Senin, 11 Maret 2013

Perbandingan Deposito BRIS & BNI Syariah

Setelah sebelumnya gue sharing soal deposito BNI Syariah, kali ini gue mau share soal deposito di BRI Syariah (BRIS), sekaligus membuat perbandingan diantara keduanya. 6 bulan yang lalu, gue mendepositokan sejumlah uang gue di bank tersebut, dan hari ini yang bertepatan dengan ulangtahun pacar, deposito tersebut jatuh tempo. Jadilah gue tadi pergi ke bank untuk mencairkan deposito tersebut.

Proses pencairannya terbilang cepat, tidak sampai 15 menit sudah bisa cair. Ada sedikit perbedaan dengan deposito gue terdahulu di BNI Syariah. Dari sistemnya, untuk deposito gue kali ini (BRIS) bagi hasilnya ditransfer langsung ke dalam tabungan gue tiap bulan, sedangkan yang dulu (BNI Syariah) bagi hasil tiap bulan ditambahkan ke deposito (seinget gue ada pilihannya juga mau di transfer tiap bulan ke tabungan atau ditambahkan ke dalam deposito).

Untuk proses perpanjangan saat jatuh tempo, BRIS menerapkan otomatis roll over, sedangkan di BNI Syariah (seinget gue) bisa memilih apakah mau roll over otomatis atau dana langsung dicairkan ke rekening tabungan kita pada saat jatuh tempo. BRIS juga menerapkan adanya penalti sebesar Rp100.000,- untuk deposito yang diambil sebelum/setelah tanggal jatuh temponya. Jadi berapapun nilai deposito anda, jika anda mencairkannya sebelum atau setelah jatuh tempo maka anda akan dikenakan penalti Rp100.000,-.

Kalo soal bagi hasilnya sih gue ga tau lebih besar mana, soalnya jangka waktu dan nominal deposito gue di kedua bank itu beda juga jadi ga bisa dibandingin. Hehehe. Dan berhubung gue penganut asas pelit pangkal kaya, gue pastinya lebih milih yang ga pake sistem penalti donk. :p

62 komentar:

server002 mengatakan...

wah pas banget nih mbak kebetulan saya baru mau buka deposito, sebenernya sudah buka kemaren tapi di bank konvensional dan belakangan saya baru sadar kalo bunganya haram :hammer

setelah browsing-browsing, pilihan jatuh antara bri syariah atau bni syariah

kesimpulan yg saya dapet mengenai produk tabungan:

BRI syariah:
+ bebas biaya admin bulanan
+ bebas biaya transfer ke jaringan ATM bersama & ATM prima
+ bisa transaksi via ATM bersama & ATM prima
+ bisa setoran via bri konvensional

- belum ada internet banking

BNI syariah:

1. akad wadiah :
+ bebas biaya admin bulanan

- gak ada kartu ATM

2. akad mudorobah :
+ ada kartu ATM
+ ada internet banking

- ada biaya administrasi bulanan

yang ingin saya tanyakan:
1. dari segi besaran bagi hasil untuk deposito di kedua bank manakah yang lebih menguntungkan? kalo di konversi ke dalam bunga kira2 berapa persentase bagi hasil yg diterima berdasarkan pengalaman mbak acha ?

2. dari segi produk tabungan, bagaimana perbandingan layanan produk kedua bank menurut mbak acha ?

sori mbak, pertanyaannya agak panjang dan agak itung-itungan soalnya saya sudah ada beberapa rekening tapi di bank konvensional dan baru kali ini mau buka di bank syariah + buka deposito juga, terima kasih sebelumnya :)

Acha Satmoko mengatakan...

ralat dikit nih sebelum jawab :
saya pakai TabunganKu di BNI Syariah dan itu akadnya wadiah, tapi tetap dapat kartu ATM kok dan support internet banking juga. :)

untuk persentase bunga kan beda2 tergantung jangka waktu deposito yang dipilih saat pembukaan, yang jangka waktu 6 bulan pasti beda dengan yang jangka waktu 1 tahun. biasanya sih semakin lama jangka waktunya semakin besar juga persentase nisbah/bunganya. nominalnya juga beda2 tergantung keuntungan masing2 bank tiap bulannya, jadi kalo ditanya lebih untung mana saya juga kurang tau.

kalo untuk tabungan sih saya lebih pilih BRIS karena banyak fasilitas gratisnya dan bisa transfer/terima dari dan ke ATM prima, kalo BNI (baik yg konvensional atau yg syariah) ga bisa transfer atau terima kalo melalui ATM prima. tapi ya itu minusnya BRIS belum support internet banking setau saya.

tapi kalo untuk deposito sih saya lebih pilih BNI Syariah yang ga ada sistem penalty-nya (pelit mode : on) :p

Kakkoy Boy mengatakan...

