Kamis, 11 Februari 2010

kerak telor modifikasi ala chef acha enwe =p

semalem gue baru aja meningkatkan cooking skill gue dengan membuat 1 masakan modifikasi kerak telor. sebenernya ide bikin masakan itu ga sengaja. dari kemaren sore sebenernya gue udah ngomong sama orang2 rumah gue (ade gue n kakak ipar gue) kalo gue tiba2 aja pengen kerak telor, tapi berhubung di sekitar rumah gue emang ga ada yang jual akhirnya gue cuma bisa nyimpen rasa ngidam gue itu. dan malemnya, sekitar jam 22.30 WIB, didorong oleh rasa kelaparan gue akhirnya terbersit di otak gue untuk masak. jujur aja sebenernya gue bukanlah orang yang pinter masak, terbukti dengan posting gue terdahulu, gue aja sempet hampir ngebakar rumah gue gara2 manasin sayur lodeh. hehehe. balik ke kerak telor gue, berhubung emang nyokap gue udah 2 hari ada di Klaten untuk jengukin kakek gue yang baru aja operasi prostat, masakan kakak ipar gue juga udah ludes disikat orang2 rumah, duit di kantong yang mulai menipis (kalo masih tebel mendingan deliveery atau jajan diluar aja deh!), dan di rumah gue emang lagi kritis makanan (nyokap biasa belanja mingguan hari minggu), jadinya gue terpaksa harus masak dengan bahan seadanya.

kerak telor acha

setelah celingak-celinguk di dapur n menilik isi kulkas, akhirnya gue cuma menemukan beberapa butir telor di rak penyimpanan. awalnya gue kepikiran cuma bakal bikin telor dadar, tapi berhubung setelah tau daun seledri juga udah raib dari kulkas (gue biasanya bikin telor dadar pake irisan halus daun seledri n irisan beberapa cabe rawit) akhirnya gue memutuskan untuk bikin telor ceplok aja. selanjutnya gue nyiapin nasi di piring dengan tujuan supaya nasinya ga terlalu panas waktu telor gue mateng. dan pas gue mau nyeplok telor, tiba2 datang suatu ide yang berhubungan sama kerak telor yang gue pengenin itu. kenapa gue ga bikin kerak telor sendiri aja..?? gue tau kalo gue ga punya bahan2 yang memadai untuk bikin kerak telor (gue tau bahan kerak telor apa aja nggak..!!),tapi gue tetep nekad. berbekal dengan bahan2 seadanya akhirnya gue berhasil bikin masakan modifikasi kerak telor yang gue kasih nama "kerak telor modifikasi ala chef acha enwe". huehehehe. ya dari namanya aja emang udah ga catchy n bikin penasaran, tapi buat gue cukup untuk mengobati rasa lapar gue.

masakan gue walaupun jadinya agak aneh n (sama sekali) tidak menggugah selera, tapi paling ga cukup bikin orang2 rumah gue berkomentar. kakak ipar gue (orang yang pertama nyicipin hasil modifikasi gue itu) bilang kalo masakan nekad gue itu rasanya lumayan, cuma bumbunya kurang, jadi rasanya nyaris hambar. dia juga bilang malah ngerasa kayak makan rengginang (gue ga tau istilah lainnya apa..jadi kalo yang ga tau harap maklum aja ya!) karena rasanya yang garing n nyaris hambar tadi. ya buat gue sih lumayanlah untuk seorang pemula kayak gue yang baru aja belajar masak. sebelom gue (terpaksa) melahap habis masakan gue itu, gue sempetin bikin dokumentasi masakan gue untuk lebih mendramatisir posting gue ini. hehehe. biar ada bukti juga gitu. baru setelah itu gue makan masakan gue yang rasanya bikin dag dig dug juga. dalam hati gue berdoa, "Tuhan, semoga aku ga keracunan masakanku sendiri..!!". sebenernya sih ga ancur2 banget rasanya, ya bener kata kakak ipar gue emang kurang bumbu (mungkin penydap rasa atau apalah..). untuk lebih nambah rasa, akhirnya gue menghabiskan masakan gue itu dengan tambahan saos cabe rawit.

 kerak telor

gue cuma mau berbagi sedikit aja bagaimana kronologis pembuatan kerak telor modifikasi ini, siapa tau aja ada orang yang memang penasaran pengen tau atau mencoba membuat sendiri masakan ini (yah walaupun gue tau, orang waras manapun ga akan ada yang mau nyoba resep ga penting gue ini).

bahan-bahan :
1. rasa lapar yang amat sangat;
2. rasa ngidam terhadap kerak telor;
3. rasa nekad untuk bereksperimen dengan resep baru;
4. 2 butir telur;
5. nasi putih secukupnya;
6. cabe giling nyokap (gue juga ga tau apa aja komposisinya);
7. garam dan merica secukupnya.

cara membuat :
1. siapkan sepiring nasi putih (sesuai kapasitas perut anda tentunya);
2. kocok 2 butir telur (awalnya gue pake 1 telor aja tapi nyatanya kurang..hehehe) beserta bahan2 pendukung lainnya (cabe giling nyokap gue, garam n merica);
3. setelah telur n bahan2 lainnya telah tercampur rata, masukan nasi putih tadi kedalam telur dan kocok lagi sampe rata;
4. panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng;
5. tuangkan adonan nasi-telor tadi ke dalam wajan yang sudah panas;
6. masak seperti memasak telur dadar dan pastikan kedua sisinya matang merata (biar gampang dibaliknya n ga ancur jadinya);
7. setelah matang, pindahkan nasi-telor dadar tadi ke dalam panggangan ikan;
8. olesi kedua sisinya dengan margarin dan bakar hingga ada efek2 gosong pada kedua sisinya (kan biar kayak kerak telor beneran gitu);
9. kerak telor modifikasi siap dihidangkan.

yah walaupun rasanya ga semantab kerak telor tapi paling tidak bisa mengganjal perut yang kelaparan n terbukti aman. kakak ipar gue yang mencicipi masakan gue n gue sendiri yang menghabiskannya nyatanya nggak nemuin efek samping. kita masih hidup dengan sehat sampai posting ini diterbitkan dan tidak mengalami keracunan atau sakit perut sedikitpun.

SELAMAT MENCOBA..!!

0 komentar:

Posting Komentar