ambarawa karena udah ngerasa laper juga. kita berenti di salah satu warung serabi pinggir jalan untuk ngisi perut sebentar setelah itu kita ngelanjutin perjalanan lagi.

2,5 jam perjalanan dari Jogja ke Semarang akhirnya sekitar jam 8 malem akhirnya kita nyampe. furi n nico (kalo ga salah) baru nyampe Semarang sekitar jam 9 malem. sedangkan pongky n teh hana nyampe Bandung jam 4 pagi keesokan harinya. yah..walaupun perjalanan pulang lumayan bikin cape. tapi kalo inget liburan 4 hari di Jogja yang banyak kejadian seru, ga ngerasa nyesel juga sih. maybe next time kita bisa liburan yang lebih seru lagi ya guys (mungkin di lain kota n dengan orang2 yang lebih seru juga).

1 komentar:

xhyvt mengatakan...

hahahha... emang nya gw bapak moyang lo :P

Posting Komentar