Wah Info yang berharga.. Kebetulan lgi nyari2 info ttg Deposito yang menguntungkan, eh gk sengaja nemu blog ini... Thanks infonya yg sgt bermanfaat mbak...

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. senang bisa membantu.. :)

rahmad alfatra mengatakan...

thanks infonya :)

Acha Satmoko mengatakan...

sama2..

dede supriadi mengatakan...

maaf mba sebelumya saya mau nanya,tadi pagi kan saya mencairkan deposito di bri syariah selamaya 1tahun,saya ambil yang sau bulan otomatis,pas saya ambil ko nilai depositonnya masih tetap,apakah bgi hasinya langsung di masukan ke tabungan saya,karena setiap bulanya saldo saya bertambah,dan nilai tabungan saya sama dengan nilai deposito,saya heran mau nanya di bank malu,jadi trpaksa tanya sama mba,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

Acha Satmoko mengatakan...

kalo untuk BRIS nisbah/depositonya emang langsung ditransfer ke rekening tabungan tiap bulannya..jadi ga ditambahkan ke depositonya..

saya juga udah tulis di atas sebenernya..
"Ada sedikit perbedaan dengan deposito gue terdahulu di BNI Syariah. Dari sistemnya, untuk deposito gue kali ini (BRIS) bagi hasilnya ditransfer langsung ke dalam tabungan gue tiap bulan" --> paragraf 2

buku tabungannya di print out aja trus di cek, pasti tiap tanggal tertentu ada saldo masuk yang nilainya kurang lebih sama (paling beda berapa ratus rupiah aja biasanya)..

semoga membantu.. :)

Elhaq Isme mengatakan...

Sangat membantu..makasi ya kak acha

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. senang bisa membantu lewat tulisan ini.. :)

muna kastro oi mengatakan...

Wah, g sengaja buka n baca,,,, mksh mbak, atas bagi infonya..:-)

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. :)

riya serang mengatakan...

maaf semuanya au tanya ni low deposit di BRI itu minimal berapa trus kalau ambil yg 6bln to 1 thn kira kira bunga berapa?
ada biaya administrasi g tiap blnnya?
trima kcih sebelumnya

Acha Satmoko mengatakan...

Kalo BRI saya kurang tau mbak, soalnya ga pernah punya deposito disana..

kalo untuk bunga sih setau saya ga pernah ada jumlah pastinya, karena pembagiannya tergantung keuntungan bank tiap bulan..

Anonim mengatakan...

kalo saya depositonya di BNI syariah.
gampang, gapake ribet, gada pinalti pula :P

nah dari banding2 tren bagi hasil tiap bulan bank2 syariah, deposito BNI Syariah yg paling tinggi.. jadinya saya milih deposito di sana deh..

Acha Satmoko mengatakan...

iya kalo untuk deposito emang enakan di BNI Syariah yang ga ada sistem penaltinya..deposito pertama saya dulu juga disana soalnya.. :)

randy mengatakan...

Makasih Mbak infonya sangat membantu...

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. :)

Nouvha Mathers mengatakan...

Mgenai bunga deposito bni syariah gmn y kak?

Acha Satmoko mengatakan...

maksudnya gimana apanya ya..?? bingung sama pertanyaannya..

Anonim mengatakan...

Makasih ya

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. :)

wahyu mengatakan...

Selama ini aku nabung di bni biasa,entar klo udah pulang aku mau ikutan di bni syariah.mkch infonya mbak.

Acha Satmoko mengatakan...

ikut seneng kalo infonya bisa membantu..

Anonim mengatakan...

