Minggu, 26 Agustus 2012

Barang2 Jadul Nan Antik

Kemaren pas beberes untuk ngurangin barang2 ga penting dirumah, gue menemukan sesuatu yang menarik di tumpukan barang2 lawas bokap. Benda2 jadul ini terasa beda sama benda2 jaman sekarang, karena itu gue comot semua untuk gue simpen.

Setelah sekian lama menghilang, akhirnya gue menemukan koleksi perangko gue lagi. Haha. Gini2 saya pernah jadi filateli loh pas jaman2 SD. Dulu koleksi perangko gue banyak banget tapi karena nyimpennya ga bener jadi pada tercecer entah kemana, dan foto diatas adalah sebagian kecil perangko2 koleksi gue dulu yang berhasil gue temukan lagi. Mungkin ada filateli yang beminat sama koleksi perangko gue diatas bisa PM gue (soal harga gampanglah nanti) soalnya bingung juga mau diterusin koleksi perangko udah ga update juga kan. Jadi mendingan koleksi ini dilepas aja ke orang2 yang memang berminat.

Gue juga menemukan 2 lembar uang kertas lama dengan nominal Rp1,- bergambar Jenderal Soedirman dengan kondisi yang masih sangat bagus.

Selain uang kertas, gue menemukan juga 4 buah uang logam senilai 1 gulden dengan gambar ratu Wilhelmina. Kalo diliat dari bekas2 oksidasinya sih ini koin terbuat dari perak murni. Makanya gue mau coba gosok uang2 ini pake silver polish biar jadi kinclong lagi kayak uang baru. Hihihihi.

Selain koin perak, gue juga menemukan sebuah koin yang tampak sangat tua. Menurut gue sih terbuah dari perunggu kalo liat dari warnanya (sotoy). Koin ini salah 1 mata uang yang dulu pernah dipake pas jaman VOC masih berjaya di Indonesia, terbukti dengan adanya tulisan VOC dan tahun 1790 di logam tersebut. Well,koin ini bahkan lebih tua dari kakek gue yang kelahiran 1903 kalo gitu.

Pindah ke benda lain selain uang, gue juga menemukan banyak post card dari luar negeri, sebagian besar bergambar foto cewek2 cantik (pada jamannya).

Barang yang menyita perhatian selanjutnya adalah sebuah amplop dari kantor berita Jepang. Sebenarnya gue menemukan lebih dari 1 amplop sejenis, tapi gue cuma nyimpen 1 aja yang keadaannya gue nilaio paling bagus. Entah gimana, bokap gue dulu sering banget surat2an sama radio jepang itu. Gue juga ga tau untuk tujuan apa, setau gue bokap juga ga bisa bahasa Jepang soalnya.

Sebenernya masih lumayan banyak barang2 tua yang menarik lainnya, kayak proyektor film, recorder, dll, tapi karena belum sempat gue foto jadinya kapan2 aja gue update lagi barang2 jadulnya.

3 komentar:

welcome to zona neno mengatakan...

Koin voc y bolh buat saya g??:D

Acha Satmoko mengatakan...

maaf ya, uang2 kunonya mau buat koleksi sendiri aja..

Anonim mengatakan...

Proyektornya djual g̲̮̲̅͡å..ane ƪƍ nyari nih

Posting Komentar