Kamis, 13 Maret 2014

Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Detos

Hari ini gue disuruh nyokap untuk bayar pajak mobil yang jatuh temponya hari ini. Sama seperti tahun lalu, hari ini gue juga memilih untuk membayar pajak kendaraan tersebut di Samsat Detos. Kalo menurut orang2 sih lebih cepet di Samsat Detos dibanding di Samsat biasa. Tadi sih gue yang dateng sekitar jam 11-an, ga sampe 1 jam nunggu semua urusan udah beres.

Untuk bayar pajak kendaraan dokumen yg diperlukan yaitu :
- 1 lembar fotokopi BPKB
- 1 lembar fotokopi STNK
- 1 lembar fotokopi KTP atas nama pemilik kendaraan
- KTP asli pemilik kendaraan
- STNK asli 

Semua dokumen tersebut dimasukkan ke dalam map dan diserahkan ke petugas pendaftaran yang ada di sebelah paling kiri. Banyak yang suka bingung apakah BPKB asli dilampirkan atau tidak. Tadi sih di tembok bagian pendaftaran ditempelin tulisan "BPKB asli dipegang masing2", jadi ga perlu dilampirkan. Oia, saran gue sih mendingan semua dokumen yang dibutuhin udah difotokopi semua karena fotokopi disana ngantri banget dan usahakan juga udah bawa map dari rumah jadi sampe sana udah tinggal numpuk dokumennya aja di meja pendaftaran.

Setelah menyerahkan dokumen tinggal tunggu namanya dipanggil, untuk yang dokumennya belum lengkap nanti akan dipanggil lagi oleh bagian pendaftaran yang sebelah kiri tadi untuk melengkapi dokumennya, tapi kalo dokumennya sudah lengkap, dokumen akan diteruskan ke bagian kasir untuk melakukan pembayaran pajaknya. Kalo bisa cari tempat nunggu yang ga jauh dari pintu soalnya disana ga ada pengeras suara jadi kadang suka ga kedengeran pas nama kita dipanggil, apalagi disana juga lumayan berisik suasananya.

Disana juga tanpa sistem antrian, jadi pake ala2 bar2 gitu deh. siapa yang numpuk dokumen duluan ya dia yang duluan dipanggil. Seperti yang gue bilang di awal, prosesnya ga lama, jadi jangan ditinggal pergi jauh2 karena takutnya nanti malah pas dipanggil malah kelewat. Setelah pengecekan dokumen, nama kita akan dipanggil oleh bagian kasir yang ada di tengah ruangan untuk melakukan pembayaran pajak. Setelah pembayaran selesai, kita akan dikasih selembar kertas kecil, semacam nota pembayaran gitu untuk mengambil STNK, KTP, dan hasil print bukti pembayaran pajak kendaraan kita. Oia, sebaiknya bawa uang cash karena disana tidak melayani pembayaran dengan menggunakan kartu debit.

Dari kasir kita tinggal geser sedikit ke sebelah kanan untuk menunggu nama kita dipanggil lagi. Begitu dipanggil, kita hanya perlu menyerahkan kertas kecil dari bagian kasir tadi ke petugas yang nanti akan ditukar dengan STNK, KTP, dan juga hasil print bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor kita. Karena yang ngantri lumayan banyak dan kadang ada yang rese nyerobot2 antrian, jadi pas pengambilan STNK, dll itu ada baiknya kita mengecek lagi apakah dokumen yang diberikan tersebut memang sesuai dengan kepemilikan kita, jangan sampai tertukar dengan orang lain.

Buat gue pribadi sih lumayan gampang ngurus pembayaran pajak kendaraan sendiri, ga perlu repot2 nyuruh orang lagi. Cukup simpel dan ga butuh waktu lama. Cuma mungkin kalo seandainya samsat detos mau menambah fasilitas berupa mesin antrian dan juga pengeras suara untuk pemanggilan mungkin itu bisa semakin mempernyaman orang2 yang melakukan pembayaran pajak disana.

0 komentar:

Posting Komentar