Mau tanya setoran awal utk deposito di bank bni syaroah mnimal brp ya? Mau coba yg 3 atau 6bln.. Tp dana pas2an.. Maklum baru mulai kerja bulan kedua.. Trmksh mba anca. :)

Acha Satmoko mengatakan...

minimal deposito di BNI Syariah kalo ga salah 1 juta..

btw,ralat nama saya acha bukan anca.. :)

Noenoeng Amroelloh mengatakan...

makasih info nya..... sekalian mo tanya... kalo di website BNI syariah kan ada simulasi deposito... nah itu beneran gak sih keuntungan bagi hasil nya ?

Noenoeng Amroelloh mengatakan...

di simulasi tersebut jika kita deposit 30jt maka kita akan mendapatkan keuntungan 1.581.000, berarti itu keuntungan dalam satu tahun ya ?
mohon pencerahan nya....

Acha Satmoko mengatakan...

besar bagi hasil kan ditentukan sama keuntungan bank ybs tiap bulannya dan itu ga selalu sama..

kalo memang menurut perhitungan simulasi dapatnya segitu ya berarti kurang lebih memang segitu nilai bagi hasil yang akan anda terima..

tapi untuk lebih jelasnya bisa langsung aja datang ke bank ybs untuk minta penjelasan lebih lanjut..

Retta Logikayanti mengatakan...

Thx infonya..sangat bermanfaat :)

Acha Satmoko mengatakan...

sama2.. terima kasih juga udah mampir kesini..

fLiip fLop mengatakan...

mbk acha... bisa ga buka deposit di bni syariah tnpa bwt tabungan

Acha Satmoko mengatakan...

kayaknya bisa deh..soalnya seinget saya pas pencairannya bisa dipilih mau di transfer langsung ke rekening tabungan atau secara tunai..tapi untuk make sure,langsung hubungi CS bank ybs aja untuk info lebih jelasnya..

Anonim mengatakan...

Maaf, newbi nih mbak, klo pas jatuh tempo qt d kasih tau g?
takut aja klo telat dpt penalti

Acha Satmoko mengatakan...

ga ada pemberitahuan..jadi ya harus inget2nya kita aja..

Ayun Wahyuni mengatakan...

mb, mau nanya,klo untuk deposito tu, ada setoran tiap bulannya kn?trus jumlah setoran per bulannya trserah qta apa ditentu'in dri banknya?
terima kasih mb sebelumnya..

Usaha Kita mengatakan...

Kebetulan saya Personal Banker Bank Tabungan Pensiunan Nasional, produk BTPN ada konvensional dan syariah, dan untuk promo bulan ini:

Pembukaan tabungan 10jt + deposito minimal 25jt, lama penempatan 3 bulan: Promo hadiah Lock & Lock 7pcs

Pembukaan tabungan 10jt + deposito minimal 25jt, lama penempatan 6 bulan: Promo hadiah Lock & Lock 8pcs

Fitur tabungan:
- saldo minimal 5jt rupiah
- free biaya admin
- bunga tabungan 3% per tahun
- free biaya tarik tunai di jaringan atm bersama dan atm prima
- free biaya transfer via atm
- untuk total dana diatas Rp 250jt berhak mendapatkan fasilitas layanan luar cabang, jadi untuk berbagai transaksi nasabah tidak perlu datang ke cabang, pihak bank akan datang ke tempat nasabah untuk pick up dokumen,.

Untuk info lengkapnya atau untuk sharing masalah tabungan, deposito, atau giro bisa hubungi saya saja
Lely Swince: 085780778866 (utuk area jabodetabek)

terima kasih

Acha Satmoko mengatakan...

@ayun wahyuni :
deposito itu ga ada setoran tiap bulan mbak, tapi kita langsung nabung sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu.

kalo yg ada setoran per bulannya itu setau saya namanya tabungan perencanaan. jadi kita pilih jangka waktu dan jumlah potongan/setoran tiap bulan dari rekening utama ke rekening tabungan perencanaan tersebut. cmiiw.

Anonim mengatakan...

apa sih bedanya deposito dengan tabungan perencanaan itu mbk acha?mohoon pencerahanya

Acha Satmoko mengatakan...

seharusnya sih biar lebih jelas dateng langsung aja ke bank yg dituju trus tanya sama CS-nya, tapi saya coba jawab deh pake bahasa saya sendiri ya.

deposito itu ibaratnya kita nabung sejumlah uang selama beberapa waktu. nah selama jangka waktu deposito itu berjalan kita ga bisa utik2 uang kita itu sampai jatuh tempo depositonya. kalo kita ambil sebelum jatuh tempo biasanya ada penalty berupa pemotongan sejumlah uang yg kita depositokan itu.

misal :
deposito uang 5jt selama 6bln, selama 6bln itu kita ga bisa ambil uang kita, dan baru bisa dicairkan 6bln setelah tanggal kita deposito itu.

kalo tabungan perencanaan ibaratnya kita nyicil nabung dalam jangka waktu tertentu. jumlah uang yg mesti ditabung dan waktunya tergantung kemampuan masing2 nasabah. untuk pencairannya juga setelah jatuh tempo.

misal :
untuk perencanaan sekolah anak diambil jangka waktu 5th, dan tiap bulannya setoran yg disepakati nasabah sebesar 100rb. jadi selama 5th itu tiap bulan nasabah musti nabung 100rb, biasanya langsung dipotong dr tabungan induk dan pencairan uangnya ya setelah 5th itu.

CMIIW

Hartono mengatakan...

siippp......bgtt.....

Ahmad Zakir mengatakan...

dlm simulasi dibni syariah proyeksi bg hasil tu dkira sbln apa sthun mbk

Ahmad Zakir mengatakan...

tlg kash infony mbk klu simulasi diwebsite bni syariah ,,kiraan sbln apa sthun mkch

Ahmad Zakir mengatakan...

dlm simulasi dibni syariah proyeksi bg hasil tu dkira sbln apa sthun mbk

Christian Eka mengatakan...

maaf,,, saya sudah nanya langsung di BRI Syariah,,, kata teller deposito akan di kenai penalty qlo saldo di ambil sebelum jatuh tempo,,
& qlo saldo di ambil setelah jatuh tempo itu tidak ada penalty yg harus di bayar,,, jd ga perlu ragu lg masalah penalty, yg penting sudah menyepakati waktu jatuh tempo tgl deposit & jgn ragu/malu untuk menanyakan langsung ke CS Bank yg di tuju,,, semua akan melayani dgn ramah

Acha Satmoko mengatakan...

ahmad zakir :
kalo untuk simulasi di web bni syariah bisa di coba sendiri pak. biasanya ada pilihan waktunya. atau kalo mau lebih jelasnya bisa tanya langsung ke CS bank yang bersangkutan.

christian eka :
terima kasih atas infonya, semoga bisa membantu reader yang lain yang masih mencari info soal deposito ya. :)

icha mengatakan...

mau nanya mbak acha..
aq kan sudah punya rekening bris sebelumnya. kalau misalkan deposit sejumlah 4.500.000 dalam 1 tahun, tapi tiap bulannya aq setor ke rekeningku semisal 400.000. apa setoranku ditambahkan ke deposit atau gimana? maaf agak muter2 ini pertanyaannya

Acha Satmoko mengatakan...

deposito dan rekening tabungan itu beda sistemnya. kalo deposito kan setoran uangnya pas buka deposito aja, dan ga bisa diutak atik (ditambahkan atau dikurangi jumlahnya) sebelum jatuh tempo. kalo tabungan bisa diisi aau diambil kapanpun kamu mau.

jadi kalo kamu nabung tiap bulan 400rb ya yg bertambah itu ya saldo tabungan rekening bris kamu, bukan saldo depositonya. deposito kamu ya nilainya tetap 4,5jt seperti saat kamu buka deposito tersebut.

beauty_shop mengatakan...

Klo sya pernĂ h deposito d bank bni syariah,sy g kena pinalti saat deposito sy cairkn sebelum jatuh tempo

Acha Satmoko mengatakan...

iya seperti yang saya tulis di posting sis. di bni syariah memang tidak menerapkan sistem penalti untuk deposito yang dicairkan sebelum atau sesudah jatuh tempo. :)

evulusi mengatakan...

Sist,mau ikutan nanya nih :) ,soale kalo nanya langsung ke CS nya tapi masih ragu,terus cancel,kan malu :) makanya nanya ke yg udah "ngalamin"(maksutnya buka rek. Deposito)
Mengenai deposito BRIS:
1,Modal pokok untuk membuka rek. Deposito di BRIS,berapa ya?
2,saat ini(per 2014)suku bunga untuk tiap tenornya berapa persen p.a?
3...."Dari sistemnya, untuk deposito gue kali ini (BRIS) bagi hasilnya ditransfer langsung ke dalam tabungan gue tiap bulan"....... , berarti sebelumnya harus buka rek. Tabungan di BRIS dulu ya?bisa gak,kalo(bunganya) di transfer ke BRITAMA(BRI Konvensional)soale saya gak berniat buka rek. tabungan BRIS(cuma mau deposito BRIS aja),,... bisa gak ya(tanpa buka rek. Tabungan BRIS,tapi bunga ditransfer ke rek. Tabungan BRITama(mengingat keduanya masih satu korporasi)?
3,deposito BRIS,ada penalty(baik di awal maupun akhir tenor)gak?kalo ada,besarnya berapa persen dari modal pokok?
Makasih atas kesediannya untuk menjawab.

Acha Satmoko mengatakan...

saya coba jawab sepengetahuan saya saja ya. cmiiw.

1. minimal pembukaan deposito dulu seinget saya sih 1jt.

2. berapa persen bunganya tergantung ambil deposito yang berapa lama. semakin lama jangka waktunya setau saya semakin besar juga bunganya.

3. waktu saya buka deposito dikasih tau CS-nya kalo BRI sama BRIS sudah berjalan sendiri2, atau ibaratnya sudah beda bank. yang sistemnya masih jadi 1 itu BNI dan BNI Syariah. jadi kalo mau transfer bunga deposito BRIS ke rek tabungan BRI konvensional pasti ga akan bisa.

4. sudah saya jelaskan di posting soal penalty-nya. untuk BRIS, deposito yang dicairkan sebelum/setelah jatuh tempo maka akan dikenakan penalty sebesar 100rb berapapun nilai deposito anda.

Samsul Huda mengatakan...

Ijin nanya mbk..mbk deposit brapa trus dpt bagi hsilnya brapa.?pngen tau cntoh real nya..

Acha Satmoko mengatakan...

waktu pas di BNI Syariah saya deposito 4jt selama setahun kalo ga salah pas cair dapet sekitar 4,3jt.

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak Acha...ikutan sharing yaa
Saya Renti dr Koperasi Sejahtera Bersama, ingin memperkenalkan produk simpanan berjangka SEJAHTERA PRIMA :
Di simpanan berjangka kami, kami memberikan jasa BAGI HASIL 15% pertahun atau 7,5% per 6 bln ( antara 1,15 % sd 1,25% per bln) .
Asumsi penempatan dana 10jt :
Bagi hasil antara rp. 119,178 sd Rp. 127,397 per bln (tergantung jumlah hari dlm blm berjalan.
Di akhir masa kontrak jumlah dana pokok plus bagi hasil : Rp. 10.752,052.
Di jamin sesuai syariah dan aman.
Info lebih lanjut hub : renti (081280317799)
Web kami : www.ksusb.co.id
pertanyaan silahkan langsung hub saya yaaa.
tuk mba acha thx ya dah pinjem lapak nya.

JRM graphic mengatakan...

Penawaran Kerjasama Mudharabah Bagi Hasil Usaha Patungan
Visit me :
cetakmurahbalikpapan2012.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Ijin nanya mbak, itu maksudnya deposito 4jt selama 1 taun jadi 4,3? Berarti mbak untung 300rb ya slama setaun? Thx

Acha Satmoko mengatakan...

iya

syamsul arifin mengatakan...

lokasi BNI Syariah di jakarta utara / pusat ada yang tau gak?

terima kasih

Acha Satmoko mengatakan...

coba liat di website resminya aja gan, biasanya ada lokasinya. atau tanyain lewat twitter mereka aja juga biasanya di respon kok.

syamsul arifin mengatakan...

biasanya kalo deposito BNI Syariah dapat buku tabungan atau atm gan?untuk pendaftarannya gimana gan sangat mudah dan cpat gan

Acha Satmoko mengatakan...

yang namanya deposito ga kayak tabungan biasa yang bisa diambil kapan aja, jadi semua deposito di bank manapun emang ga ada kartu ATM-nya. pencairan dana baru bisa dilakukan setelah jatuh tempo. bukti depositonya juga bukan berupa buku tabungan, tapi hanya selembar kertas bermaterai yg dilengkapi data2 deposito tsb, seperti nama nasabah, jumlah deposito, dan tanggal jatuh temponya.

Poskan Komentar